SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Makan Beras Merah Untuk Mengobati Maag

Bismillahirrahmanirrahiim…

Pembaca Blog Niniek SS yang budiman,

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sudah beberapa lama sebenarnya penulis ingin memposting Makan Beras Merah Untuk Mengobati Maag, namun karena terbatasnya waktu, baru ini sempat merealisasikannya he he…

Apa kabar siang  ini Sahabat ? 
Semoga dari waktu ke waktu Sahabat senantiasa ditambahkan imannya, kesehatannya, kebahagiaannya oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamiin.

Mengapa tidak sejak awal penulis mengemukakan tentang beras merah dalam blog ini ? Padahal penulis juga sudah seringkali waktu kecil dulu makan beras merah ? Karena, beras merah yang asli rasanya sungguh tidak enak, dan kaku ketika dikunyah, seperti kita makan bulgur saja.

Baru setelah penulis membaca bukunya dr.Hiromi Sinya : “The Miracle Of Enzyme” penulis benar-benar mempelajari apa-apa yang bisa membuat orang sehat, terutama untuk kesehatan lambung dan usus.

Dalam salah satu wawancara Supreme Master TV, dengan dr.Hiromi Sinya bersama dengan dua tokoh besar kesehatan lainnya, yaitu Dr. Wang Hui-Ming dari Formusa Taiwan ( Beliau seorang ahli laparascopic, dan ahli bedah colorectal ) dan Dr.Michael Greger seorang dokter, penulis dan pembicara tentang kesehatan masyarakat yang sangat terkenal, yang sekarang ini menjabat sebagai Pimpinan di Kesehatan Masyarakat dan Peternakan bagi Perhimpunan Manusiawi di Amerika Serikat , dr Hiromi Sinya mengatakan : Jadi jika Anda makan banyak beras merah atau roti gandum, apa pun makanan yang tidak dihaluskan maka usus pun dapat menjadi lebih lembut. 

Seperti dikatakannya bahwa sebenarnya seperti pengerasan arteri, proses pengapuran, aterosklerosis, sangatlah sulit kembali ke keadaan muda. Tetapi otot perut sangatlah kenyal dan kaku. 

Jika mau melakukan pola makan yang tepat, maka dalam satu atau dua tahun, seseorang dapat mengubahnya sampai derajat tertentu. 

Bahkan pada usia 90 tahun, jika seseorang mau mengubah pola makan selama beberapa tahun, perutnya akan berubah menjadi sehat. 

Berdasarkan pernyataan dr.Hiromi Sinya tersebut, yang mana beliau telah berpengalaman menangani berbagai kasus lambung dan pencernaan lebih dari 300.000 orang di Amerika, penulis mulai melirik untuk menganalisa serta riset tentang beras merah.

Sebagaimana info yang penulis peroleh dari sumber yang dapat dipercaya di internet, bahwa kandungan serta manfaat beras merah lebih tinggi dibanding dengan beras putih yang kita makan sehari-hari mengapa ?

Marilah kita pelajari bersama tentang kebaikan-kebaikan beras merah bagi kesehatan secara umum ataupun bagi lambung secara khusus.

Beras putih sudah banyak kehilangan kulit arinya karena digiling pada tempat-tempat penggilingan padi. Sedangkan beras merah masih kaya akan kulit ari karena prosesnya dengan ditumbuk secara manual dengan lesung ( alat menumpuk padi jawa ).

Pada kulit ari beras merah banyak terkandung Vitamin B1 sebagai pencegah penyakit beri-beri, dan sebagai pengurai energi gula. Kecuali itu dalam kulit ari beras merah juga terdapat banyak zat-zat gizi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, serat, minyak alami, dan lemak esensial yang sangat berguna bagi perkembangan otak anak.

Sedangkan minyak alami yang terdapat dalam kulit ari beras merah ini sangat penting dalam membantu proses pengolahan energi dan pencernaan.

Perbandingan kandungan serat dalam 1 mangkuk beras merah dengan beras putih adalah 3,5 gram : kurang dari 1 gram.

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam beras merah 2 hingga 3 kali dibanding vitamin yang ada di dalam beras putih. 

Beras merah mempunyai kandungan Vit B Komplek, sedangkan dalam beras putih tidak ada.

Beras merah juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh para penderita jantung koroner, dimana kolesterol tinggi bisa memicu terjadinya serangan jantung.

Bagi para penderita sakit maag kronis yang kemudian terkena juga GERD, atau naiknya asam lambung keluar dari area lambung, biasanya mengalami gangguan detak jantung. Jantung sering berdebar-debar, detak jantung tidak normal atau sejenisnya sebaiknya beralih dari konsumsi beras putih ke beras merah.

Warna merah gelap keunguan yang ada dalam beras merah mengandung antosianin yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan, antara lain bisa melindungi lambung dari kerusakan, bisa menghambat sel tumor, meningkatkan penglihatan mata, juga bisa melindungi otak dari kerusakan karena kandungan senyawa anti-inflamasinya.

Senyawa anti inflamasi ini dalam beberapa penelitian, ternyata bisa mencegah kegemukan, bisa untuk terapi diabetes militus, mengantisipasi penyakit neurologis, serta dapat mencegah radikal bebas di dalam tubuh.

Hasil dari beberapa penelitian modern atas kandungan zat utama di dalam beras merah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain :  

 1. Serat : 
  • Fungsi serat, mencegah penyerapan gula dalam karbohidrat juga mencegah  penyerapan lemak dalam makanan,
  • Serat juga membantu mengatasi gangguan pencernaan,
  • Serat mengatasi perut kembung,
  • Serat mengatasi sembelit,
  • Serat juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 
 2. Tiamin :
  • mencegah penyakit beri-beri,
  • dapat mencegah terganggunya system syaraf dan jantung,
  • mencegah sakit pinggang,
  • mencegah rheumatik atau kesemutan,
  • bisa untuk meningkatkan stamina,
  • memperkuat tubuh,
  • dan mengatasi cepat lelah.
 3. Selenium : 
  • berfungsi untuk mencegah penyakit kanker,
  • mencegah diabetes militus,
  • mencegah dan mengatasi hipertensi,
  • mencegah dan mengatasi asma,
  • mencegah penykit liver dan lain-lain.   
 4. Vitamin E dan mineral-mineral essential :
  • berfungsi untuk membantu meremajakan kulit,
  • membuat kulit menjadi lebih halus,
  • mengatasi alergi,
  • pembangkit gairah seksual,
  • dan membantu meningkatkan jumlah sperma. 
5. Asam folat :
  • bermanfaat bagi para ibu hamil untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin,
  • mampu mengurangi resiko cacat bayi pada saat lahir/premature,
  • membantu melancarkan aliran darah pada otak bayi ketika pada masa menyusui, sehingga membantu meningkatkan kecerdasan anak.
6. Dan zat angiotensin II.
  • berfungsi untuk mengatasi penyumbatan arteri dan tekanan darah tinggi.
Para penderita sakit maag dan GERD sering menderita kekurangan gizi bukan karena tidak mampu membeli makanan yang bergizi tinggi, namun karena terbatasnya makanan yang bisa diterima oleh lambung.

Mengingat betapa besar khasiat serta manfaat beras merah, penulis pikir, alangkah baiknya jika penderita maag kronis maupun yang pernah terkena gerd segera mengkonsumsi beras merah, karena beras merah kandungannya bisa mengobati lambung atau maag.

Tulisan yang penulis cetak dengan huruf coklat tua di atas adalah kandungan serta manfaat beras merah bagi lambung atau maag.

Meskipun penulis sudah sembuh dari maag kronis dan GERD, namun kesehatan penulis tetap saja belum bisa kembali pulih sebagaimana sebelum terkena sakit maag.

Maag penulis, sejak terakhir konsumsi morinda sudah lebih dari 1 tahun, memang Alhamdulillah belum pernah kambuh. Penulis juga Alhamdulillah sudah bisa konsumsi menu apa saja tanpa masalah pada lambung.

Namun kesehatan penulis sepertinya di usia yang baru 59 tahun ini sudah mulai mengalami penurunan

Ketika bangun pada dini hari untuk melakukan sholat malam, sudah tidak bisa sesegar sewaktu belum terkena sakit maag.

Sekarang juga mudah lelah, dan gampang mengantuk. He he apa memang orang kalau sudah berusia lebih dari setengah abad itu memang penurunan fungsi organ ? Dan yang dialami mengakibatkan tubuh tak bisa fit lagi ? Atau karena kondisi ini merupakan akibat dimana penulis pernah keguguran 8 kali ?

Atau juga karena banyaknya obat kimia yang dulu pernah penulis konsumsi dalam jangka bertahun-tahun untuk berupaya sembuh dari sakit maag, sehingga kondisi penulis sekarang ini tidak sesehat sebelum sakit maag ?

Nah baru beberapa waktu ini penulis mencoba memasak beras merah, e karena penasaran dengan info di internet !

Karena pernah merasakan beras merah murni kalau dimasak tanpa campuran berasnya kaku dan rasanya tidak enak, maka penulis mencoba memasaknya dengan cara dicampur dengan beras putih sehari-hari yang biasa penulis masak.

Dengan komposisi 1 : 1, beras merah 1 takar, beras putihnya 1 takar (di press). Airnya 5,5 takar. Dan memasaknya dalam magic com selama kurang lebih 1 jam lebih, hingga nasinya sudah tidak berair lagi, hingga nasi jika dipegang dengan ujung jari sudah tidak lengket.

Walhasil, ternyata dengan cara ini, hasil masakan beras merah yang dicampur dengan beras putih ini ternyata nasinya enak sekali, pulen dan tidak keras walau sampai sore tidak dihangati dalam magic com.

Pokoknya benar-benar menjadi nasi yang ketika dimakan mendatangkan sensasi tersendiri.

Biasanya penulis sarapan pagi adalah jam setengah 7 pagi karena kebiasaan sejak sakit maag dulu, hingga sampai sekarang kebablasan kalau sarapan pagi selalu jam setengah tujuh. Nah nanti pada jam 11 biasanya perut penulis sudah lapar minta diisi. Penulispun biasa makan siang antara jam 11.00 atau jam 11.30.

Itu dulu waktu belum masak dengan beras merah. Tapi aneh ! Setelah masaknya nasi dicampur dengan beras merah, loh kok sampai jam 1 siang benar-benar belum terasa lapar ?

Tadinya belum nyadar bahwa ini adalah akibat menu beras merah. Kecuali itu porsi makan penulis juga menjadi lebih sedikit dibanding makan dengan menu beras putih.

Lalu, energi penulispun rasanya juga bertambah, stamina juga lebih bagus, kecuali itu menjadi tidak mudah lelah. Lambung penulis juga menjadi bertambah nyaman rasanya. Dan yang lebih menggembirakan adalah bisa bangun malam untuk ibadah dengan penuh semangat dan tubuh lebih segar dibanding sebelum konsumsi beras merah.

Silahkan pembaca coba, agar merasakan manfaatnya. 

Meskipun Anda sudah mengkonsumsi nasi beras merah, tetap anda harus mengenal serta memahami tentang liku-liku sakit maag serta cara penanggulangannya. Silahkan pelajari dan PESAN DI SINI, agar anda lekas sembuh.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Salam Sehat Selalu,
Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Obat Alami Sakit Maag

Thanks for reading Makan Beras Merah Untuk Mengobati Maag. Please share...!

20 comments on Makan Beras Merah Untuk Mengobati Maag

  1. Assalamu'alaykum mba Niniek, saya Mutia pembaca blog mba Niniek. Saya alhamdulillah udh hampir setahun konsumsi beras merah (campur beras putih) dg kondisi punya maag kronis juga. Artikelnya sangat membantu mba. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Mutia,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Terima kasih telah mampir di blog ibu. Semoga manfaat. Iya, beras merah sangat bermanfaat untuk membantu nutrisi bagi sakit maag. Tapi masaknya memang harus dicampur dengan beras putih. Karena beras merah meskipun gizinya tinggi, kalau dimasak tanpa campuran jadinya nasi kasar, sehingga justru bisa membuat luka lambung tak sembuh-sembuh karena terkena kasarnya.

      Semoga lekas sembuh, dan terus berkarya menulis novel ya mbak. Cari topik yang mengangkat kebesaran Allah, maka novel-novel mbak Mutia juga akan dibesarkan oleh Allah.

      Salam hangat,

      Hapus
  2. Untung mampir di blog mba niniek ini, saya sudah 1 tahun lebih gangguan lambung,makanan saya akan diganti dengan beras merah mudah2an menyembuhkan lambung saya.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah telah mampir di blog saya, semoga bermanfaat.

      Meskipun beras merah sangat bergizi. Namun karena teksturnya yang kasar, sebaiknya masaknya dicampur dengan beras putih agar menjadi lunak tanpa kehilangan gizinya.

      Salam,

      Hapus
  3. Saya sdh 1 thn lbh menderita maag dan gerd mudah2an ini bs membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Budinetter,

      Masak beras merah yang paling baik adalah setengah beras merah, yang setengah lagi beras putih. Dimasak yang lembek. Beras merah, walaupun gizinya sangat tinggi, namun teksturnya kasar, sehingga jika dimasak tanpa campuran, maka jika dimakan akan terasa tidak nyaman dalam lambung, jadi sebaiknya dimasaka dengan campuran beras putih.

      Salam,

      Hapus
    2. Bu saya menderita lambung kronis...perut sakit semua kalo berjalan ulu hati terasa tertarik kebawah dan jantung selalu berdebar debar hingga terlihat di dada dan perut juga ada denyut hingga kini g bisa hilang...apa memang g bisa hilang debaran denyut di perut sama di jantung bu misalkan kalo udah sembuh dari maag kronis

      Hapus
    3. Sahabat Dani Saputra,

      Terima kasih untuk kunjungannya di blog. Semua keluhan maag dan gerd, jika memang sudah sembuh ya sembuh ! Seperti saya, ketika sakit dulu blas tak bisa makan pedas, karena begitu makan pedas sedikit lambung akan sakit setengah mati, dan jantung berdebar seperti lonceng.

      Sekarang ? Makan terong sambal penyet, dengan cabe rawit yang besar - besar 3 biji, ya alhamdulillah perut sakit juga enggak, diare juga enggak, jantung juga tenang - tenang aja.

      Semua keluhan gerd bisa muncul ketika belum sembuh, jika kita melanggar pantangan maag atau gerd. Atau melanggar apa - apa penyebab kekambuhan, seperti angkat beban yang berat - berat, lambung terguncang - guncang ketika naik motor pada jalanan yang buruk.

      Maka harus benar - benar memahami tentang maag dan gerd agar tidak kambuh. Pesan buku eyang, sangat bermanfaat untuk mendukung kesembuhan.

      Salam,

      Hapus
  4. Assalamualaikum bu..
    Saya sering sesak nafas dan jantung berdebar serta perut terasa kembung apa kah itu termasuk sakit magh kronis?

    Dan saya mengkonsumsi beras merah tanpa dicampur apakah itu bahaya untuk lambung saya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Esy

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Esy, itu bukan maag kronis lagi, tapi gerd stadium awal. Beras merah memang tinggi gizinya. Namun memasaknya harus dicampur dengan beras putih, karena beras merah kasar teksturnya, jika dimasak tanpa beras putih malah akan menimbulkan sakit pada lambung, atau begah.

      Salam,

      Hapus
  5. Ass.... Mba.. Say udah 5thn srong sesak nafas... Makn pun serba slh....mungkin ini gerd kali ya.... Sya sudah coba brobt ke mna aja ga ada perubahan... Apa beras merah bisa ngobtin gerd sya yg udah lma ini ya....
    Slm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eka Widiyanah

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.
      Beras merah sangat tinggi vitaminnya. Secara langsung beras merah tidak bisa mengobati gerd atau keluhan sesak nafas mbak. Namun dengan kandungan vitaminnya yang tinggi, membantu pemenuhan nutrisi bagi kekebalan tubuh sehingga berdampak pada penyembuhan penyakit apapun.

      Akan tetapi memasak beras merah harus dicampur dengan beras putih karena tekstur beras merah kasar meskipun tinggi vitaminnya, sehingga jika tidak dicampur dengan beras putih akan terasa perih dilambung. Perbandingan beras merah dengan beras putih 1 : 1

      Salam,

      Hapus
  6. awalnya saya mual2 biasa,gkda keluhan sakit perut,dll. lama2 setelah minum obat dokter malah jadi perih lambung dan sampe sesak nafas di dada san ulu hati sakit.saya udah 2bln lebh sakit,udah ke dokter mana aja.ke dokter yg ke 3x udah membaikan cuman hrs tebus obat lagi sampe sembuh kata dokternya,tetapi apotik gk mau berikan disuruh minta resep lagi ke dokternya.saya jadi takut,jadi abisin obat yg ada aja.kadang2 udah bnr2 rasa sehat bgt eh malah tiba2 ngedrop lagi,entahlah kok salah2 mulu yg di makan.

    Tolong bantuannya bagaimana ya supaya bisa cepat sembuh?saaat ini sudah ke 5 dokternya,tp malam2 asam lambung naik trs pdhl udah minum obat dan td makan sudah kenyang,perut ttp terasa panas dan saya makanin lagi malah asam lambung naik.

    kata dokter yg skrng saya panas dan perih perut walau di makanin ttp perih efek obat di dokter ke 4 itu.memang pas sblm minum obat maagh gk kenapa2,pas minum malah perih bgt.

    Jadi skrng bingung bagaiamana siasatnya supaya sembuh,saya susah berusaha makan terus tetapi tetap saja gagal lagi supaya gk muncul tuh asam lambung.apakah jgn sampe perut mulai panas dan perih baru di makanin?,perut saya seolah olah minta makan terus padahal di mulut saya perasaan udah kenyang banget.

    tolong bantuannya
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurul Awwaliyah Rahmah

      Sakit maag/asam lambung (GERD) memang pengembangannya seperti itu. Awal gak apa-apa, tahu-tahu keluhan lain banyak bermunculan.

      Saran saya segera saja diobati. Ala saya solusinya : Pesan buyku untuk panduan perawatan harga 100.000 + Ongkir. Minum air mentah yang higienis, cara minum baca di blog ini. Lalu pesan BIO Alpha untuk 1 bulan. Harga 1.200.000 + Ongkir. Pengobatan dipandu hingga sembuh.

      Jika minat, hubungi saya via WA/SMS di nomor 085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  7. Selamat malam Bu Niniek...sehabis sembuh dari tipus,saya saat ini punya sakit maag yaitu asam lambung tinggi...yg saya mau tanyakan..boleh tidak saya konsumsi Oatmeal..ato herbalife shake ato makanan apa saja yh mengandung serat tinggi..krn semenjak saya sakit maag..lambung saya tidak nyaman dengan makanan yang mengandung serat tinggi..perut saya muter2 rasanya bu..maka saya hanya bisa makan nasi putih...walhasil berat badan saya naik lebih dari 10 kg..( padahal sebelum sakit maag saya suka sekali dgn beras hitam n beras merah..tiap malam saya makan oatmeal saja..ato herbalife shake) mohon pencerahannya bu..bagaimana diet yang harus saya lakukan saat ini..trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walter Adji

      Mas Adji, maaf ya baru bisa balas karena padatnya pekerjaan. Maaf, herbalife shake fungsinya adalah untuk diet melangsingkan tubuh. Banyak para penderita maag yang tak cocok minum herbalife.

      Minum saja BIO ALPHA, untuk mengatasi segala keluhan mas Adji. Bisa pesan ke ibu, hubungi di WA/SMS di nomor 0877.3259.8747/085.228.401.939 jangan telp karena saya sering tak bisa angkat.

      Untuk sementara hindari lemak, segala gorengan, makanan yang pedas-pedas, asam, kasar,susu,hindari makanan yang merangsang seperti tape, buah nanas,buah nangka.

      Habis makan jangan langsung tidur. Jarak antara makan dan tidur minimal 2 jam, jika tak dapat nahan kantuk, tidur dengan sandaran bantal tinggi.

      Salam,

      Hapus
  8. Selamat sore ibu.
    Maaf ibu apakah penderita batu empedu boleh konsumsi beras merah dan apakah boleh minum obat dokter setelah konsumsi nasi merah.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Selamat pagi. Beras merah boleh dikonsumsi untuk kesehatan. Jadi boleh juga untuk penderita batu empedu. Tapi untuk penderita maag, beras merah harus dimasak dicampur dengan beras putis dengan perbandingan 1 : 1. Sebab kalau hanya beras merah saja, dimasak nasinya keras, meskipun gizinya sangat tinggi. Jarak makan beras merah dengan obat bebas. Karena tak ada kontra indikasi dengan obat.

      Salam,

      Hapus
  9. mba saya sdh 2 bln saki asam lambung gerd.slma 1 bln ini aq cm mkn bubur tambah lauk rasanya badan tiap hari lemes.apa blh mkn bubur nestle beras metah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Untuk kesembuhan, silahkan pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis yang saya tulis, harga 100.000 + ongkir. WA/SMS di nomor 085.228.401.939/0877.3259.8747

      Daripada nestle bubur beras merah lebih baik pesan tepung kerut makanan spesial untuk lambung. Harga hanya 25.000/kg + ongkir.

      Salam,

      Hapus

Back To Top