SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MAKANAN YANG RISKAN BAGI SAKIT MAAG


MAKANAN YANG RISKAN BAGI SAKIT MAAG

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat NiniekSS Yang dirahmati oelh Allah SWT...

Puji syukur yang sangat mendalam kepada Allah SWT. yang tak pernah habis pemberianNya, jika pagi ini saya bisa menuliskan sesuatu lagi untuk kalian semua. Semoga selalu ada manfaatnya ya ?

Salam serta sholawat yang penuh cinta saya haturkan kepada Baginda Nabi Agung Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW. yang telah menuntun kita semua kepada jalan yang sebenar-benarnya jalan, menuju ke kehidupan kekal kelak, akherat yang abadi tempat kembalinya manusia sesudah kehidupannya dialam maya ini.

Seseorang yang sakit maag lama tak sembuh-sembuh banyak faktornya. Antara lain : Pada umumnya ia tidak bisa menjaga nafsu makannya, asal pingin makan ya makan saja. Meskipun makanan itu jelas akan menimbulkan sakit perut. Ia tetaplah nekad ! Sudah dibilang atur makan, ketika saat makan tiba ya masih ntar dulu ntar dulu. Sudah diberitahu jaga istirahat, ketika harusnya istirahat ya kerjaaa..terus tak berhenti-henti tak mengenal waktu. Tapi ketika lambung kambuh..heboh dan panik ? Coba, kalau sudah begini salah siapa ?

Nah pagi ini saya ingin berbagi, Makanan yang riskan bagi sakit maag. Apakah itu ?

Ini hanyalah kisi-kisi, setidaknya jika dijalani insya Allah akan membantu kesembuhan lambung. Banyak yang komentar : “Bund lha kalau makan ini gak boleh, makan itu gak boleh, gimana dong buat nutrisinya ?”. Ya emang begitu resiko punya sakit maag apalagi yang sudah parah. Harus diet ketat. Saya dulu belasan tahun terpaksa makan hanya nasi dan sayur tahu putih, sayur kentang, sayur sawi sendok, sayur wortel, sayur brokoli. Dan semuanya dimasak tanpa pedas, tanpa santan dan tanpa tomat. Garam tak boleh banyak, gula juga tak boleh banyak. Bumbu hanya dengan bawang merah dan bawang putih saja beberapa siung kecil.

Bisa dibayangkan bukan betapa deritanya ? Bosen nggak bosen, ya terpaksa dijalani. Dengan terus interospeksi kesalahan diri serta bersyukur. Sebab jika tidak, rasa badan akan bertambah sakit. Kalau tidak percaya, silahkan saja dibuktikan.

Jika tekanan darah saya rendah, saya segera minum telor ayam kampung mentah, yang masih baru, bersama putihnya. Minum madu sehari tanpa hitungan, minimal 3 x sehari. Jika madu benar-benar murni, dan kita sudah terbiasa minum madu, mau minum madu seberapapun tak ada masalah. Namun saya menganjurkan kepada kalian untuk minum madu apapun, 3 x 1 sendok makan perhari sudah memadai untuk pengobatan lambung. Itu hanya sekilas pengalaman saya atas menu makan yang saya konsumsi sepanjang saya sakit dulu he he...

Makanan yang riskan bagi sakit maag, antara lain :

SAYUR :

Sayur Kangkung. 

Mengapa ? Kangkung itu, biasanya kan dimasaka tumis ? pakai minyak mensangrai bumbunya ? Meskipun dimasak hingga lembut, tetap saja baik batang dan daunnya bersifat liat, jadi kalau dimakan pastinya bikin sakit di lambung.

Sayur nangka.  

Meskipun sudah diolah seenak gudeg yogya, kalau dimakan orang sakit maag tetap saja akan meninggalkan rasa begah pada lambung.

Sayur kacang panjang. 

Sayur kacang panjang juga susah dicerna, jika dimakan bikin lambung melilit dan biasanya akan diikuti dengan diare ringan.

Sayur daun kacang panjang. 

Enak sih. Apalagi jika dimasak lodeh dengan kuah santan encer, segernya bukan main. Tapi daun kacang panjang bertekstur kasar, jika dikonsumsi bikin lambung nyeri dan begah, kembung sepanjang hari.

Sayur sawi putih. 

Sawi ini sebenarnya lumayan enak untuk dimasak sebagai campuran capcay. Tapi aduuh kalau dimakan bikin lambung sesak dan sakit rasanya.

Sayur brokoli. 

Brokoli ini sangat tinggi vitamin dan anti oksidannya. Tapi entah kenapa jika dimakan tetap saja meninggalkan begah dilambung ya ? Apalagi kembang kool yang lebih keras dari brokoli jika dimasak. Lambung akan terasa lebih sakit jika mengkonsumsi kembang kol ini.

Sayur jagung. 

Sekalipun memasaknya sudah sangat empuk, kalau dikonsumsi tetap mengakibatkan lambung begah dan sakit. Kalu mau konsumsi jagung manis sebaiknya dibuat bergedel.

Sayur Daun singkong. 

Nah, bagi yang sakit maag, jangan coba-coba makan sayur daun singkong ya ? Ya Allah. Lambung akan sangat begah sampai berhari-hari dan sakitnya lumayan, bisa jadi sulit BAB kemudian.

Sayur cambah. 

Sayuran cambah ini juga tak aman bagi lambung karena bikin uluhati sakit.
Sayur tahu kulit 

Tahu yang luarnya digoreng dan berwarna coklat itu jika dimakan orang sakit maag juga bikin lambung sakit, meskipun dimasak tanpa lombok atau santan. Misal dibacem.

Sayuran yang aman antara lain :

Sayuran labu siam, bayam cabut, labu kuning, wortel yang isinya tidak keras, tahu putih (bukan tahu kulit yang berwarna coklat), kentang tapi yang kulitnya masih kuning, sebab kentang yang kulitnya sudah hijau jika dikonsumsi akan bikin sakit perut yang amat sangat dan diare berat karena sudah mengandung racun kawan !

LAUK  yang rawan bagi sakit maag adalah :

Rendang Daging

Segala jenis daging itu susah dicerna oleh lambung. Maka kalau dikonsumsi akan sangat menyakitkan lambung.

Ayam goreng


Ayam goreng kecuali susah dicerna juga kasar, sehingga jika dikonsumsi akan sangat sangat menyakiti lambung. Banyak yang lambungnya sudah lama sembuh, gara-gara makan ayam goreng, maagnya kambuh kembali, dan memulihkannya sangat susah dan butuh waktu lama. Maka hati-hati ya sobat, jika sembuh jangan makan ayam goreng dulu, kalau pengin makan ayam ya dipresto, lalu ampas makanan jangan ditelan.

Pindang ikan


Pindang ikan, juga teksturnya kasar, jika dikonsumsi bikin lambung begah dan sakit. Makan pindang ikan seperti makan getuk singkong, bikin begah di lambung.

Masakan udang


Udang juga sama saja, teksturnya agak kasar. Kalau dicerna lambung akan sakit dan begah.

Telor asin


Telor asain enak ya ? Tabi bagi penderita maag, bisa menyebabkan perut sakit karena unsur asinnya yang extrem. Banyak juga yang setelah makan telor asin terjadi sembelit susah BAB.

Abon

Abon ini juga wuuih enaak. Apalagi jika dimakan dengan nasi hangat. Tapi bagi penderita maag, lambung akan jadi sangat sakit, kecuali ketika makan, ampas abon jangan ditelan, tak masalah.

Lauk yang aman bagi lambung :


Bergedel kentang


Kentang (yang kentangnya belum hijau kulitnya),tanpa bumbu merica, dan bawang putih serta garamnya sedikit saja.

Tahu bacem


Tahu yang dimasaka bacem tanpa bumbu asem dan jangan terlalu banyak kecap. Serta bumbu-bumbu lain sedikit saja. Soalnya lambung orang sakit maag tak bisa terkena bumbu yang merangsang.

Telor direbus masak muda


Pilih telor ayam kampung yang masih baru, jangan pilih telor lehorn banyak hormonnya jika dikonsumsi, seluruh tubuh akan terasa tidak nyaman. Sebaiknya direbus sebentar saja agar kuningnya masih setengah masak. Enak. Lembut. Sehingga tidak menyakitkan lambung.

Pepes tahu


Pepes tahu campur telor ayam kampung yang masih baru enak tuh buat lauk.

Pepes ikan bawal


Pepes ikan bawal juga aman bagi lambung asal bumbunya tidak ekstrim. Namun mengkonsumsinya sedikit aja, jika kebanyakan juga akan membuat lambung begah.

Lauk yang dipresto

Semua lauk yang dipresto boleh, asal bumbu tidak extrim, bumbu hanya bawang merah, bawang putih sedikit dan garam saja.

MINUMAN yang tak aman bagi lambung :

Susu kaleng, minuman coklat, minuman kopi, wedang tape, segala macam juice buah (kecuali juice buah pepaya, alpokat, dan juice buah naga yang sudah masak betul-betul), minuman jahe, dan segala minuman yang didalam kaleng.

SNACK yang tak aman di lambung


Segala macam jenis keripik

Keripik singkong, keripik ketela, keripik talas, keripik pisang, keripik gadung, jika dimakan akan menimbulkan masalah besar dilambung. Sebaiknya dihindari.

Snack yang aman bagi lambung

Snack yang aman bagi lambung adalah snack yang bersifat basah seperti :

Bubur tepung/pati kerut


Ini sangat dianjurkan bagi penderita maag, kecuali tekstrurnya lembut, jika dikonsumsi akan terasa nyaman di lambung juga mengenyangkan. Kecuali itu mempunyai zat yang mampu melapisi dinding lambung, sehingga jika dikonsumsi jangka panjang akan mengobati lambung.

Kue nagasari tanpa santan


Sebab jika diberi santan maka lambung akan melilit dan perih.

Ubi rebus


Ubi rebus boleh dikonsumsi orang sakit maag, namun makannya tidak banyak-banyak supaya lambung tidak begah.

Buah sukun yang dikukus

Pilih buah sukun yang sudah sangat tua, yang jika dikukus sudah terasa sangat manis. Sekali-kali jangan makan buah sukun yang masih muda yang dikukus. Lambung akan sakit setengah mati, dan sulit memulihkannya kembali.

Kue hunkwee

Itu bagus untuk dikonsumsi penderita maag, asal tidak pakai santan masaknya, dan gulanya sedikit saja.

Singkong rebus

Singkong rebus boleh asal singkongnya empur/empuk. Dan makan sedikit saja, sebab jika banyak akan menyebabkan lambung begah dan sakit.

Buah yang aman bagi lambung hanyalah :

Alpokat, pepaya masak pohon, buah naga merah besar yang benar-benar sudah masak (sebab kalau matangnya belum merata bikin mulas di perut), dan pisang kapok kuning matang dipohon.

Demikian dulu share saya pagi ini, semoga bermanfaat. Aamiin. Hati-hati ya menjaga menu kalian, sebab jika tidak, akan berakibat fatal. Jika salah makan, lambung akan kambuh, dan sangat dropp, sulit dipulihkan dan memerlukan waktu yang lama. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 5 Desember 2019

Salam Sehat Sejahtera,
NiniekSS.
Labels: MAKANAN AMAN, Makanan Pantang, TIPS CEPAT SEMBUH

Thanks for reading MAKANAN YANG RISKAN BAGI SAKIT MAAG. Please share...!

0 Komentar untuk "MAKANAN YANG RISKAN BAGI SAKIT MAAG"

Back To Top