SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Akibat Jika Melanggar Pantangan Bagian 1

Bismillahirrahmanirrahiim...

Alhamdulillah hanya bagi Allah Yang Maha Segalanya, yang tiada tara bandingannya. Baik Yang DiciptakanNya. KehendakNya. SifatNya. AsmaNya. Ketentuan TakdirNya maupun Hukum-HukumNya. Subhanallah.

Berbahagilah seseorang yang tertakdir menjadi Umat Muhammad Rasulullah SAW. Karena dari Bagindalah kita mengenal jalan untuk mengenalNya, mensyukuri Nikmat-nikmatNya. Mendapat kesempatan penganmpunanNya. Mendapatkan pahala-pahalaNya. Mendapatkan kesempatan memperoleh JannahNya. Dan bertemu dengan WjahNya yang Penuh Kemuliaan Dan Keagungan. Allah Hu Akbar.

Saudara-saudaraku penderita maag dan gerd yang belum sembuh.

Tak perlu kalian mengeluh. Sebab mengeluh hanya akan menambah rasa sakit. Mengeluh hanya akan melemahkan iman. Mengeluh hanya akan menjauhkan kita dari harapan. Tentunya harapan untuk sembuh. Mengeluh hanya akan mendekatkan rasa putus asa, jauh dari Allah, dan yang ditemui adalah jalan buntu.

Ibarat kita berada disuatu ruangan yang terkunci gelap gulita tanpa cahaya. Jika iman masih ada, tentu kita masih bisa merasakan nikmatnya bernafas, dan masih mempunyai harapan atas pertolongan Allah Yang Maha SegalaNya yang pemberianNya tak bisa diduga-duga. Namun jika kita tak punya iman, maka yang ada hanya rasa sumpeg, memaki-maki Tuhan, menganggapnya tidak adil kepada manusia, dan menganggap bahwa apalah gunanya untuk hidup, untuk berdoa dan untuk berikhtiyar lagi, karena semuanya percuma ! Inilah yang dinamakan gelap hati gelap ruhani..

Manusia yang sangat merugi ya yang seperti ini. Menganggap bahwa hidup hanya sebatas yang dipikirkan, yang dimengerti, yang dilihat oleh matanya. Menganggap bahwa semua yang terjadi, termasuk sakit yang sedang dideriotanya ini, adalah akibat kesalahan orang lain. Kesalahan suami. Kesalahan mertua. Kesalahan tetangga. Dan lain-lainnya. Sehingga yang nampak didepan matanya hanya segudang kesalahan orang lain yang menumpuk dihadapannya.

Ia sama sekali tak mempunyai kesempatan untuk melihat kedalam dirinya sendiri karena hatinya sudah tertutup rapat oleh buruk sangka kepada Tuhan, kepada orang lain yang ada disekitarnya. Ia sangat merugi !

Semut diseberang lautan nampak tapi gading dihadapan matanya tiada nampak. Padahal yang butuh perbaikan adalah diri sendiri, karena segala kesakitan, segala penderitaan, segala kesedihan adalah ada dalam diri sendiri. Yang merasakan adalah diri sendiri. Jadi yang harus mengupayakan adalah diri sendiri bukanlah orang lain.  Orang lain juga seperti bu Niniek hanya mampu memberi saran, menunjukkan jalan, namun yang harus menjalani adalah kita sendiri yang mengalami sakit, yang mengalami penderitaan, yang mengalami kesedihan. 

Dan karena, yang tahu diri kita adalah hanya kita sendiri dengan Allah yang menciptakan segala keberadaan kita. Maka jika ingin sukses dan beres segalanya ya carilah dalam diri sendiri dengan mohon bimbingan Allah, karena Allah yang Maha Mengetahui tentang diri kita melebihi pengetahuan kita tentang diri kita sendiri. 

Yang Mengetahui apa saja yang belum terjadi, yang sudah terjadi, dan yang akan terjadi atas kita ya hanya Allah semata. Kenapa kita sering mencari solusi atas permasalahan kita kepada orang lain, kepada tetangga, kepada paranormal yang belum tentu mengerti sepenuhnya atas dirinya sendiri, apalagi diri kita sebagai orang lain ?

Carilah semua solusi atas segala persoalan HANYA KEPADA ALLAH, ditanggung pasti akan beres, akan cocok galicok, dan akan top markotop ! Karena bu Niniek juga telah sering melakukannya he he.

Yuk kembali kepada topik utama yang akan saya bahas : AKIBAT JIKA MELANGGAR PANTANGAN.

Pantangan adalah rambu-rambu yang tak boleh dilanggar. Agar kita tak tersesat jalan atau tak terkena bahaya jika melanggar. Jika ada rambu-rambu dijalan kita langgar, bisa saja kita akan tersesat jalan, atau diujung sana ada bahaya yang bisa mengancam jiwa kita jika melanggar rambu-rambu yang ada.

Lalu bagaimana jika melanggar pantangan untuk sakit maag atau sakit gerd ? Yuk kita urai satu persatu.

AKIBAT JIKA MELANGGAR PANTANGAN untuk sakit maag :

Sakit maag adalah kondisi dimana lambungnya mungkin iritasi, mungkin radang atau mungkin luka karena berbagai macam sebab antara lain : makan yang tak teratur, sering stress atau tertekan perasaannya, atau sering makan-makanan yang terlalu ekstrem pedasnya, kasarnya, asemnya, atau minyaknya..

Tentu kalau lambung lagi luka atau iritasi atau radang, tak boleh doong makan makanan yang menyebabkan kambuh atau tak sembuh-sembuh.

Ini nih makanan yang sering jadi biang keladi maag tak sembuh sembuh : Goreng-gorengan yang makannya dengan cabe rawit. Sayur atau lauk yang pedas dan bersantan. Es apa saja. Rujak apa saja. Makanan –makanan yang terbuat dari ketan. Buah-buahan apa saja kecuali alpokat dan pepaya.

Kalian, meskipun sedang sakit maag, dan sudah tahu kalau melanggar pantangan itu bakalan sakit maagnya, tetap saja kalian langgar. Dalam hati kalian berkata : Alaa..sekali ini saja, tak apa-apa..nti kalau sakit ya minum obat. Mosok tiap hari orang kok bolehnya makan yang rebus-rebusan melulu, lha sampai kapan ?  Biar sajalah ! Bismillah ! Kata kalian sebelum melakukan pelanggaran.

Nah lu ! Ketika sudah dimakan beneran tuh pantangan, giliran ini nih, lambung mulai perih, perut panas dan melilit, diare, pening, mual, badan lemas juga gemetar, jantung berdebar, lalu timbul panik dan ujung-ujungnya sms ke Bu niniek :”Bun, kenapa ya, semua petunjuk yang ada di buku bunda sudah saya ikuti, yang ada di blog juga sudah saya baca semua. Morinda juga sudah saya minum sesuai aturan minum yang bunda berikan, tapi tiba-tiba kok sejak kemarin sore, maag saya seperti kambuh lagi lho bund..uluhati perih, perut panas dan melilit, mual tapi tak bisa muntah, kepala pening, diare berkali-kali, badan lemas dan gemetar, jantung berdebar, saya takut maag saya kambuh lagi bund ( he he padahal sudah kambuh beneran kok takuut ???), padahal sudah 3 bulan ini nyaman banget lambung saya, tak pernah ini dan itu bund”...

Ternyata selidik punya selidik, kemarin itu habis menyantap ayam goreng kentucky oleh-oleh keponakannya, yang ia sangat suka karena gurih sampai kedalem-dalem dan sangat renyah tepungnya. Ia tak tahan melihat ayam kentucky itu ada dihadapannya ha ha ha...berakhirlah petualangannya di ruang ICU sebuah rumah sakit. Makanya...nasehat dari bu Niniek jangan suka disepelekan yaa ? Jika belum sembuh, jangan sekali-sekali melanggar pantangan kalau tak ingin kambuh lagi !

Boleh sih mencoba suatu makanan pantang. Tapi dari sedikit, dikunyah lembut, dan ampasnya jangan ditelan. Paling tidak untuk mengetes, apakah lambung kita sudah kuat belum kemasukan makanan tertentu. Oke ?

Pantangan bukan hanya makanan atau minuman saja, namun juga perilaku.

Kemarin ada mbak Sri di Tangerang, yang juga kambuh maagnya. Padahal berbulan-bulan sudah merasakan nyaman lambungnya. Ketika saya runut kemungkinan penyebabnya ? Makanan tidak. Minuman tidak. Istirahat cukup. Pikiran santai. Lalu apa dong penyebabnya ?

Saya bilang :”Coba dong diingat-ingat apa saja yang dikerjakan dalam seharian kemarin ? Kok bisa menjadi dropp sedemikian rupa hari ini ?” kata saya. “Lha apa ya bund ? perasaan kemarin saya tak melanggar pantangan apapun. Apa yaa kira-kira yang menyebabkan saya dropp banget seperti ini ? keringat dingin muncul lagi. Jantung ni lho bund debarannya seperti lonceng. Semalaman saya tak bisa tidur karena gelisah. Perut begah dan tak nyaman banget. Pokoknya rasanya seperti kalau kambuh bund” kata mbak Sri...

Saya ya nyantai saja menanggapinya. Karena saya sangat yakin bahwa pasti ada yang dilanggarnya. Hanya apa yang dilanggar ? Itu yang belum ketemu ! 
Tiba-tiba mbak Sri bertanya :”Bund apa mungkin to, ngangkat minyak goreng yang tak seberapa keatas motor dan jaraknya paling hanya berapa meter bisa menyebabkan dropp seperti ini ?”. Saya balik bertanya :”Ya bisa jadi, tergantung yang diangkat berapa beratnya ?”

Mbak Sri menjawab :”1 dus itu isi 6 kemasan bund. Trus 1 kemasan itu isinya kurang lebih 2 kg”....berarti 6 x 2 kg ? sama dengan 12 kg ???????....Ya jelas saja langsung dropp, dan pasti lambung luka kembali, apalagi angkat barang seberat 12 kg ? Lha wong sekedar mengangkat kates yang agak berat kira-kira 3 kg saja dulu lambung saya langsung kumat ! lha kok ini angkat seberat 12 kg ? Ya ditanggung pasti kumat lah ! Mbak Sri...Mbak Sri !!!

Nah jadi jangan anggap sepele soal langgar pantangan ya teman. Soalnya kalau sudah kambuh, mundurnya sampe berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Yang tadinya perut sudah nyaman, makan sudah enak, tidur sudah nyenyak, eh karena lengah, tiba-tiba semuanya menjadi berantakan ! Perut jadi melilit dan perih lagi. Sering begah. Mual lagi. Jantung debar-debar lagi. Keringat dingin lagi Ya Allah..

Akibat Jika Melanggar Pantangan bagi yang sakit gerd.

Jika sakit maag, adalah keluhan yang diakibatkan oleh asam lambung didalam lambung.

Maka gerd adalah semua keluhan yang diakibatkan oleh asam lambung yang berada diluar lambung. Gerd jauh lebih rumit perawatannya, lebih sulit dan lebih lama pengobatannya, juga memerlukan biaya yang lebih banyak dibanding sakit maag.

Karena kalau sakit maag hanya memerlukan pengobatan untuk keluhan sekitar lambungnya saja. Namun kalau gerd lain lagi. Tergantung area mana yang terkena oleh asam lambung ?  bisa jadi bagian paru-parunya yang kena. Bisa jadi bagian jantungnya. Bisa jadi bagian tenggorokan atau kerongkongannya yang kena. Bisa jadi bagian otaknya, atau bagian kepalanya. Atau mungkin bagian telinganya yang terkena. Atau bagian matanya yang terkena dampaknya. Bisa jadi bagian ususnya. Yang lalu merembet menjadi ambeien ? Bisa juga berdampak ke bagian pankreas, atau ke hati, atau ke ginjal ?

Coba mari kita hitung berapa organ yang bisa terkena dampak dari sakit gerd ini ? Dan ini semua pernah saya alami. Ibarat tubuh saya ini besi, saya adalah besi rongsok yang hanya laku dijual untuk didaur ulang. 

Jika saya masih bisa hidup berumur lebih panjang, bahkan bisa menghasilkan karya Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis, atau bisa menulis artikel-artikel tentang sakit maag dan gerd di blog ini, SEMATA hanya KARUNIA ALLAH..Yang Maha Berkehendak. Tidak ada lain.

Maka bersyukurlah kalian kepada Allah SWT, jika bisa bertemu dengan blog ini, yang menurut penuturan banyak pembaca, sangat membantu mendukung kesembuhan, dan bisa memberikan motivasi atau memberikan semangat kembali untuk bisa sembuh.

Ternyata banyak diantara pembaca yang telah menjadi putus asa atas sakit maag dan gerdnya yang sulit sekali sembuh. Sudah berbulan bahkan terbilang tahunan juga, meskipun dengan beribu upaya yang telah dijalankan, Allah belum juga memberikan tanda-tanda kesembuhan. Berat badan sudah turun banyak sekali. 

Mereka menjadi nervous jika ada kenalan yang berkomentar ketika bertemu atau sedang menjenguk :”Ih kok kamu kurus banget begini ?”...”Makan dong yang banyak biar gemuk lagi seperti dulu !” kata teman kalian. Lalu kalian pasti membatin :”Boro-boro makan banyak. Cari makanan yang cocok saja sulitnya bukan main. Boro-boro makan apa saja yang enak-enak yang bisa gemuk badan, lha wong kata bu Niniek saja makannya harus yang rebus-rebusan..gimana mau gemuk ?”

Emang bener kok apa yang dikatakan bu Niniek. Jika makan dengan apa yang rebus-rebusan, badan maupun lambung jadi lebih nyaman daripada makan sembarang. Trus ada yang komplain ke bu niniek :”Bund, gimana nih makan yang rebus-rebusan terus, emang lambung jadi nyaman, dan badan tak sering ada masalah, cuma ini bund, tensi sering dropp jadi 90/60 ! gimana dong bund ?”

Bu Niniek bilang. Sakit maag memang bagaikan makan buah simalakama. Dimakan mati bapak tidak dimakan mati mamak. Sakit maag juga begitu. Makan rebus-rebusan terus lambung dan tubuh jadi nyaman, namun tensi sering menjadi dropp. Kan bu Niniek sudah bilang. Ya disiasatin dong. Tiap hari makan 1 telor ayam kampung yang direbus setengah matang. Lalu minum air rebusan kacang hijau yang hanya diminum airnya saja.

Caranya begini : Ambil segenggan kacang hijau. Cuci bersih. Rendam dengan air mendidih satu gayung. Tutup rapat. Jika sudah dingin, kacang hijau dan air rendaman itu dimasak. Jika kacang hijau sudah pecah, angkat. Saring airnya. Airnya diminum untuk yang sakit maag. Kacang hijaunya dimasak lagi untuk orang yang sehat, jangan kita makan. Nah kita hanya minum airnya saja.

Lalu untuk staminanya minum air temulawak yang telah dikeringkan tipis-tipis. Boleh disedu dengan air mendidih, atau direbus hingga mendidih.

Nah makanya gerd lebih rumit perawatannya, lebih lama sembuhnya dan lebih mahal biaya pengobatannya karena dampak dari asam lambung yang luber bisa mengenai ke semua organ tubuh.

Yuk kita sebutin yang tadi, apa saja yang bisa dikenai oleh asam lambung, langsung ataupun tak langsung :
  • Paru-paru. Jika bagian paru-parunya yang terkena bisa jadi sesak nafas, batuk yang tak sembuh-sembuh.
  • Jantung. Jika ke bagian jantung, maka jantung ritme debarannya tak normal, sering berdebar kencang, atau tubuh tiba-tiba menjadi lemas tak bertenaga.
  • Tenggorokan atau kerongkongan. Jika tenggorokan yang terkena naiknya asam lambung, maka dampaknya macam-macam. Bisa tenggorokan sering radang. Sakit untuk menelan. Tidur seperti tercekik. Suara parau. Tak bisa bicara lama. Akibat yang paling parah adalah kanker nasufaring atau pita suara.
  • Otak. Jika bagian otak yang terkena rembesan asam lambung yang naik keatas, maka ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya ketidak seimbangan kimia dalam otak, sehingga orang sakit gerd biasanya jika sudah parah bisa otaknya menjadi “blank” kehilangan daya ingat untuk beberapa saat. Hal ini saya dulu juga mengalaminya. Tiba-tiba saja tak bisa mengingat sesuatu apapun. Mau ngomong apa lupa. Mau melakukan apa lupa. Jadi tak mampu menginagt sesuatu apapun. Bukan pikun ! Beda.

  • Dan ketidak seimbangan kimia dalam otak ini, insha Allah yang menyebabkan penderita gerd sering merasa kliyengan. Jalan sempoyongan seperti oleng rasanya. Dan kliyengan inilah menurut pengalaman saya yang paling sulit diatasi. Dan kesembuhannya adalah paling akhir dari tahap kesembuhan sakit gerd.
  • Kepala. Jika bagian kepala yang terkena, kita bisa menjadi migren atau sakit kepala sebelah. Atau juga Vertigo, kepala yang muter, yang rasanya bumi seperti mau kiamat ha ha.. Saya bisa cerita tepat karena saya sendiri dulu mengalami semuanya bukan karena katanya katanya teman.
  • Telinga. Jika bagian telinga yang terimas, maka telinga akan berdenging, telinga sring terasa sakit. Telinga radang atau inveksi sehingga mengeluarkan nanah dan darah. Dan akibat yang paling parah adalah pecahnya gendang telinga sehingga kita bisa kehilangan pendengaran. Banyak teman kita penderita gerd yang sudah berada pada tahap terganggunya pendengarannya.

  • Mata. Jika mata terimbas asam lambung, sama saja dengan telinga. Biasanya penglihatan akan menjadi kabur, dan akibat yang paling parah bisa menjadi buta meskipun tidak permanen, artinya masih bisa sembuh.
  • Hidung. Jika hidungnya yang terkena imbas asam lambung. Maka bisa terjadi sinusitis pada hidung. Itu loh flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun seperti suami saya. Namun alhamdulillah suami saya sudah banyak sekali kemajuannya hampir 90% setelah rutin menggunakan FIRMAX3 pagi dan sore.
  • Usus. Jika usus yang terkena asam lambung. Maka rasanya panas melulu jika ada makanan yang masuk. Akibat paling parah adalah kebocoran usus atau kanker kolon.
  • Ambeien. Banyak penderita gerd yang kemudian menderita ambeien karena tubuh kurang serat. Tak bisa beraktifitas. Tiap hari kerjanya hanya duduk-duduk dan tiduran, kurang minum.
  • Pankreas. Banyak orang sakit maag parah lalu berkembang menjadi gerd dan lalu mengalami diabetes milites karena pankreasnya tak bisa menghasilkan insulin.
  • Hati. Demikian juga penderita gerd banyak yang berdampak hati dan empedunya bermasalah, karena system metabolisme seluruh tubuh menjadi kacau balau.
  • Ginjal. Penderita maag kronis atau gerd juga banyak yang kemudian bermasalah ginjalnya, karena bertahun-tahun konsumsi obat-obatan kimia yang berendapan tinggi bagi ginjal sehingga menjadi kristal ginjal, atau ginjalnya tak bisa berfungsi lagi harus cuci darah setiap kali.
Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan keluhan maag. Jangan sepelekan. Karena benar-benar bisa melumpuhkan kehidupan. Jika seluruh organ komplikasi ? Apa akibat yang akan kita alami ? Bisa mengira-ngira sendiri kan ? Oleh karena itu jika ingin sembuh total seperti bu Niniek, perhatikan Akibat Jika Melanggar Pantangan. Silahkan dilanjut pada BAGIAN 2-nya

Demikian dulu berbagi saya pagi ini. Semoga bermanfaat.

Alhamdulillahirabiil’alamiin.

Purworejo, 20 Mei 2016

Salam Sehat,
Niniek SS
Labels: GERD, Kisah Nyata, Mengatasi Sakit Maag, Rahasia Sembuh

Thanks for reading Akibat Jika Melanggar Pantangan Bagian 1. Please share...!

0 Komentar untuk "Akibat Jika Melanggar Pantangan Bagian 1"

Back To Top