SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Anda Perlu Tahu Ini

Banyak hal yang perlu diketahui oleh Anda yang sakit maag antara lain :
  • Hendaknya memakai pakaian yang longgar dibagian perut. Sebab jika kita memakai pakaian ketat akan menekan lambung sehingga lambung akan terasa lebih sakit.
  • Sebaiknya menyediakan alat kompres air panas dari karet yang bisa dibeli di apotik-apotik. Pengalaman saya, jika sedang kejang perut, atau perut sangat melilit karena salah makan ( biasanya makan makanan yang berminyak goreng-gorengan atau makan makanan yang liat seperti ketan bisa menyebabkan kejang perut ), maka jika dikompres dengan air panas akan cepat sekali mereda. Mengompres dengan air panas yang dimasukkan kedalam botol lalu dibalut dengan kain serbet/lap makan juga bisa, tapi repot dan payahnya jika kain lapnya terbuka maka akan terasa panas sekali menyengat kulit. Sedangkan jika memakai alat kompres air panas yang dari karet tidak akan kepanasan karena terlindung oleh karetnya dan panas bisa merata.
  • Berusaha menjaga emosi tetap stabil. Jika kita tak bisa mengendalikan emosi kita, sering marah, maka tak lama kemudian akan berdampak pada lambung yang sedang bermasalah. Langsung akan terasa perih dan melilit. Kita yang akan rugi, dan kita sendirilah yang akan merasakan akibatnya. Jadi latihan bersabar ya Sahabat ? Jangan suka marah-marah.
  • Cicipilah lebih dahulu makanan atau minuman yang hendak konsumsi. Ini penting, karena kalau makanan atau minuman yang terlanjur dikonsumsi ternyata tidak cocok dan menyebabkan perut sakit, maka sulit untuk mengeluarkannya kembali. Tidak setiap orang bisa memuntahkan kembali setiap makanan yang sudah ada didalam perutnya. Namun jika kita mencicipinya terlebih dahulu sebelum kita konsumsi, kita akan terhindar dari sakit perut akibat salah makan atau salah minum.
  • Jika anda sakit maagnya sudah parah ( makan apa saja sakit ), sebaiknya ketika makan apapun hendaknya sampah dari makanan jangan ditelan, tetapi dibuang saja. Karena sampah dari makanan ini kasar, maka jika tertelan, biasanya menyebabkan lambung sebah, terasa penuh bahkan terkadang sakit sampai lama, bisa seharian.
  • Lebih baik mengunyah hingga lembut makanan yang masih segar lalu membuang sampahnya, daripada mengkonsumsi makanan-makanan yang sudah terlalu lama memasaknya dan menjadi empuk. Orang sakit maag memang dilematis sekali dalam hal memilih menu makanan.
  • Orang sakit maag terutama yang sudah bertahun-tahun tidak sembuh-sembuh, biasanya menjadi kekurangan gizi sehingga tubuhnya menjadi lemah, terkadang lalu bermunculan penyakit lain yang semua saling berkaitan sebab akibat dengan sakit maag.
  • Kekurangan gizi karena terbatasnya makanan yang bisa diterima oleh lambung. Hal ini harus dipulihkan dengan makanan yang kaya akan gizi. Makanan yang banyak mengandung gizi dan enzym adalah makanan-makanan yang masih segar.
  • Memasak sayur agar kandungan gizinya tidak terlalu berkurang harus dimasak sebentar saja, padahal kalau memasaknya sebentar, masih keras sehingga jika dimakan akan menyebabkan lambung terasa sakit.
  • Jika hendak dimasak agak lama agar empuk dan dimakan lambung tidak sakit, maka gizinya akan banyak yang hilang, maka pilihan yang paling bijaksana adalah sayuran tetap dimasak sebentar saja agar kandungan gizinya tidak banyak berkurang, dan dikunyah hingga lembut lalu sampahnya tidak ikut ditelan, itulah tehnis saya dalam mengkonsumsi makanan. Jadi gizi tetap terpenuhi namun tidak menyebabkan sakit di lambung karena telah dikunyah dengan lembut.
  • Sebaiknya mengkonsumsi makanan ataupun minuman dalam keadaan hangat. Karena lambung jika terkena dingin akan terasa perih.
  • Susu, sebaiknya tidak usah diminum, karena bentuknya cair dia tidak akan diproses dilambung tapi langsung masuk ke usus. Lemak hewani yang ada didalam susu ketika mencapai usus akan langsung mengenthal dan ini sulit sekali dicerna oleh usus, sehingga akan menyebabkan sangat sakit pada usus. Hal ini menurut hasil penelitian Prof.Hiromi Sinya ( ahli usus terkemuka dunia, berasal dari Jepang yang selama bertugas 40 tahun telah menangani kasus 370.000 usus manusia, jadi hasil penelitiannya tak perlu diragukan lagi ).
  • Mengapa orang sakit maag sering bersendawa ? Agar Anda tahu, bahwa jika kasusnya sakit maag biasa, maka ia tak akan sering sendawa. Sendawa hanya terjadi jika perut penuh karena makan kekenyangan. Orang sakit maag yang sering bersendawa, dalam riwayat sakitnya, sebelumnya insya Allah kemungkinan ia pernah mengalami GERD ( naiknya asam lambung keluar dari lambung kedaerah kerongkongan, ke dada, atau asam lambungnya keluar ke usus halus ). Oleh karenanya orang yang menderita GERD, jika makan sedikit saja langsung bersendawa ( pen : bersendawa = antop bahasa Jawa ).
  • Kalau kasusnya seperti ini, menurut pengalaman saya ( juga atas advice dokter ), jika makan jangan sampai kekenyangan, lebih baik sedikit-sedikit saja setiap makan. Orang yang berkondisi seperti ini lebih nyaman perutnya kosong daripada jika penuh, namun maagnya harus tetap dijaga agar jangan sampai perutnya kosong. Sakit maag jauh lebih mudah diobati daripada GERD.
  • Tetap berhati-hati meskipun telah sembuh. Walaupun Anda merasa sakit maagnya sudah sembuh, sebaiknya Anda tetap berhati-hati dalam memilih menu makanan yang hendak disantap. Karena melihat banyak pengalaman dari orang-orang yang merasa benar-benar sudah sembuh, ternyata ketika mengkonsum si makanan tertentu mereka masih kambuh dan langsung parah kembali. Kita tidak menginginkan hal ini terjadi pada Anda sekalian. Jadi sebaiknya tetap berhati-hati meskipun telah sembuh.
  • Jika Anda ingin mengkonsumsi obat herbal, sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan ahlinya, atau orang yang mengetahui secara detail tentang obat herbal yang hendak Anda konsumsi, jangan sampai termakan oleh iklan apapun. Pilihlah herbal yang berkualitas, yang mempunyai uji klinis yang bisa dipertanggungjawabkan, uji manfaat produk, ijin edar, sertifikat halal dan lain sebagainya. Kalau perlu carilah testimony nyata dari seseorang yang telah mengkonsumsi produk herbal yang Anda pilih. Sehingga Anda tidak salah pilih, dan diharapkan akan membantu kesembuhan sakit maag Anda.
  • Mengunyah makanan hingga lembut sangat penting, karena dengan mengunyah lama, maka makanan telah bercampur dengan air liur yang mengandung enzyme amylase, sehingga ketika masuk kedalam lambung maka sangat memperingan kerja lambung, sehingga lambung tidak akan terasa sakit ketika makanan ada dalam lambung.
  • Hindari tidur sesudah makan, hal ini untuk mencegah naiknya asam lambung dari lambung ( GERD ). Karena sakit GERD jauh lebih tersiksa dari maag kronis, apalagi jika sampai terkena ANXIETY, lebih menderita lagi. Oleh karena itu bagi Sahabat yang belum terkena, lebih baik menjaga daripada mengobati.
  • Kalau bisa hindari naik kendaraan, karena bagi orang yang lambungnya sedang bermasalah, jika kena guncangan kendaraan, maka luka lambung tak akan sembuh-sembuh. Saya bisa bercerita dan memberi saran seperti diatas, karena semuanya sudah saya alami. Karunia yang tak terhingga jika saya bisa sembuh seperti ini, dan bisa berbagi pengalaman kepada Anda. Semua hanya atas izin Allah SWT.semata.
  • Yuk pelan namun pasti menuju kesembuhan. Insya Allah.

Salam Sehat Sejahtera Selalu,
NiniekSS
Labels: Tips

Thanks for reading Anda Perlu Tahu Ini. Please share...!

6 comments on Anda Perlu Tahu Ini

  1. Memang benar juga. terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama. Terima kasih juga atas kunjungannya di blog.

      Salam.

      Hapus
  2. Mas Andrea Wibawa.

    Terima kasih atas kunjungannya di blog.

    Salam,

    BalasHapus
  3. Assalamu alaikum ibu ninik,saya sdh 3 tahun di vonis kena sakit lambung dan sampai sekarang belum jg sembuh padahal sdh gonta ganti dokter dan anehnya obatnya ya itu2 aja,sangat menderita sekali bu,nggak bisa kerja,malu terhadap teman2 karena di bilang ini sakit kutukan,mohon infonya bu,langkah apa yg hrs sy tempuh lgi untuk menuju kesembuhan,padahal pola hidup sehat sdh saya kerjakan tetapi msh aja setiap hari badan dan perut ini tidak nyaman,terima ksh wasalamu alaikum wr,wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Yoyok Dyan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Memang sakit lambung itu sakit yang unik dan benar-benar bikin pusing tujuh keliling.

      Dampaknya sangat luas terhadap kehidupan. Bukan sekedar rasa sakit yang kita rasakan. Namun penderitaan beribu rasa. Karena sakit kita yang tak kunjung sembuh sehingga kita mempunyai perasaan yang serba tak enak dengan orang-orang di sekitar kita.

      Saran ibu, silahkan pesan buku untuk perawatan sakit maag dan asam lambung. Lalu usahakan bisa terapi minum air mentah, Dan diobati dengan morinda. Karena yang ibu ketahui dan alami selama ini, baru morindalah herbal yang efektif untuk pengobatan maag dan asam lambung. Namun harus mengerti benar dosis yang tepat.

      Demikian semoga, jawaban ibu bermanfaat.

      Salam,

      Hapus

Back To Top