SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Berbagai Penyebab Sakit Maag

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit maag secara efektif adalah, kita harus memahami lebih dahulu apa sakit maag itu, apa yang menjadi penyebabnya, bagaimana keluhan-keluhannya, baru bisa mencari solusinya yang paling tepat.

Kalau tidak memahami semuanya itu, bisa dipastikan bahwa sakit maag tak akan bisa sembuh dengan segera. Mungkin bisa, begitu minum obat lalu sembuh. Tetapi jika kita tak memahami sepenuhnya bagaimana sih sebenarnya sakit maag itu ? apa sih hal yang harus dilakukan untuk mencegah agar maagnya tidak kambuh lagi ? Insya Allah sakit maag anda bakalan kambuh lagi dan kambuh lagi, dan akhirnya akan menjadi maag kronis atau maag akut yang sangat sulit untuk diobati seperti saya dulu.

Karena sakit maag, apalagi jika sudah lama, berbulan-bulan bahkan menahun, tidak bisa sembuh hanya diobati dengan obat, atau bisa sembuh dengan makan teratur, atau hanya dengan menghindari makanan-makanan pantang saja, namun jika anda ingin tahu nih….pengobatan maag itu harus dilakukan serentak dengan berbagai ikhtiyar ! tidak percaya ? silahkan dibuktikan saja apa yang saya sampaikan !

Berikut ini adalah berbagai penyebab yang bisa menimbulkan sakit maag.

Apakah sakit maag itu ?
Adalah sakit pada lambung kita yang disebabkan antara lain oleh :
1. Terutama karena makan yang tidak teratur.
2. Sering konsumsi makanan yang merangsang, berpengawet, berminyak dan kasar.
3. Mengunyah makanan hanya sebentar tidak sampai lembut.
4. Bacteri Helicobacter Pylori yang berada didalam lambung.
5. Kondisi kejiwaan yang sering mengalami stress
6. Mengkonsumsi obat-obat kimia dalam jangka lama.
7. Kurangnya olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.
8. Selalu berpikir negatif.
9. Kurang minum air putih.

Hal-hal tersebut di atas, semuanya bisa menjadi penyebab terjadinya sakit maag, akibat mukosa pada dinding lambung yang terkikis yang pada akhirnya lambung merasa sakit setiap saat baik pada waktu makan ataupun perut dalam keadaan kosong. Cobalah anda teliti, manakah faktor penyebab yang ada dalam diri anda sehingga anda terkena sakit maag ?

1. Pentingnya makan yang teratur. 
Terkadang karena sibuknya pekerjaan, kita sering menunda-nunda makan disaat harusnya kita makan. Sekali dua kali hal ini belum terasa dampak negatifnya, namun jika dilakukan seringkali dan menjadi kebiasaan, suatu saat kita akan merasakan gangguan mual, perut kembung, masuk angin, pusing, demam ringan yang tak menentu. Ini adalah gejala awal sakit maag. Kalau sudah begini, mau tidak mau kita akan mulai berlangganan dengan dokter, karena keluhan-keluhan tersebut sudah tidak bisa lagi diatasi dengan tindakan-tindakan ringan seperti kerokan, pijat untuk menghilangkan lelah, minum jamu masuk angin dan lain sebagainya.

Dengan masuknya obat dokter ( kimia ) kedalam tubuh, mungkin keluhan sebentar akan berkurang, namun sisi lain kimia yang merupakan racun bagi tubuh malah menimbulkan dampak yang merugikan tubuh. Apalagi jika dokter hanya mengatakan kita sakit maag, dan hanya memberi obat, tanpa memberikan penjelasan yang lain, tentu kita hanya mengandalkan obat dari dokter tanpa menghindari segala penyebab sakit maag ( karena memang kita tidak tahu, dan dokter tidak punya waktu panjang untuk menjelaskannya kepada kita ). Nah tentu kesembuhan kita hanya sebentar, besuk akan kambuh lagi karena akar penyebabnya masih terus kita lakukan !

Oleh karena itu betapa pentingnya kita mengetahui tentang seluk beluk mengenai sakit maag.Makan yang teratur tak boleh kita abaikan. Sarapan atau makan pagi sangat baik agar tubuh kita fit dalam memulai beraktifitas. Makan siang sangat perlu untuk mengganti energi yang telah terbuang dalam aktifitas sebelumnya. Dan makan sore juga dibutuhkan, namun tidak sebagaimana makan pagi dan makan siang. Makan sore cukup konsumsi buah saja, agar saat tidur lambung tidak penuh, tidur dalam keadaan lambung penuh, bisa memicu naiknya asam lambung keluar dari lambung ( apa yang disebut dengan GERD ). Pada waktu tidur perut dalam keadaan kosong memungkinkan enzyme tubuh terbentuk dengan maksimal. Sedangkan banyaknya enzyme yang ada dalam tubuh manusia, sangat menentukan kesehatan seseorang.

2. Pentingnya menghindari makanan yang merangsang. 
Makanan yang merangsang seperti makanan yang terlalu pedas, asam dan dingin serta yang mengandung alkohol juga bisa memicu timbulnya sakit maag. Demikian makanan yang mengandung pengawet, dan berminyak juga dapat menjadi pemicu sakit maag karena susah dicerna. Dalam jangka pendek belum terasa dampaknya, hal ini akan terasa bertahun-tahun kemudian.

3. Pentingnya mengunyah makanan hingga lembut. 
Kalau kita mau meneliti lebih lanjut, orang yang terkena sakit maag atau asam lambung cenderung mempunyai kebiasaan mengunyah hanya beberapa kali kunyahan langsung ditelan, tidak sampai lembut.
Makanan yang hanya dikunyah beberapa kali tentu masih kasar ketika masuk kedalam lambung juga tidak mengandung enzyme mulut yang banyak, sehingga kerja lambung berat ketika memproses makanan kasar tersebut, sehingga ini akan menguras enzyme yang ada pada lambung sehingga lambung terasa sakit dikemudian hari apabila hal ini terjadi secara terus menerus.

Sebaliknya makanan yang dikunyah hingga lembut, kecuali menjadi halus ketika masuk kedalam lambung, makanan tersebut mengandung banyak ezyime amylase dari air liur yang dikeluarkan ketika mengunyah, sehingga hal ini akan sangat membantu proses pencernaan, sehingga sangat meringankan kinerja lambung.

4. Penyebab sakit maag yang paling sering ditemui adalah infeksi bakteri oleh  Helicobacter pylori.  
Helicobacter pylori adalah bakteri yang sering ditemukan dalam perut penderita penyakit maag. Jika dibiarkan tidak diobati Helcobacter pylori, maka bacteri ini akan cepat mencapai jumlah yang besar, dan ini akan dapat merangsang sekresi asam lambung yang mengarah menjadi bisul. Bila percepatan berkembangnya bakteri yang menyebabkan sekresi asam lambung ini tidak tertahan, maka akan memecah lapisan mukosa lambung, sehingga terjadilah iritasi lambung dan kemungkinan bisa menimbulkan infeksi pada lambung.

Setiap orang mempunyai bibit bacteri Helicobacter pylori ini dalam tubuhnya, namun mengapa mereka tidak mengalami gejala sakit maag ?.
Karena sebagaimana virus, bacteri adalah organisme oportunistik, yang perkembangannya mengikuti kondisi tubuh kita. Jika kondisi kesehatan buruk dan menurun, maka bacteri ini akan berkembang terus. Oleh karena itu menjaga stamina sangatlah pentingnya agar tidak terkena sakit maag, yang diakibatkan oleh berkembangnya bakteri ini dalam tubuh kita. Ini ada kaitannya dengan betapa pentingnya berolahraga yang teratur dan beristirahat yang cukup.

5. Pentingnya menjaga agar tidak mengalami stress.
Stress konon bisa memicu sekresi asam lambung. Usahakan agar kita tidak mengalami stress dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Setiap manusia pasti mempunyai problem masing-masing yang harus dipecahkan. Tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan, dan tak ada problem yang tak dapat dipecahkan. Oleh karena itu, mendekatkan diri kepada Allah SWT.adalah sangat penting agar kita mampu memiliki keseimbangan hidup lahir maupun batin. Jika kita mempunyai iman, maka kita akan tenang menjalani kehidupan yang bagaimanapun sulitnya, karena setiap saat selalu mempunyai harapan akan datangnya pertolongan, bimbingan dan kasih sayang Allah SWT.

Bagi Sahabat yang Muslim, saya sarankan agar menjalankan ibadah sholat dengan benar syarat rukunnya, dimulai dari wudhlunya. Ini sangat penting bagi kesehatan, karena dari gerakan gerakan sholat, masing-masing mempunyai makna, dan berdampak bagi kesehatan seluruh tubuh. Berwudhlu dengan kekhusyukan juga akan menimbulkan kekhusyukan hati ketika sholat yang ini akan berdampak bagi kesehatan jiwa alias anti stress.

Membaca Al Qur’an juga mempunyai dampak yang luar biasa bagi kesehatan lahir dan batin karena setiap huruf dalam Al Qur’an mempunyai malaikat penjaga yang akan selalu mendoakan kebaikan bagi pembacanya, yang mana hal ini akan menimbulkan ketenangan jiwa bagi kita yang rajin membacanya. Insya Allah.

6. Berhati-hati mengkonsumsi obat-obatan kimia.
Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan kimia, karena bisa menyebabkan iritasi pada dinding lambung sehingga menyebabkan sakit maag. Jika tidak sangat terpaksa hindarilah menggunakan obat-obatan kimia. Atasi keluhan dengan tindakan ringan terlebih dahulu, jika memang tidak memungkinkan baru berobat ke dokter, kecuali untuk hal-hal yang sifatnya memang darurat untuk segera diatasi oleh seorang dokter.

7. Pentingnya Olah Raga yang teratur dan istirahat yang cukup.
Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama untuk menjaga keseimbangan, menjaga kelenturan otot dan syaraf, untuk menjaga sirkulasi darah, untuk menjaga agar tubuh bisa menyerap oksigen dengan sempurna.Meskipun demikian Olah Raga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh serta usia kita. Yang paling aman untuk segala usia adalah Senam Sehat Indonesia yang dasar-dasarnya konon awalnya diambil dari Senam Waitankung ( Olah raga ini ternyata sudah terbukti bisa menyehatkan para penderita berbagai keluhan, asal dilakukan dengan rutin ).

Istirahat yang cukup juga penting, agar metabolism tubuh berjalan dengan maksimal sehingga mendukung terbentuknya regenerasi sel dengan sempurna pula. Jika istirahat cukup, maka stamina juga akan menjadi baik sehingga tubuh selalu menjadi fit.

8. Perlunya menghindari berpikir negatif dan menciptakan kondisi selalu berpikir positif, atau menciptakan kebahagiaan.
Prof.Hiromi Sinya ( ahli usus terkemuka di dunia dari Jepang ), mengemukakan dalam bukunya “The Miracle Of Enzyme”, bahwa situasi cinta dan kebahagiaan akan menghasilkan banyak enzyme dalam tubuh manusia, yang mana itu akan sangat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dan kebahagiaan ini hanya tercipta jika kita bisa selalu berpikir positif, sebaliknya jika kita berpikir negatif akan banyak menguras enzyme dalam tubuh sehingga menyebabkan kita stress, kurang bersemangat dan sakit.

9. Biasakan minum air putih yang cukup setiap hari.
Sudah kita ketahui bersama, bahwa tubuh kita terdiri dari 70% air, hal ini secara tersirat mengisyaratkan bahwa didalam system kesehatan tubuh manusia membutuhkan banyak air untuk menjadi selalu sehat. Paling tidak minum tidak kurang dari 2 liter dalam satu hari. Hal ini tidak berlaku untuk orang yang bermasalah dengan kesehatan ginjalnya, dimana untuk kebutuhan minumnya dalam sehari ada ketentuan khusus menurut petunjuk dokter. Kekurangan minum air putih bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk gangguan lambung.

Apa yang sudah saya tuliskan diatas adalah hal-hal yang bisa menjadi penyebab sakit maag. Pada tulisan mendatang insya Allah akan saya sampaikan Bagaimana Mengatasi Sakit Maag ( secara tuntas ), sebagai lanjutan dari tulisan ini. Nantikan Sahabat. Semoga bermanfaat selalu.

Salam Sehat Sejahtera selalu
Oleh NiniekSS
Labels: Penyebab

Thanks for reading Berbagai Penyebab Sakit Maag. Please share...!

0 Komentar untuk "Berbagai Penyebab Sakit Maag"

Back To Top