SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sayuran Apa Yang Aman Untuk Sakit Maag ?

Bismillahirrahmanirrahiim…

Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam,

Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yang setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin.

Sahabat-sahabatku sakit maag diseluruh Nusantara…

Pagi ini apa yang kalian rasakan ? Insya Allah tentu sudah banyak perubahan semenjak kalian mengkonsumsi air mentah dan morinda ya ? Sebagaimana pengalamanku dulu, kurang lebih satu bulan setelah minum air mentah, banyak terjadi perubahan dalam kesehatanku. Semua keluhan yang kurasakan berkurang dari sebelumnya, walaupun sedikit demi sedikit.

Itupun sudah sangat menggembirakan hatiku dan sekeluarga. Betapa bersyukurnya aku, bisa menikmati sedikit kesembuhan, karena sepanjang waktu selama bertahun-tahun tak pernah ada perasaan enak, tak ada rasa sakit yang berkurang sedikitpun. Makin parah sih iya. Hingga terakhir kalinya aku terkapar ditempat tidurku hingga 40 hari lamanya tak bisa ngapa-ngapain.

Waktu itulah, ketika Ustadz Zakaria dan Ibu Zakaria membesukku, sangat menghimbauku agar mau mencoba terapi dengan air mentah. Karena semua yang beliau sarankan minum air mentah, dan kemudian menjalaninya, alhamdulillah semuanya telah mengalami perubahan yang cukup signifikan dari semua keluhan masing-masing.

Dan setelah akupun menjalani terapi air mentah, alhamdulillah akhirnya akupun semakin sembuh, apalagi setelah konsumsi original morinda hingga 4 botol, sempurnalah kesembuhanku, hinggi kini meskipun sudah tak pernah minum morinda lagi, tak pernah kambuh lagi. Subhanallah. 

Oleh karena itu aku sangat “menghimbau” kalian semua agar berusaha mencari air mentah. Minumlah kalian air mentah yang higienis, agar sakit kalian segera sembuh.

Jika kalian masih punya anggaran dana untuk berobat, silahkan terapi pula dengan morinda. Aku sangat memaklumi, hampir semua yang sakit maag kronis dan menderita gerd, banyak yang telah kehabisan dana untuk berobat. Itupun belum sembuh-sembuh. 

Sehingga ketika kalian membaca blog ini dan ingin sekali memesan morinda, kalian mengeluh sudah tak ada dana. Lalu kalianpun pontang panting berusaha mencari pinjaman untuk memesannya, karena kalian sangat inginnya sembuh. Jangan khawatir, ikhtiyar kalian insya Allah akan mendapatkan jalan. Karena Allah mengetahui, niat kalian berhutang bukan untuk kepentingan mudharat, namun untuk kepentingan kebaikan, ialah untuk berobat.

Morinda memang masih tergolong produk herbal terbaik didunia, namun bukan penentu kesembuhan. Morinda adalah hanya sebatas lantaran, bukan penyebab kesembuhan. Penyebab kesembuhan dan penentunya hanyalah Allah SWT. RidhoNya !

Dan turunnya Ridho Allah sendiri, juga tergantung bagaimana hati kita kepadaNya. Percuma minum seribu obat termanjur, jika kita belum memohon RidhoNya dengan sungguh-sungguh, hingga kita menangis serta merintih siang malam kepadaNya. Seperti aku dulu, hingga 18 tahun menderita, baru ketemu obatnya. Ya karena selama itulah, masih mengedepankan mencari obat baru mencari Allah, bukan mencari Allah dulu dan mohon petunjuk obatnya.

Kita ini sering bertindak sangat bodoh dan ceroboh yang merugikan diri sendiri ! Dan ini merupakan pelajaran yang teramat berharga dalam sakitku. Rasanya belum seberapa penderitaan 18 tahun sakit yang kualami, jika dibandingkan dengan berbagai hikmah dan pelajaran hidup yang diKaruniakan oleh Allah bagiku. Yang kemudian menghadirkan keindahan-keindahan yang luar biasa dalam hidupku. Lompatan-lompatan quantum diberbagai lini kehidupan yang kuterima, dan sangat tak masuk akal !

Seperti tiba-tiba aku mempunyai ilmu maag, tiba-tiba aku bisa menulis buku, tiba-tiba jalan rizkiku dibukakan oleh Allah, tiba-tiba rinduku kepada Allah SWT. dan Rasulullah serasa tak terbendung lagi. Dan masih banyak hal yang datangnya begitu tiba-tiba.

Melihat iring-iringan semut yang saling bersilaturahmi ketika bertemu dengan temannya dalam perjalanan aku bisa meneteskan air mata. 

Melihat induk kucing yang menciumi anaknya aku bisa sangat terharu, ingat anak-anak bayi yang dibuang oleh ibunya akibat pergaulan bebas.

Melihat pengamen anak-anak didalam bis, begitu menyeruak keharuanku, betapa bahagianya anak-anak kita yang berkehidupan lebih baik dari mereka. Sehingga anak-anak kita tak perlu susah payah mencari uang seperti mereka, hanya sekedar untuk makan dan menyambung hidup.

Melihat peminta-minta buta, betapa bersyukurnya kita, diberi kesempurnaan panca indera, sehingga bisa melihat keindahan dunia, dan banyak melakukan hal-hal yang bermanfaat karena kita dikaruniai mata yang sehat oleh Allah SWT.

Seharusnya kita wajib selalu bersyukur, bersyukur dan bersyukur. Nikmat dari Allah yang manakah yang bisa kita dustakan ? Yang Manakah ? Jika kita mau menggali rasa syukur kita kepada Allah. Hati kita akan menjadi gembira, menjadi santai, dan pikiran kitapun tak akan tegang, sehingga insya Allah akan mempercepat kesembuhan kita.

Oke, yuk kita kembali ke bahasan utama, ialah soal sayuran yang aman buat sakit maag.

Diantara lebih dari 200 orang yang terapi dengan morinda melalui aku, alhamdulillah sudah banyak yang mengalami kesembuhan meskipun belum total.Paling tidak, mereka setiap hari sudah bisa menikmati hari, tidak selalu kesakitan lambungnya seperti sebelum minum air mentah dan terapi dengan morinda. 

Memang air mentah dan morinda tidak mutlak sebagai satu-satunya sarana mencapai kesembuhan. Masih banyak hal-hal diluar air mentah dan morinda yang harus diperhatikan oleh kita semua untuk mencapai kesembuhan. 

Antara lain, bagaimana kita menata pikiran kita agar tidak tegang atau stress. Bagaimana agar pola makan kita tidak melanggar pantangan. Bagaimana kita menjaga diri agar tidak kecapaian. Bagaimana kita menjaga hari-hari dalam kehidupan kita agar tidak terlena, tidak kecolongan, tidak kelupaan untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kambuhnya mag dan gerd kita.

Jika kita meleng sedikit saja terhadap hal-hal yang bisa memicu kambuhnya lambung kita, maka akan terjadilah, kambuh dan kambuh lagi ! Kapan sembuhnya ?

Kalau kemarin telah kutulis mengenai Buah Apa yang Aman Bagi Sakit Maag, maka kali ini akan kuberitahukan kepada kalian, tentang Sayuran Apa Yang Aman Bagi Sakit Maag ?

Disekitar kita banyak sekali berbagai jenis sayuran yang menyehatkan. Sehingga kita yang sedang sakit maag ini sering bingung untuk memilihnya. Sebab menurut kita aman, eh ternyata setelah kita konsumsi menyebabkan lambung kita yang begahlah, yang sakitlah, yang penuhlah, yang kembunglah. Berbagai keluhan yang timbul kemudian akibat salah makan sayur. 

Yuk kita telaah bersama-sama, sayuran apakah yang sekiranya aman  bagi sakit maag antara lain : 
  
   1.BAYAM. 
  • Bayam ini ada 3 macam. Bayam cabut, bayam potong dan bayam merah. Bayam cabut ada dua macam, bayam yang batangnya putih dan bayam yang batangnya hijau. Yang paling aman buat sakit maag adalah bayam cabut yang batangnya hijau. Ini lunak jika dimasak. Sebaiknya yang diambil hanya daun pucuk dan dua potong batangnya, selebihnya dibuang.
  • Bayam potong, yang batangnya besar-besar dan biasa untuk urapan ini tidak aman bagi lambung karena kasar, jika dikonsumsi orang sakit maag akan menyebabkan begah dan sakit pada lambung.
  • Bayam merah sangat banyak kandungan zat besinya jika dimakan akan menyebabkan lambung perih.  
   2.KANGKUNG.
  • Kangkung, kecuali batangnya keras, jika dimasakpun tetap tak bisa lunak, karena zat besinya tinggi, maka jika dimakan akan menyebabkan lambung sakit sekali hingga lama, karena batangnya yang sulit dicerna. Jangan sekali-kali makan kangkung ya teman, jika lambung kalian masih sakit, dan tak ingin kesakitan !
   3. WORTEL.
  • Wortel ini, insya Allah aman dimakan. Namun pilih yang berdaging buah tebal dan empuk ya ? Jangan pilih wortel yang kecil-kecil dan keras daging buahnya. Wortel yang semacam ini akan menyebabkan lambung sakit dan begah jika dimakan.
   4. TOMAT.
  • Tomat ini sebenarnya masuk dalam golongan buah-buahan. Namun kita sering menggunakannya sebagai campuran dalam memasak. Bagaimana dengan tomat, apakah aman untuk memasak bagi sakit maag ? TOMAT, jika digunakan memasak untuk menu sakit maag, sangat tidak aman. Karena akan menyebabkan lambung perih sekali. Jadi jangan coba-coba masak dengan diberi tomat yah ?
   5. CAYSIM.
  • Caysim ini baik batang dan daunnya keras, sulit dicerna, jadi tidak aman jika dimakan, karena akan menyebabkan lambung sakit sekali, apalagi jika sudah diasamkan menjadi asinan, wah itu bahaya sekali bagi lambung. Hati-hati ya makan caysim !
   6. SAWI.
  • Sawi juga sulit dicerna. Bagi maag Stadium Awal masih bisa mengkonsumsi sawi, bagian daunnya saja jangan bagian batangnya. Namun untuk maag Stadium Menengah dan Stadium Lanjut sebaiknya tak usah mengkonsumsi sawi karena bisa menyebabkan lambung sakit.
   7. KEMBANG KOL.
  • Kembang Kol ini, meskipun enak dimakan, namun tidak bersahabat dengan lambung yang sedang sakit, karena jika dimakan akan menyebabkan lambung sakit berkepanjangan, begah rasanya, lambung penuh dan menimbulkan banyak angin.
   8. BROKOLI.
  • Brokoli ini sebenarnya sayuran yang mengandung anti oksidan sangat tinggi sehingga bagus sekali untuk menetralisir radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Sayang teksturnya kasar, sehingga jika dimakan akan menyebabkan lambung sakit, begah, penuh, dan tidak nyaman.
  • Kecuali jika makannya diblender dalam keadaan setengah matang, bukan mentah dan bukan masak. Karena semua sayuran yang tumbuhnya  mepet diatas tanah biasanya kandungan pestisidanya lumayan tinggi karena selalu disemprot dengan antihama pestisida.
  • Ini nih tanaman yang biasa banyak pestisidanya : sawi, brokoli, kembang kol, wortel, bayam, tomat, cabe, daun loncang, daun seledri, bawang putih, bawang merah, kentang, kalau buah : melon, semangka, blewah, timun, wah bagaimana nih, lha semua disemprot dengan pestisida e ?
  • Yang aman ya nanam sendiri nih, pake polibek dirumah dengan pupuk kandang, bisa kan ? Bisa dong. Yuk mulai kita budayakan menanam sendiri sayuran dirumah. Mengasyikkan loh. Menghibur hati dan sekaligus menghasilkan sayuran yang menyehatkan. OKE ? okokok…
   9. KACANG PANJANG.
  • Kacang panjang ini sayuran yang sebenarnya sangat enak. Baik untuk dimasak bening, diongseng, ataupun dibuat pecel atau disayur lodeh dengan santan encer yang kuahnya banyak. Woouuww sedapnya. Sayang, teksturnya kasar, sulit dicerna, sehingga jika dimakan akan menyebabkan begah dilambung atau bahkan sakit berkepanjangan.
 10. PEPAYA MUDA. 
  • Pepaya muda ini teksturnya kasar, jika disayur dan kita makan akan menyebabkan lambung begah dan tidak nyaman. Meskipun tidak menyebabkan sakit.
 11. TIMUN. 
  • Timun, enaknya dimakan dalam keadaan mentah, untuk urapan, untuk lalap, atau dimasak acar. Kecuali tidak mudah dicerna oleh lambung, timun ini jika dimakan secara kontinyu bisa menyebabkan turunnya tekanan darah. Sedangkan orang yang sakit maag, sering HB atau tekanan darahnya rendah, karena terbatasnya nutrisi yang bisa dikonsumsi. Jadi sebaiknya hindari makan timun yaa ? 
 12. LABU SIAM. 
  • Labu siam ini sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang sakit maag, karena teksturnya yang lembut. Tapi pilih labu siam yang sedang ya, jangan yang muda (yang kecil-kecil sekali) dan jangan yang tua (yang sudah keluar duri-duri dilabu siamnya). Sebab labu siam yang muda bisa menurunkan tensi, dan yang tua sudah susah dicerna oleh lambung yang sedang bermasalah.
 13. WALUH PANJANG. 
  • Waluh panjang yang berwarna hijau muda dan bentuknya seperti guling bayi itu, aman untuk sakit maag.
 14. WALUH KUNING. 
  • Waluh kuning, baik sekali untuk orang sakit maag, yang dikonsumsi baiknya yang sudah tua dan berwarna kuning atau oranye. Bukan yang muda untuk disayur. Waluh yang sudah tua, sebaiknya dikukus bersama kulitnya tidak apa-apa, untuk makanan selingan, dan dimakan dengan dikerok memakai sendok.
 15. KECAMBAH ATAU TAUGE. 
  • Kecambah atau tauge, teksturnya liat, sehingga sulit dicerna. Sebaiknya tak usah dimakan. Karena akan menyebabkan lambung sakit sekali.
 16. KENTANG. 
  • Kentang juga seperti waluh kuning, sangat baik dikonsumsi oleh orang sakit maag. Baik untuk disayur, maupun hanya dikukus sebagai makanan jeda. Tapi pilih kentang yang mulus kulitnya dan kering. 
  • Jangan pilih yang kulitnya sudah berwarna hijau atau yang sudah mulai tumbuh mata tunasnya, karena dia sudah beracun sehingga jika dikonsumsi orang sakit maag bisa serasa mau pingsan. 
  • Lalu juga jangan pilih kentang yang kulitnya masih basah, berarti dia baru saja dipanen, masih banyak sekali kandungan pestisidanya, ini jika dimakan akan menyebabkan perut mulas, melilit dan sakit lalu diare.
 17. KUBIS ATAU KOL.
  • Kubis sangat tidak cocok bagi orang sakit maag. Teksturnya liat mirip tauge susah dicerna dan menimbulkan gas. Jika dimakan menyebabkan perut kembung dan rasa penuh.
 18. DAUN GENJER. 
  • Daun genjer ini sebenarnya teksturnya cukup lembut dan sangat enak dikonsumsi, namun sayang, ia tumbuhnya disawah yang sekarang banyak disemprot dengan pestisida, sehingga daun genjerpun ikut banyak menyerap pestisida. Jika dikonsumsi bisa menyebabkan lambung perih dan mulas. Tapi enak he he…aku sangat suka lho…tinggal metik dibelakang rumah.
 19. DAUN KETELA POHON. 
  • Daun ketela pohon ini, teksturnya sangat keras. Jika dimasak tak bisa lembut-lembut, sehingga sangat tidak baik untuk sakit maag. Karena jika dikonsumsi menyebabkan, lambung sangat-sangat sakit dalam waktu lama seperti jika kita makan sayur kangkung.
 20. DAUN KETELA RAMBAT. 
  • Daun ketela rambat ini boleh dimakan oleh orang sakit maag, asal tidak bersama dengan tangkai daunnya, karena tangkai daunnya keras seperti batang kangkung, jika ikut dimasak dan kita makan akan menyebabkan lambung sangat sakit.
 21. KACANG MERAH. 
  • Kacang merah ini, vitaminnya banyak. Boleh disayur untuk orang sakit maag. Yang paling cocok sayur untuk sakit maag itu yang banyak kuahnya. Namun sebaiknya, ampasnya ketika mengunyah kacang merah ini jangan ikut ditelan yaa, dimuntahkan saja he he kalau ikut ditelan perut kalian akan sakit loh.
 22. DAUN SLEDRI DAN DAUN BAWANG. 
  • Daun seledri dan daun bawang ini boleh untuk campuran masak, jika dimakan, ampasnya jangan ikut ditelan yaa, kayak kacang merah tadi, sebab jika ikut dimakan lambung akan begah lho.
 23. OYONG ATAU GAMBAS. 
  • Oyong atau gambas, jika masih muda, bijinya masih kecil-kecil aman untuk lambung. Namun jika sudah tua, bijinya sudah keras dipegang, maka jika dimasak dan kita makan, lambung akan terasa sangat sakit berkepanjangan. Sangat-sangat sakit !
APALAGI YA ? Busyet…milih sayuran aja harus sangat selektif ya Bu Niniek ? Harus yang sedenglah, yang mudalah, yang teksturnya tidak kasarlah, yang kandungan pestisidanya tidak banyaklah, yang daging buahnya harus empuklah macam milih wortel. Huaha huaha…Aku dulu juga begitu kok teman. Yah begitulah kita semua. Banyak deritanya, namun juga banyak hal-hal yang bisa membuat kita tertawa terpingkal-pingkal melupakan sejenak sakit kita.

Semoga bermanfaat ya ? 

Alhamdulillahirabbil’alamiin.
Salam Penulis,

Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Morinda Bioactive, Testimoni, Tips

Thanks for reading Sayuran Apa Yang Aman Untuk Sakit Maag ?. Please share...!

2 comments on Sayuran Apa Yang Aman Untuk Sakit Maag ?

  1. My spouse and Ι stumbled оver here cоming from a diffеrent
    web page and thought Ӏ may ɑѕ well check tһings out.

    I like whatt I see so now i'm followіng you. Lⲟok forward tо looking іnto yoᥙr web ρage
    repeatedly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      thanks for visiting my page, hopefully you enjoy my articles, and it can be useful for you

      Hapus

Back To Top