SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Kunyit Sangat Mujarab sebagai Obat Maag Darurat

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Niniek SS Yang Setia,
 
Kunyit sudah sangat dikenal sebagai obat sakit perut. Dulu jaman saya masih kecil tahun 60-an jika saya atau adik-adik saya perutnya sakit, atau diare bahkan muntah-muntah, ibu tak pernah segelisah ibu-ibu jaman sekarang dalam mensikapi putra putrinya jika mengalami sakit perut.

Saya selalu ingat, setiap kami, saya atau adik-adik saya sakit perut, ibu selalu langsung pergi kesamping rumah sambil membawa pisau. Saya pikir untuk apa, ternyata beliau mengambil beberapa umbi kunyit, dari tumbuhan kunyit yang sengaja saya tanam di sedikit lahan yang masih ada di sekitar rumah kami.

Ibu ambil 1 atau 2 rimpang sedang, dicuci bersih, dibakar diatas bara, lalu kemudian dikupas, diparut, diberi air hangat 1/3 gelas, disaring, ditaburi sedikit garam, lalu saya disuruh meminumnya.

Lalu, ampasnya dicampur dengan sedikit minyak kelapa murni dan bawang merah yang sudah dikupas lalu dibakar, jika sudah layu dikeprak dengan uleg-uleg, lalu oleh ibu, semuanya dicampur dan dibalurkan dibagian perut saya yang sakit.

Eh..ajaib..tak berapa lama perut sayapun pelan namun pasti hilang rasa sakitnya, terus rasanya mengantuk dan tertidurlah saya dengan nyenyak.

Maklum rumah orang tua saya dibangun diatas tanah yang terbatas, sehingga tanah yang tersisa sangat sedikit disekitarnya. Itupun saya manfaatkan untuk menanam apa saja yang bermanfaat untuk keseharian. Karena sejak kecil memang saya mempunyai hoby cocok tanam ala anak-anak.

Apa saja yang bisa ditanam selalu saya tanam. Ada kunyit, lengkuas, serai, jahe, terong, bayam, loncang, sledri, tomat, cabai dan lain-lain. Walau hanya tak seberapa hasilnya, saya merasa puas bisa memetik hasil tanaman sendiri.

Pada waktu itu saya merasa hebat dan sangat bangga bila hasil tanaman saya bisa digunakan oleh ibu untuk memasak ha ha namanya juga anak-anak.

Kembali ke masalah kunyit sebagai obat yang sangat mujarab untuk obat maag atau sakit perut. Kunyit sebagai obat sakit perut, dulu hanya dikenal dikampung-kampung, di pelosok-pelosok desa. Pertama karena mudah didapat, sangat mujarab, dan jaman dulu hanya orang-orang tertentu saja yang sudah mengenal pengobatan medis.

Kalau tidak karena sakit yang parah, jarang masyarakat desa pergi berobat ke dokter. Tidak sebagaimana sekarang, masyarakat sudah modern, tehnologi informasi berkembang demikian pesatnya, sehingga info apa saja sangat cepat terserap oleh masyarakat, termasuk informasi tentang kesehatan dan pengobatan herbal.

Sehingga sekarang ini kunyit sebagai obat herbal untuk sakit perut sudah banyak dikenal orang, bukan lagi menjadi monopoli orang-orang yang tinggal didesa namun orang kotapun sudah banyak yang menggunakan umbi yang murah meriah dan sangat mujarab ini sebagai obat darurat sakit perut..

Ada beberapa nama lokal kunyit, yaitu :  Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura),Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia); Saffron (Inggris).

Ciri ciri Tanaman Kunyit :

 
Kunyit adalah salah satu tanaman rempah dan tanaman obat. Habitat aslinya berasal dari Asia Tenggara lalu mennyebar ke Malaysia, Indonesia, Australia sampai ke Afrika.

Tanaman kunyit ini sudah sangat dikenal sebagai bumbu untuk memasak, untuk menjaga kesehatan, kecantikan dan sering dipergunakan sebagai campuran untuk racikan jamu.

Kegunaan Tanaman Kunyit dan khasiat Kunyit.

Sebagai Obat Maag atau lambung. 

 
Jika lambung saya kambuh, lalu terasa sangat perih, untuk berjalan terasa sakit, lapar sakit kenyangpun sakit, jika rebahan hanya terlentang yang enakan, namun untuk miring baik kekiri maupun kekanan juga sakit. Jika sudah seperti ini maka BAB saya pasti akan bercampur dengan lendir tapi tidak berdarah, perut juga akan mulas sepanjang hari.

Nah jika sudah seperti ini maka saya biasa mengambil 2 atau 3 rimpang kunyit yang besar ( bukan yang induk ), dicuci bersih, lalu diparut, campurkan dengan air mentah 1/3 gelas dan diamkan agar mengendap, karena endapan rimpang dan umbian herbal apapun tidak baik bagi kinerja ginjal, ginjal akan lebih berat kerjanya jika endapan kunyit ini ikut terminum.

Oleh karena itu, setelah bening dan endapan kunyit parut ini sudah terpisah, minum air kunyit yang beningnya saja. Sudah langsung saja diminum sehari 2 x boleh campurkan sedikiit garam. Hanya dalam jangka tak lebih dari 10 menit Insya Allah sakit perut akan segera mereda. Ulangi hingga 3 hari. Jika parah boleh lakukan hingga 1 minggu lamanya.

Kecuali Sebagai Obat Maag yang sangat mujarab, maka kunyit juga mempunyai manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit antara lain :
 
Diabetes mellitus
Ambil 2 rimpang kunyit, cuci bersih, potong kecil-kecil. Rebus dengan 1 liter air tambahkan sedikit garam. Kemudian saring, minum 1 minggu 2 x @ 2/3 gelas.

Tifus
Ambil 2 rimpang kunyit dan 1 bonggol serai yang sedang, 1 lembar daun sambiloto, cuci bersih, tumbuk halus, campurkan air hangat 1 gelas, disaring lalu diminum sehari 1 x, lakukan dalam seminggu berturut-turut. Insya Allah.

Usus buntu 
Ambil 1 rimpang kunyit cuci bersih lalu parut lalu tambahkan 1 gelas air panas dan saring. Beri 1 jeruk nipis sedang dan 1 potong gula aren secukupnya, aduk sampai rata, minum sesudah hangat. Minum setiap pagi sesudah makan secara teratur. Insya Allah.

Disentri
Ambil 1-2 rimpang kunyit cuci bersih, potong kecil-kecil, kapur sirih dan gambir secukupnya ( seujung jari kelingking ), rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga air tinggal 1 gelas, jika sudah hangat saring dan minum @ ½ gelas. Minum serta ulangi hingga sembuh Insya Allah.

Sakit Keputihan
Ambil 2 rimpang kunyit cuci bersih potong beberapa, 1 buah asam masak, 1 genggam daun bluntas cuci bersih, rebus dengan air 1 liter hingga mendidih, kemudian tambahkan gula aren secukupnya, minum 1 gelas satu hari disaring terlebih dahulu. Insya Allah.

Haid tidak lancar
Ambil 2 rimpang kunyit , 1/2 genggam daun srigading, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 sendok Teh ketumbar, semua dicuci bersih. Kemudian rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring. Diminum 1 gelas satu hari. Insya Allah

Perut mulas pada saat haid
Ambil 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1/2 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm . Setelah dicuci bersih, semua bahan diparut, beri ½ gelas air panas, saring jika sudah hangat kuku, tambahkan perasan jeruk nipis boleh tambahkan gula aren dan sedikit garam lalu diminum pada hari pertmana ketika haid.

Memperlancar ASI
Ambil 1 rimpang kunyit yang besar tapi bukan kunyit induk, cuci bersih, tumbuk halus, dioleskan diseputar buah dada sehari sekali pagi hari sebelum mandi. Kecuali memperlancar asi juga mencegah bakteri jahat diseputar payudara. Insya Allah

Cacar Air
Ambil 2 rimpang kunyit cuci bersih, 1 genggam daun eceng cuci bersih, lalu ditumbuk halus dan balurkan pada bagian tubuh yang kena cacar air.

Amandel
Ambil 1 rimpang kunyit cuci bersih, parut, lalu tambahkan ½ gelas air hangat, saring, campurkan air 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu. Diaduk hingga rata, minum 2 hari sekali. Insya Allah.

Berak lendir
Ambil 1 rimpang kunyit cuci bersih, potong-potong, 1 potong gambir, seujung kelingking kapur sirih, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih tinggal 1 gelas, jika sudah hangat kuku saring, minum 1 hari 2 x @ ½ gelas insya Allah.

Kandungan Tumbuhan Kunyit

Kandungan Kimia : 

 
Kunyit mengandung kurkuminoid, senyawa yang berkasiat obat,  yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya.

Kandungan Zat :

 
Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 %
Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 – 5 %
Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H
Sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil )
Lemak 1 -3 %,
Karbohidrat 3 %,
Protein 30%,
Pati 8%,
Vitamin C 45-55%,
Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium )

Semoga Bermanfaat ! Alhamdulillahirabbil'alamiin

Oleh : NiniekSS
Diambil dari berbagai sumber.
Labels: Pengetahuan, Tanaman Obat Untuk Maag

Thanks for reading Kunyit Sangat Mujarab sebagai Obat Maag Darurat. Please share...!

0 Komentar untuk "Kunyit Sangat Mujarab sebagai Obat Maag Darurat"

Back To Top