SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Temulawak Sebagai Obat Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Niniek SS yang sedang sakit maag,

Sejak jaman dulu secara turun temurun temulawak sudah sangat dikenal sebagai bahan ramuan serbaguna, yang maksudnya adalah temulawak ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengobati keluhan apa saja, dari ujung kaki sampai keujung rambut. 

Pemanfaatan temulawak ini tergantung pada cara pengolahan serta ketepatan dosis yang diminum.

Sebenarnya temulawak ini konon berasal dari Pulau Jawa. Namun saking komplitnya kandungan serta khasiat dari temulawak ini, sekarang ini temulawak sudah ditanam oleh pemerhati herbal diseluruh belahan dunia, termasuk di Asia Tenggara. Di India, Korea, Cina, Jepang, dan berbagai tempat di seluruh dunia sudah banyak dikenal tanaman temulawak.

Bahkan menurut penelitian para ahli, bahwa kandungan serta khasiat temulawak ini melebihi kandungan serta khasiat ginseng dari Korea, terutama temulawak yang ditanam di Indonesia. 

Bukankah ini cukup menjadikan kita bersyukur serta berbangga ? Di negeri kita tercinta ini, terhampar tanaman temulawak yang sangat dikagumi di dunia Internasional ? Mengapa kita belum memanfaatkan sebagai media obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang kita alami ?

Penulis, meskipun sudah sering mengkonsumsi temulawak sebagai minuman hari-hari, bahkan kalau ada tamupun sering penulis hidangkan minuman temulawak gula aren sebagai minuman segar yang menyehatkan, namun penulis dulu belum mengenal secara detail tentang kandungan serta manfaat dari temulawak ini. Tahunya bahwa minuman temulawak sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan stamina serta membangun darah merah. Itu saja yang penulis ketahui sebelumnya.

Subhanallah…ternyata belakangan penulis mengetahui dari browsing di internet, dari membaca literatur tanaman kesehatan yang penulis buru diberbagai toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung dan lainnya, dari berguru kepada Embah-embah di pelosok pedesaan yang sudah berusia lanjut, bahwa temulawak bukan saja sebagai minuman kesehatan tapi lebih kepada sebagai  “Obat Dewa”, karena kandungan dan khasiatnya yang super komplit !

Karena embah-embah di pelosok pedesaan yang sudah berusia sangat lanjut, yang jarang mengenal rasa sakit, yang masih utuh daya ingat serta penglihatan dan pendengarannya, ternyata sejak jaman mudanya secara teratur mengkonsumsi temulawak hingga masa tuanya.

Seringnya mereka mengkonsumsi temulawak dalam bentuk minuman. Dari temulawak yang telah diiris tipis-tipis dan dikeringkan lalu diambil beberapa iris saja, dicuci bersih, kemudian direbus hingga mendidih seperempat jam. Dan diminum ketika hangat kuku bersama gula aren atau gula merah.

Atau terkadang temulawak kering ini hanya diseduh dengan air mendidih lalu ketika hangat-hangat kuku mereka minum dengan diberi tambahan gula aren atau gula merah sedikit, tidak sampai terasa manis.

Termasuk ibu penulispun yang wafat dalam usia 86 tahun masih bugar hingga akhir hayat beliau dibanding teman-teman seangkatan beliau, karena sejak mudanya rajin sekali minum temulawak yang dibuatnya sendiri. Dan selama minum temulawak seingat penulis, ibu almarhum tak pernah jatuh sakit, meskipun sekedar masuk angin.

Ibu almarhum, mengalami beberapa keluhan setelah tidak lagi mengkonsumsi temulawak, karena dianggap oleh anak-anaknya yang sudah hidup di alam modern ini kurang mempercayai temulawak sebagai suplemen multifungsi yang sejatinya sungguh luar biasa bagi kesehatan. 

Oleh saudara-saudara penulis, ibu almarhum dulu pada akhir-akhir masa hidupnya selalu dibelikan food suplemen dari luar negeri yang dipercaya lebih canggih dari sekedar minuman temulawak.

Wah jadi ngelantur nih artikelnya. 

Tapi tidak mengapa, toh masih ada relevansinya, yang berhubungan dengan kehebatan temulawak. Hal ini sebagai reverensi bagi Anda para pembaca setia dari blog ini, bahwa bukan sekedar omong kosong jika temulawak memang mampu mengatasi berbagai macam keluhan serta mampu meningkatkan kebugaran tubuh, dengan syarat diminum dengan teratur dengan cara yang benar.

Mengapa penulis mengedepankan kesehatan ibu almarhum sebagai contoh ? Karena diusia 86 tahun, ibu penulis masih bugar, daya ingatnya masih sangat tajam, penglihatan juga mampu menjangkau jarak pandang yang cukup jauh, pendengaran juga masih sangat fresh.

Nah jika dibandingkan dengan orang-orang seusianya tentu berbeda sangat jauh. Di usia 86 tahun mereka pada umumnya tak bisa menikmati masa tua dengan bahagia karena dirundung banyak penyakit, yang osteoporosis, diabet, stroke, asam urat, ginjal, jantung,darah tinggi, kanker payudara, kanker prostat, pikun, kehilangan pendengarannya, katarak hingga kebutaan. Ya Allah.

Kembali kepada temulawak sebagai obat maag

Lihatlah apa saja khasiat temulawak yang bermanfaat bagi pengobatan  sakit maag, juga bermanfaat mengatasi berbagai keluhan yang kemudian timbul jika sakit maag tersebut tak kunjung sembuh dalam kurun waktu yang lama hingga bertahun-tehun.  Marilah kita pelajari dengan seksama bersama-sama.

Antara lain bisa mengatasi :
  • Sembelit atau susah buang air besar. Penderita sakit maag sering mengalami sembelit atau susah BAB, jika mau mengkonsumsi minuman temulawak secara rutin maka biasanya BAB akan selalu lancar, tidak sembelit lagi.
  • Radang lambung.
  • Kandungan kurkumin sebagai anti radang ternyata dapat mengatasi berbagai kasus radang termasuk radang lambung. Di India, manfaat temulawak untuk mengatasi radang dan nyeri sendi sudah digunakan disana sejak ribuan tahun yang lalu. 
  • Ambeien.
  • Pembengkakan akibat infeksi, pembengkakan selalu berhubungan dengan radang. Jika lambung kita sedang radang, biasanya akan diikuti dengan suhu badan yang meningkat. Jika terjadi seperti ini, maka segeralah minum minuman temulawak, beberapa kali. Insya Allah maka radang akan segera reda, dan suhu badan akan menjadi normal kembali.
  • Kurang Darah. Para penderita sakit maag, terutama yang kronis, menahun belum sembuh, biasanya akan diikuti dengan tekanan darah rendah serta kurang darah, karena asupan nutrisi yang sangat terbatas bisa dikonsumsi. Jika dibiasakan minum minuman temulawak, insya Allah akan bisa mencegah atau mengobati tekanan darah rendah atau kurang darah, karena temulawak bisa membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah, baik dari kandungan zatnya maupun kinerjanya di dalam tubuh.
  • Kejang-kejang. Kandungan kurkumin yang ada dalam rimpang temulawak ternyata juga bisa untuk menetralisir mencegah kejang-kejang.
  • Kelelahan. Banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan maka sangat memungkinkan temulawak bisa untuk mengatasi kelelahan yang terjadi pada penderita maag akibat kekurangan nutrisi yang bisa dikonsumsi akibat lambung yang sedang bermasalah.
  • Mengatasi Diare. Temulawak, disamping bisa mengatasi sembelit juga bisa untuk mengatasi diare, karena adanya zat antioksidan sehingga mampu menetralisir racun atau mikroba dari luar yang menyebabkan diare.
  • Meningkatkan nafsu makan Karena kandungan minyak atsiri yang memiliki sifat karminatum.
  • Mencegah kanker usus.
  • Mencegah kanker secara keseluruhan.
  • Curcuma dapat menghentikan pembuluh darah yang mensuplai pertumbuhan kanker. Hal ini hasil hipoteses yang dikeluarkan oleh The University of Maryland Medical Center. Kanker yang bisa diatasi oleh temulawak antara lain kanker payudara, kanker usus dan kanker prostat.
  • Mengatasi segala gangguan pada saluran pencernaan.
  • Temulawak ternyata dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti dyspepsia, indisgestion serta perut kembung. Demikian juga menurut pernyataan dari Clinical Gastronology and Hepatology pada tahun 2006 bahwa pasien ulcerative colitis didapati semakin membaik setelah mengkonsumsi temulawak secara rutin.
  • Mengatasi kontraksi usus halus. Temulawak ternyata memiliki kemampuan memperbaiki fungsi pencernaan. Serbuk rimpangnya mampu meningkatkan aktivitas cairan yang ada di dalam lambung, yang mana hal ini dapat membantu proses metabolisme pencernaan sehingga dapat mengurangi kontraksi pada usus halus.
  • Sebagai tonikum. Orang sakit maag sering merasa lelah dan kekurangan tenaga, karena keterbatasan nutrisi serta vitamin yang bisa dikonsumsi oleh tubuh. Temulawak sangat baik untuk memulihkan tenaga atau stamina.
  • Sebagai antioksidan. Temulawak sudah lama dipercaya sebagai antioksidan, untuk mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh, sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh.
  • Mengatasi sariawan. Karena kebutuhan akan Vitamin C yang terdapat didalam buah tidak mencukupi, maka orang sakit maag juga sering terjangkiti sariawan yang diakibatkan oleh kurangnya konsumsi Vitamin C. Cara yang paling aman untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi temulawak, yang aman bagi lambung justru mampu mengaktifkan cairan dalam lambung sebagai proses metabolisme pencernaan, sekaligus kandungan khasiatnya yang juga sangat banyak, yang salah satunya bisa mengobati sariawan.
  • Mengurangi rasa nyeri lambung. Temulawak mempunyai khasiat sebagai penawar alami rasa sakit. Jika Anda merasakan sering nyeri lambung, maka mengkonsumsi temulawak secara teratur akan mengurangi bahkan menyembuhkan rasa nyeri yang sering terjadi pada lambung Anda.
Jadi temulawak ternyata sangat baik untuk dikonsumsi para penderita sakit maag agar lekas sembuh, asal dikonsumsi secara teratur.

Temulawak sebaiknya dikonsumsi dengan jalan diiris tipis tipis dan dijemur pada panas matahari yang tidak lebih dari jam 11.00 lalu ambil beberapa iris disedu dengan air panas mendidih. Setelah hangat kuku dicampur dengan madu atau gula merah/aren secukupnya dan diminum cukup sehari sekali menjelang sore hari.

Konsumsi temulawak terutama untuk orang sakit maag jangan sekali-kali dikonsumsi mentah dengan jalan diparut dan kemudian diminum airnya, karena getah dari temulawak basah sangat tajam apalagi untuk lambung yang sedang sakit, bisa pingsan nanti.

Demikian share penulis tentang Temulawak Sebagai Obat Sakit Maag. Semoga bermanfaat. Cara konsumsi temulawak KLIK DI SINI.

Jika Anda ingin segera sembuh dari sakit Anda, konsumsilah temulawak secara teratur dan kenalilah secara mendalam apa itu sakit maag KLIK DI SINI.

Salam Semangat Selalu,

Niniek SS
Labels: Pengetahuan Baru, Tanaman Obat Untuk Maag, Tips

Thanks for reading Temulawak Sebagai Obat Sakit Maag. Please share...!

8 comments on Temulawak Sebagai Obat Sakit Maag

  1. Bu saya mau tanya..knp saya habis minum temulak yang sudah di jemur dan di iris..saya besok pagi nya bab langsung diare....apa tidak apa2 bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Deni

      Diare itu karena pembersihan lambung dan usus oleh zat yang terkandung dalam temulawak. Tak usah kuatir.

      Salam,

      Hapus
  2. Saya minum temulawak dg cara diblender dan disaring airnya dan lngsung diminum . Apakah cara ini lebih manjur ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arie bin Wignyo

      Mas Arie, minum temulawak mentah sangat tidak dianjurkan untuk penderita maag atau gerd, karena getahnya sangat keras untuk lambung. Lebih baik minum temulawak yang sudah dikeringkan lebih dulu. Aman bagi lambung dan aman pula bagi ginjal. minum temulawak yang mentah, apalagi yang diblender langsung diminum rawan untuk ginjal.

      Salam,

      Hapus
  3. Saya minum temulawak yang sdah di racik dan di campur dengan gula aren. Apakah aturan minum 1 kali sehari pada sore hari....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Asal temulawaknya kering gak apa-apa bagus. Diminum cukup 1 x sehari pada sore hari habis ashar. Jangan minum temulawak mentah yang diparut, karena getahnya sangat keras bagi lambung, bisa pingsan atau lemas jika dikonsumsi mentah.

      Salam,

      Hapus
  4. Mau tanya,kalau madu,temulawak direbus dcmpur gula aren asli,dkonsumsi pagi sblm makan dan malm sblm tdr apakah aman,soalnya it resep dr penjual madu untuk maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Temulawak itu bagusnya direbus dalam keadaan sudah kering, kalau basah getahnya keras bagi lambung. Setelah direbus, airnya hangat kuku baru dicampur salah satu saja kalau madu ya madu saja, kalau sudah dengan madu gak perlu lagi dengan gula aren.

      Salam,

      Hapus

Back To Top