SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

PANTANGAN-PANTANGAN MAAG YANG RISKAN JIKA DILANGGAR

PANTANGAN-PANTANGAN MAAG YANG RISKAN JIKA DILANGGAR

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Sakit Maag dimanapun kalian berada...

Apa kabarnya saat ini ? Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa kita sekalian serta memberikan karunia kesembuhan kepada kalian yang belum sembuh. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Syukur alhamdulillah selalu saya panjatkan atas beribu nikmat yang Allah SWT. berikan kepada saya sekeluarga. Nikmat yang nyata maupun nikmat yang tersembunyi yang lebih banyak tak saya sadari, yang senantiasa Allah taburkan disepanjang kehidupan saya sepanjang hari dari mulai matahari terbit hingga menghilang lagi. Subhanallah betapa banyaknya.

Shalawat serta salam yang sekhalis-khalisnya bagi Junjungan Umat Manusia, Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW. Semoga selalu tercurah kepada keluarganya tercinta dan para Sahabat Baginda yang taat dan setia kepada Baginda SAW. Aamiin Ya Rabb.

Kali ini saya ingin berbagi tentang :”Pantangan-Pantangan Maag Yang Riskan Jika Dilanggar”. Sebab masih banyak sekali pertanyaan pembaca di kolom komentar blog, yang menanyakan apakah ini boleh dimakan ? Atau apakah itu jika dimakan aman bagi lambung ?

Ada pantangan-pantangan yang berupa makanan atau minuman. Dan ada pantangan yang berupa aktifitas. Yang jika dilanggar tentu akan menimbulkan akibat yang tak mengenakkan. Terutama di lambung atau pada tubuh secara keseluruhan. 

Pantangan Makanan antara lain :

Yang kasar dan mengandung minyak seperti :

-    Ayam goreng.

Ayam, jika digoreng biasanya keras. Nah, jika dimakan, sifat kerasnya ini, ketika diproses di lambung, bisa menimbulkan dinding lambung yang luka atau iritasi bertambah luka, sehingga lambung akan terasa sakit sekali. Dan dampak yang diakibatkan makan ayam goreng ini bisa berhari-hari bahkan berkepanjangan hingga berminggu-minggu baru berangsur-angsur hilang. Oleh karena itu hindarilah makan ayam goreng, jika belum sembuh benar-benar maagnya.

-    Keripik singkong.

Keripik singkong juga demikian. Bahkan lebih riskan daripada ayam goreng. Apalagi jika singkong yang dibuat keripik itu dari bahan singkong yang kenyal/tidak mempur, maka ketika dimakan akan menyebabkan lambung sakit sekali, perih, begah, dan sakit yang luar biasa. Karena keripik singkong sangat kasar sifatnya. Jadi hindarilah makan keripik singkong jika tak ingin kesakitan lambungnya.

-    Rempeyek.

Rempeyek baik rempeyek kacang ataupun rempeyek teri, meskipun sudah dikunyah sangat lembut, tetap saja akan mengakibatkan lambung sangat sakit. Karena rempeyek susah dicerna dalam lambung. Hindari dulu ya ?

Pantangan Sayur antara lain :


-    Sayur Kangkung :

Sayur kangkung dimasak ongseng pedas diberi campuran petai diiris tipis-tipis serta diberi teri palembang, memang enak sekali. Apalagi jika dimakan dengan nasi yang pulen hangat-hangat..Ya Allah..tak perlu menanyakan lauk lagi deh. Itu bagi orang yang maagnya sehat. Tapi jangan coba-coba orang sakit maag makan ongseng/tumis kangkung maka perut akan sakit sekali berkepanjangan. Batangnya itu yang susah dicerna. Daunnyapun lama hancurnya dilambung. Sabar dulu ya untuk makan kangkung.

-    Sayur kacang panjang :

Sayur kacang panjang juga demikian. Kalau dimakan menyebabkan sebah atau begah didalam perut, melilit sepanjang hari. Meskipun dimasak seempuk apapun, tetap saja menimbulkan rasa sakit di lambung.

-    Sayur Daun Singkong :

Sayur daun singkong sama saja dengan daun kangkung dan kacang panjang, ada tekstur kasarnya sehingga jika dimakan akan menyebabkan sakit pada lambung. Jadi sebaiknya dihindari dulu ya ?

-    Masakan Mie

Masakan mie dari bahan mie apapun selalu bikin lambung sakit. Apalagi mie instan yang sekarang banyak beredar di warung-warung dan supermarket-supermarket. Banyak kasus maag parah yang disebabkan sering makan mie instan setiap harinya. Ini terutama dialami oleh anak-anak kost juga karyawan yang ngekost yang ribed untuk masak sendiri sehingga setiap kali mau makan parkstis kalau bikin mie instan.

Saya dulu juga senang banget mie instan karena rasanya yang aduhai..Awal-awal memang tak terasa. Namun beberapa waktu kemudian, lambung sering terasa perih..itulah dampak awalnya. Jika segera menyadari dan berhenti makan mie instan, lalu menjaga menu yang sehat bagi lambung, ya selamatlah. Namun bagi yang tak tahu, hanya makan obat maag sederhana, tapi tetap lanjut makan mie instan, ya awal malapetaka, karena bisa jadi di kemudian hari akan menjadi maag kronis atau maag akut yang sulit untuk disembuhkan.

Ada cerita begini...Ada seorang mahasiswi yang mempunyai sakit maag. Hari-hari berlalu dengan kadang-kadang kambuh, kadang-kadang sembuh. Minum obat dokter jalan terus. Dan ia tetap konsisten menjaga makanan yang aman bagi lambung. Meskipun begitu, ia sering absen masuk kampus kalau lagi kambuh. Dan hal ini tak menjadi halangan untuk terus kuliah. Ibunya juga sangat memperhatikan kondisi putrinya yang sakit maag ini.

Suatu hari, ia harus menjalani program KKN kampus. Kalau tak salah sekitar 1.5 bulan. Kebetulan mendapatkan lokasi yang cukup jauh dipelosok. Dimana untuk mendapatkan bahan makanan saja agak sulit dijangkau. Ada pasar lokal, yang bukanya hanya pada hari-hari tertentu saja. Sedangkan didaerah tersebut tak ada toko besar, adanya warung-warung kecil milik warga setempat. Jika ingin membeli sesuatu yang komplit harus kekota dulu yang memakan waktu lama naik motor. Susahlah untuk mendapat makanan seperti yang ia makan sehari-hari dirumahnya.

Nah sehari dua hari tak ada masalah ketika masih bisa makan dari bahan makanan yang ia bawa dari rumah. Ditempat KKNnya ia berusaha untuk merawat dirinya sendiri secara spesial. Tibalah saatnya ketika bahan makanan yang dibawa dari rumah sudah habis, terpaksa ia makan mengikuti pola makan teman-temannya KKN yang tak bermasalah dengan maagnya. Mereka sehat-sehat semua.

Teman-temannya, karena program KKN begitu padat tentu tak bisa membantu merawat mahasiswi ini. Maka ia makan dengan apa yang dimasak dalam KKN. Dengan bahan makanan apa yang ada diwarung setempat. Adanya yang seadanya banget. Yang selalu tersedia adalah mie instan dan telor ayam. Tentu demi praktisnya mereka ya sering masak mie instan. Kecuali enak rasanya juga praktis masaknya. Sebetulnya pada minggu-minggu pertama awal makan mie instan di lokasi KKN mahasiswa ini sudah sering terasa sakit lambungnya, namun ditahannya dengan minum obat pereda rasa sakit dari dokter yang dibawanya dari rumah.

Meskipun ia sering absen dari kegiatan KKN, alhamdulillahnya ia bisa bertahan hingga akhir KKN. Nah ketika tiba pada akhir KKN inilah ia sepertinya tak kuat lagi untuk menahan kesakitan pada lambungnya. Yah bagaimana lagi, karena lokasinya di daerah perbukitan, tentu kegiatan KKN ia harus sering naik turun bukit. Makannya sering terlambat. Dan makanan yang ia makan sering melanggar pantangan, karena situasional yang tak bisa dihindari.

Akhirnya ia bisa pulang sampai kostnya didaerah Yogyakarta. Ia tak mampu lagi pulang kerumahnya di kota lain yang jarak tempuhnya masih sekitar 4 jam perjalanan mobil. Lalu sesampai di kost, tak lama kemudian kedua orangtuanya menjemputnya langsung dimasukkan ke RS dikotanya. Sesampai dirumah sakit, mahasiswi ini sudah tak sadarkan diri, mengalami pendarahan dari mulutnya. Ketika diperiksa di Rumah Sakit dinyatakan lambungnya bocor. Hanya dalam sehari kemudian ia meninggal dunia.

Saya menceritakan ini bukan untuk mendramatisir keadaan. Namun begitulah proses perjalanan lambung menjadi akut atau parah. Agar menjadi pelajaran bagi kita semua, jagalah dengan serius lambung kita. Bahwa sakit maag, jika dibiarkan benar-benar bisa berakibat kematian. Walaupun kita tahu bahwa kematian adalah takdir ! 

Pantangan Minuman : 


-    Teh kental.

Menurut pengalaman saya, teh yang kental merk apapun ketika saya minum selalu menimbulkan kesakitan dalam lambung. Saya bisanya minum teh celup yang saya buat sangat encer dari merk Sariwangi (ini bukan promosi, karena saya juga tidak kenal dengan pemilik Teh Sariwangi apalagi mendapat kompensasi penjualannya he he).

Jadi cara membuatnya, 1 sachet teh dicelupkan dalam gelas, biarkan kental. Nah teh yang kental ini biarkan untuk orang lain. Bekas teh yang tadi untuk membuat teh kental, baru kita buat untuk kita yang sangat encer, dengan 1 sendok teh gula pasir tidak penuh. Tingkat kekentalan teh sesuai tingkat keparahan maag. Semakin parah tehnya baiknya semakin encer.

-    Kopi

Kopi sama sekali tidak aman bagi lambung, meskipun orang bilang teh pahit (tanpa gula) aman bagi lambung, tetapi hingga kini saya benar-benar tak berani mencobanya, ngeri akibatnya !

-    Susu Instan

Berkali-kali saya konsumsi susu instan merk apapun baik yang dalam kemasan kotak kardus maupun yang ada dalam kaleng, selalu tak pernah aman. Saya benar-benar dropp sesaat sesudah minum susu. Perut sakit sekali hingga berminggu-minggu sehabis minum susu instan. Akan tetapi ketika saya minum susu murni yang langsung dari pemerasan susu sapi, alhamdulillah perut tak bermasalah. Wallohua’lam...

-    Coklat

Coklat dalam bentuk apapun : permen, roti, kue, ataupun snack lainnya, ketika saya konsumsi selalu menimbulkan rasa perih dalam lambung.

Pantangan Aktifitas


-    Olah Raga Berat

Olah Raga berat apapun seperti : naik gunung, lari, bersepeda, karate dan sejenisnya, ketika dilakukan akan berdampak pada kesehatan lambung.

-    Naik Motor/Bersepeda

Saya dulu, ketika mulai sakit maag, setiap habis bersepeda, naik motor bahkan setir mobil sekalipun, selalu, sehabis itu lambung terasa tidak enak, bahkan sakit. Tadinya tidak menyadari bahwa penyebabnya adalah hal itu, setelah melalui pengamatan beberapa waktu lamanya, ternyata aktifitas naik motor bersepeda dan mengendarai mobil memang menyebabkan lambung tak sembuh-sembuh.

-    Naik turun tangga

Saya dulu juga tak menyadari, bahwa naik turun tangga menjadi penyebab sakit maag atau GERD tak sembuh-sembuh. Akhirnya setelah saya mengamati lalu mengurangi aktifitas naik turun tangga, alhamdulillah, derita maag banyak berkurang.

-    Angkat beban yang berat-berat

Nah ini nih, banyak ibu-ibu yang belum mengetahui bahwa angkat yang berat-berat juga menghambat kesembuhan lambung. Misal angkat air dalam ember, angkat bak cucian dari mesin cuci ketika mau dijemur, angkat galon air, atau galon gas. Memang bagi yang lambungnya sehat, melakukan aktifitas ini tak bermasalah. Namun bagi orang yang sakit maag, angkat beban berat ini akan menyebabkan lambung bertambah sakit.

Jadi jika kalian ingin sembuh, berusahalah untuk menghindari segala pantangan yang riskan untuk dilanggar tersebut. Ingin segera sembuh nggak ?

Ada baiknya juga untuk mempercepat kesembuhan kalian, pesanlah Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis yang saya tulis. Disini. Karena didalamnya sarat dengan ilmu untuk sembuh dari Sakit Maag Dan GERD.

Demikianlah “Beberapa Pantangan Maag Yang Riskan jika Dilanggar”. Semoga bermanfaat dan semoga kalian cepat sembuh ya ? Sampai jumpa insya Allah dilain kesempatan.

Alhamdulillahirabbil’alamiin...

Purworejo, 8 Oktober 2019

Salam Yuk Hidup Sehat
NiniekSS.

Labels: BAHAYA ASAM LAMBUNG, BUKU BERKUALITAS, CARA SEHAT, CARA SEMBUH MAAG, PANTANGAN MAAG

Thanks for reading PANTANGAN-PANTANGAN MAAG YANG RISKAN JIKA DILANGGAR. Please share...!

0 Komentar untuk "PANTANGAN-PANTANGAN MAAG YANG RISKAN JIKA DILANGGAR"

Back To Top