SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Mengatasi Sakit Maag Secara Tuntas

Mengatasi Sakit Maag Secara Tuntas bukanlah hal yang mudah.Terbukti dari banyaknya penderita maag yang mengalami sakitnya hingga bertahun-tahun lamanya. Mengapa ? Karena mereka tidak memahami tentang liku-liku sakit maag secara menyeluruh.

Kebanyakan dari kita hanya merasakan gejalanya seperti mual yang tak berhenti-berhenti lalu ke dokter, dan dokter memberinya obat. Titik ! Kita hanya sebatas bertanya :”Saya sakit apa dok?” dan dokterpun lantas menjawab : ”Anda sakit maag, sebaiknya jangan sampai telat makan !” itu saja penjelasan dokter, masih beruntung jika dokter memberikan tambahan jawaban :”Sebaiknya Anda hindari makan pedas, asam dan alkohol”.

Karena merasa sudah cukup, sudah diperiksa oleh dokter serta mendapatkan obat dan penjelasan, maka kita akan segera pulang tanpa berusaha mencari penjelasan lebih lanjut, karena kita juga tidak tahu apa yang akan kita tanyakan lagi ? Penjelasan dokter sudah cukup, bahwa sesudah ini makan tak boleh telat, menghindari makanan pedas, asam dan alkohol. Atau terkadang kita sungkan jika mau banyak bertanya kepada dokter, bukankah waktu yang dimiliki dokter sangatlah terbatas ?

Ini paradigma yang salah kaprah di masyarakat kita. Tugas seorang dokter memang untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan. Dan kita yang sedang sakit memang berhak untuk mendapatkan keterangan sejelas-jelasnya tentang sakit yang sedang kita derita. Namun banyak orang yang sungkan untuk bertanya lebih rinci tentang sakit yang sedang dialaminya, apalagi selama ini memang penampilan dokter dimata pasien merupakan sosok yang angker, sedikit bicara dan banyak menganalisa. Dokter yang banyak bertanya kepada pasien, dan pasien hanya sekedar menjawab. Jarang yang melakukan sebaliknya, pasien banyak bertanya dan dokter mau menjawab.

Seandainya bisa terjadi interaksi timbal balik seperti ini, saya yakin akan lebih banyak pasien yang segera sembuh dari sakitnya, tak usah berlama-lama menderita. Tak perlu bolak balik ke dokter dan menghabiskan waktu dan biaya !

Sahabat Pembaca Blog Solusi Sakit Maag.
Tentu Anda adalah orang-orang yang cerdas, lebih cerdas daripada saya. Mungkin Anda akan bosan membaca tulisan saya yang bertele-tele ini, Anda tentu lebih menyenangi penjelasan yang to the point, langsung kepada pokok pembicaraan.

Menurut saya to the point memang bagus, namun dalam masalah ini saya pikir kurang mengena. Saya yang sudah mengalami penderitaan panjang sakit maag, dulu ketika saya sakit, sangat membutuhkan penjelasan apapun tentang sakit yang sedang saya alami itu, semakin detail semakin senang saya. Lalu pengalaman ini saya bagikan kepada Anda sekalian agar Anda segera sembuh seperti saya.

Sebelum Anda membaca artikel ini, sebaiknya Anda membaca lebih dahulu tulisan saya sebelumnya “Berbagai Penyebab Sakit Maag” karena saling berhubungan penjelasannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Maag Secara Tuntas ?
Sebelumnya terlebih dahulu Anda harus memahami secara detail tentang seluk beluk sakit maag. Apa itu sakit maag ? Apa penyebabnya ? Bagaimana gejalanya ? Apa pantangannya ? Lalu tindakan apa yang harus dilakukan ? Semuanya itu Anda harus tahu !

Nah jika Anda sudah memahaminya dengan baik, maka Anda harus menjalani terapinya dengan serentak, tak ada yang boleh ketinggalan satupun, jika ketinggalan satu point saja, maka alamat bahwa kesembuhan Anda tidak akan terjadi, alias sakit Anda akan kambuh lagi dan kambuh lagi !
Jika Anda sedang membaca artikel apa saja tentang sakit maag, kalau perlu Anda mencatatnya, karena ini memang penting ! Silahkan Anda browshing di internet, banyak kok yang membahas tentang sakit maag, bahkan lebih ilmiah daripada artikel yang saya tulis.

Kecuali mengetahui penyebab sakit maag yang antara lain :
  1. Terutama karena sering makan tidak teratur ( waktunya ) , 
  2. Sering konsumsi makanan yang merangsang ( pedas, asam, alkohol ), Makanan  berpengawet ( makanan dan minuman dalam kaleng terutama ), berminyak ( goreng-gorengan ) dan bertekstur kasar ( sayur nangka, buah salak, goreng-gorengan, ayam goreng ).
  3. Mengunyah makanan hanya sebentar tidak sampai lembut, 
  4. Bacteri Helicobacter Pylori yang berada di dalam lambung, 
  5. Kondisi kejiwaan yang sering mengalami stress, 
  6. Mengkonsumsi obat-obat kimia dalam jangka lama, 
  7. Kurangnya olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup,
  8. Selalu berpikir negatif, 
  9. Kurang minum air putih.

Maka setelah Anda terkena sakit maag, yang harus Anda lakukan antara lain adalah :
  1. Rutin memeriksakan diri ke dokter.
  2. Makan pada waktunya.
  3. Hindari setiap makanan yang pedas, asam dan yang mengandung alkohol seperti : tape, nanas, durian, buah nangka.
  4. Hindari makanan yang berminyak dan berlemak, seperti goreng-gorengan dan segala makanan yang mengandung margarin.
  5. Hindari konsumsi segala bentuk makanan serta minuman instan, seperti mi instan ( ini kimianya sangat tajam pada lambung ) dan minuman-minuman dalam kaleng atau minuman yang dalam kemasan ( karena kimia pengawetnya sangat tajam bagi lambung dan bisa berdampak pada hati dan ginjal ).
  6. Hindari segala makanan yang keras dan kasar. Usahakan konsumsi nasi yang lembek, hindari makan nasi kenduri.
  7. Hindari segala makanan yang bergetah, apapun itu.
  8. Usahakan mengunyah sampai lembut, kecuali meringankan kerja lambung, mengunyah hingga lembut menghasilkan enzyme pencernaan yang sangat membantu memperingan kerja lambung dan usus.
  9. Agar Bacteri Helicobacter Pylori  ( sebagai penyebab utama sakit maag ) tidak berkembang dalam lambung kita, maka jaga kesehatan kita dengan baik, kecuali makan teratur, juga istirahat yang teratur, bagi orang yang sedang terkena sakit maag sebaiknya jangan melakukan olah raga dulu.
  10. Hindari konsumsi obat-obatan kimia kecuali sangat terpaksa, karena obat-obat kimia hanya mampu meredam gejalanya saja namun tidak mampu mengobati hingga akar penyebab penyakit, bahkan minum obat-obat kimia dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping yang lebih luas pada organ-organ yang lain, dibanding efek yang ditinggalkan oleh obat-obatan herbal pada umumnya. Konsumsilah obat-obatan herbal yang berkualitas ( bukan herbal sembarangan ), karena walaupun herbal jika komposisi serta dosisnya tidak tepat juga tetap mempunyai efek samping bagi tubuh.
  11. Bagi penderita maag, sebaiknya memperhatikan istirahat, agar luka lambung segera sembuh. Sesibuk apapun suatu pekerjaan, Anda harus menghargai waktu istirahat Anda, agar lambung segera sembuh, jika Anda tetap memaksakan diri menyelesaikan pekerjaan dan tidak memperhatikan istirahat Anda, maka sakit maag Anda tidak akan segera sembuh bahkan mungkin akan semakin parah.
  12. Hindari mengangkat beban yang berat, karena itu bisa menyebabkan kontraksi lambung dan usus sehingga mengakibatkan terjadinya kram pada lambung atau usus, yang sakitnya luar biasa.
  13. Minum air putih yang cukup ( minimal 2 liter dalam satu hari ) akan sangat membantu sembuhnya sakit maag, namun cara minumnya sedikit-sedikit tapi sering.
  14. Hindari makan hingga kekenyangen, karena ini akan memperberat kerja lambung sehingga tidak sembuh-sembuh.
  15. Usahakan setengah jam minum dahulu atau makan buah dulu sebelum makan, dan usahakan bila habis makan jangan langsung tiduran, paling tidak boleh tiduran 1 jam sesudah makan, ini untuk menghindari terjadinya asam lambung naik, keluar dari lambung tumpah ke tenggorokan dan kemana-mana sehingga akan menambahi jumlah keluhan Anda.
  16. Usahakan berpikir positif dan gembira agar lekas sembuh. Menurut penuturan Prof.Hiromi Sinya ( ahli usus terkemuka didunia dari Jepang ),dalam bukunya :The Miracle Of Enzyme ), ketika orang berpikir positif dan berbahagia maka dalam tubuhnya akan menghasilkan banyak enzyme yang sangat berguna bagi kesehatan.
  17. Lakukan kegiatan rutin yang ringan-ringan ( seperti menanam bunga dalam pot kecil, menyulam, menata ruangan ), yang mampu membangkitkan semangat dan kegembiraan Anda, hal ini penting karena mampu menunjang kesembuhan Anda, karena pikiran Anda tidak terus menerus terfokus kepada penyakit Anda.
  18. Jika kita mau meneliti dan menyadarinya, semua bentuk sakit adalah akibat dari kelalaian kita sendiri, tak ada sedikitpun yang disebabkan oleh orang lain. Oleh karena itu, ketika kita jatuh sakit, sebaiknya kita interospeksi diri dan tidak menyalahkan orang lain. Semakin kita berpikiran negatif, maka banyak enzyme induk dalam diri kita yang terkuras, sehingga daya kekebalan kita akan semakin menurun. Dengan semakin menurunnya tingkat imunitas dalam tubuh kita, maka segala penyakit yang kita derita semakin sulit untuk sembuh. Ini harus perlu kita sadari.
  19. Jika kita sedang sakit maag parah hingga tak bisa beraktifitas apapun, dan selalu membutuhkan bantuan orang lain, maka kita harus bersabar jika menerima sikap atau pelayanan yang kurang bersahabat dari siapapun disekitar kita.
Orang yang sakit maag walaupun parah, biasanya secara phisik tampilannya masih seperti orang yang sehat. Sehingga ketika kita tak bisa melakukan aktifitas apapun, maka kita akan dituding sebagai orang yang malas, orang yang manja, orang yang stress, dan lain sebagainya. Kita harus “legowo” menerima tudingan yang tidak benar itu, karena orang lain tidak memahami apa yang sedang kita derita. Jadi kita tak perlu emosi. Karena emosi akan memicu asam lambung, sehingga tak sembuh-sembuh.

Dari segala hal yang sudah saya tulis diatas, maka doa adalah hal terpenting yang “wajib” dilakukan. Kesembuhan adalah Hak prerogatif Allah SWT. Mau memberi kita sehat ataupun sakit, itu adalah kehendakNya, maka betapa perlunya kita berdoa, memohon kesembuhan hanya kepadaNya. Dengan cara menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

Kecuali itu, SEDEKAH juga tak bisa diabaikan. Apalagi bagi umat Muslim, yang sudah sangat memahami betapa pentingnya arti sedekah. Sedekah insya Allah, antara lain bisa meredam murka Allah, bisa memperpanjang umur, akan dikembalikan berlipat ganda oleh Allah kepada para pemberi sedekah, dan masih banyak sekali manfaat yang lain. Oleh karena itu perbanyaklah sedekah untuk memperoleh keRidhoan Allah SWT.

Demikian saya sudahi dahulu tulisan saya, supaya Anda tidak bosan, semoga tetap bermanfaat bagi Anda, dan semoga Anda atau keluarga Anda lekas diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Amin Ya Robbal’Alamin.

Salam Sehat Sejahtera Selalu,
NiniekSS
Labels: Tips

Thanks for reading Mengatasi Sakit Maag Secara Tuntas. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengatasi Sakit Maag Secara Tuntas"

Back To Top