SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Yang Perlu Diketahui Oleh Penderita Gerd Bagian 1

Bismillahirrahmanirrahiim..

Jika aku masih bisa menulis di blog ini, itu karena RahmatMu semata Ya Allah.

Jika aku masih mempunyai judul-judul artikel di blog ini karena kasihMu semata  Ya Allah.

Jika aku masih tetap mempunyai semangat untuk menulis itu karena aku ingin CintaMu Ya Allah.
Jika aku mampu merangkai kata-kata yang penuh makna disini, itu karena keindahan yang Engkau sampaikan disanubariku Ya Allah.

Jika aku bisa merasakan penderitaan sahabat-sahabatku di blog ini, itu semata karena Bimbingan serta KehendakMu Ya Allah.

Dan semua apapun yang kulakukan dalam blog ini semata karena cintaku kepadaMu dan kepada Rasulullah SAW, yang tertumpah agar sahabat-sahabatku semua merasakan rasa yang kurasakan kepadaMu dan kepada Rasulullah SAW. 

Rasa yang tak bisa digambarkan dengan apapun. Meskipun kulukiskan dengan tinta emas seluas samodera, takkan habis untuk menuliskan keindahan yang kurasakan merasakan Kasih Sayang dan CintaMu, serta Ke AgunganMu Yang Tanpa Batas. Subhanallah.

Tunjukilah aku jalan. Bimbinglah aku selalu melewatinya hingga ke ujung. 
CahayaMu yang selalu menguatkanku takkan pernah kulepas hingga kapanpun. Dunia yang selalu menipuku semoga takkan mengelabuiku lagi dengan kilaunya yang memabukkan.  Sebab kilaunya akan sirna seiring dengan matinya jasadku. Sedangkan CahayaMu akan kekal hingga kapanpun. Hingga jasadku kelak menyatu dengan tanah. 

Curahilah aku dengan CahayaMu Yang Maha Indah Tak Terperi Ya Allah..yang akan membimbingku dan menyelamatkan aku dari setiap kehancuran didunia dan diakherat. Allah..Allah..Allah.

Puji dan syukurku hanya BagiMu..Sekarang, esok,  dan selama-lamanya.

Semoga Sholawat serta salam yang setulus-tulusnya, senantiasa tercurah kepada Junjungan Umat Muslim, Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW, serta keberkahannya melimpah kepada keluarga Beliau yang sangat Beliau sayangi, juga para Sahabat yang sangat Beliau cintai, tak lupa juga bagi kita sekalian yang setia mengikuti Beliau sampai akhir jaman. Aamiin.

Sahabatku pembaca blog Solusi Sakit Maag yang saya sayangi...

Tentu kalian sudah menunggu-nunggu artikel terbaru saya ya ? apalagi yang ingin saya sampaikan disini ? Jika hanya seorang Niniek SS yang hanya seorang ibu rumah tangga biasa, yang tanpa background pendidikan medis, tak mungkinlah bisa menulis yang seperti ini dalam blog ini. Iya kan ? Sekalipun saya mempunyai pengalaman sakit maag dan gerd yang sedemikian parah dan lamanya ?

Tulisan yang sudah lebih dari 350 judul. Dan sebagian besar berkisar seputar sakit maag. Dikiranya tidak puyeng apa untuk menuliskan sebuah judul saja yang relevan untuk sakit maag dan gerd ? Sampai saya sendiri setelah selesai menulis, lalu membaca tulisan saya juga heran. Loh kok aku bisa menulis seperti ini yah ? Walau ada yang komentar :”Bu, jangan tersinggung ya ? Sebenarnya tulisan bu Niniek ini tak ada ilmiah-ilmiahnya, tapi kenapa ya, kok bikin ketagihan saya untuk terus mengikutinya ? Dan banyak benarnya apa yang bu niniek paparkan tentang sakit maag dan gerd ?”...

“Sehari saja ibu tidak menulis, saya tunggu-tunggu lho Bu, kayak nunggu cerpen bersambung saja”. Kilah seorang pembaca setia dari blog ini. Saya bisa menulis seperti ini, semua karena Allah, semua dari Allah, dan semua sejatinya saya tak tahu apa-apa. Itulah yang sebenarnya. Yuk kita mulai bahasannya kali ini. Saya ingin sharekan tentang :

YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PENDERITA GERD

GERD, atau asam lambung yang naik, meluap keluar dari paru-paru, kemanapun mengena, akan menimbulkan masalah baru bagi organ yang dikenainya. Asam lambung itu sifatnya sangat keras. Diibaratkan paku baja saja bisa aus atau terkikis jika terkena oleh asam lambung. Itulah, maka didalam lambung, asam lambung bisa melumatkan apa saja. Mengapa dinding lambung tidak lumat oleh asam lambung, yang tiap harinya berada didalamnya ? Padahal demikian lunaknya dinding lambung ?

Karena dinding lambung dilapisi dengan lendir mukosa, sehingga dinding lambung tidak aus oleh asam lambung itu sendiri. Itulah kebesaran Allah. Demikian telitinya sehingga menciptakan lambung saja dengan lapisan mukosanya.

Lalu, mengapa asam lambung akan bermasalah jika keluar dari area lambung ? 

Ya tentu saja. Karena yang dilapisi oleh mukosa hanyalah dinding lambung. Pada organ-organ lain tak ada lapisan mukosanya, karena hanya lambunglah yang berfungsi untuk menggiling makanan yang dibantu dengan asam lambung. Oleh karena itu bisa dibayangkan akibat yang bisa terjadi dengan organ-organ lain yang terkenai asam lambung yang naik keluar dari lambung.

GERD YANG MENGENAI PARU-PARU.

Jika gerd naik keatas lalu melintasi area paru-paru, maka area paru-paru yang terkena asam lambung ini, kelak kemudian hari bisa jadi fungsinya menjadi terganggu, sehingga gejala yang dirasakan oleh penderita adalah sesak nafas, batuk yang tak sembuh-sembuh, saluran bronchinya juga terganggu.
Apa yang harus dilakukan oleh penderita gerd yang ke paru-paru lalu menjadi sesak nafas atau batuk hingga terpingkal-pingkal dan tak sembuh-sembuh ? 

Untuk itu kita tentu harus menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan timbulnya keluhan pada paru-paru. Antara lain :
  • Sebaiknya tidak mandi ketika udara masih dingin. Jika ingin mandi ya agak siangan misal jam 10.00 an.
  • Jika membutuhkan mandi ketika udara masih dingin (seperti para karyawan dan karyawati yang harus ngantor pagi-pagi), sebaiknya lap-lap saja dengan air hangat.
  • Usahakan makan atau minum dalam keadaan hangat. Jangan makan dan minum yang dingin-dingin. Karena akan memicu sesak nafas atau batuk yang terpingkal-pingkal.
  • Hindari kerja yang memeras energi.
  • Hindari kelelahan fisik dan mental.
  • Hindari angkat beban yang berat-berat.
  • Hindari aroma yang merangsang dan menyengat.
  • Hindari kena menghirup udara yang berdebu.
  • Usahakan rumah atau kamar selalu bersih, karena suasana kotor bisa memicu sesak nafas atau batuk.
  • Hindari makan buah yang bergetah, sebab gerd yang penyebabnya adalah stress karena pikiran, biasanya yang diserang adalah daerah kepala, pusing, kliyengan, migren atau vertgo, namun lambung tak apa-apa, sehingga masih bisa makan apa saja layaknya orang yang tak sakit maag saja. Termasuk masih bebas bisa makan buah apa saja. Namun dalam kasus gerd yang ke paru-paru ini sebaiknya tak mengkonsumsi buah-buahan yang bergetah seperti nangka, duku, pisang. Juga buah-buahan yang bergetah rawan terkena tipes.
  • Jika terjadi sesak nafas, maka kompres bagian paru-paru dengan pelfles, alat kompres air panas dari karet, atau dengan botol yang diisi air panas sedikit saja jangan sampai penuh, tutup rapat botol, dan lapisi dengan handuk kecil atau serbet, agar panas botol tidak langsung mengenai kulit. Jika air sudah tidak panas lagi, ganti dengan air panas yang baru.
  • Untuk melonggarkan sesak nafas, bisa dengan cara begini : Angkat ketiak kiri tinggi-tinggi. Tangan kanan sebelumnya olesi dengan minyak kayu putih, lalu sayap ketiak kiri pijit atau urut dengan tangan kanan pada bagian yang terasa sakit dan kaku uratnya hingga longgar. Lalukan sebaliknya, angkat ketiak kanan tinggi-tinggi, urut sayap ketiak kanan dengan tangan kiri yang sudah diberi minyak kayu putih. Jika sudah urat-urat ketiak kanan dan kiri menjadi longgar dan tidak sakit, maka nafas akan menjadi longgar. Lalu minum teh encer hangat yang agak sedikit panas, boleh dengan diberi sedikit gulaku. Insha Allah akan melonggarkan pernafasan.
GERD YANG MENGENAI AREA JANTUNG

Gerd yang mengenai area jantung, maka keluhan yang dirasakan juga persis seperti orang sakit jantung. Kadang sesak nafas, kadang jantung berdebar-debar, bahkan debarannya keras seperti lonceng, detaknya naik turun jika sedang tiduran terlentang bisa terlihat oleh mata dan bisa terasa jika diraba oleh tangan.

Dan ketika direkam dengan alat perekam jantung, maka itu tak akan terdeteksi sebagai sakit jantung. Meskipun ketika serangan itu datang, dirumah, kita kira serangan jantung, dan rasanya benar-benar seperti sudah mau mati, sehingga membuat panik diri kita dan orang serumah. Dan ketika diperiksa oleh dokter, dokter mengatakan bahwa ini asam lambung bukan sakit jantung. “Jantungnya baik kok”. Itulah problematika yang sering dialami oleh penderita gerd yang menyerang daerah jantung. Lalu apa sebaiknya yang dilakukan agar gerd ini tak kambuh ?

Cara mencegahnya ya dengan cara-cara yang dilakukan oleh para penderita jantung untuk mencegah agar jantungnya tidak kambuh.
Antara lain :
  • Hampir sama dengan penderita gerd paru-paru, hindari mandi dengan air dingin, karena gerd jantung tak tahan dengan udara dingin atau air dingin, atau apapun makanan serta minuman dingin.
  • Mandilah dengan air hangat.
  • Usahakan hindari segala yang berbau dingin, makanan dingin, minuman dingin, cuaca dingin, karena bisa memicu kambuhnya keluhan yang ada di jantung, seperti sesak nafas, jantung berdebar, dada sebelah kiri sakit, tangan kiri keram dan lain-lain.
  • Sebisa mungkin hindari ruangan ber-AC.
  • Hindari makanan jerohan hewan seperti : usus, jantung, hati, paru dan lain-lain, karena makanan jerohan penuh residu dari tubuh hewan.
  • Hindari makanan yang lemak-lemak, minyak-minyak. Karena lemak jenuh akan memperberat kerja jantung dalam memompa darah.
  • Hindari makanan yang keras misal nasi keras, gorengan, bakar-bakaran.
  • Hindari minum susu karena baik pada maag kronis maupun pada gerd bisa menimbulkan kambuh, sebab susu akan mengandung lemak yang sulit dicerna, jika menempel pada vili-vili usus akan mengganggu penyerapan sari makanan.
  • Hindari angkat yang berat-berat, karena akan memicu debaran jantung sangat kencang. Jika terjadi seperti ini kalian akan panik dan bisa menyebabkan gerd kambuh.
  • Hindari hal-hal yang membuat kaget, baik suara maupun berita yang heboh, hal ini bisa menyebabkan gerd kambuh. Jantung berdebar sangat kencang, kalian akan menjadi lemas dan panik.
  • Bangun dari tempat tidur usahakan duduk tenang dulu, tidak serta merta melek mata langsung meninggalkan tempat tidur. Sekali dua kali kebiasaan seperti ini tidak akan terasa dampaknya, namun jika menjadi kebiasaan terus menerus maka yang tadinya tak punya sakit jantung akan menjadi berpenyakit jantung, dan yang punya penyakit jantung tak akan sembuh-sembuh bahkan tanpa disadari makin lama akan menjadi makin parah jantungnya.
  • Jika terjadi jantung sakit, kompres pada bagian jantung yang sakit dengan air panas. Oleh karena itu setiap penderita gerd saya anjurkan sedia alat kompres air panas (itu loh yang dibuat dari karet bentuknya seperti bantal kecil, diujungnya ada lubang untuk mengisi air). Kecuali itu lakukan gerakan tangan mengepal lalu dilepaskan, mengepal lagi lalu dilepaskan lagi hingga 7 kali. Gerakan ini bisa melemaskan otot jantung.
  • Usahakan hati serta pikiran selalu tenang, tidak panik dalam memikirkan sesuatu. Tanamkan dalam diri kalian bahwa segala sesuatu pasti ada solusinya. Segala problem tentu ada pemecahannya. Dan itu PASTI !
GERD YANG MENYERANG USUS

Gerd yang menyerang usus, biasanya keluhan yang dirasakan adalah, ususnya perih dan panas, sakit. Bukan di uluhatinya. Tapi di perut bagian bawah. Dulu saya sering usus rasanya seperti terkena air panas yang tak hilang-hilang.

Gerd yang mengenai bagian usus ini, jika telah parah, maka usus akan menjadi sering keram. Apalagi jika disepanjang usus sudah luka seperti saya dulu, sepanjang hari sakitnya bukan main, luar biasa. Karena tak kuat menahan sakit yang luar biasa, saya sering pingsan. Biasanya kalau sudah siuman dari pingsan, keram usus sudah mereda.

Untuk pencegahan atau menanggulangi kondisi kambuhnya gerd pada usus ada beberapa hal yang hendaknya dilakukan. Antara lain :
  • Jangan mengangkat beban yang berat-berat.
  • Hindari makan dan minum yang dingin-dingin.
  • Hindari stress.
  • Hindari makanan dan minuman yang merangsang.
  • Hindari makanan yang liat seperti : kue dari ketan, kue lemet yang dibuat dari singkong yang diparut diberi gula lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.
  • Hindari makanan berminyak.
  • Hindari makanan berlemak.
  • Hindari susu, keju, coklat.
  • Jika sedang terjadi keram usus jangan makan atau minum apapun, tunggu hingga keramnya reda. Jika untuk makan dan minum, maka sakitnya akan menjadi-jadi.
  • Jika sedang keram usus, jangan melakukan gerakan apapun. Minta tolonglah pada seseorang untuk menyiapkan kompres air panas untuk meredakan keram pada usus. Keram pada usus kecuali sakitnya luar biasa, maka kita tak akan kuat untuk meluruskan badan. Paling enak adalah posisi tidur miring dengan kaki menekuk. Nah dengan posisi beginilah, tempelkan kompresan pada perut lalu usahakan bisa tidur. Dengan kondisi tidur, syaraf usus juga akan menjadi lemas, dan hilang keramnya.
  • Faktor pemicu kambuhnya gerd pada usus, lebih dipicu oleh makanan yang liat-liat. Bukan oleh pikiran. Maka hati-hati ya teman, memperlakukan usus kalian yang sudah terkena gerd. Makan yang halus, yang aman untuk lambung, yang bergizi tinggi namun tidak liat atau merangsang. Makanan atau minuman yang merangsang seperti tape, durian, cola juga bisa menyebabkan keram usus. Demikian juga gerakan angkat beban yang berat-berat.
Demikian apa Yang Perlu Diketahui Oleh Penderita GERD. Agar tidak kepanjangan, sehingga melelahkan kalian membacanya, maka saya potong sekian dulu ya teman. Akan dilanjut pada Artikel Bagian-2 nya silahkan BACA DISINI ! 

Semua solusinya ada pada PANDUAN INI...sedang obat herbalnya yang paling efisien adalah INI atau YANG INI...silahkan dibaca dulu. Jika bingung untuk memutuskan mau pilih yang mana, silahkan konsultasikan kepada Bu Niniek SS, yang sudah menangani ratusan orang sembuh dari maag dan gerd, sembuh atas bimbingan Allah SWT.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 3 Mei 2016.

Salam Sehat Bahagia,
Niniek SS
Labels: GERD, Kiat-Kiat Sembuh, Maag Kronis, MANFAAT FIRMAX3, Morinda Bioactive, Pengetahuan Baru

Thanks for reading Yang Perlu Diketahui Oleh Penderita Gerd Bagian 1. Please share...!

10 comments on Yang Perlu Diketahui Oleh Penderita Gerd Bagian 1

  1. Alhamdulilah setelah baca menjadi lebih tenang, trimakasih atas Blog yg sangat membantu , mdh2n kedepannya kita senantiasa sehat , panjang umur dan selalu dalam Lindungan Allah SWT. Aaaamin.

    BalasHapus
  2. Mas Wedra,

    Alhamdulillah jika blog ini manfaat dan bisa membantu. Amin Ya Rabbal'alamiin. Terima kasih atas doanya, yang selalu ibu nantikan dari para sahabat. Sering-sering aja berkunjung yah ?

    Salam,

    BalasHapus
  3. kalo habis makan 30 s/d 1 jam terasa tidak nyaman didada dan perasaan mual itu gerd juga kah ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prima Tarakan

      Anda bertanya kepada siapa ? Ba, Bi, Bu ?
      Biasakan dalam berkomentar sebutkan Pak atau Bu atau Mas.

      Itulah maag, selalu lambung akan berreaksi ketika kemasukan makanan atau minuman apalagi ketika terjadi proses menggiling.

      Salam,

      Hapus
  4. Assalamualaikum, bu
    Apakah penyakit gerd berbahaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhya Labiro

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Sangat berbahaya mas, karena jika sudah parah bisa mematikan. Gerd atau asam lambung yang naik, bisa mengenai berbagai organ. Seperti jantung, paru-paru, tenggorokan, mata telinga, otak, usus dan lain-lain.

      Jika organ-organ yang terkena itu tidak berfungsi atau terganggu fungsinya, maka akan terjadi komplikasi berbagai organ. Ini yang sangat berbahaya hingga berakibat kematian.

      Oleh karena itu jangan anggap sepele penyakit maag atau asam lambung. Ya ? Atasi segera dengan buku panduan perawatan + minum air mentah yang higienis + obati dengan herbal morinda. Yang semuanya bisa dipesan pada ibu Niniek melalui blog ini. Oke ?

      Salam,

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum bu ninik....
    Kata dokter saya menderita maag. Dan kadang kepala migren. Pusing. Kalo selesai makan perut kiri atas rasanya keram. Sakit. Apakah ini gerd? Solusinya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rini erwin ariyanto

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Apa yang dialami mbak Rini itu insya Allah sudah gejala GERD tapi masih stadium awal. Untuk mencegah agar tidak menjadi semakin parah, silahkan pesan buku + Bio Alpha.

      SMS/WA ke ibu, di nomor 0877.3259.6747/085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  6. Assalammualaikum bu..
    Aku lagi hamil muda, biasa nya aku jarang muntah. Skrng aku mrasakan mual, muntah brsendwa, ulu hati terasa nyesak berat kyak ad yg mnghimpit, ap itu kluhan dr bwaan hamil. Atau kah faktor Gerd y bu? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. chairun nisa

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf baru bisa balas mbak. Karena kemarin-kemarin fokus pada Ramadhan dan lebaran. Insya Allah yang dirasakan lebih kepada gejala GERD tipe menengah. Harus lebih hati-hati merawat diri.

      Untuk perawatan maag, silahkan pesan buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis di blog ini. Harga 100.000 + Ongkir

      Salam,

      Hapus

Back To Top