SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

CARA MENJAGA AGAR TIDAK TERKENA SAKIT MAAG

CARA MENJAGA AGAR TIDAK TERKENA SAKIT MAAG


Bismillahirrahmanirrahiim...


Sakit maag sebenarnya sangat sepele. Lha wong awalnya hanya kembung, mules perutnya, dan mual. Maka banyak yang akhirnya menyepelekan. Dan tak menindaklanjutinya.



Dan karena ketidaktahuannya, dibiarkan saja gejala yang dirasakan. Pikirnya hanya masuk angin saja. Lho makin lama kok makin menjadi ? Berbagai macam keluhan bermunculan, dan sulit diobati !

Cara Menjaga Agar Tidak Terkena Sakit Maag


Untuk bisa menjaga agar tidak terkena sakit maag, musti tahu dulu berbagai penyebab sakit maag.

Antara Lain :

  • Sering telat makan
  • Sering konsumsi makanan yang extrim pedas, asem, berminyak serta merangsang
  • Kurang istirahat
  • Kurang olahraga
  • Kurang minum air putih
  • Sering stress
  • Tidak menjaga ibadah dengan baik 

 Marilah kita telaah satu persatu :

  • Sering telat makan
Makan yang baik adalah makan seperti nasehatnya Kanjeng Nabi Saw. “Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang”. Ketika perut terasa lapar, itu adalah signal yang memberi tanda bahwa perut perlu diisi karena proses pencernaan akan berlangsung.

Banyak orang yang sibuk, menganggap makan adalah hal yang tak begitu penting, artinya ketika sudah terasa lapar, ia akan menundanya hingga pekerjaan yang sedang ditanganinya selesai.

Nah, proses pencernaan adalah system. Yang akan terus berjalan secara otomatis. Ada atau tidak ada makanan yang siap untuk digiling, lambung akan tetap mengerjakan tugasnya “menggiling”.

Pada saat perut kosong inilah, dimana tidak ada sesuatu makanan yang siap untuk digiling, maka lambung akan tetap menggiling, sehingga akan terjadi gesekan antar dinding lambung. Jika telat makan berjalan terus menerus. Lambung sering kosong terus menerus. Maka gesekan terus menerus antara dinding lambung akan menyebabkan ausnya mukossa lambung sehingga lambung akan terasa perih ketika terkena asam lambung karena mukossa lambung sudah aus. Ini yang kemudian dinamakan sakit maag.
  • Sering konsumsi makanan yang extrim kasar, pedas, asem,  berminyak dan merangsang.
Makanan-makanan dan minuman yang extrim dan merangsang seperti diatas, asam lambung yang ada (standar) tidak mencukupi untuk menggilingnya. Secara otomatis tubuh akan menaikkan derajat keasaman lambung untuk menggilingnya. Nah, ketika asam lambung naik inilah, mulai dirasakan gangguan lambung. Yang kembunglah. Yang muallah. Yang lambung perihlah. Yang kepala pusinglah. Itu semua beberapa gejala munculnya gangguan maag pada tubuh. Kenali sejak dini ya teman ?
  • Kurang istirahat
Istirahat diperlukan tubuh guna memberi kesempatan kepada tubuh untuk melakukan metabolisme. metabolisme adalah proses di mana tubuh mengubah zat gizi yang telah diserap oleh tubuh menjadi energi untuk digunakan dalam menjalani fungsi tubuh. Jika proses metabolisme terganggu karena kurangnya istirahat, maka otomatis kinerja fungsi dari organ di seluruh tubuh juga akan terganggu. Maka berbagai keluhan bisa muncul pada tubuh termasuk gangguan sakit maag.
  • Kurang olahraga
Manfaat pertama dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan ketika olah raga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Jika kita kurang berolah raga, akan menjadi kurang sehat, karena imunitas tubuh akan melemah, sehingga bisa mudah terserang penyakit.

Olah Raga yang baik dilakukan adalah olahraga yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, juga dengan kondisi usia seseorang.
  • Kurang minum air putih
Air memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Dia bermanfaat untuk mengangkut nutrisi yang diperlukan dan membuang sampah sisa metabolisme. Air juga membantu proses kerja enzim. Tanpa air, enzim tidak bisa bekerja.

Tubuh 70%nya terdiri dari air, berarti untuk menjaga semua keberlangsungan sistem tubuh memerlukan banyak air. Oleh karena itu, kita tak boleh kekurangan minum air putih dalam keseharian. Agar nutrisi bisa tersalurkan ke seluruh tubuh dengan baik. Paling tidak minum air putih minimal 2 liter sehari. Banyak orang yang kekurangan minum air putih, maka timbul berbagai keluhan didalam tubuh.
  • Sering stress
Sering stress, kecuali memicu naiknya asam lambung juga akan membunuh banyak enzim didalam tubuh. Padahal enzim sangat diperlukan dalam semua kegiatan tubuh untuk mempertahankan kehidupan.  Seperti penggabungan dan pemeca¬han zat di dalam tubuh, pencernaan, pembangunan, detoksifikasi, dan lain-lain, semua memerlukan ensim.
  • Kurang menjaga ibadah dengan baik
Seseorang yang menjaga ibadahnya dengan baik, selalu menjaga hubungannya dengan baik kepada Allah SWT, akan cenderung hatinya tenang. Perasaannya gembira, penuh syukur kepada Allah SWT. Sehingga dalam menjalankan apapun pekerjaannya selalu penuh keikhlasan. Didalam hatinya selalu ada kebahagiaan. Tak pernah bersungut-sungut.

Kondisi ini akan memancarkan aura positif baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang disekitarnya. Menurut Dr.Hiromi Sinya ahli usus terkemuka AS. Berasal dari Jepang, orang yang berbahagia penuh rasa cinta dalam hatinya, akan membangun ensim yang besar didalam tubuhnya. Hal ini, akan menjadi dukungan besar bagi tercapainya kesehatan prima bagi seseorang.

Sebaliknya, bagi seseorang yang bawaannya selalu marah, sedih, kecewa, mengeluh, akan memancarkan aura negatif baik bagi dirinya sendiri dan orang disekelilingnya. Orang yang berkondisi seperti ini akan banyak menyedot ensim dalam dirinya yang akan berpengaruh sangat buruk bagi dirinya dan orangnya akan menjadi sakit-sakitan. Oleh karena itu, yuk jadilah orang yang selalu bersyukur dan riang gembira dalam hidup mengabdi kepada Allah SWT. 

Jadi sudah paham kan apa-apa yang perlu diperhatikan agar terhindar dari sakit maag ? Yaitu :

  • Biasakan makan yang teratur
  • Cukup istirahat
  • Hindari makan yang ekstrim-ekstrim (pedas, asam dan berminyak serta kasar teksturnya).
  • Cukup Olah Raga (teratur).
  • Minum air putih yang cukup minimal 2 liter sehari
  • Dan hindari stress.
  • Memperbaiki ibadah

Untuk menjaga agar tidak terkena sakit maag, atau bagaimana cara merawatnya bila sudah terkena ada baiknya kalian “baca ini”.

Oke sampai disini dulu share pagi hari ini. Semoga bermanfaat. Alhamdulillahirabbil’alamiin. Semoga kalian semua selalu sehaat yaa ?

Purworejo, 3 Desember 2019
Salam Sehat dan Bahagia,
NiniekSS.
Labels: BERSYUKUR, BUKU NINIEKSS, CARA MENJAGA AGAR TIDAK SAKIT MAAG, HIDUP SEHAT

Thanks for reading CARA MENJAGA AGAR TIDAK TERKENA SAKIT MAAG. Please share...!

0 Komentar untuk "CARA MENJAGA AGAR TIDAK TERKENA SAKIT MAAG"

Back To Top