SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

TANYA JAWAB SEPUTAR SAKIT MAAG

TANYA JAWAB SEPUTAR SAKIT MAAG




Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat NiniekSS dimanapun kalian berada..

Semoga kalian semua semakin sehat dan sembuh seperti sediakala dari maag atau asam lambung yang kalian derita. Aamiin.

Bosen ya membaca soal materi sakit maag melulu ?

Kali ini saya ingin menyampaikan hal yang sering ditanyakan oleh penderita maag dan asam lambung. Semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Haturkanlah syukur kepada Allah SWT. atas setiap nikmat sekecil apapun yang Allah SWT. berikan kepada kita dan mohonlah ampun sekecil apapun atas dosa-dosa yang kita lakukan agar mendapat ridhlo Allah SWT. bagi keselamatan serta kebahagiaan kehidupan kita didunia maupun di akherat.

Juga jangan pernah lupa bersalam serta bersholawat kepada Junjungan Nabi Agung Sayyidina Muhammad Rasulullah Saw, agar mendapatkan Syafaat Beliau baik didunia maupun di Zaumul Qiyamah kelak.

Tanya jawab seputar sakit maag

 

1.    Apa beda sakit maag dan GERD ?


Sakit Maag adalah sakit yang diakibatkan adanya peradangan pada lambung, dan keluhannya ada di sekitar lambung, mual dan pusing. Maag, jika segera ditangani/diobati akan cepat sembuh. Tidak sebagaimana GERD, lebih sulit pengobatannya dan prosesnya lebih lama dibanding pengobatan maag.

Sakit GERD disebabkan naiknya asam lambung (yang berkadar tinggi) ke kerongkongan karena melemahnya otot kerongkongan bagian bawah saat makanan turun ke lambung. Mustinya less (katup) ini bisa membuka dan menutup saat terjadinya proses pencernaan. Namun jika melemah, maka tidak bisa menutup, sehingga terjadi asam lambung naik ke kerongkongan.

Biasanya serangan GERD dicurigai sebagai serangan jantung karena gejalanya persis seperti serangan jantung. Dada panas, nyeri dada dan jantung berdebar serta kadang disertai dengan sesak nafas.
Jika kemudian terjadi komplikasi GERD, maka keluhannya menjalar diluar lambung (dada panas, jantung berdebar kencang, tenggorokan sakit dan kering sulit untuk menelan, telinga berdenging dan sakit, tubuh lemas dan gemetar, sering sendawa, kepala sakit, batuk tak sembuh-sembuh, kliyengan, sulit BAB, muntah darah, BAB darah, pinggang punggung sakit, uluhati sakit bukan main, tangan dan kaki pegal, sering kedinginan, kanker kolon, dan masih banyak lagi yang tak dapat saya sebut satu persatu) dan penderitaannya sungguh sangat menyiksa dan luar biasa.

2.    Apa penyebab maag ?


Makan tak teratur, sering terlambat makan. Sering konsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, berminyak, kasar dan merangsang. Sering stress atau memendam tekanan perasaan dalam waktu yang lama. Kurang beristirahat. Jarang berolahraga. Yaah...kebiasaan hidup yang tidak sehat, akan memicu timbulnya segala macam penyakit termasuk sakit maag atau lambung.

3.    Apa penyebab GERD atau Penyakit asam lambung ?


Maag yang tak sembuh-sembuh dalam waktu yang lama biasanya akan memicu timbulnya GERD. Juga meskipun sebelumnya tidak pernah kena GERD, seseorang dalam kondisi perut kosong lalu mengkonsumsi minuman merangsang seperti kopi, alkohol, air tape atau mengkonsumsi makanan yang merangsang seperti rujak, nasi keras dengan lauk yang super pedas dan berminyak, atau seseorang dalam kondisi perut kosong lalu melakukan aktifitas yang sangat melelahkan, bisa memicu serangan GERD. Jadi waspada saja !

4.    Mengapa maag atau asam lambung tak boleh angkat beban yang berat ?

Orang sakit maag dan GERD, biasanya sedang mengalami peradangan lambung. Sedang angkat yang berat-berat, otot serta syaraf perut akan tertarik, terguncang, dan meregang, sehingga sangat menghambat kesembuhan lambung. Lambung yang semula sudah hampir sembuh, dengan mengangkat beban yang berat-berat, biasanya akan kambuh, dan kondisi akan dropp kembali.

5.    Mengapa orang sakit maag tak boleh diurut ? 


Orang sakit maag boleh diurut, tetapi tidak di bagian perut dan pinggang baik depan dan belakang, karena akan menggangu ketenangan lambung/perut. Perhatikan saja kalau tidak percaya, sehabis bagian perut ikut diurut, nanti kan akan langsung terasa sakit dan lama baliknya bisa berminggu-minggu sembuhnya.

6.    Mengapa orang sakit maag tak boleh berolahraga naik sepeda ?


Sama halnya dengan mengangkat beban berat, diurut, naik sepedapun seluruh otot perut akan terguncang, sehingga luka lambung akan tak sembuh-sembuh. Olah raga yang aman bagi sakit maag adalah jalan kaki ringan didepan rumah bolak-balik. Jalan santai dengan jarak yang jauh misal lebih dari 5 km, tetap akan mempengaruhi kesembuhan lambung karena kecapaian.

7.    Bagaimana agar sakit maag cepat sembuh ?

Ya makan yang teratur, jangan biarkan perut sering kosong. Jaga makan yang tidak ekstrim pedas, berminyak, kasar dan merangsang. Jaga istirahat. Jaga jangan sampai stress. Dan jangan sampai kelelahan. Sering-sering konsumsi bubur tepung atau pati kerut, karena dalam tepung atau pati kerut terdapat unsur yang bisa mempertebal dinding lambung. Tepung kerut sangat bagus untuk anak-anak. Jika lambung kuat, maka tidak akan mudah terserang penyakit apapun. Karena, penyerapan nutrisi bisa berlangsung maksimal.

8.    Apakah sakit maag boleh makan ayam goreng ?


Ayam goreng itu teksturnya kasar sulit dicerna oleh lambung, apalagi digoreng, jika dimakan akan menyebabkan perut sakit sekali, dan sembuhnya lama karena ayam goreng bisa menambah luka lambung pada sakit maag. Hindari segala bentuk makanan yang keras dan berminyak agar lambung cepat sembuh.

9.    Apakah makan bakso juga tidak baik bagi sakit maag ?


Bakso, itu kan liat, susah dicerna oleh lambung. Biasanya orang sakit maag jika makan bakso akibatnya akan sakit sekali di lambung sampai lama berhari-hari. Apalagi jika dengan sambal dan sausnya.

10.    Mengapa orang sakit maag sering merasa kedinginan ?


Orang yang sakit maag, karena terbatasnya nutrisi yang bisa masuk, biasanya tekanan darahnya sering menjadi rendah, sehingga mudah kedinginan. Untuk mengatasi kedinginan, saya dulu biasanya minum teh encer hangat dan makan bubur tepung kerut sebelum mandi he he..

11.    Mengapa orang sakit maag tak boleh makan yang keras-keras, gorengan, pedas, asam, dan berminyak ?


Makanan yang kasar akan menggores dinding lambung ketika sedang dicerna sehingga perut akan terasa sakit kemudian. Sedangkan makanan yang merangsang (pedas, asam) akan membuat lambung terasa sakit ketika zatnya bersentuhan dengan lambung yang sedang luka atau iritasi. Sedangkan makanan berminyak atau berlemak akan menghambat proses pencernaan didalam lambung.

12.    Bagaimana cara keramas untuk orang yang sakit maag ?


Orang sakit maag mudah kedinginan, dan biasanya sehabis keramas pasti kondisinya menjadi dropp. Lalu bagaimana caranya agar bisa keramas dengan aman ? Caranya adalah kepala dikeramasi dulu dengan air hangat, sesudah bagian kepala selesai, baru bagian badan diguyur dengan air hangat. Jangan seluruh badan diguyur langsung dengan air, nanti tidak kuat dan sangat lemas. Siapkan handuk besar, jika terjadi kedinginan di kamar mandi, maka kepala keringkan dulu, lalu buruan badan dibalut dengan handuk besar. Nanti semuanya diselesaikan di kamar. Yang penting kepala sudah bersih, juga seluruh badan.

Jika tidak sedang mandi junub jangan sering-sering keramas dan mandi sekujur tubuh. Cukup rambut dikeramas, dan seluruh tubuh cukup dilap dengan air hangat secukupnya saja. Namun jika junub memang seluruh tubuh dan kepala harus terkena air.

Demikian dulu ya teman, tanya jawab kali ini, silahkan jika ada pertanyaan sampaikan di kolom komentar, insya Allah akan saya balas. Semoga kalian semakin sehat dan selalu sehat. Aamiin. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 5 Desember 2019

Salam Sehat dan Bahagia,
NiniekSS
Labels: sakit maag, TANYA JAWAB, TIPS CEPAT SEMBUH

Thanks for reading TANYA JAWAB SEPUTAR SAKIT MAAG. Please share...!

0 Komentar untuk "TANYA JAWAB SEPUTAR SAKIT MAAG"

Back To Top