SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Cara Atasi Nutrisi Pada Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim...

Mengatasi bagaimana agar ketika kita sedang menderita sakit maag selalu kecukupan nutrisinya adalah hal yang gampang-gampang susah.

Gampang bagi orang yang sudah mengetahui caranya dan mau bersusah payah menjalaninya, dan tentu susah bagi orang yang belum mengetahui caranya. 

Dan walau sudah tahu caranya, namun malas untuk menjalaninya, ya kapan sembuhnyalah ? 

Semoga Allah Swt. Selalu memberikan kesabaran, kekuatan dan tawakkal kepada kita semua yang sedang menderita sakit dan belum memperoleh kesembuhan, dan menanamkan rasa syukur yang mendalam kepada kita yang telah diberikanNya kesembuhan.

Saudara-saudaraku sependeritaan sakit maag yang sedang berupaya mencari kesembuhan.

Setiap penyakit yang Allah ciptakan didunia ini pasti ada obatnya. Dan obat ini harus dicari dengan bentuk ikhtiyar. Ikhtiyar bukan hanya dengan minum obat saja, namun dengan setiap bentuk upaya yang mendukung bagi kesembuhan itu sendiri.

Salah satunya adalah menjaga agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa tetap terpenuhi. Ya kan ? Persoalan inilah sebetulnya yang paling sulit dialami oleh para penderita sakit maag.

Bagaimana mungkin nutrisi penderita maag akan bisa tercukupi sedangkan lambung sedang bermasalah, sedang sakit, dan tidak mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal ? sehingga makanan yang bisa dikonsumsi dengan aman tanpa menimbulkan kesakitan di lambung juga terbatas…

Konsumsi makanan yang jumlah dan variannya ini sudah sangat terbatas, masih ditambah dengan tak bisanya diserap secara sempurna oleh usus. Karena usus para penderita sakit maag yang sudah menahunpun, biasanya ikut terganggu oleh berbagai hal yang merupakan dampak dari penyakit maag yang terlalu lama diderita oleh seseorang.

Sebagaimana diketahui bahwa kebutuhan tubuh akan nutrisi antara lain adalah karbohidrat yang banyak terdapat dalam makanan pokok seperti nasi, jagung, dan gandum. Makanan yang mengandung karbohidrat adalah makanan yang biasanya bisa dibuat menjadi tape.

Lalu protein. Protein ini terbagi menjadi dua, adalah protein hewani dan protein nabati. Protein hewani ini terdapat didalam telor, daging, ikan. Sedangkan protein nabati banyak terdapat didalam kacang-kacangan, yang paling tinggi terdapat pada kacang kedelai.

Kebutuhan nutrisi yang lain adalah vitamin, mineral, dan lain sebagainya.
 
Kandungan dari nutrisi tersebut terdapat pada bahan makanan yang tidak semuanya bisa dicerna dengan baik oleh lambung yang sedang bermasalah, atau maag yang sedang sakit. 

Bisa karena teksturnya yang kasar ( sayuran sawi, daging ayam kampung, sayuran kangkung dan lain-lainnya ) , bisa juga karena mengandung zat yang sensitif bagi lambung ( misal asamnya buah tomat, manisnya buah manggis, pedasnya Lombok ).
 
Keadaan tersebut menyebabkan sangat terbatasnya nutrisi yang bisa diterima oleh lambung..Hal ini mengakibatkan kondisi tubuh para penderita maag makin kekurangan nutrisi. Makin buruk kualitas darahnya. Sehingga sering merasa lemas, sering merasa lelah, sering gemetar tanpa sebab yang pasti dan merasa kedinginan sehingga takut mandi.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi tercukupinya nutrisi pada kita para penderita sakit maag ?

Mau tidak mau, kita para penderita maag memang harus mulai belajar tentang gizi atau menu makanan, baik gizi secara umum, maupun gizi yang khusus untuk sakit maag.

Mempelajari gizi secara umum agar kita bisa mengetahui, bagaimana sesungguhnya gizi yang ideal untuk mendapatkan kesehatan secara prima untuk jangka panjang kedepan agar kita bisa terhindar dari segala macam penyakit. 

Hidup sehat dari masa kanak-kanak hingga masa tua. Bisa menjalankan ibadah dan kuwajiban hidup dengan semangat dan kebahagiaan tanpa harus merasakan penderitaan sakit. Alangkah indahnya bukan ?

Lalu kalau kita sudah mengetahui kisi-kisi dari gizi secara umum, akan mudah bagi kita menentukan anggaran belanja secara efektif bagi kesehatan sekeluarga. Dan hal ini merupakan penghematan yang bijak bagi ekonomi keluarga.

Banyak diantara kita yang mempunyai uang berlebih, dan belanja untuk kebutuhan makan asal belanja. Apa saja dibelinya. Padahal sesungguhnya apa yang dibelinya tidak memenuhi standar menu atau gizi yang baik bagi kebutuhan tubuh. Bukankah ini belanja yang mubadir dan kurang bermanfaat dan pemborosan yang tak perlu terjadi jika saja kita telah mengetahui kebutuhan akan gizi yang baik bagi keluarga ?

Akhirnya seluruh anggota keluarga, secara akumulatif, dalam jangka panjang, menumpuk makanan dalam tubuhnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, bahkan rawan menimbulkan penyakit.

Ini sebenarnya hal yang penting untuk  diperhatikan bagi keluarga kita, betapa pentingnya kita semua memahami tentang faktor gizi keluarga. Agar tidak memubadirkan belanja sehari-hari.

Khusus bagi penderita maag, sebenarnya tidak sulit-sulit amat untuk menentukan menu yang bisa mencukupi kebutuhan tubuh. Asal mengetahui batasan-batasan makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita maag.

Oleh karena itu penting sekali Anda untuk memiliki Buku Panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis. Bukan karena penulis ingin bukunya laku. Tetapi penulis sangat berharap dengan membaca buku yang sangat special untuk penderita maag ini, akan memudahkan Anda meraih kesembuhan Anda.

Dari buku ini Anda akan bisa lebih mudah menentukan menu apa yang akan Anda konsumsi tanpa bingung lagi. 

Oh ya, inti dari tulisan Cara Atasi Nutrisi Pada Penderita Maag ini adalah bagaimana kita memilih menu yang akan dikonsumsi. Kisi-kisinya ada dalam buku Panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis. Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya.

Ada dua cara memenuhi kebutuhan nutrisi bagi penderita sakit maag. 

Ialah :
1.    Menanak nasi dengan air sayur mayur.
Jika beras yang mau dimasak sudah siap untuk dimasak, airnya jangan memakai air biasa tetapi memakai air sayur mayur.

Membuat air sayur mayur.
Anda bebas menentukan sayuran apa saja yang ingin Anda konsumsi. Tentu bahan sayuran yang tidak mengandung rasa asam dan pedas. Lalu lembutkan sayuran mentah tersebut dengan blender. Tentu saja semua sayuran yang hendak diblender dicuci dulu hingga bersih. Nah setelah itu campur sayur mayur yang sudah diblender tersebut dengan air secukupnya untuk memasak nasi. Jika Anda terbiasa memasak nasi 1 takar beras dengan air 3,5 takar ( untuk ukuran nasi lembek ), maka yang dicampurkan kedalam sayuran yang telah diblender itu ya 3,5 takar tersebut.

Campurkan air 3,5 takar tersebut kedalam sayuran yang telah diblender. Aduk hingga rata lalu saring, peras hingga sari dari sayuran semua keluar kedalam air.

Sesudah itu lalu campurkan air sayur mayur ini kedalam beras untuk menanaknya. Masukkan kedalam magic com hingga masak, minimal 1 jam sudah masak.

Sedikit banyaknya air atau tingkat kelembekan nasi yang hendak Anda buat, sesuaikan dengan kemampuan lambung Anda menerimanya.

Daripada kita sama sekali tidak kemasukan nutrisi dari sayur mayur, maka cara ini lebih menguntungkan untuk penderita sakit maag.

Bukan hanya sayur mayur saja yang bisa digunakan untuk memasak nasi. Namun tempe, atau tahu, atau ikan, dan dagingpun bisa diblender dan dicampur dengan air untuk memasak nasi. Tetapi tak perlu disaring karena teksturnya sudah cukup lembut, tidak kasar seperti sayuran.
Ahaa..nikmat sekali rasanya, dan bergizi, mirip-mirip bubur menado yaa teman ?

2. Nah cara yang kedua membuang ampas makanan. Silahkan mengkonsumsi sayur apa saja, asal tidak asam, pedas dan bersantan. Namun jangan lupa, ampasnya jangan ikut ditelan namun dibuang. 

Cara ini lebih baik, namun rawan bagi orang yang suka terburu-buru dan tidak fokus ketika makan, sehingga rasanya seperti orang yang sehat saja sehingga semua makanan yang masuk langsung ditelannya.

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa fokus dan hati-hati ketika makan, lebih baik tempuhlah cara yang pertama saja. 

Namun dipandang dari nilai gizinya, jauh lebih berkualitas cara yang kedua karena memasaknya hanya sebentar sehingga nilai gizinya masih jauh lebih banyak dari cara masak yang pertama dimana memerlukan waktu 1 jam lebih.

Silahkan memilih, Anda tentu lebih bijak menentukan pilihan sesuai yang Anda butuhkan, sesuai dengan anggaran Anda dan sesuai waktu yang Anda punyai untuk memasaknya he he…

Apapun yang Anda keluhkan akibat sakit maag, tak perlu Anda berkecil hati, karena kini telah hadir bagi Anda, buku Panduan untuk Kesembuhan Sakit Maag, yang alhamdulillah telah banyak membantu para penderita sakit maag di Seluruh Indonesia, sembuh dari sakitnya. kini giliran Anda sembuh seperti mereka. PESAN DAN MILIKI SEGERA agar tidak kehabisan karena sangat banyak peminatnya. Terima kasih.

Yuk kita berpisah dulu, sampai artikel mendatang, semoga Allah masih meridhoi saya untuk menulisnya dan Anda untuk membacanya.

Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Salam Penuh Semangat,
Niniek SS
Labels: Kiat-Kiat Sembuh, Makanan Sakit Maag, Pengetahuan Baru

Thanks for reading Cara Atasi Nutrisi Pada Sakit Maag. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Atasi Nutrisi Pada Sakit Maag"

Back To Top