SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Bolehkah Kangkung Untuk Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Niniek SS yang penulis sayangi,

Sayur kangkung adalah sayur yang menggiurkan. Apalagi kalau ditumis pedas dengan udang dan lombok merah yang besar. Dan disantap dengan nasi organik hangat yang tak lembek. Woouw ! Itu bagi orang yang lambungnya sehat.
 
Bagaimana untuk orang yang sakit maag ? Bolehkah makan sayur kangkung ?
 
Kangkung sebenarnya salah satu sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun mengapa jika dikonsumsi oleh orang sakit maag, biasanya akan menyebabkan lambung sakit sekali ?

Marilah kita lihat dulu apa saja kandungan gizi dari 100 gram sayuran kangkung, antara lain:
  • Energi 29 kal
  • Serat 1,0 g
  • Kalsium 73 mg
  • Protein 3 g
  • Besi 2,5 mg
  • Karbohidrat 5,4 g
  • Lemak 0,3 g
  • Air 89,7 g
  • Fospor 50 mg
  • Vitamin A 6.300 IU
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Vitamin C 32 mg
Kangkung mempunyai kadar serat yang tinggi dan karena mengandung zat besi, fosfor, sitosterol serta hetriakontan maka kangkung bisa juga sebagai anti radang, sebagai penenang dan sebagai anti racun.
 
Kankung Sebagai Anti Radang
 
Seperti kita ketahui bersama, bahwa semua luka yang terjadi didalam tubuh kita akan bisa menyebabkan timbulnya radang. Demikian juga luka yang ada dalam lambung yang sakit sewaktu-waktu bisa menjadi radang. Sehingga tubuh tiba tiba menjadi demam. Jadi sebenarnya kangkung sangat diperlukan bagi orang yang sakit maag, karena bisa menjadi antiradang, bisa mencegah terjadinya radang yang diakibatkan luka pada dinding lambung.

Kankung Sebagai Penenang Alami
 
Orang sakit maag, apalagi yang lama tak sembuh-sembuh, biasanya juga sering gelisah, pikiran tak menentu dan bingung yang tak kunjung sebabnya. Apalagi jika GERD dan ANXIETY sudah menyerang, wah hari-hari hanya diwarnai dengan kepanikan yang tak berujung pangkal. Dalam sayuran kangkung mengandung zat penenang juga, sehingga mengapa jika kita konsumsi kangkung tidak lama kemudian akan timbul rasa mengantuk ? Ya itulah karena zat penenang alami yang ada didalam kangkung telah berreaksi di dalam tubuh.
 
Jadi untuk kepentingan inilah sebenarnya ada baiknya orang sakit maag mengkonsumsi juga sayur kangkung agar rasa kepanikan, kecemasan, kebingungannya bisa terkurangi. Jika mengkonsumsi obat penenang dari dokter terus menerus kan tidak baik, karena itu unsurnya adalah kimia. Cepat atau lambat pasti akan berdampak pada organ-organ yang lain.
 
Kangkung Sebagai Anti Oksidan
 
Sebagaimana kandungan gizi kangkung yang tertulis diatas, bahwa kandungan Vitamin A yang ada pada sayuran kangkung sangatlah tinggi yaitu mencapai 6.300 IU. Vitamin A mempunyai sifat sebagai anti oksidan. Tentu saja bisa untuk menangkal radikal bebas sebagai pemicu kanker dan penuaan dini.
 
Kangkung Sebagai Obat Sembelit
 
Kangung jika dimakan juga bisa memperlancar buang air besar bahkan bisa mengatasi sembelit karena kadar serat kasarnya yang cukup tinggi.
 
Kangkung bisa untuk mengatasi imsomnia atau sulit tidur
 
Menurut Herminia de Guzman Ladion pakar kesehatan dari Filipina, kandungan yang terdapat didalam kangkung seperti kalsium, fosfor, Vitamin A,B dan C, serta seng, karoten, magnesium, zat besi, kangkung mempunyai efek bisa menenangkan susunan syaraf, sehingga siapapun yang mengkonsumsi kangkung perasaannya akan lebih santai dan enak tidur.
 
Kangkung untuk kesehatan ginjal
 
Kangkung mempunyai juga sifat diuretik. Adalah memperlancar air seni. Seperti dikatahui, bahwa sakit maag yang terlalu lama tak sembuh-sembuh, organ ginjalnya juga bisa terganggu. Mengapa ? 

Karena seringnya konsumsi obat-obatan maag yang dari kimia, fungsi ginjal bisa menurun. Karena obat-obatan maag kimia mempunyai endapan yang sangat tinggi bagi ginjal. Sehingga jika sering makan kangkung maka endapan pada ginjal ini makin lama akan berkurang karena dibuang lewat air seni dari zat zat yang bersifat diuretik yang terdapat didalam kangkung.
 
Kangkung Untuk Mencegah Anemia
 
Akibat dari terbatasnya nutrisi yang bisa masuk pada penderita sakit maag, maka dampak yang ditimbulkannya adalah seringnya orang sakit maag menjadi kurang darah bahkan lebih parahnya terkena anemia.
Anemia adalah kekurangan darah merah. Hal ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan yang bergizi dan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi sebagai mineral penting untuk pembentukan darah merah.
 
Mengapa pula orang-orang sakit maag bawaannya selalu mengantuk dan lemas ? Karena kekurangan gizi dan darah merah. Mungkin penulis terlalu ekstrim ya menyebutnya dengan kekurangan gizi ? he he…memang demikian adanya kok. Jadi untuk mengatasi rasa lemas ini para penderita sakit maag sebaiknya sering-sering mengkonsumsi masakan kangkung.
 
Namun mengapa, pada kenyataannya setiap sehabis makan kangkung kok para penderita lambung, perut langsung sakit ?
 
Cara Konsumsi Kangkung Agar Lambung Tidak Sakit
 
Kangkung adalah sayuran yang tekstur batangnya termasuk kasar. Meskipun kandungan gizinya sangat dibutuhkan oleh para penderita sakit maag, jika dimakan pada umumnya lambung langsung akan terasa sangat sakit.
 
Bagaimana mensiasati agar bisa makan kangkung tapi lambung tidak sakit ?
 
Cara Pengolahan :
 
Pilih kangkung air, kangkung yang lemas bukan kangkung darat  yang jika dipegang kaku. Kangkung air jika dimasak lebih lembut tidak kaku seperti kangkung darat.
 
Ambil pucuk daunnya saja, dan satu potong batangnya dibawah pucuk daun persis untuk dimasak orang sakit maag. Selebihnya bisa dibuang atau jika mau diseleksi lagi bisa dimasak untuk yang maagnya sehat.
 
Kangkung biasanya tumbuh pada parit-parit atau pinggir sungai tentu banyak mengandung polutan. Tentu saja sebelumnya harus dicuci bersih, kalau perlu menggunakan air hangat.
 
Setelah itu dimasak dengan bumbu sayur bening saja. Bawang putih, bawang merah, daun salam, daun loncang dan daun seledri, sedikit lengkuas, dan garam.
 
Cara masaknya semua bumbu kecuali daun seledri dimasukkan kedalam air dan didihkan. Jika sudah mendidih maka sayuran daun kangkung yang sudah dicuci bersih itu dimasukkan.
 
Kangkung tidak boleh dimasak terlalu lama karena akan mudah lonyot. Setelah beberapa saat segera saja diambil batang kangkung yang dimasak, dipejet dengan jari sudah empuk belum, jika sudah empuk segera saja masukkan daun seledri yang sebelumnya sudah dicuci tadi.
 
Tunggu sesaat agar daun seledrinya masak. Cicipi kuah sudah berasa gurih atau belum, jika belum bisa tambah garam sedikit. Jika mau tambahkan sepucuk sendok kecil gula pasir untuk memantapkan rasa sayurnya.
 
Nah sayur kangkung seperti inilah yang tidak akan bermasalah jika dikonsumsi oleh orang sakit maag. Namun begitu cara mengkonsumsinyapun harus diperhatikan.
 
Sayur kangkung bagi orang sakit maag sebaiknya jangan dimasak tumis pake minyak kelapa. Kecuali sayurnya kasar tidak bisa empuk, dan minyaknya akan susah dicerna dalam lambung. Inilah yang biasanya menjadi biang keladi mengapa orang sakit maag jika makan sayur kangkung kok selalu sakit ?
 
Cara Konsumsi Sayur Kangkung Bagi Sakit Maag : 
 
Meskipun sayur bening kangkung baik untuk orang sakit maag, untuk mengantisipasi atau menjaga agar tidak menyebabkan sakit di lambung, maka sebaiknya ketika konsumsi sayur bening kangkung dikunyah hingga lembut. Kecuali jadi lembut, makanan yang dikunyah lama akan semakin banyak menghasilkan enzyme yang sangat dibutuhkan oleh lambung.
 
Setelah dikunyah lembut, sayur bening kangkung itu, telanlah sarinya saja, ampasnya jangan ikut ditelan tapi muntahkan atau dibuang. Cara ini sangat efektif. Silahkan dicoba semoga bermanfaat.
 
Anda akan tambah sehat, enak tidur, tidak terkena radang, darahnya bagus, serat cukup, tidak terjadi sulit BAB atau ambeien lagi. Wah pokoknya banyak banget manfaatnya. Tapi ingat jangan coba-coba makan sayur tumis kangkung, kalau Anda tidak ingin lambungnya tambah sakit.

Apapun yang Anda keluhkan akibat sakit maag, tak perlu Anda berkecil hati, karena kini telah hadir bagi Anda, buku Panduan untuk Kesembuhan Sakit Maag, yang alhamdulillah telah banyak membantu para penderita sakit maag di Seluruh Indonesia, sembuh dari sakitnya. kini giliran Anda insya Allah mudah-mudahan sembuh seperti mereka. PESAN DAN MILIKI SEGERA agar tidak kehabisan karena sangat banyak peminatnya. Terima kasih.



Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Salam Cepat Sembuh
Niniek SS
Labels: Sayuran Untuk Sakit Maag, Tips

Thanks for reading Bolehkah Kangkung Untuk Sakit Maag. Please share...!

0 Komentar untuk "Bolehkah Kangkung Untuk Sakit Maag"

Back To Top