SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Hal-hal Penyebab Maag Dan Gerd Kambuh

Bismillahirrahmanirrahiim…

Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam,

Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yang setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin.

Sahabat Pembaca Blog Yang Setia…

Saya yakin, bagi kalian yang setia mengunjungi blog ini, insya Allah tentu sudah ada perubahan pada sakit kalian. Sedikit atau banyak. Tergantung seberapa jauh kalian telah mempraktekkan tips-tips yang saya tulis di blog ini. Sebab sudah banyak hal-hal tentang sakit maag yang saya tulis disini. 

Sudah banyak kok laporan yang saya terima, betapa bersyukurnya mereka kepada Allah SWT, bahwa mereka telah bertemu dengan blog ini.

Sehingga mereka tahu apa dan bagaimana sih sakit maag itu ? Apa sih yang menyebabkannya ? Mengapa sih bisa terkena sakit maag ? Lalu apa dong solusi-solusinya jika tiba-tiba kambuh ? Sedangkan jenis kambuhnya sakit maag itu tidak sama pada setiap orang.

Nah oleh karena itu, jika kalian tak bisa lagi membeli obat karena uang kalian sudah habis, sedangkan sakit kalian belum sembuh juga, silahkan pelajari tentang segala tetek bengeknya sakit maag didalam blog ini. Blog ini tidak melulu hanya mengupas tentang jalan menuju kesembuhan sakit maag, namun banyak pelajaran hidup yang saya tuangkan disini.

Insya Allah blog ini cukup komplit menjawab segala pertanyaan kalian tentang sakit maag. Bahkan ada juga kisah-kisah nyata saya sendiri yang banyak kalian minati. Saya tahunya dari kalian sendiri kok. Banyak dari kalian yang selalu menagih tulisan saya, begitu sehari saja tulisan saya tidak nongol dalam blog ini. He he kayak saya ini seorang penulis profesional saja.

Ya Alhamdulillah jika blog ini banyak peminatnya. Tentu banyak manfaatnya dong. Itu yang saya harapkan sejak awal penulisan blog ini. Diminati dan manfaat.

Jika blog tak diminati dan manfaat, untuk apa kalian sering berkunjung ke blog ini ? Dan untuk apa saya bersusah payah menulis berbagai hal panjang lebar disini ? bukankah sia-sia adanya. 

Namun mau sia-sia ataupun manfaat semuanya karena karunia Allah saja, bukan karena piawainya saya menulis. Iya kan ? Lha wong saya ini ibu rumah tangga biasa. Dan tak punya background pendidikan jurnalistik, ya maafkan saja kalau tulisan saya ini mengalir apa adanya. Tidak mengikuti alur kepenulisan yang seharusnya he he. Bagi saya, yang penting kalian tahu maksudnya. Jujur dan sopan bahasanya serta infonya tidak ngawur syukur-syukur akurat itu saja !

Kali ini saya ingin share tentang Hal-Hal Penyebab Maag Dan GERD kambuh. Karena ini yang sering membuat kalian panik. Takut mati dan berpikiran yang aneh-aneh, disantet oranglah, kena guna-gunalah, atau ketempelan jin atau silumanlah. Seperti saya dulu waktu masih sakit. Ya seperti itulah. Bukan karena iman lagi turun. Tapi memang rasa dan macam keluhan sakit maag itu sangat aneh dan unik. Sehingga menimbulkan sensasi tersendiri.

Apalagi jika maag kronis dan GERDnya sudah parah dan lagi kambuh, apapun itu sebabnya. Walah, sakitnya tak ketulungan. Hingga bisa bikin kita guling-guling dan kelojotan di tempat tidur. Karena sakitnya luar biasa !!! Lambung seperti diremas-remas, seperti diiris-iris pake pisau, kalau lagi kejang seperti ditarik-tarik lalu dilepas lagi, ditarik-tarik lagi, lalu dilepas lagi, padahal bukan hanya satu jenis saja serangan sakitnya. Seringkali berbagai macam jenis rasa sakit menyerang secara bersamaan. Sepertinya nyawa benar-benar sudah nyaris lepas kalau sedang kambuh.

Kepala sakiiitnya ngepol ! Kayak sakit gigi tapi didalam kepala, gimana sih rasanya ? Terus muter. Bumi bergoyang. Mata tak berani melek. Telinga juga ikut sakit, setengah tak bisa mendengar. Badan lemas tak bertenaga. Jika ada orang mencemooh sakit kita ketika kita sedang kambuh, mau rasanya kita menempelengnya habis-habisan. Tapi bukankah itu tindakan syaiton ? Dan bukan sikap seorang muslim. Jadi ya bisanya hanya istighfar sambil menangis menahan kesakitan yang luar biasa.

Kalau sedang kambuh seperti ini, saya dulu bisanya hanya mohon ampunan Allah SWT. dan mohon pertolongan serta belas kasihanNya. Tidur tenang bersandar bantal yang tinggi, sambil medekap air panas dalam pelflesh atau botol yang berisi sedikit air panas dan dibalut dengan serbet makan, saya tempelkan didada. Tidak bergerak-gerak sedikitpun, karena untuk bergerak sedikit saja sakitnya minta ampun. Semakin banyak gerak lambung akan semakin terasa sakit. Mau kerumah sakit sudah benar-benar trauma. Itulah pengalaman saya dulu jika sedang kambuh. Hanya berdiam diri dan pasrah. Tenang. Tiduran dengan bersandar bantal tinggi.

Nah Hal-Hal Apa Saja Yang Bisa Menyebabkan Maag Kronis Dan GERD Bisa Kambuh ? Antara lain :

Makan Kekenyangan

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa orang sakit maag kronis apalagi ada GERDnya itu tidak boleh makan hingga kekenyangan. Sekalipun yang dimakan sudah memenuhi menu makan orang sakit maag. Sudah halus, tidak pedas, tidak asam dan tak berminyak. Namun kekenyangan akan menyebabkan lambung menjadi penuh. 

Lambung belum bisa bekerja dengan baik menggiling makanan, maka ketika lambung penuh, system tubuh akan mengatur sedemikian rupa agar makanan yang penuh dalam lambung ini bisa segera digilingnya. Oleh karena itu, system tubuh akan menambah produksi asam lambung dengan menaikkan kadar keasamannya. Oleh karaena itu jika orang sakit maag makan kekenyangan maka bisa kambuh. Tiba-tiba saja keluar keringat dingin, lemas gemetaran dan lambung sakitnya bukan main.

Kangkung. 

Kangkung sebenarnya sayuran yang banyak manfaatnya karena tinggi akan kandungan zat besinya dan sangat enak dimasak tumis atau dibumbu bobor memakai santan encer, wah segarnya. Namun kangkung, batangnya termasuk keras, jika dimasakpun hingga lunak tetap saja jika dikonsumsi orang sakit maag akan menyebabkan maag kambuh hingga kesakitannya berlangsung cukup lama. Bisa seharian penuh serta meninggalkan rasa sakit yang permanen hingga berhari-hari atau berminggu-minggu.

Bayam. 

Bayam adalah sayuran yang bermanfaat dan boleh dimakan oleh orang sakit maag. Hanya daunnya saja yang dimasak, tanpa batangnya. Namun harap hanya sedikit saja makannya. Karena kalau kebanyakan, apalagi jika ampas sayurannya ikut ketelan, Ya Allah akan menjadi malapetaka buat GERD. 

GERD bisa kambuh mendadak. Kepala kliyengan. Badan gemetaran tak karuan. Jantung berdebar-debar dan tubuh lemas sekali. Itulah jika kita makan bayam kebanyakan dan tanpa nasi lembek. Hanya sayur bayam saja yang dimakan. Karena sudah lama sekali tak makan bayam. Ketika bu Niniek membolehkan makan bayam, dimakannya sayur bening bayam hingga 1 piring tanpa nasi. Ya jadilah GERDnya kambuh berat, hingga tak bisa bangun dari tempat tidur. 

Jadi hati-hati ya. Makan apapun sebaiknya dicicip dulu sedikit demi sedikit, agar jika tak cocok, maka kesakitannya tak langsung parah dan masih mudah untuk diatasi.

Ayam Goreng. 

Siapa yang tak suka ayam goreng ? Tentu siapa saja suka dengan ayam goreng, kecuali ia vegetarian, seperti saya dulu, karena belasan tahun vegetarian, makan sesuwir daging ayam saja maka muntahnya bisa menghabiskan seluruh isi perut ! 

Daging ayam memang sangat enak, apalagi kalau pintar memasaknya, yang empuk dan meresap bumbunya. Pasti enaklah ! Namun seempuk-empuknya daging ayam, tetap sulit dicerna oleh lambung. Apalagi ayam kampung yang tekstur dagingnya lebih keras.

Memang serba sulit mau makan ayam ini. Yang ayam potong teksturnya lebih lunak, banyak sekali lemak kimia hormonnya kalau dimakan akan menyebabkan lambung dan GERD bisa kambuh. Dan yang ayam kampung, tidak mengandung hormone suntikan, makanannya alami, namun tekstur dagingnya kasar dan susah empuknya. 

Jadi saya suka memilih masak ayam kampung tetapi masaknya saya presto. Jadi aman kimianya, dan lembut dagingnya. Namun demikian jika sesekali saya ingin makan dengan lauk presto ayam kampung ini, tetap saja ampas makanan setelah saya kunyah selalu saya buang, tidak saya telan. Cara ini saya terapkan dalam hal mengkonsumsi apa saja, Alhamdulillah berat badan bisa sedikit demi sedikit naik, karea nutrisi agak lumayan tercukupi.

Mengangkat barang yang berat. 

Tidak banyak juga diantara kita para penderita sakit maag ini yang mengetahui bahwa orang sakit maag tidak boleh mengangkat beban yang berat-berat, misal seperti galon air. Seringkali banyak yang saya temukan, diantara penderita, sudah melakukan tertib menu, tertib pikiran dan tertib kebiasaan. Semuanya sudah dijalankan dengan baik tak ada yang dilanggarnya. Loh kok maag dan GERDnya masih kambuh juga ya ? Kenapa ? Usut punya usut setelah saya tanya apa saja yang dilakukan dalam seharian ini ? Eh mereka ingat ! Tadi pagi ternyata ia mengangkati sendiri galon-galon Aqua dari mobilnya ke warungnya. 

Ya Alloh…Mengangkat gallon satu saja dilarang, ini yang diangkatnya 6 galon ! Ya jelas kambuhlah maag dan GERDnya ! Mengangkat benda-benda yang berat bisa menyebabkan otot lambung tertarik dan mengakibatkan lambung luka kembali.

Naik motor. 

Naik motor juga demikian. Guncangan kendaraan yang terjadi di jalan apalagi jalan yang berlubang, bisa menyebabkan luka lambung yang baru saja hendak sembuh akan terluka kembali. Sehingga lambung terasa kambuh.

Jalan-jalan. 

Sepertinya jalan-jalan adalah hal yang sepele. Namun bagi yang maag dan GERDnya parah, maka jalan-jalan bisa juga mengakibatkan tertariknya otot-otot lambung sehingga luka lambung yang sedianya sudah akan sembuh menjadi sakit kembali. Lambung yang sudah parah, seperti saya dulu, untuk berjalan dari kamar menuju kamar yang lain yang hanya berjarak beberapa meter saja sangat sakit. Sehingga jalannya terpaksa terbongkok-bongkok menahan sakit. 

Apalagi yang untuk berjalan-jalan didepan rumah meskipun hanya menempuh jarak 50 hingga 100 meter, ya karuan kambuhlah maag dan GERDnya ! 

Dipikirnya badannya hari itu sudah merasa enak. Sudah tak ada yang dirasakan. Perut aman, kepala juga aman. Maka mencoba untuk jalan-jalan didepan rumah. Ternyata lambung belum kuat. Sepulang dari jalan-jalan benar-benar langsung terkapar tak bisa apa-apa. Badan gemetar. Keringat dingin keluar. Lemas. Kepala kliyengan. Mual mau muntah tapi tak bisa muntah. Napas sesak. Jantg berdebar. Lengkaplah sudah penderitaannya.

Makan Nasi Keras.

Orang yang sakit maag, bisa saja lambungnya sedang radang, iritasi atau bahkan luka. Untuk menggiling makanan-makanan yang kasar, merangsang, asam dan berlemak akan terasa sakit. Apalagi jika kita mengkonsumsi nasi keras seperti nasi yang untuk kendurian, waduh..tak berapa lama bisa terjadi kejang usus, karena kerasnya nasi yang kita makan akan mel;ukai lambung kembali ketika sedang digiling.

Nasi keras ini kelihatannya juga sepele. Awalnya tidak banyak yang tahu bahwa bagi orang sakit maag, apalagi yang sudah kronis, makan nasi keras benar-benar bisa menyebabkan malapetaka. Sakitnya bukan alang kepalang karena lambung akan bertambah luka oleh gesekan nasi keras yang mengenai dinding lambung. 

Menurut pengalaman saya, diantara segala pantangan makanan orang sakit maag, yang paling riskan atau berbahaya jika dilanggar adalah kopi dan nasi keras, juga masakan yang pedas dan berminyak. Jadi lebih baik menjaga, tak usah makan nasi keras. Buatlah nasi lembek walau dengan lauk seadanya, tahu putih, kentang, wortel, ikan yang dikukus atau telur rebus. Insya Allah maag dan GERD akan lekas sembuh. Dan perbanyaklah minum air putih, apalagi jika bisa minum air mentah yang higienis, subhanallah, kalian tak akan banyak kehilangan uang lagi untuk kesembuhan sakit maag kalian. Oke ?

Mandi Air Dingin.

Memang segar ya mandi air dingin, apalagi di daerah yang udaranya panas seperti Jakarta, Semarang dan Surabaya ! Tetapi tetap rambu kuning mandi air dingin bagi orang yang sakit maag. Rawan kambuh maag dan GERDnya. Mengapa ? 

Kebanyakan, orang sakit maag kronis maupun GERD, karena kurangnya nutrisi yang masuk, maka tekanan darahnya biasanya akan cenderung rendah. Nah orang yang tekanan darahnya rendah biasanya tidak tahan dingin. Apalagi jika mandi dengan air dingin, maka bisa mengakibatkan kram pada lambung, atau ketegangan otot pada jantung dan paru-paru sehingga bisa mengakibatkan lambung sakitnya bukan main, dan lambung terasa sesak hingga sampai kedada. Nafas sesak dan debaran jantung tidak normal. Kondisi seperti ini tentu akan mengakibatkan rasa panik yang luar biasa.

Jika terjadi seperti ini, minumlah air hangat. Makan makanan yang halus dan lembut sedikit. Lambung dikompres dengan air panas dalampelflesh atau bisa memakai botol. Badan dan bagian kaki yang kedinginan dibalur dengan minyak seraiyang hangat-hangat.

Keramas.

Keramas, bagi wanita merupakan kebutuhan fital. Karena tubuh akan menjadi segar, pikiranpun akan menjadi lebih fresh jika sehabis keramas. Namun keramas merupakan beban berat tersendiri bagi orang yang sakit maag kronis yang tak sembuh-sembuh. Biasanya keramas akan menyebabkan badan menjadi meriang dan maag seperti kambuh rasanya. Tak enak makan dan tak nyenyak tidur. Mau bangun juga malas karena rasa badan tak karuan.

Makan Santan.

Santan. Adalah bumbu yang menyedapkan setiap makanan karena akan menjadikan makanan terasa lebih gurih daripada yang tidak diberi santan. Namun santan sangat tidak baik bagi lambung. Apalagi santan yang kental. Jika dikonsumsi akan menyebabkan lambung terasa perih melilit. Kepala kliyengan karena terkena lemak dari santan, dan seringnya bisa jadi diare. Oleh karena itu, hati-hatilah dengan santan. Jika lambung kalian belum benar-benar sembuh sebaiknya jangan konsumsi makanan yang bersantan.

Makan Lemet.

Tahukah makanan lemet ? Itu lho makanan yang dibuat dari singkong yang diparut. Lalu didalamnya diberi gula merah, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Itu makanan kegemaran saya. Namun sejak sembuh dari sakit maag, saya masih menghindari makan lemet ini. Karena dulu, setiap makan lemet, waduuh perut sakitnya bukan main kayak dipilin-pilin. Jadi hindari ya makan lemet jika perut kalian yang lagi sakit maag tak ingin kambuh.

Berhubungan Suami Istri.

Apakah berhubungan suami isteri boleh dilakukan oleh orang yang sakit maag ? Sebenarnya tak ada yang melarang. Bagaimanapun itu adalah hubungan yang memang dibutuhkan oleh suami dengan isterinya untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Bagi orang yang sehat, hubungan suami tak masalah. Namun bagi orang yang sakit, akan menjadi masalah. Karena dalam berhubungan suami isteri dituntut keluarnya energy yang cukup besar. Tentu diperlukan enzyme yang tidak sedikit. Orang yang sakit tentu mempunyai persediaan enzyme yang sedikit atau terbatas, sehingga jika untuk melakukan hubungan suami isteri bisa mengakibatkan lemas. Dan khususnya bagi orang yang sedang sakit maag, dengan melakukan hubungan suami isteri maka lambung akan mengalami guncangan sehingga lambung lukanya tak sembuh sembuh.

Kecuali itu, setelah itu maka harus mandi junub agar tubuh menjadi suci dari hadas persetubuhan. Mandi junub ini juga akan menjadi masalah besar bagi orang sakit maag yang kondisinya sedang tidak fit atau lemah, justru bisa memperburuk keadaan.

Kecapaian. 

Orang yang capai akan banyak kehilangan enzyme yang dipergunakan untuk beraktifitas. Jika ini terjadi pada orang yang sakit maag, maka kondisinya bisa drop atau maag serta GERDnya bisa kambuh.

Tidur Larut Malam. 

Tidur larut malam atau begadang juga tidak baik bagi orang yang sakit maag dan GERD, tubuh yang kurang istrahat juga stamina akan menurun sehingga bisa mengakibatkan maag dan GERD kambuh.

Olah Raga. 

Olah Raga memang sangat penting untuk memperlancar peredaran darah, melenturkan otot-otot dan syaraf-syaraf tubuh, agar badan menjadi sehat. Namun bagi orang sakit maag dan GERD, dimana yang sakit adalah organ yang sangat lemah, maka jika untuk bertolahraga, sekalipun itu hanya berjalan kaki, bisa menyebabkan kondisinya drop sehingga harus bedrest atau total beristirahat ditempat tidur karena tak bisa untuk beraktifitas.

Demikian Hal-hal Yang Bisa Menyebabkan Maag dan GERD kambuh. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang seringkali bingung, kenapa ya tiba-tiba kambuh tanpa mengetahui sebabnya.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Penulis,
Niniek SS
Labels: Motivasi, Penyebab, Renungan

Thanks for reading Hal-hal Penyebab Maag Dan Gerd Kambuh. Please share...!

44 comments on Hal-hal Penyebab Maag Dan Gerd Kambuh

  1. Selamat pagi Bu NINIEK,
    Bu saya mau tanya saya kena GERD, sendawa nggak berhenti2 berhentinya kalau tidur aja....saya udh di endoscopy dan colonscopy udh minum macam obat2 lansoprazole,omeprazole, rabeprazole,nexium belum yg lain nya obat untk mual dan muntah tapi sendawa nya nggak sembuh2 minum obat udh 8 bulan dari bulan november 2015 sampe juli 2016 kadang nyeri di ulu hati,kadang di leher tenggorokannya nggak enak.
    Saya udh stop obat dokter,yg saya minum herbal seperti kunyit,jahe ..
    mkn yg rebus2 an..
    kenapa ya punggung dan pinggang saya pegel2 nggak enak,sampe saya olah raga perenggangan apakah ini membuat tambah parah sakit nya?
    sampe saya sering di urut punggung dan pinggang nya..pernah juga di injak2 sama tukang urut nya...nggak sembuh2 juga.
    menurut artikel di atas kalau kena GERD nggak boleh jalan2 ,bukan nya harus harus olah raga ?
    gmn cara menyembuhkan sakit punggung dan pinggang nya?
    makan juga saya jaga semua serba kukus,nggak mkn sayur
    tidak pakai minyak goreng sampe2 saya kemarin tes darah hasil darah kolesterolnya rendah dari normal 127 ( nilai normal 145-199 ) ,Bu apa nggak apa2 kalau hasil kolesterol rendah ?
    Sekian Terima kasih Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi juga,

      Pinggang dan punggung pegal ada 2 kemungkinan yaitu : Dalam ginjal mungkin endapannya pekat disebabkan oleh residu atas obat-obatan kimia yang diminum selama 8 bulan. Kemungkinan kedua adalah dampak atau efek dari gerd yang menekan kedaerah usus bagian bawah.

      Punggung dan pinggang pernah diinjak-injak oleh tukang urut adalah tindakan yang sangat sembrono bagi pasien maag atau gerd, karena bisa berakibat fatal pada lambung. Ini pula salah satu penyebab gerdnya belum sembuh-sembuh, kemungkinan lambung atau usus luka kembali ileh pijakan kaki tukang urut pada bagian punggung dan pinggang. Lain kali jangan diulang ya ? Sedangkan untuk urut biasa dibagian perut saja bagi penderita maag sangat tidak dianjurkan, apalagi diinjak-injak.

      Kalau kolesterol rendah itu jauh lebih gampang diatasi daripada kolesterol tinggi.

      Salam,

      Hapus
  2. ya ampun mbak banyak pantangannya pantesa gk sembuh2 maag saya..pa lagi diatas motor rasanya perut terjepit..perasaan mau mati aja pikiranya..mb dulu mengalami ini sampe brp lama mb? kok saya udh hmapir setengah tahun ini gk sembuh2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Deni Aprie

      Memang demikian adanya mas. Orang sakit maag itu makan ini salah, makan itu salah. Makanya harus sangat hati-hati dalam memilih menu.

      Naik sepeda motor, apalagi maag yang lama tak sembuh-sembuh, sebaiknya dihindari. Karena goncangan sepeda motor akan mengganggu ketenangan lambung sehingga menghambat kesembuhan.

      Saya mengalami maag kronis dan gerd serta anxyetas sekitar kurang ebih 18 tahun.

      Salam,

      Hapus
  3. slmat pagi bu, kemarin saya berendam di pemandian air panas, kira2 1jam.an..pas ada di tempat ganti tiba2 perut sakit dada sesak,nafaspun terasa berat..setelah itu saya duduk,kepala tambah berat,pandangan kabur seperti hampir pingsan dada sesak sekali rasanya mau mati..hehe badan juga lemas,,setelah diminumkan teh hangat pandangan semakin jelas dan nafas kembali stabil,itu kira2 gejalq gerdkah bu?? mhon informasinya..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Rizki Amalia

      Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Iya mbak. Karuan saja. Bagi penderita maag dan gerd rentan masuk angin. Berendam dalam air, meskipun panas, tetap bisa menyebabkan konsisi dropp karena masuk angin yang sangat. Itu bisa saja angin duduk. Alhamdulillah bisa segera mendapatkan air teh yang hangat. Kalau tidak, pasti harus dibawa ke UGD tuh.

      Lain kali jangan m,andi terlalu lama ya mbak. Karena serangan gerd itu bisa datang tiba - tiba. Iya itu serangan gerd. Mungkin sebelumnya mbak Rizki sudah ada riwayat sakit maag.

      Salam,

      Hapus
  4. Assalamualaikum bu,,,mo tanya sy sakit maag kronis kmbuh sejak april kmren,,,tpi rasany knp bkn mual muntah dll,,,tpi klo kena udara dingin,,ac,,dll rasanya mau pingsan,,badan terasa menyerap dinginnya,,,tpi perut emnk udh g enak kembung penuh gas,,sy sblum kena makan pedes2 jdi kambuh lgi,,,oiya th 2011 dlu jg pernah kena,smpai 1,5th bru sembuh total tpi dlu msih tahan udara dingin,,,jdi ap maag memang bkin bdan tdk tahan dingin,,,krn th 2011 sy g mngalami hal ky gini,,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Rocky Alvarez

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika sakit maag tapi tidak disertai mual atau muntah, biasanya penyebab sakit maagnya adalah karena stress atau tekanan pikiran, bukan disebabkan oleh tidak teratur makan.

      Mengapa penderita maag sering tak tahan dengan udara dingin ? Karena penderita maag, kebanyakan tidak tercukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya. Mekipun bisa berkali - kali makan, namun makanan yang masuk tak bisa diproses oleh lambung yang sedang sakit.

      Kondisi kekurangan nutrisi atau terkadang kurang darah inilah yang lalu akan menimbulkan rasa kedinginan pada penderita maag.

      Demikian mas Rocky.

      Salam,

      Hapus
  5. Balasan
    1. Saudara Roni Paslah

      Alhamdulillah semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  6. Bu mksih informasinya... Oh ya skg yg sya mau tnyakan stelah mnghindari pantangannya, bgimana pnyembuhannya dan obatnya apa aja ya? Trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Daniel

      Terima kasih kembali juga untuk kunjungannya di blog ini. Setelah menghindari pantangannya. Harus tetap jaga pikiran, jaga istirahat, dan obatnya : Pesan buku untuk perawatan + Minum air mentah yang higienis + pesan morinda di blog ini.

      Salam,

      Hapus
  7. Terimakasih Bu infonya sangat membantu. Umur saya 23 thn tp saya udh mengalami hal itu rasanya luar biasa. Saya kalo sudah kekenyangan pasti muntah dan keluar cairan kuning. Saya baca di artikel itu cairan asam lambung ya? Kalo saya muntah2 cairan itu saya tunggu2 krn bertanda saya akan membaik dan ngga nyeri lagi.

    BalasHapus
  8. Mbak KSP,

    Sama-sama. Terima kasih juga untuk kunjungannya di blog. Semoga ada manfaatnya. Memang sebaiknya sakit maag kronis dan asam lambung itu dijaga agar tak sampai perut kosong atau jangan sampai kekenyangan. Sama-sama akibatnya. Lambung sakit, atau begah di perut yang rasanya gak nyaman bangetlah.

    Memang jika maag kita kambuh, lalu mual, apalagi jika cairan asam lambung terasa dimulut kita, maka jika bisa muntah, maka keluhan akan mereda.

    Semoga lekas sembuh ya mbak.

    Salam,

    BalasHapus
  9. Apakah boleh meminum air perasan singkong yang diparut untuk saya penderita asam lambung?? Terima Kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Frendy Aldi

      Air perasan singkong yang diparut bisa diminum untuk penderita asam lambung. Lebih sempurnanya diberi parutan kunyit kuning ( yang anakannya bukan yang induknya karena kalau induknya getahnya terlalu keras buat lambung ), lalu kuning telur ayam kampung, dan beri satu sendok madu murni.

      Bisa mengenyangkan cukup lama dan sekaligus mengobati lambung.

      Salam,

      Hapus
  10. Selamat pagi ibu saya mau bertanya saat bnyak beban pikiran magh dan gerd saya kamnbuh rasanya jntung berdebar pusing keringat dingin pndangan kabur badan meriang pegal cemas dan panik terkadang tensi juga naik..bagaimana cara mengatasi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Eka Nanda

      Selamat pagi juga. Memang gerd bisa kambuh jika salah makan, kecapean atau banyak pikiran. Dan biasanya keluhan yang dirasakan saat kambuh adalah tempat-tempat dimana asam lambung pernah naik ke area tersebut.

      Jika keluhan dada berdebar yang terjadi berarti asam lambung sebelumnya pernah naik ke area jantung sehingga mengganggu kinerja fungsi jantung.

      Ada pandangan kabur, badan pegal, pikiran panik itu semua dampak dari asam lambung yang kemana-mana.

      Cara mengatasinya : Tenangkan pikiran. Berbaring dengan bantal lebih tinggi, dan minum biji pala ( 1/3 nya saja ) yang diremdam dengan segelas air panas jika sudah hangat kuku diminum. Insya Allah semua akan segera mereda.

      Salam,

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum.wrwb.
    Bu Niniek, saya sdh bbrp kali kena serangan Gerd krn maag tsb, saya sdh berobat ke Thabib dan dikasi ramuan spt herbal jamu, memang dlm bbrp hari rasanya keluhan lambung hilang, tapi setelah jamu nya habis maka saya was was lagi. Sekarang saya coba atasi dgn minum air parutan induk kunyit, saya baru dengar bhw lebih baik kunyit biasa daripada induk kunyit. Mohon saran apa sebaiknya yg diminum utk mencegah terjadinya Gerd dan insya Allah dpt menyembuhkan maag & Gerd secara tuntas. Wassalam (Alan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Yahlan Siregar

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Yang dapat mengobati maag dan gerd secara tuntas, saat ini baru air mentah yang higienies dan morinda. Tapi tetap yang utama dengan buku panduan sakit maag yang saya tulis, agar dapat merawat sakit maag dengan baik sehari-harinya.

      Solusi selain dari yang saya sebutkan diatas, tetap ada perubahan, sedikit, namun masih kambuh dan kambuh jika obatnya sudah habis. Morinda tak begitu. Morinda yang diminum habis, jika sudah mencukupi 4 botol ( jika gerd ) dan jika maag hanya 2 botol, maka jarang sekali akan kambuh, karena sifat pengobatannya permanen, sampai ke akar-akar penyebab penyakit.

      Semoga jawaban ini ada manfaatnya. Dan semoga lekas sembuh. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  12. Met siang bu Niniek..
    Saya skrg sedang skt..ciri2nya hmpir mirip dngan pnjelasan di atas.
    Awalnya tangan dan kaki saya gemetar..saya kira maag biasa..tak cb carikan obat maag dan vitamin. Tp gemetarnya ga hilang". Malah tampah keras tremornya..perasaan cemas..perut trasa perih dan bahkan tak bisa tdr. Setiap saya bru tdr saya lngsg ktakutan prasaan kaya ajal mau mnjmput. Stelah sebulan saya alami hal tsb..saya lngsg bawa k RS..stelah cek lab katanya saya kna gjala tipes..padahal badan saya tdk trlalu panas saat malam hri. Cm d saat pagi hari bru bngun tangan dan kaki saya kdinginan yg luar biasa. Sampe skrng sdh skitar 2 bulanan saya msh mnderita hal tsb. Apa mngkin yg sya alami ni adlh gjala Gerd? Krn skrg dada sya trasa sakit sampe k punggung. Bahkan saat tdr perut sya sering mrasa perih.
    Kl memang ini adlah gjala Gerd.. apa lngkah yg paling tepat saya lakukan agar sakit saya ini bsa cpt sembuh?
    Mhon solusinya bu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nesa Wijaya

      Selamat pagi,

      Salah satu bentuk serangan gerd yang pertama memang menyerupai gejala tipes. Gemetar, keringat dingin disertai dada berdebar serta kedinginan.

      Tapi bisa juga ketika terjadi serangan gerd, kondisi tubuh benar - benar sedang mengalami dropp. Pada saat kondisi dropp, maka kuman tipes yang ada dalam tubuh berkembang biak dengan hebatnya, sehingga itulah yang menjadikan diri kita kedinginan.

      Jika hal tersebut adalah serangan gerd, maka segeralah berobat dengan seksama, agar tidak menjadi semakin parah. Karena jika parah, kecuali penderitaannya luar biasa di seluruh tubuh, juga sangat sulit diobati, memerlukan waktu yang lama serta menghabiskan biaya yang banyak.

      Solusinya : Pesan buku ibu, terapi minum air mentah yang higienis, serta pesan morinda untuk mengobatinya.

      Caranya : Kirim nama + alamat lengkap + kode pos + no Hp,smskan ke 0877.3259.8747. Nanti akan disampaikan berapa total biayanya, serta ke bank mana transfernya.

      Salam,

      Hapus
  13. buk mau tanya , kenapa orang kena maag itu gampang haus dan cepet kencing ya buk ? makasih buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Sering haus dan sering kencing pada penderita maag biasanya karena terganggunya metabolisme dan system tubuh.

      Salam,

      Hapus
  14. Assalamualaikum Ibu, saya mau bertanya memang apa benar penyakit Gerd itu hamoir sama ciri-cirinya dengan penyakit jantung?
    Lalu kemaren saya di diagnosis sakit gerd bu, nah tadi saya baru saja enakan dan langsung mencoba jalan-jalan, pas jalan-jalan terasa pusing seperti mau pingsan lalu saya sedikit sesak dan detak jantung pun tidak beraturan, apakah ibu juga pernah merasakan hal yang sama dengan saya ?
    Terimakasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diajeng Pena

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf banget Ya Allah, baru sempat balas. Sudah nunggu-nunggu balasan ya mbak ? Tentu. Banyak penanganan darurat sakit maag yang harus saya dulukan sehingga balas komentar jadi keteteran.

      Mbak Ajeng...
      Jika yang dikenai asam lambung itu area jantung, maka ketika kambuh gerdnya, seolah-olah seperti kena serangan jantung, sebenarnya bukan. Tapi ketika kambuh asam lambungnya, maka fungsi jantung akan berkurang sehingga dampaknya bisa debaran jantung cepat, gemetaran, atau lemas seperti mau pingsan.

      Sayapun sering mengalami hal yang sama. Orang kena gerd, itu memang tak boleh kecapean, stress maupun salah makan.

      Salam.

      Hapus
  15. Assalamualaikum bunda..aku kena dispepsia kronis dan gerd dan batu empedu jg.dalam sebulan ini aku msk IGD dan rawat inap sebanyak 6x krn kondisiku lemas terus dan nyeri yg hebat di perut dan uluhati. Punggung jg rasanya kayak di sayat perih pegel ga bisa diungkapkan dgn kata-kata lg. Mandipun sdh tidak pernah lg selama sebulan ini krn jika kena air lsng menggigil bdn ini walaupun airnya tidak dingin. Kadang timbul rasa stress krn merasa kok tidak kunjung sembuh penyakit ini. Namun sy alihkan pikiran sy dgn nonton tv atau ngobrol dgn ibu sy atau bpk sy.tp terkadang timbul lg perasaan cemas dan stress itu lg.sy coba zikir dan pasrah kpd Allah serta tetap meminta kpdNYA kesembuhan total utk diri sy ini.apakah benar bu penyakit dispepsia dan gerd ini sangat lama sekali penyembuhannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Femi Yusviani

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Femi. Sabar ya, lagi diuji dan disayang oleh Allah. Agar mbak Femi menjadi diri yang suci, sebagaimana yang Allah kehendaki. Semua sakit adalah sebenarnya kasih sayang Allah, agar kita semua kembali kepada jalanNya.

      Apa yang mbak Femi alami sekarang ini, ibu juga pernah mengalaminya dulu. Betapa menderita serta tersiksanya. Alhamdulillah jika mbak Femi sudah menemukan blog ini. Setidaknya mbak Femi jadi bisa kenal dengan ibu, sehingga mungkin mbak Femi bisa menarik hikmah dari sakit ibu, dan mencari solusi kesembuhan seperti ibu.

      Untuk solusinya dengan pesan buku panduan perawatan sehari-hari + usahakan minum air mentah yang higienis + obati dengan morinda. Kontak ibu ( sms aja dulu ) : 085.228.401.939

      Tetap semangat ya ? Ibu tunggu ya bisa menghubungi ibu.

      Salam,

      Hapus
  16. Assalamualaikum bu,awalnya satu setengah bulan lalu saya kecapekan sama telat makan abis itu langsung ngedrop jatuh sakit pas priksa ke dokter umum dia bilang asam lambung naik trs di kasih obat tapi blm ada perubahan terus periksa ke rumah sakit tes darah gejala typus tapi nggak opname sampe sekarang masih rawat jalan, kadang sakit kepala parah kadang sakit perut kadang juga dua2nya udah macem2 obat herbal, akupuntur, bekam kepala juga sudah,tiap pagi minum air kunyit sama madu juga sering, rebusan daun salam juga sering ,rontgen perut juga udah hasilnya juga nggak knp2, dari yg dulunya periksa di rumah sakit pake dokter umum udah pindah ke dokter saraf tiap periksa ke dokter saraf dokternya bilang cuma kecapean sama pikiran ,aku tanya ke dokter apa perlu ctscan dokternya bilang belum perlu, kmrn dokter saraf nyuruh periksa ke tht mata sama gigi, tht sama mata baik2 aja cuma gigi yg blm periksa rencana besuk, pertanyaanya apa gerd itu selalu pusing gitu ya bu? satu setengah bulan lebih kok belum sembuh2 terutama pusingnya padahal juga udah stop aktifitas ,bahkan 2 hari ini kepala kliyengan sama mual dah kayak mau pingsan, obatnya apa ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ari

      Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

      Mas/Mbak Ari. Memang perut kosong dan kecapean bisa menyebabkan tubuh dropp, bahkan bisa berakibat fatal, kematian ! Maka kita semua harus sangat hati-hati menjaga keteraturan makan, dan keteraturan istirahat.

      Sekarang sembuh bersama Bu Niniek aja yah ? Insya Allah kalau mau, akan kita laksanakan bareng-bareng mencapai kesembuhan mbak/mas Ari.

      Jika setuju, silahkan pesan buku panduan perawatan maag dan pesan morinda atau biocypress untuk mengobatinya. Silahkan hubungi saya di nomor 0877.3259.8747

      Salam,

      Hapus
  17. Muhamad sudirmanKamis, Oktober 12, 2017

    Assalamualaikum bu niniek.
    Pukul 03.16 menit saya terbangun karena kedinginan. Saya didiagnosa gerd oleh dr SpSP. Bagaimana cara saya menghadapi rasa dingin ini yang sdh 2 hari ini saya rasakan setuap pagi saja.
    Dan bagaimana cara pemesanan obat morinda bu.
    Trims
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhamad Sudirman

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Dirman, memang rasa dingin itu sangat menyiksa, apalagi karena rasa dingin itu menyerang seluruh tubuh. Beeeerrr rasa dinginnya kalau sudah menyerang, kena angin sedikit saja dinginnya sampai ke tulang. Iya kan ?

      Itu baiknya minum madu pahit mas, saya ada, harga 100.000/500 gram, bukan dengan morinda saja.

      Untuk mengobati penyebab rasa dingin memang bagusnya pake morinda, tapi dipadu dengan madu pahit alami.

      Untuk pemesanan morinda (harga 545.000 + ongkir), silahkan kirim nama + alamat lengkap + Nomor Hp. SMS ke nomor 085.228.401.939. Tuliskan dibawahnya : Pesan madu dan morinda.

      Salam,

      Hapus
  18. Asslamualaikum bu niniek, maaf saya ingin bertanya bu, saya mengalami gejala seperti kepala pusing, sering mikir yang macem" Kayak penyakit yang saya derita ini kok gak sembuh" tentang penyakit ini dan kadang" saya stelah makan sesak nafas dan terasa di kerongkongan kayak ada lendir yang menyumbat, saya pernah ke dokter dan juga cek fisik, hasil nya pun alhamdulillah baik" semua sekaligus foto ronsen nya pun bagus. Nah kata dokter pun bilang bahwa saya hanya terkena gejala asam lambung naik, namun setelah saya di kasih ressep untuk di minum obat nya, sampai sekarang kok masih terasa kadang" kambuh dan kalau tidur siang pun saya terasa takut(mati) begitu bu karena saya di sertai sesak nafas dan pikiran sudah kemana-mana.
    Apakah memang gejala gred tersebut sperti itu bu, dan apakah gred saya termasuk sudah parah atau masih mendingan bu..?
    Terima kasih bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ali Idrus

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika gejala yang dirasakan seperti itu, itu termasuk GERD stadium menengah mas. Meskipun belum parah, namun sudah memerlukan perhatian yang intensif untuk pengobatannya.

      Sebab jika tidak, akan menjadi semakin parah, luar biasa penderitaannya, sangat sulit diobati, memerlukan waktu, energi serta biaya yang tak sedikit untuk mengobatinya, karena jika sudah parah biasanya lalu terjadi komplikasi berbagai organ tubuh, sehingga tubuh sangat sensitif kemasukan makanan atau obat apapun.

      Solusinya pesan buku untuk perawatan + minum air mentah yang higienis dan pesan morinda untuk mengobatinya. Tak perlu khawatir. Insya Allah masih sangat bisa diobati.

      Salam,

      Hapus
  19. Assalamualaikum,mbak anak ku baru umur 4 suka mengeluh sakit perut malam gak bisa tidur guling guling di kasur dan kaya gelisah,itu gejala penyakit maag bukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. FaiQ Al Ghifari

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika ngeluhnya sakit perut sering terulang, bisa jadi gejala sakit maag. Namun jika hanya sekali, kemungkinan itu ada kuman yang terdapat dalam makanan sebelumnya.

      Tapi perlu diwaspadai, karena sekarang ini banyak anak-anak yang sudah terserang sakit maag, bahkan gerd.

      Salam,

      Hapus
  20. Dok ...saya sebulan ini sakit awalnya batuk dan setelah periksa ternyata saya sakit batuk alergi dan asam lambung ...dan kenapa sering kumat perut panas bahkan tulang belakang ikut nyeri dan terasa panas ? Dan saya sering merasa lemas saat udara terasa dingin dan batuk sudah sedikit reda Apa bahaya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lutfi ana

      Mbak Lutfi, maaf ibu tu bukan dokter lho...Ibu hanya mantan penderita maag yang lamanya 18 tahun dan mengamati sakit yang ibu derita dengan seksama, itu saja.

      Asam lambung yang berada diluar lambung memang menimbulkan rasa nyeri atau panas didaerah yang dilewatinya. Ya ini sangat bahaya kalau menjadi parah, karena semua organ yang dilewatinya pasti akan menurun fungsinya, dan sangat sulit diobati karena seluruh tubuh menjadi sangat sensitif kemasukan makanan atau obat.

      Untuk antisipasi silahkan pesan buku perawatan di blog ini. Tak ada ditempat lain. Harga 100.000 + Ongkir.

      Salam,

      Hapus
  21. Mbak saya mau nanyak udh 1 bulan lebih saya di diagnosis gerd, udh dikasih obat, obat nya sirup dan kapsul, dokter bilang kalau udh mendingan stop minum obat dan pas waktu itu saya merasa mendingan saat obat sirup habis. Nah 1 minggu kemudian kambuh lagi perut kembung, sendawa, dada terasa gk enak, jantung berdebar², pikiran langsung kemana². Padahal pola makan teratur dah sdh menjauhi pantangan, mungkin saya kurang istirahat karena selama saya sakit saya tetap beraktifitas. Kambuh nya selalu pada malam hari dari jam 6-10 lewat jam 10 langsung mendingan, saya juga pernah mbak gk tau saya lagi mimpi atau tidak tapi pas pagi hari tiba² jantunf berdebar², lemas, gk biasa suara apa mungkin saya ketindihan?? Jadi mbak apa benar gerd buat pikiran kita kemana²?? Dan apa benar obat paling ampuh yaitu dari pikiran kita sendiri??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gus Indra

      Gus. Keluhan Gus itu masuk dalam GERD stadium awal mau ke stadium menengah. Harus lebih hati-hati merawat diri. Hindari makan kekenyangan, makan yang lemak dan berminyak, kalau bisa makan yang direbus-rebus.

      Sebenarnya tidak mutlak obat yang paling ampuh untuk GERD itu adalah pikiran kita sendiri. Bagaimanapun asam lambung yang sudah terlanjur naik-kemana mana perlu dibersihkan dan dampaknya perlu diobati dengan obat, bukan dengan pikiran.

      Namun pikiran yang positif juga merupakan dukungan kesembuhan. Jadi beda-beda fungsi. Sebaiknya tetap berpikir yang positif namun penyakitnya juga tetap memerlukan obat secara pisik.

      Salam,

      Hapus
  22. Assalamualaikum bu ninik,saya di diagnosa terkena penyakit asam lambung dulu awal nya saya di sekolah minum kopi susu dingin terus saya kerasa lapar lalu saya pergi membeli makan setelah makan sayang langsung gemeter sesak nafas sama badan merindin seperti kram lalu saya di bawa ke ugd tapi katanya cuma asam lambung naik,setelah pulang penyakit saya masih sering kambuh sampai sekarang padahal saya sudah pergi periksa ke dokter mana mana tetap tidak sembuh total apa memang penyembuhannya lama,saya juga sudah mencoba obat herbal tapi hasilnya tetap saja kadang saya merasa sesak setelah makan dan badan saya lemas saat bangun tidur pagi hari, mohon solusinya bu terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anisa w

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Anisa. Itu memang serangan asam lambung. Asam lambung yang naik keluar dari lambung. Asam lambung, kalau masih ditempatnya aman-aman saja karena didalam lambung ada lendir mucossa untuk melapisi dinding lambung dari kerasnya asam lambung.

      Nah kalau asam lambung ini sudah keluar dari lambung, ini sebenarnya sangat berbahaya karena bisa melumat apa saja yang dilaluinya, sehingga semua organ yang dilalui bisa iritasi dan fungsinya akan menurun dikemudian hari. Inilah yang dialami oleh para penderita GERD. Beraneka keluhan sehingga rasanya nano-nano. Dan ini masih sangat sulit diatasi oleh pengobatan medias serta herbal tradisional.

      Jika ingin sembuh permanen, silahkan hubungi ibu SMS/WA di nomor 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
  23. Januari saya masuk rumah sakit karena jantung berdebar2 dan lemas, cek ekg jantung saya normal.diobservasi semalam boleh pulang sama dokter, jarak 1 Minggu saya bawa kerja terus eh malah makin drop dan jantung masih berdebar2. Masuk UGD cek ekg lg hasilnya normal, cek darah hasilnya positif tipus. Dirawat 4 hari di RS. Setelah pulang kok malah badan makin g enak. 2 Minggu observasi dirumah saja. Cek ke dokter lg setelah 2 Minggu hasilnya lambung masih luka alias dispepsia. Dikasih obat lambung. Setiap 2 Minggu sekali cek ke dokter karena masih blm fit dan masih lemes. Jarak 1 setengah bulan tinggal kepala masih berat dan cek ke dokter syaraf alhAlhamdulil hilang sakit kepalanya. Saya bawa kerja 2 hari naik motor ditengah jalan pd hari ke 2 badan berasa lemes dan jantung berdebar 2. Saya ditengah jalan tiduran g bisa pulang dan dijemput sama tetangga. Cek lg ke dokter masih sama dispepsia. Saya bawa istirahat 2 Minggu kok masih belum enakan jg malah sampai sekarang masih berasa berat kepala saya mba. Dibawa duduk dirumah atau aktivitas dirumah mah enak aja. Tp kalau dibawa naik motor atau olah raga malah tambah g enak kepala saya sama perut agak enek. Udah 3 bulan seperti ini. Boleh share food combining yg bagus mba. Udh hampir 3 bln g masuk kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sofyan Basuki

      Maaf mas Sofyan, baru bisa balas sekarang. Gerd, atau asam lambung, walaupun gejala yang kita rasakan setengah mati, tapi kalau diperiksa dokter, hasilnya selalu :"Semua organ baik". Memang demikian, jarang sekali gejala asam lambung bisa nampak dalam hasil pemeriksaan medis.

      Menurut saya, itu bukan sekedar dispepsia, namun sudah gejala-gejala dari GERD. Gerd kalau dengan pengobatan medis hanya bisa reda sementara gejalanya, namun begitu obat habis, gejala akan muncul lagi, bahkan lebih parah dari sebelumnya. Karena obat-obatan kimia memang hanya mampu mengatasi gejala dari suatu penyakit bukan menghilangkan akar penyakit.

      Jika ingin sembuh, silahkan pesan buku panduan perawatan maag di blog ini. Harga 100.000 + ongkir, serta pesan Herbal Organik BIO ALPHA di blog ini juga. Untuk konsumsi sebulan harga 1.200.000 + Ongkir.

      Demikian semoga penjelasan ini ada manfaatnya. Kontak WA saya Bu NiniekSS 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus

Back To Top