SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MENU YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG

MENU YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG

 

Bismillahirrahmanirrahiim...


Yang paling sering ditanyakan oleh pasien sakit maag adalah Menu Yang Aman Bagi Sakit Maag. Karena pada penderita maag, lambung menjadi sangat sensitif, sehingga jika salah makan, maka akan menyebabkan lambung perih dan munculnya berbagai keluhan.
 

Air Mentah Yang Higienis


Yang paling mendasar untuk mendukung kesembuhan sakit maag adalah Terapy Minum Air Mentah Yang Higienis. Sebab air adalah kebutuhan yang paling utama bagi tubuh. Dan ini pengalaman saya sendiri yang sembuh dari 18 tahun sakit maag dan GERD sangat parah, serta pengalaman banyak penderita sakit maag yang banyak mengalami kesembuhan setelah melakukan terapy minum air mentah yang higienisyang saya sarankan.

Syarat untuk Terapy Air Mentah adalah air yang higienis, ialah air yang tidak tercemar. Boleh dari sumur yang airnya bening dan tidak berbau, serta jarak minimal sumur ke septitank adalah 8 meter. Atau bisa juga air dari sumber mata air pegunungan. Cara minum air mentah BACA DISINI.

Nasi Lembek


Menu utama yang aman bagi sakit maag adalah nasi lembek. Karena lambung yang luka jika kena nasi yang keras seperti nasi dalam kenduri, akan terasa sakit berhari-hari tidak hanya sebentar.
Namun bagi yang parah, tidak saya anjurkan makan nasi lembek, tapi yang aman makan bubur yang lembek, dimana nasi yang ada didalam bubur sudah tidak terasa kasar lagi. 

Tepung Kerut


Jika Anda belum kuat makan nasi lembek atau bubur, silahkan Anda mengkonsumsi bubur tepung kerut yang asli diberi gula aren sedikit, bisa sebagai pengganti nasi. Cara masaknya ambil 1 sendok makan penuh tepung kerut, beri air 150 cc, beri gula aren/gula merah secukupnya, beri sedikit garam, aduk rata, masak dalam kompor, aduk terus hingga matang. Ini untuk sekali makan. Konsumsi ketika sudah hangat kuku. Jika nanti ingin makan lagi maka harus masak lagi. Untuk keterangan tentang manfaat tepung kerut BACA DI SINI.

Tepung kerut adalah saripati dari umbi tanaman kerut, yang mengandung zat yang mampu melapisi dinding lambung menggantikan mucossa yang telah hilang akibat terkikis oleh asam lambung. Baik sekali dan sangat aman bagi lambung orang sakit maag. Baik dikonsumsi dari mulai balita hingga orang tua.

Untuk menjaga agar lambung tetap sehat dan kuat tidak mudah terkena sakit maag, rutinkan minum tepung kerut, atau Oriflake (tepung kerut yang telah diolah secara modern dan rasanya enak disukai oleh anak-anak).
 

Sayuran 


Jenis sayuran yang aman dikonsumsi orang sakit maag sangatlah terbatas. Antara lain hanya : Labu siam, kentang, dan wortel yang berdaging empuk serta sawi sendok. Selain sayuran yang saya sebutkan tersebut, bertekstur kasar sehingga jika dikonsumsi akan menimbulkan rasa sakit pada lambung dan perut rasa penuh atau begah.

Dan masaknyapun hanya aman dikukus atau disayur bening. Jika dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu yang normal, maka perut akan melilit berkepanjangan atau diare. 
  

Lauk


Lauk yang aman untuk sakit maag antara lain : telur ayam kampung masak dengan direbus saja. Ikan patin, ikan bawal dan ikan emas. Masak boleh dipepes kukus, atau bumbu sup tanpa merica, atau masak kuning hanya dengan bawang putihm bawang merah, daun salam serta kunyit yang dibelah 2 untuk mengurangi amisnya. Tahu outih yang tak kenyal. Karena yang kenyal mengandung pengawet.
 

Snack Atau Camilan


Orang sakit maag biasanya cepat lapar. Untuk itu butuh makanan jeda, yang sedikit mengenyangkan. Antara lain contohnya : Buah sukun tua yang dikukus. Kue nagasari dari tepung beras yang dibungkus daun pisang yang kemudian dikukus. Masak tanpa santan dan gulanya sedikit saja. Agar-agar masak sendiri dari merk “Swallow” pilih yang bukan jelly. Kentang yang kulitnya belum hijau, dikukus juga bagus untuk maag. Waluh kuning yang warnanya sudah merah oranye,dikukus.

Orang sakit maag, apalagi yang sudah tergolong parah, yang untuk beraktifitas apa saja sudah terasa sakit, tak bebas makan snack apa saja yang dijual di toko-toko. Karena banyak yang mengandung santan, terlalu manis, banyak mengandung mentega dan coklat, banyak mengandung pengawet dan pengembang serta kimia pelembut. Maka lebih aman semua yang dikonsumsi dimasak sendiri.

Kapan waktu untuk makan nasi yang baik ?


Pagi hari sebelum jam 7 sebaiknya sudah makan nasi. Porsi sedikit saja, nanti kalau lapar makan lagi. Bagi yang kantoran silahkan bawa bekal dari rumah. Untuk menjaga ketika lapar sudah ada makanan yang aman yang siap dimakan. Masalahnya, bagi penderita maag ketika lapar belum ada makanan aman yang siap makan, masih harus mencari kesana kemari, ini sangat berbahaya. Karena terlambat makan 5 menit saja, lambung rasanya tak karuan. Akan keluar keringat dingin dan rasanya seperti mau pingsan.


Bawa bekal nasi + telur ayam kampung rebus + tahu putih dikukus dengan bumbu bawang putih dan sedikit garam, masak dikukus. Sudah aman. Memang untuk sembuh dari sakit maag harus sabar, menunya yang itu-itu saja.
Menu makan siang, jika dirumah bisa nasi lembek dengan sayur bening bayam + ikan bawal yang dikukus bumbu kuning. Yang ideal makan siang bagi penderita sekitar jam 12 siang.


Menu malam bisa nasi lembek + daging lembut yang diblender dikukus seperti bakso, nanti makannya ampas jangan ditelan. Sayurnya sawi sendok + telur ayam kampung yang dikocok, direbus bareng dengan sawi sendok bumbu bawang putih dan garam. Sakit maag hindari masak dengan tomat lambung akan perih.Waktu makan sore bagi sakit maag sekitar jam 17.30. Agar jarak dengan tidur agak panjang waktunya.

Lazimkan Minum Madu Untuk Stamina


Madu adalah minuman yang sudah dikenal mengandung banyak vitamin dan enzym yang sangat bagus untuk menunjang stamina, menjaga tubuh agar tetap sehat, madu bisa membunuh kuman sehingga orang yang terbiasa minum madu tidak gampang terserang penyakit. Orang yang suka minum madu kulitnya juga sehat, wajahnya senantiasa segar. Madu bisa untuk mengobati luka maka para penderita maag sebaiknya melazimkan minum madu agar cepat sembuh.

Minum madu sebaiknya sehari 2 x 1 sendok makan. Diminum langsung, baru kemudian disusul dengan minum air putih hangat.
Demikian Menu Yang Aman Bagi Sakit Maag, semoga bermanfaat. 

Ingin baca Buku Rahasia Sembuh Maag Kronis ? BACA DISINI.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.


Purworejo, 6 Nopember 2018

Salam Sehat,
NiniekSS.
Labels: kesembuhan sakit maag, melazimkan minum madu, MENU YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG

Thanks for reading MENU YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG. Please share...!

0 Komentar untuk "MENU YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG"

Back To Top