SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Tahu Tempe Untuk Orang Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim,

Sahabat Niniek SS yang sedang menerima kasih sayang Allah dengan diberi ujian sakit maag, gerd dan mungkin juga anxiety, BERSABARLAH. 

Pagi ini insya Allah penulis ingin berbagi tentang sebaiknya memilih tahu atau tempe ya untuk orang sakit maag ?

Tahu dan Tempe adalah makanan harian orang Indonesia sejak jaman dahulu kala. Rasanya sehari saja tidak ketemu salah satu dari keduanya seperti ada yang kurang. 

Tahu dan Tempe sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Yang pembuatannya diajarkan secara turun temurun, dari orang tua kepada generasi berikutnya.

Entah mulai kapan dikenal tahu dan tempe, makanan berbahan dasar kedelai tersebut. Saking populernya tahu dan tempe dari Indonesia, sehingga sejak beberapa tahun silam, beberapa mancanegara mengadopsi cara mengolah tempe dari Indonesia.

Kita patut berbangga bukan, bahwa ternyata dari Indonesia selalu saja ada sesuatu yang membuat orang-orang mancanegara berdecak kagum. Entah itu makanan-makanan uniknya. Entah tehnologi anak bangsa seperti pesawat ciptaan pak Bj.Habibi design sayap pesawatnya sangat unik, yang tak dimiliki oleh pesawat dimanapun didunia ini.

Banyak sesuatu yang menarik minat orang asing untuk menginjakkan kaki ke Indonesia. Terutama alamnya yang sangat indah, budayanya yang beranega ragam dan orang-orangnya yang ramah murah senyum.

Lagi-lagi…anda tentu tahu bukan, berita yang lagi hangat dewasa ini tentang pencarian kurban dan badan pesawat AirAsia QZ8501.….yang mengerahkan seluruh kekuatan negara hingga bantuan asing ? 

Ditengah-tengah perjuangan basarnas melakukan tugasnya masih saja ada sesuatu ke”luarbiasaan” dari Indonesia yang tertangkap oleh mata dunia.

Lihatlah ketika evakuasi jenasah kurban dari dasar laut. Saudara-saudara kita para relawan mengangkat jenasah yang sudah lama diketemukan, dari dalam heli pembawa jenasah menuju mobil pengangkut jenasah, hanya dengan masker ala kadarnya, sedangkan para relawan dari Amerika waduuh…memakai pakaian anti kuman, putih-putih kayak atronot luar angkasa.

Dilihat sepintas, dari sisi tehnologi dan sain mungkin lebih canggih mereka yang dari Amerika, tapi dilihat dari rasa percaya diri Bangsa Indonesia, jelas lebih unggul dong. Kita berani loss stang mengangkat jenazah, sedang mereka dari Amerika perlu mengenakan baju anti kuman untuk mengangkatnya. Hal ini untuk menghindari terkena kontaminasi. Namun dari segi kesehatan memang lebih baik yang dengan pakaian anti kuman seperti itu.

Pantas saja Bangsa Indonesia merebut kemerdekaan cukup hanya dengan iman dan bambu runcing saja ha ha..

Loh mana bu, ceritanya tentang tahu tempe kok jadi melebar ke perjuangan Basarnas mencari kurban pesawat ? 

He he sabaar…nyantai ajalah…

Kita tahu, orang sakit maag itu selalu kebingungan saat mau makan. Soal nasi saja sudah bikin pusing. Sebab nasinya harus lembek. Nah luu, padahal serumah hobbynya nasi yang tak lembek. Jadinya terpaksa nanak nasinya 2 periode. Yang pertama membuat nasi tim untuk yang sakit maag, dan yang kedua masak nasi biasa untuk keluarga.

Nyayurpun juga demikian. Nyayur khusus untuk yang sakit maag, lalu nyayur untuk seluruh anggota keluarga.

Bagi anggota keluarga baik nasi, sayur maupun lauk pauknya tak masalah, apapun jadi. Seketemunya, apa yang ada. Nah bagaimana dong buat yang sakit maag ? Nasinya sudah ada nih, nasi lembek. Sayurnya apa ya enaknya ? Paling aman ya sayur bayam cabut yang dikombinasi dengan labu siam ( waluh jipang/jawa.penulis ) atau bayam dengan wortel yang berdaging empuk, yang dimasak bumbu BENING.
 
Sayur bening tuh bumbunya sangat mudah kok. Untuk 1/2 ikat bayam cabut hanya butuh beberapa butir bawang merah dan bawang putih. Diiris-iris, tambah sedikit gula pasir dan sedikit garam, salam 1 lembar serta 1 potong lengkuas. 

Bumbu direbus dengan ½ gayung air jika sudah mendidih masukkan labu siam atau wortel tunggu jika sudah masak setengah matang masukkan bayamnya. Sebentar saja lalu angkat, siap deh dihidangkan untuk yang sakit maag.
Nah lauknya apa dong ?

Bosen tiap hari makan nasi lembek sama telor rebus, kolesterolnya sudah cukup tinggi nih, lebih dari 200..wadauw..Mangkanya! variasilah sekarang pakai menu lauk tahu atau tempe. Bagus yang mana ya antara tahu dan tempe untuk sakit maag ?

Nilai gizinya jelas bagus tempe, karena tempe melalui proses fermentasi. Tapi karena tekstur tempe lebih kasar dibanding tahu, maka penulis lebih sering makan tahu daripada tempenya. Terutama karena maag penulis sudah sangat kronis.

Menu yang penulis konsumsi sepanjang sakit maag kronis ketika lagi parah-parahnya adalah sayur bening bayam, lauknya tahu dibuat segala model masakan. Yang semuanya rebus tidak digoreng. 

Tempe sangat jarang walau gizinya lebih bagus daripada tahu, namun jika dimakan, sekalipun ampasnya tidak ditelan, tetap mendatangkan rasa begah/penuh dalam lambung. Dan keluhan begah ini akan makan waktu berjam-jam kadang seharian.

Tahu cukup dibumbu bawang dengan garam, biarkan beberapa saat, kurang lebih ¼ jam lalu dikukus sebentar, siap deh untuk dimakan. 

Bisa juga tahu dihancurkan, dicampur dengan telor ayam kampung bumbuin bawang merah, bawang putih, garam. Lalu dikukus dengan daun pisang. Letakkan secuil daun salam sebagai alas ketika dibungkus agar ada rasa gurihnya.

Telor ayam kampung sebagai campuran memasak tahu memang dimakan lebih kaku daripada telor lehorn, namun lebih aman untuk orang sakit maag daripada telor lehorn yang banyak mengandung kimia.

Lebih-lebih bagi penderita maag yang kadar kolesterolnya sudah diatas 200, jika mengkonsumsi telor lehorn biasanya lambung tidak enak dan kepala juga tiba-tiba pusing. Ini tanda kolesterol makin naik akibat makan telor lehorn. Namun jika yang dikonsumsi adalah telor ayam kampung, maka kolesterol tidak naik.
Tahu juga bisa dimasak bumbu terik yang memakai santan, tapi ketika anda makan, ambil tahunya saja, tak usah memakai santannya. Enaaaak sekali orang sakit maag makan nasi lembek hanya dengan tahu bumbu terik, ahaiii…

Atau satu menu lagi nih, tahu dibumbu kecap. Caranya tahu dipotong kecil-kecil. Siapkan bumbu bawang merah, bawang putih, salam, sepotong lengkuas, garam dapur, gula merah agak banyak, dan kecap. 

Setelah bawang merah dan bawang putih diiris, masukkan tahu dan semua bumbu kedalam wadah, beri air setengah gayung, masak hingga airnya hampir habis. Tahu kecap ini juga enaaak sekali dimakan dengan nasi lembek hangat-hangat.

Bagi anda yang sedang menderita sakit maag usahakan baik makan maupun minum selalu yang hangat, agar tidak mengalami kontraksi lambung. Jangan makan apapun yang dikeluarkan dari dalam kulkas.

Oh ya sebagai info saja, bahwa penulis selama bertahun-tahun tiap hari makan tahu dengan berbagai variasi menu tak merasakan dampaknya pada ginjal. Hanya sekarang seperti pobby melihat tahu, mungkin saking bosannya bertahun-tahun ketemunya menu adalah tahu. 

Namun harus diakui, menu yang menyelamatkan lambung penulis waktu itu adalah masakan dari tahu. Dan ini bukan sesuatu yang berlebih-lebihan. Barangkali ini bisa menjadi penyemangat teman-teman yang setiap harinya bisanya hanya makan dengan tahu. 

Tahu yang putih, bukan tahu kulit ( warnanya coklat kekuningan dan dalam proses pemasakan menjadi tahu dengan digoreng ), karena tahu kulit jika dimakan bersama dengan kulitnya akan meninggalkan rasa sebah dalam lambung.

Untuk menu tempe, sama saja cara masaknya, bisa dibumbu bawang putih saja dengan garam lalu dikukus, dikukus dengan telor dihancurkan dulu, atau dimasak bumbu kecap yang rasanya seperti sate rebus ha ha..

Demikian sekilas tentang tahu dan tempe untuk orang sakit maag. Semoga bermanfaat.

Apapun keluhan yang Anda derita karena sakit maag, pelajari seluk beluk tentang sakit maag DISINI dan pesan segera sebelum kehabisan. Alhamdulillah Buku Panduan ini meskipun sangat sederhana, namun tips-tipsnya telah membantu banyak orang diseluruh Indonesia, sembuh dari sakit maagnya. Bagi Andapun, inshaa Allah....Terima kasih.

Alhamdulillahirrabil’alamiin…

Salam Tetap Semangaaaat !!!
Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Pengetahuan

Thanks for reading Tahu Tempe Untuk Orang Sakit Maag. Please share...!

36 comments on Tahu Tempe Untuk Orang Sakit Maag

  1. Tempe memang terkenal kaya akan gizi, akan tetapi berhati hatilah jangan sampai kebanyakan seperti di link ini : Kenapa makan tempe berbahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samper Fidelity,

      Ini pengalaman saya sendiri ketika dulu belum sembuh maagnya, lebih aman makan tahu daripada makan tempe. Karena, meskipun gizinya tinggi, tempe walau dikunyah selembut apapun, selalu menimbulkan rasa begah pada perut. Apalagi jika tempenya belum jadi, masih mondhol. Belum menjadi tempe, masih kelihatan delenya dalam tempe itu. Wah jika makan tempe yang model beginian, langsung lambung sakit bukan main.

      Salam,

      Hapus
    2. Waduh aku makan tempe juga slalu perih dan panas didalam jdi bingung sendiri,berarti evek tempe yaa?

      Hapus
    3. mudi yono

      Maaf mas Mudi, baru sempat balas. Iya, tempe itu kasar, meskipun dikunyah lembut tetap bikin begah dilambung. Apalagi kalau tempenya tempe goreng. Tempe direbus aja suka bikin begah kok. Makan sama tahu saja mas. Salam.

      Hapus
  2. Iya Bu nur...nasi lembek dg tahu bumbu bawang dan garam..maem kasih kecap..wow....nikmat sekali...sy sampai mbatin..masyaAllah..nunggu saya sakit br bisa makan nikmat seperti ini.... mtrnuwun ya Bu nur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Candra,

      Iya memang benar mbak, Allah tuh selalu melempengkan kelakuan kita yang bengkok dengan teguran-teguran, agar menjadi lurus kembali ke jalanNya. Iya kan ?

      Salam,

      Hapus
  3. Trimakasih info nya bu.. maag sy jg kambuh.. sdh akut juga.. sdh 3 hari.. skg jd browsing2 alternatif makanan utk skit maag..
    Sangat membantu skali..
    Barokalloh..
    ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sobat Alfairuz Safa

      Sama - sama mas. Semoga manfaat. Hati - hati ya kalau sudah sakit maag. Diobati dan dijaga agar tidak kian parah. Sebab jika parah tak bisa beraktifitas. Jadi kacaulah semua urusan.

      Salam,

      Hapus
  4. Bu...mau tanya..apakah ini maag...perut terasasa mudah lapar bu dan kalaou lapar terasa perih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Penderita Maag,

      Orang sakit maag memang mudah lapar, karena nutrisi yang terproses dan terserap tak bisa maksimal. Kalau lapar, berarti lambung sedang kosong. Lambung kosong mengapa terasa perih ? Karena yang digiling tidak ada, maka ketika lambung menggiling, bisa jadi dinsing lambung yang luka bergesekan sehingga terasa perih.

      Salam,

      Hapus
  5. Cemilan apa yang aman buat penderita gred?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Roni Paslah

      Cemilan yang aman untuk sakit maag sebenarnya banyak : agar-agar buat sendiri, bisa merk swallow tapi yang bukan jelly. Membuatnya dengan sedikit gula saja, tanpa paduan apapun lainnya seperti : susu, santan dan lain-lain.

      Kue nagasari tanpa santan yang dibuat sendiri.

      Buah sukun yang dikukus, ubi jalar yang dikukus,bubur tepung kerut, oriflake, dan lain-lain.

      Salam,

      Hapus
    2. Ketika maag kronis saya kambuh yg teramat sangat luar biasa ternyata akibat mengkonsumsi ubi kukus, awalnya saya fikir aman tetapi setelah saya konsultasi dg dokter, Jenis umbi2an untuk penderita Maag sangat tdk disarankan karena mengandung Gas yg sangat tinggi, semoga pengalaman saya ini dpt sedikit membantu

      Hapus
    3. Tlas

      Ubi ada 2 macam. Ubi kayu dan ubi rambat/menjalar. Jika yang dimaksud adalah ubi kayu ( singkong ) memang benar. Ubi kayu/singkong sangat rawan bagi lambung jika dikukus. Bikin begah dan rasa penuh di lambung. Apalagi kalau ketemu singkong yang tua, sudah keluar serat-seratnya, atau pemetikannya sudah lama. Waduuh bisa bikin perut sakit bukan main dan lama redanya, bisa seharian penuh rasa sakitnya.

      Akan tetapi jika ubi kayu/singkong dikonsumsi mentah dengan cara satu potong singkong yang sedang lalu diparut beri sepertiga air dari gelas tanggung, aduk rata lalu diperas airnya dan diminum malah bisa menjadi obat bagi sakit maag.

      Dan untuk ubi rambat yang batang pohonnya tumbuh menjalar ditanah, tak begitu berbahaya bagi lambung, karena empuk jika dikukus. Tapi ingat,pilih yang belum keluar serat-serat pada daging ubinya. Dan makannya jangan banyak-banyak sekedarnya saja untuk obat kepingin he he.

      Salam,

      Hapus
    4. Amit2 klau sukun seharian kembung tak kunjung sembuh

      Hapus
    5. mudi yono

      Sukun boleh, sedikit, satu potong saja, asal sukunnya sudah tua banget, sudah manis kalau dikukus. Jangan digoreng ya mas. Salam.

      Hapus
  6. Sore buk numpang tanya.saya udah bertahun menderita penyakit maag kronis.. Obat yg betul-betul bikin sembuh apa buk..? saya udah capek konsumsi obat-obatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amron Irasi

      Pagi mas Amron. Maaf balasan telat karena berbagai kesibukan yang tak bisa ditinggal. Mungkin sudah lama ditunggu-tunggu ya ? Maaf. Obat yang membuat sakit maag kronis saya tak kambuh lagi adalah minum air mentah dan herbal morinda. Dua hal tersebut adalah paduan dahsyat yang luar biasa bagi kesembuhan maag kronis dan gerd.

      Dan sebagai penunjangnya adalah pesan buku panduan perawatan. Karena secanggih apapun obat yang diminum, jika tak tahu caranya merawat, tetap menghambat laju kesembuhan. Untuk mendapatkan buku dan morinda, silahkan hubungi ibu ( sms saja jangan telp ) ke nomor 085.228.401.939. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
    2. Air mentah apa ghak bahaya klau ada kuman bu?

      Hapus
    3. mudi yono

      Baca tentang terapy minum air mentah di blog ini mas, soalnya kalau dijelaskan disini terlalu panjang. Oke ? Salam.

      Hapus
  7. Salam bu...blog nya sangat bermanfaat sekali...kalau boleh tau untuk ubi jalar yg di rebus serta Panamanian apakah aman bagi penderita gerd & mohon infonya juga knp kalau pas sy lagi makan, rasanya mual & mau muntah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puntha Pratama

      Salam juga mas. Terima kasih untuk apresiasinya, semoga saya tetap diijinkanNya untuk bisa menulis. Aamiin.

      Ubi jalar aman. Penamanian ibu tak tahu. Kalau lagi makan rasanya mual, itu memang bawaan sakit maag, sebab lambung yang mungkin luka ketika kemasukan makanan kan dinding lambung bersentuhan dengan zat makanan atau makanan yang dimakan mungkin ada yang tak cocok mas.

      Salam,

      Hapus
  8. Apakah sakitnya mbak ninik juga menimbulkan gangguan kecemasan / anxiety??
    Klo makan nasi lembek dan tahu kukus cepet lapar lgi.namun nasi goreng bisa menhan lapar namun perut trasa capek dan lemes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Robby

      Wah, apalagi sakit saya dulu begitu parah. Ya iya mas Robby, psikhies saya juga terganggu dong. Pikiran selalu bingung kayak orang mau gila rasanya. Mau apa-apa serba dihantui rasa takut. Tapi alhamdulillah sekarang sudah sembuh, hilang tak berbekas segala keluhan.

      Meskipun enak dilidah, jangan nekad melanggar pantangan jika lambung belum sembuh. Daripada menjadi malapetaka. Kan ?

      Salam,

      Hapus
    2. Aku sama bu bayang2 kematian trus dan pengen obrak abrik sesuatu yang ada didepanku setres luar biasa gara2 maag tak kunjung sembuh ini

      Hapus
    3. mudi yono

      Seberat apapun penderitaan jika mendekat kepada Allah dan selalu mensyukuri setiap nikmatNya, insya Allah tak akan mengalami stress. Salam.

      Hapus
  9. Bu..sy pny pnylt magh.udh lama.skrg sdg kambuh kbhnya dada trsa sakit.apabla masuk mkanan itupn trasa sakit sy sdh cape bgni trs..gmna ya crnya agar sembuh total..sya sedih bgt.trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agung Nurisman Sahid

      Itu bukan lagi maag biasa mas, tapi sudah asam lambung (Gerd) stadium awal. Solusinya pesan buku panduan untuk perawatan maag dan diobati dengan morinda. Pesan di blog ini, atau hubungi saya SMS di nomor 085.228.401.939 (Bu NiniekSS).

      Salam,

      Hapus
  10. Assalamualaikum...
    Mbak sYa sudh lma mndrita sakit magh
    Dlu smpat bbrpa hri gk kambuh sya mengira udh sembuh tp trnyta blm mb smpai skrg. Sering pusinh dan mual ktika mencium aroma* mbak. Klau kambuh psti di ulu hati nyeri kyak diplintir trs dada sesak sma kpla pusing. Bawaanny mau mrah
    Kira* gimana y mbak?
    Trimksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ustadiyah Sholihah

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Sholihah. Ketika kita menderita sakit maag. Jika dalam beberapa hari tidak kambuh, belum berarti maag kita sudah sembuh.

      Jika ada sesak napasnya, meskipun masih ringan, itu sudah gejala asam lambung atau GERD. Sebaiknya jangan disepelekan. Karena kalau GERD sudah parah, maka akan sulit mengobatinya. Kecuali sulit penanganannnya, maka akan makan waktu lama dan biaya yang tak sedikit.

      Mengapa sulit pengobatannya ? Jika sudah parah biasanya seluruih tubuh akan menjadi sangat sensitif sehingga kemasukan makanan maupun obat tubuh akan berreaksi atau kesakitan.

      Salah satu solusinya iyalah, silahkan segera pesan BUKU untuk perawatan maag di blog ini.

      Salam,

      Hapus
  11. Balasan
    1. Pardoyo Spd

      Silahkan dengan senang hati. Hubungi admin blog ini pak. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  12. Salam...ibu kalau saya punya penyakit gerd dan tukak lambung itu ngobatinnya gimana ya? Saya sudah ke dokter. Sudah membaik, namun belum kunjung sembuh. Rasa-rasa sakit dan kecemasan itu masih ada. Apa saya harus ikut akunpuntur atau terapi yang bayar atau terapi gratis umumnya. Bagaimana cara mengatasinya bu. Terima kasih bu Niniek SS...

    BalasHapus
  13. Anonim

    Salam kembali. Memang tukak lambung itu susah2 gampang diobati. Tukak lambung adalah penyakit kambuhan. Jika makanan tak dijaga, juga istirahat kurang mencukupi, serta pikiran stress, maka akan kambuh serta tak sembuh-sembuh.

    Tukak lambung atau Maag Kronis, mengobatinya yang paling tepat adalah dengan BIO ALPHA, nutrisi tinggi dari buah-buahan serta sayuran segar yang bisa membersihkan usus yang kotor dan sekaligus mencukupi nutrisi yang tekor akibat lambung sedang bermasalah.

    Terapy yang gratis ataupun berbayar tak masalah, yang penting kepada ahlinya yang bertanggungjawab.

    Jika berminat kepada pengobatan saya, silahkan SMS/WA nama + Alamat Lengkap + Nomor Hp, ke Nomor 0877.3259.8747.

    Salam,

    BalasHapus
  14. Ass. .Ibu, Awalnya saya periksa ke Dr, dengan keluhan perut agak perih, dan diberi obat,dan disarankan untuk tdk memakan bg penderita asam lambung, dan sy hny makan tahu di masak dan di beri garam sj, mkn dengn porsi kecil, mlh badan sy turun, stlh itu sy periksa ulang lg dengan keluhan yang berbeda perut kembung dan panas, dan diberi obat anti panas, yah Alhamdulillah panas di perut hilang, tetapi stlh hmpr sebulan tidak periksa perut saya kadang agak perih dan tidak enak, apakah penderita asam lambung kl berbaring perutx kembung dan bunyi.. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuyu walid

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu GERD atau asam lambung stadium awal. Penderita asam lambung biasanya dalam lambung banyak gas. Nah ketika gas dalam lambung itu mencari jalan keluar, dan bertemu air dalam lambung, maka akan berbunyi.

      Salam,

      Hapus

Back To Top