SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Kentang Bagi Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Niniek SS yang dirahmati oleh Allah SWT,

Bolehkah kentang dimakan oleh orang yang sakit maag ? Oh boleh sekali. Memangnya kenapa kalau tidak boleh ? Terutama kentang yang gambarnya seperti yang ada dalam gambar di sebelah ini.

Para penderita sakit maag selalu bingung ketika hendak makan. Pasalnya khawatir apa yang akan dikonsumsi bisa menyebabkan maagnya terasa sakit. Padahal kalau habis makan sesuatu lalu terlanjur sakit….wouw lebih bingung lagi mengatasinya.

Hal inilah yang menyebabkan para penderita maag menjadi ketakutan setiap kali hendak makan. Termasuk penulis dulu juga begitu kok.

Banyak dari sahabat sakit maag yang menanyakan kepada penulis :”Bu, saya boleh makan kentang tidak sih Bu ?” Saya jawab “Loh ya boleh lah ya..kentang kan seratnya tinggi, kandungan dan manfaatnya sangat banyak justru sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sakit maag”.

Kentang mengandung apa yang dinamakan dengan atropine. Atropin ini dapat mengurangi asam lambung dan rasa sakit pada lambung.

Orang yang sakit maag selalu bermasalah kekurangan vitamin C karena tidak dapat mengkonsumsi sembarang buah. Hampir semua buah mengandung rasa asam sehingga tidak dapat dikonsumsi oleh orang yang sakit maag.

Nah kekurangan vitamin C pada orang sakit maag ini bisa diimbangi dengan sering makan kentang. Kentang mengandung vitamin C yang cukup banyak. Dan hebatnya lagi, vitamin C dalam kentang ini tidak hilang setelah dimasak karena kentang mengandung banyak sari pati yang mengelilingi vitamin C yang ada di dalam kentang.

Sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C akan menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi serta dampak dari radikal bebas.
Jadi betapa banyak sekali manfaat kentang bagi kesehatan manusia secara umum, khususnya untuk orang-orang yang menderita maag.

Dengan demikian kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sakit maag. 

Dan tingginya serat yang dikandung oleh kentang, maka kentang bisa memperlancar BAB pada orang sakit maag yang sering mengalami sembelit…Caranya hanya dengan dikukus atau direbus begitu saja dan dimakan tanpa teman apapun.

Meskipun kentang berkalori rendah, namun jika sering mengkonsumsi kentang, tubuh bisa menjadi gemuk lho ?  karena adanya Glycemic Index di dalam kentang. Info ini sangat penting bagi sahabat sakit maag yang pengin menjadi gemuk.

Siapa kemarin ya yang bertanya :”Bu, sebaiknya makan apa atau minum apa yang bisa menggemukkan badan saya ya Bu ? Saya malu, hampir tiap orang yang ketemu pada berolok-olok, kok sekarang kurus sekali sih ?” Ya sudah konsumsi kentang saja tiap hari biar bertambah gemuk.

Kemudian manfaat yang lain kentang bagi sakit maag adalah merupakan penawar racun yang alami untuk asam yang berlebihan di dalam tubuh atau asidosis.

Karena lambung sedang bermasalah sehingga tidak dapat memproses makanan dengan sempurna. Tentu saja hal ini mengakibatkan banyaknya timbunan makanan sisa yang tidak terproses. Lama kelamaan sisa makanan ini bisa menjadi racun bagi tubuh. 

Nah dengan adanya zat penawar racun yang ada di dalam kentang, maka jika kita sering konsumsi kentang maka akan membantu mengurangi racun yang ada di dalam usus, yang bisa membahayakan bagi tubuh.

Kecuali itu kentang juga dipercaya dapat membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan kita. Jika pertumbuhan “bakteri baik” di dalam saluran pencernaan ini terpelihara, tentu akan mendukung kondisi lambung akan semakin sehat.

Kentang juga mengandung garam alkali yang kuat, sehingga kentang menjadi salah satu makanan basa yang terkuat. Jadi pantas jika kentang bermanfaat untuk menjaga kekurangan alkali di dalam tubuh.

Kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Karena kandungan vitamin dan kalsium yang tinggi maka kentang menjamin system ketahanan tubuh.

Orang sakit maag gampang capek karena kurangnya nutrisi yang bisa dikonsumsi. Dengan sering makan kentang, maka akan mampu mengurangi resiko maal nutrisi bagi orang sakit maag. 

Orang yang sering mengonsumsi kentang, insya Allah akan lebih sehat daripada yang jarang makan kentang.

Kentang memiliki kandungan potassium dua kali lipat dibanding potassium yang dimiliki oleh pisang. Kentang juga dipercaya dapat menghalangi endapan kolesterol dalam lapisan saluran darah.

Kandungan penting lainnya dari kentang adalah : mengandung Vitamin B1, B2 dan B3 yang juga diperlukan oleh tubuh.  Zat lysine yang sangat penting bagi pertumbuhan tubuh dan juga otak, yang biasanya tidak terdapat dalam nabati ditemukan dalam kentang, sehingga kentang bisa membantu pertumbuhan tubuh dan juga pertumbuhan otak. 

Oleh karena itu kentang kecuali bagus untuk sakit maag juga bagus untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, agar tubuh serta otaknya bisa berkembang dengan maksimal.

Oh ya walau ini tidak ada hubungannya dengan sakit maag, ada baiknya juga penulis sampaikan di sini khasiat lain dari kentang. Ternyata kentang bisa untuk meredakan mata yang lelah. Belum tahu ya pembaca ?

Mata yang lelah bisa fresh kembali, dan mata yang bengkak karena sakit mata bisa kempes kembali hanya dengan mengompreskan parutan kentang pada kelopak mata. Caranya dengan membungkus parutan kentang dengan kain tipis yang bersih lalu tempelkan pada kelopak di sekitar mata. Insya Allah.

Bagi orang sakit maag sangat baik sering mengkonsumsi kentang, karena kentang kaya dengan karbohidrat.

Orang sakit maag, sering merasa kerap lapar karena nutrisi yang dikonsumsi tidak bisa diproses dengan sempurna sehingga nutrisi yang terserappun tidak bisa maksimal. Jika sering lapar, kentang bisa dijadikan makanan selingan yang memadai.

Kentang mudah dicerna karena tekstur umbinya sangat lembut, sehingga sangat membantu sebagai makanan orang sait maag. Kandungan serat larut dan tidak larut juga membantu kesehatan usus. 

Luka tukak lambung serta borok yang ada di dalam usus yang lama tidak sembuh-sembuh bisa mengarah kepada polip usus serta kanker lambung. Untuk itu kandungan serat dan antioksidan di dalam kentang bisa menghambat terjadinya hal tersebut di atas.

Para penderita sakit maag sering mengalami tekanan darah yang tidak stabil. Naik Turun. Seringnya turun. Tekanan darahnya sering rendah. Untuk mengantisipasi hal ini bisa dengan sering mengkonsumsi kentang.

Mengapa ? Karena menurut sebuah penyelidikan di Inggris, bahwa kentang kaya akan kukoamines. Senyawa ini dipercaya dapat menstabilkan tekanan darah juga fungsi jantung.

Nah ini dia fungsi kentang lain bagi orang sakit maag. 

Para penderita kebanyakan berwajah kusam atau pucat karena kekurangan nutrisi. Tidak cerah berseri sebagaimana wajah orang yang sehat. Penampilannya juga selalu kurang fresh. Karena orang sakit maag jadi malas merawat diri karena penyakitnya yang menggangu setiap saat.

Nah dengan mengkonsumsi kentang, maka kulit akan menjadi halus, dan wajah akan menjadi lebih cerah daripada sebelumnya. Karena kentang mengandung berbagai vitamin yang mendukung kesehatan bagi kulit. Antara lain : Vitamin C, kalium, fosfor, seng, magnesium, zat besi, dan asam folat.

Kentang juga kaya akan antioksidan yang baik karena kandungan phytochemical, ceratonoid dan flavonoid.

Nah bagaimana memilih kentang yang baik ?

Dalam beberapa artikel sebelumnya pernah penulis singgung bahwa kentang memang sangat baik bagi kesehatan, terutama merupakan makanan yang cocok bagi sakit maag. Namun seyogyanya pilihlah kentang yang sudah lama memanennya, yang kering jangan yang basah.

Sebab kentang yang masih baru saja dipanen biasanya kandungan pestisidanya jauh lebih banyak dari kentang yang telah kering dan lama dari masa pemanenannya. 

Lihatlah contoh kentang yang baru saja dipanen seperti gambar di sebelah ini, kulitnya sangat tipis dan kandungan airnya masih cukup tinggi. Kentang yang seperti nampak dalam gambar di atas jika dikonsumsi bisa menimbulkan sakit di lambung.

Namun untuk memilih kentang yang lamapun juga harus dipilih yang bagus dan kulitnya belum kehijau-hijauan. Sebab di dalam kentang yang kulitnya sudah mengalami warna menjadi kehijau-hijauan seperti  ini telah terjadi pembentukan racun alkaloid solanin.

Kentang harus disimpan pada tempat yang kering, gelap dan sejuk, tapi bukan lembab. Sebab penyimpanan pada kelembaban tinggi dan banyak terkena sinar matahari akan menyebabkan kentang tumbuh dan ketika inilah kentang mengandung alkaloid, solanin dan chaconine yang beracun.

Akibat adanya kandungan zat racun ini, maka kentang yang telah berubah warna menjadi kehijauan jika dikonsumsi bisa menimbulkan sakit kepala, tubuh terasa lemas seperti mau pingsan.

Di sebelah atas ini adalah gambar dari kentang yang telah berubah warna menjadi kehijauan yang sebaiknya jangan dibeli.
Dulu karena pengetahuan penulis masih sangat terbatas. Pernah begitu makan kentang rebus habis agak banyak, tiba-tiba seperti mau pingsan. Setelah dirunut dan diteliti, ternyata kentang yang penulis masak adalah kentang yang sudah berwarna kehijauan seperti di atas.

Antara kentang yang berwarna sudah kehijauan dengan kentang basah yang baru saja dipanen dampak jika dikonsumsi sama saja, yaitu bisa menimbulkan perut sakit sekali, tubuh lemas dan seperti mau kehilangan kesadaran.

Hanya bedanya kentang yang baru saja dipanen masih banyak kandungan pestisidanya. Dan kentang yang berwarna kehijau-hijauan sudah mengandung racun. Maka hindari jangan memilih kentang yang seperti itu. Terutama bagi Anda yang sedang mengidap sakit maag.

Namun tak perlu cemas. Karena keracunan kentang sangat jarang terjadi.

Apapun yang Anda keluhkan akibat sakit maag, tak perlu Anda berkecil hati, karena kini telah hadir bagi Anda, buku Panduan untuk Kesembuhan Sakit Maag, yang alhamdulillah telah banyak membantu para penderita sakit maag di Seluruh Indonesia, sembuh dari sakitnya. kini giliran Anda insya Allah mudah-mudahan sembuh seperti mereka. PESAN DAN MILIKI SEGERA agar tidak kehabisan karena sangat banyak peminatnya. Terima kasih.

Demikian, semoga share ini bermanfaat bagi kita semua.

Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Salam Selalu sehat.
Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Pengetahuan Baru, Tips

Thanks for reading Kentang Bagi Sakit Maag. Please share...!

0 Komentar untuk "Kentang Bagi Sakit Maag"

Back To Top