SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MAKANAN YANG RAWAN DIMAKAN OLEH ORANG SAKIT MAAG

MAKANAN YANG RAWAN DIMAKAN OLEH ORANG SAKIT MAAG


Banyak orang sakit maag yang tak sembuh sembuh, hanya karena tak tahu makanan-makanan yang tak aman dimakan bagi sakit maag. Meskipun sudah mengkonsumsi herbal yang mahal-mahal, jika tak mengetahui rahasia pantangannya ya akan jauh dari kesembuhan. Ini nih saya sajikan rahasianya disini !


Bismillahirrahmanirrahiim...


Sahabat NiniekSS yang sedang prihatin menghadapi Corona...


Bagi usia muda dan yang tak punya riwayat penyakit boleh tenang-tenang saja menghadapi corona. Tapi bagi seseorang yang sedang menderita sakit tak sembuh-sembuh, apalagi usia sudah diatas 50 tahun tetap was-was dan cemas.

Bagi Sahabat Sakit Maag, tak usah terlalu khawatir memikirkan corona. Yang penting selalu menjaga agar maag tak kambuh, menjaga kebersihan, makan yang aman, dan berjemur pagi antara jam 8 hingga jam 9.


Rahasia Makanan Yang Aman Bagi Sakit Maag

Orang tahunya, makanan pantang sakit maag hanyalah yang pedas, asam dan berminyak. Padahal tak sesederhana itu yaa ? Banyak sekali makanan yang jika dikonsumsi menjadikan lambung sakit dan seluruh badan tak karuan rasanya.


*Nasi*

Nasi yang aman bagi sakit maag adalah nasi putih yang dimasak lembek, hampir menyerupai bubur. Nasi keras, merupakan nasi yang sangat rawan bagi sakit maag, apalagi nasi orang kenduri. Jangan sekali-sekali dimakan ya kawan, perut bisa sakit berhari-hari.

Bagi yang maagnya parah, hindari dulu makan nasi, sebaiknya makan bubur dulu. Seberapa lembeknya bubur, tergantung dari seberapa lambung bisa menerimanya. Bubur juga sebaiknya yang tak bersantan, karena akan menyebabkan melilit di perut.

Nasi merah, meskipun sangat tinggi gizinya, tapi karena teksturnya kasar, tak aman bagi sakit maag. Jika ingin makan nasi merah, baiknya dicampur dengan beras putih yang masih baru bukan beras lama. Dengan komposisi beras putih 2/3 bagian : beras merahnya 1/3 bagian. Tetap dimasak yang lembek.

Nasi goreng, sama sekali tak aman bagi sakit maag, karena nasinya biasanya keras, mengandung minyak, dan bumbunya termasuk keras di
lambung, ada cabenya, ada tomatnya, dan bumbu-bumbu lainnya yang tak aman bagi lambung yang sedang bermasalah.


*Sayur*

Sayuran yang aman itu hanya : kentang, wortel yang dagingnya empuk, daun bayam, labu siam, labu kuning, sawi sendok, terong yang muda yang daging buahnya masih empuk, selainnya sering bermasalah di lambung jika dimakan. Rawan ! Dan itupun yang aman hanya dibuat sayur bening atau sop. Jika dimasak sayur lodeh yang pedas dan bersantan, lambung bisa kambuh.

Sayuran yang rawan bagi sakit maag antara lain : sayur nangka, sayur kangkung, sayur genjer, sayur kacang panjang, sayur kacang tanah, sayur taoge, caysim. Ketika dimakan biasanya perut langsung sakit. 


*Lauk*

Lauk yang rawan sangat banyak, terutama yang keras dan berminyak serta pedas. Misal : ayam goreng kentucky, ayam goreng, dan segala macam keripik, daging dan ayam rendang (meskipun empuk tapi tidak aman santannya kental dan bumbunya sangat merangsang), Bakso karena mengandung borax, mie ayam karena sulit dicerna terutama mie instan karena bumbunya sangat tajam di lambung. Empek2, siomay, itu juga sangat rawan bagi orang sakit maag. Enak dilidah tapi bikin kambuh mabuk kepayang.

Banyak penderita maag, yang disebabkan terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Ini terjadi dikalangan pelajar, mahisiswa dan karyawan yang ngekost. Mereka ambil praktisnya saja karena tak ada waktu untuk memasak, atau mencari makan diluar. Dan biasanya langsung kena GERD stadium lanjut, lambung sulit menerima atau kemasukan apa saja. Muntaaah terus, kalau sudah begitu setelah diperiksa secara seksama oleh peralatan medis, ternyata lambungnya bocor. Kalau sudah begitu, harapan untuk sembuh kecil, kebanyakan tinggal menunggu waktu saja.

Maka, saya himbau, bagi kalian yang maniak terhadap mie instan, hati-hati ya ? Sekarang belum kelihatan dampaknya. Tapi beberapa bulan kedepan kalau kalian tak menghentikan kebiasaan makan mie instan ini, kalian akan merasakan dampaknya dan kalian akan sangat menyesal, tapi kalian sudah terlambat, karena maag kalian tentu sudah bermasalah serius. Saya tidak menakut-nakuti, karena banyak sekali dari pasien saya yang mempunyai kasus maagnya parah hanya karena seringnya makan mie instan. Hampir setiap hari. Seperti ketagihan.


*Snack*

Semua snack yang berbentuk keripik, apakah itu keripik singkong, keripik tempe, keripik kentang, dan segala macam keripik sangat rawan bagi sakit maag. Snack basah yang bumbunya mengandung merica juga sebaiknya dihindari, karena merica cukup tajam pada lambung.

Yang aman tuh seperti ubi rambat rebus/kukus (ubi yang pohonnya menjalar), labu kuning tua dikukus, buah sukun tua yang sudah manis dikukus (kalau sukun yang masih muda dan masih keras sangat rawan bagi lambung kalau dimakan bikin begah di lambung).

Bagaimana dengan singkong ? Singkong itu ada yang empuk ada yang keras setelah dikukus. Kalau singkong yang empuk, biasanya ketika mentah kulitnya terkelupas, nah itu kalau dikukus aman dimakan. Itupun makan 1 potong saja, kalau makan kebanyakan akan bikin begah dilambung. Singkong yang tidak empuk sesudah dikukus jangan dimakan, karena perut akan sakit sekali.


*Buah*

Buah yang saya rasa aman bagi lambung adalah : Pisang kapok tua matang pohon yang dikonsumsi tanpa dikukus, sangat bagus untuk obat sakit maag. Buah naga, itu juga aman bagi sakit maag. Alpokat yang sudah tua, juga sangat bagus bagi sakit maag. Pepaya yang sudah masak, ada yang bagus bagi penderita maag yang sering sulit BAB, tapi pada sebagian orang lain ada yang makan pepaya bikin diare.

Buah yang rawan dimakan bagi sakit maag adalah : Buah kedondong karena kerasnya, buah nanas karena merangsang, buah durian karena merangsang, buah salak karena teksturnya yang keras, buah sawo karena manisnya ekstrem, buah jambu air karena teksturnya yang keras.

Buah yang tumbuh melata seperti ketimun, semangka, blewah, melon, itu penyerapannya sangat tinggi terhadap petisida, jika dimakan suka bikin mules di perut. Namun jika penanamannya organik dan cara makannya di juice, aman di lambung.

Bumbu yang aman hanyalah : garam, gula merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun loncang. Segala macam bumbu instan seperti royco, masako, sasa, miwon, dan bumbu-bumbu instan yang sudah jadi untuk macam-macam masakan seperti : gulai, opor, rendang, kare, rawon, yang biasa dikemas dalam kertas tak aman bagi lambung, bikin perut sakit.

Demikian dulu artikel Makanan Yang Rawan Dimakan oleh Orang Sakit Maag, semoga bermanfaat.
Bagi kalian yang ingin sembuh dari sakit maag kronis, silahkan pesan Buku Rahasia Sembuh Maag Kronis, Klik Disini. Harga Rp.100.000,- + Ongkir. Karena dari pengalaman saya membantu kesembuhan ribuan penderita maag dan asam lambung (GERD), meskipun sudah minum herbal yang mahal-mahal tetap akan terhambat kesembuhannya jika mereka tak tahu tentang bagaimana cara merawat sakit maag.

Didalam buku sudah saya kupas tuntas tentang bagaimana cara merawat sakit maag agar cepat sembuh, beserta tips2 yang sangat berharga yang tak diketahui banyak orang.

Untuk herbalnya, saya rekomendasikan Ini, bagi kalian yang ingin cepat sembuh, meningkatkan stamina dan meningkatkan immunitas tubuh..
Alhamdulillahirabbil’alamiin..


Purworejo, 12 April, 2020

Salam Prihatin
NiniekSS.
Labels: MAKANAN AMAN, MAKANAN RAWAN, MAKANAN SEHAT

Thanks for reading MAKANAN YANG RAWAN DIMAKAN OLEH ORANG SAKIT MAAG. Please share...!

0 Komentar untuk "MAKANAN YANG RAWAN DIMAKAN OLEH ORANG SAKIT MAAG"

Back To Top