SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Cara Cepat Sembuh Sakit Maag

Bismillahirahmanirrahiim,

Sahabat NiniekSS yang budiman, Sakit maag terutama yang sudah kronis, memang memerlukan energi ekstra dalam pengobatannya. Baik ekstra waktu, pikiran,tenaga dan biaya. Yang semuanya sangat menguras energy. 

Maka kali ini penulis ingin share Cara Cepat Sembuh Sakit Maag, mudah-mudahan bisa membantu anda semua, Yaa ? Mohon doanya juga dari anda semua agar penulis tetap diberi kesehatan oleh Allah SWT, sehingga selalu bisa berbagi tentang apa saja yang berkaitan dengan sakit maag di sini. Terima kasih.

Jika ingin cepat sembuh dari sakit maag, kita harus mengetahui berbagai hal tentang sakit maag. Apa sih sebenarnya sakit maag itu ?

Pengertian Umum Sakit Maag :

Sakit maag adalah keluhan tidak nyaman pada daerah seputar lambung atau perut, dibagian ulu hati, sakit terkadang seperti ditusuk-tusuk, terkadang perut panas, serta disertai rasa pening dan mual.

Penyebab Sakit Maag :

1. Bakteri Helicobacter pylori yang berlebihan pada lambung. Hal ini karena kondisi kesehatan yang buruk akibat perilaku hidup yang tidak sehat, tidak pembersih, makanan tidak hygenis, lingkungan yang tidak sehat dan lain sebagainya.
 
2. Berlebihan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat pedas, asam, merangsang, mengandung kimia, bersifat keras dan sulit dicerna serta alcohol.
  • Pedas karena terlalu banyak bumbu cabenya.
  • Asam karena banyak bumbu asamnya seperti rujak ( pedas dan asam ).
  • Merangsang seperti minuman alkohol, atau snack-snack yang dijual di supermarket-supermarket ada yang berlebihan cabe, lada dan jahenya.
  • Mengandung kimia pengawet, pelembut, dan perasa dalam makanan-makanan atau minuman kaleng, yang cepat atau lambat zat kimianya dapat mengikis mukosa lambung dan berbahaya secara umum bagi kesehatan.
  • Makanan-makanan keras seperti kripik yang digoreng dan dikemas, terkadang banyak yang sangat keras.
  • Makanan yang sulit dicerna seperti asinan, sayur kangkung, kubis, kacang-kacangan.
  • Minuman beralkohol, minuman keras yang dilarang oleh agama Islam sangat buruk dampaknya bagi kesehatan tubuh. 
3. Sering telat makan
  • Lambung mempunyai ritme menggiling makanan pada setiap 3 atau 4 jam sekali. Jika pada saat dimana seharusnya lambung menggiling makanan, namun lambung kosong tidak ada isinya karena kita pada saatnya makan namun tidak makan, maka lambung akan bergesekan antara dinding lambung. Tentu saja ini akan mengakibatkan terkikisnya mukosa lambung sehingga mengakibatkan terjadinya iritasi pada dinding lambung.
4. Kurang Olah Raga.
  • Agar kita selalu sehat memang sebaiknya kita berolah raga secara rutin. Dan olah raga yang kita kerjakan sebaiknya olah raga yang cocok dengan kondisi dan kesehatan kita. Sebelum kita memilih olah raga, sebaiknya konsultasikan dulu dengan orang yang mengerti perihal Olah Raga.
  • Olah raga bermanfaat untuk merangsang otot dan syaraf dalam tubuh agar system metabolism serta peredaran darah berjalan dengan lancar. Jika seseorang kurang berolah raga tentu dapat mengganggu kesehatan tubuh, termasuk kinerja organ lambung.
5. Pikiran Sering Stress atau Tertekan.
  • Pikiran yang sering stress atau tertekan langsung maupun tidak, bisa memicu terbentuknya kadar keasaman lambung menjadi tinggi, oleh karena itu usahakan agar kita tidak sering stress. Sebaliknya, hati yang selalu bahagia, pikiran yang tenang, menurut penuturan dan penelitian serta pembuktian Dr.Hiromi Sinya ahli usus terkemuka di dunia dari Jepang, akan membentuk banyak enzyme yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu usahakan bagaimana caranya kita menciptakan kebahagiaan, dengan mengerjakan pekerjaan yang kita senangi. Berpikir positif dan selalu optimis dalam memandang kehidupan.
6. Terlalu terforsir oleh pekerjaan.
  • Seseorang yang terlalu terforceer dalam bekerja juga bisa mengakibatkan drop kesehatannya dan bisa menyerang lambung. Oleh karena itu kita sebaiknya bekerja dengan mengukur kesehatan kita dan mengukur kondisi fisik kita.
GEJALA SAKIT MAAG

Sakit maag, biasanya didahului demam ringan, mual, tak ada nafsu makan, kepala pusing atau pening, dan tidak enak badan. 

KELUHAN SAKIT MAAG

Sakit maag, kecuali gejala tersebut diatas seperti demam, mual, tak ada nafsu makan, kepala pusing, dan tidak enak badan, biasanya berlanjut dengan keluhan muntah, keringat dingin, badan gemetar, lemas, dada berdebar-debar, punggung dan pinggang sakit, uluhati sakit dan perih, sebelum makan sakit sesudah makan juga sakit, perasaan tidak karuan, sembelit, BAB tidak lancar, jika sudah kronis BAB bercampur dengan darah segar, demikian juga muntahnya juga seringkali bercampur dengan darah segar.

PANTANGAN MAKANAN/MINUMAN :

Nasi usahakan yang lembek. Jangan makan nasi keras. Hindari makanan pedas, asam, berlemak, berminyak ( goreng-gorengan ).
  • Hindari makanan yang bertekstur kasar seperti Buah salak, buah apel, rambutan, sayuran sawi, kulit melinjo, kubis, kangkung, bayam potong, kacang panjang, sayur nangka, sayur kluwih.
  • Hindari minuman yang merangsang seperti minuman keras, minuman beralkohol seperti air tape, air nanas, air buah durian.
  • Hindari semua yang mengandung kimia, snack-snack tertentu yang berpengawet, makanan maupun minuman kaleng, hindari buah yang terkena semprotan pestisida. Hindari segala macam saus, karena kecuali pedas, asam juga berkimia sangat rawan bagi lambung yang sedang bermasalah.
  • Hindari makanan yang pedas-pedas, asam, kasar dan liat sulit dicerna. Rujak, sambal, asinan.
  • Hindari makanan dan minuman yang dingin dari kulkas.
  • Hindari makanan yang sulit dicerna. Seperti makanan dari beras ketan, uli, siomay, bakso, sosis.
  • Hindari stress. Biasakanlah berpikir positif agar banyak terbangun enzyme yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, hindari segala hal yang membuat pikiran menjadi sedih, hilang harapan dan pesimis. Kerjakan hobby ringan yang bermanfaat dan bisa mendatangkan rasa gembira.
HAL-HAL YANG HARUS DIINGAT
  • Jangan dipaksakan dalam melakukan aktifitas apapun.
  • Harus banyak istirahat.
  • Disiplin dalam berpantang.
  • Berpikir positif selalu.
  • Disiplin dalam melakukan anjuran.
  • Disiplin minum obat/herbal.
  • Sabar dalam menerima sakit.
  • Jangan selalu mengeluh tapi harus selalu mensyukuri nikmat apapun.
  • Hindari bekerja berat atau angkat junjung berat.
KIAT SEMBUH SAKIT MAAG 
HAL YANG UTAMA

Pada galibnya menurut penulis, sakit adalah peringatan dari Allah agar kita lebih mendekatkan diri kembali kepadaNya. Kalau kita tidak melakukan sesuatu yang menyimpang dari sunatullah, insya Allah kita tidak akan pernah tertimpa sakit. 

Sebenarnya nasehat Rasulullah SAW sangatlah bagus. Makanlah ketika lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. Perut lapar adalah suatu isyarat bahwa lambung sudah kosong maka segeralah makan. Jika kita tidak makan, maka tentu akan terjadi pergeseran dalam metabolisme system tubuh. Akibatnya lambung kita bisa bermasalah.

Berhentilah sebelum kenyang. Nah jika kita sudah kenyang tapi mulut masih terus mengunyah, maka kerja lambung menjadi sangat berat. Tentu saja akan menjadikan sesuatu yang mengganggu kinerja lambung.

Sunatullah berpuasa Senin Kamis sangat bagus untuk kesehatan lambung, dan juga kesehatan lahir batin secara menyeluruh karena memberi kesempatan lambung untuk beristirahat sejenak dari tugasnya.

Segala hal yang sifatnya berlebihan tidaklah bagus. Termasuk bekerja. Bekerja berlebihan sehingga tubuh kurang beristirahat akan menyebabkan energy tubuh bisa terkuras habis dan bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Bekerja membabi buta juga akan mengurangi fokus kita dalam beribadah. Karena hati dan pikiran hanya bertumpu pada pekerjaan yang tak ada selesai-selesainya sehingga seolah-olah begitu berharganya waktu tersita untuk beribadah. Nah inilah hal yang sering terbalik-balik dalam kehidupan kita. Allah yang seharusnya menjadi yang paling utama dalam kehidupan kita, malah untuk menghadapNya hanya mencari sisa waktu yang terluang dari pekerjaan dunia kita.

Memburu dunia hanya membuat kita lelah lahir batin. Sehingga apa yang kita dapatkan sering bertentangan dengan apa yang kita cita-citakan. Lalu hanya stress dan ketegangan pikiran yang menghantui kehidupan kita dalam keseharian. Juga untuk berkompetisi dengan pesaing usaha, seringkali kita lalu mudah marah, emosional kepada siapapun yang ada dihadapan kita.

Terlalu fokus pada pekerjaan juga seringkali menyebabkan kita lupa makan, lupa istirahat, lupa ibadah. Mohon anda renungkan. Hal-hal seperti inilah yang seringkali memicu lambung kita menjadi bermasalah tanpa kita sadari.

Oleh karena itu, silahkan interospeksilah. Apa kekurangan anda selama ini, apa penyimpangan-penyimpangan yang anda lakukan dari sunatullah, setelah itu, memohonlah ampun dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT Yang Maha Mengampuni. Pintu taubatnya senantiasa terbuka hingga ajal kita menjelang.

Demikian Cara Cepat Sembuh Sakit Maag, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Amiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Penuh Harapan
Niniek SS
Labels: Kiat-Kiat Sembuh, Pengetahuan, Penyebab, Renungan

Thanks for reading Cara Cepat Sembuh Sakit Maag. Please share...!

4 comments on Cara Cepat Sembuh Sakit Maag

  1. ia gan makasih nasehat sama tipsnya, memang sih ane kalo udah kerja sering kelupaan buat teratr makannya, ya sekarang malah malah sakit maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Aziz

      Maaf kelewat ngebacanya. Sorry ya ? Sering-sering aja mampir di blog ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat .
    Insyaalloh......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown,

      Terima kasih mbak atas kunjungannya di blog. Dan atas apresiasinya, semoga blog ini bisa bertahan lama dan selalu manfaat. Aamiin. Insya Allah.

      Salam,

      Hapus

Back To Top