SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sakit Maag Penyebab Gejala Dan Penanggulangannya Bag - 1

Bismillahirrahmanirrahiim.

Puji syukur yang sesuci-sucinya dan setulus-tulusnya hanya kepada Allah SWT. Yang Maha Mengasihi. Yang Maha Memelihara. Yang Maha Membimbing hidup. Yang Maha memenuhi kebutuhan. Yang Maha Mengingatkan. Yang Maha Lembut. Yang Maha Tak Bisa Diduga pemberianNya. Yang Maha Membalas Pemberian. Yang Maha Sempurna Seluruh CiptaanNya. Yang Maha Suci Segala KehendakNya.

Salam serta sholawat yang semulia-mulianya, yang seagung-agungnya, semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Junjungan Umat Manusia, Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW. Penghulu Umat Islam. Penghulu kesempurnaan akhlak. Penghulu tauhid. Penghulu jalan yang lurus. Dan limpahannya semoga menaungi kepada keluarga terkasih dari Baginda, kepada para Sahabat yang disayanginya, hingga kepada seluruh pengikut yang setia, dulu, sekarang, kelak, hingga akhir jaman.

Semoga kita menjadi bagian dari Umat Yang Teramat Berbahagia dan Beruntung : Umat Islam Nan Agung, Nan Mulia Raya, Nan Rahmatan Lil’alamin. Amiin Ya Rabbal’alamiin.

Pembaca blog yang sedang mencari solusi sakit maag. Yang sakit belum sembuh-sembuh. Yang telah menghabiskan seluruh daya dan upaya. Bahkan harta, waktu dan pikiran dalam berikhtiyar mengupayakan kesembuhan.

Bagaimana kabar kalian saat ini ? Semoga sudah lebih baik dari hari kemarin ya teman. Paling tidak dengan kalian menemukan blog ini, mudah-mudahan Allah ijinkan menjadi kemanfaatan untuk kalian semua pembaca blog sederhana ini, yang lahir dari niat tulus untuk menuliskan semua, apapun yang pernah saya alami ketika menderita sakit maag yang teramat panjang hingga tepatnya selama 18 tahunan.

Dari pengalaman yang amat sederhana, hingga pengalaman yang tak patut diceritakan. Semua saya maksudkan agar kalian tahu beginilah gambaran yang jelas tentang penderitaan sakit maag. Tanpa mengada-ada, tanpa menambah dan menguranginya. Jika dalam penulisan yang satu dengan penulisan yang lain ada pernyataan yang janggal atau tidak sinkron, wajar kan itu hanya sebatas daya ingat penulis dalam keterbatasannya. Semoga pembaca berkenan memaafkannya.

Sakit Maag, adalah sakit yang bersumber dari keluhan tidak nyaman yang ada disekitar perut. Tepatnya dibagian lambung. Ada yang mlilit, ada yang nyeri, ada yang perih, ada yang seperti keram, ada yang lambung terasa panas, namun semuanya bermuara pada lambung yang bermasalah.

PENYEBAB SAKIT MAAG :

Sakit maag disebabkan oleh berbagai faktor. Antara lain sering telat makan. Makan yang tak teratur waktunya. Sering mengkonsumsi pedas, asam, makanan yang bersifat merangsang secara berlebih-lebihan. Kurang istirahat, Kurang Olah Raga, dan Pikiran sering stress.

1.    SERING TELAT MAKAN

Pada saat terjadi proses pencernaan makanan, lambung tak mau tahu, ada isinya atau tidak dia akan terus menggiling. Jika lambung kosong, maka akan terjadi pergesekan antara dinding lambung. Sekali dua kali belum terasa akibatnya, namun jika dilakukan berkali-kali, lambung akan terus terkikis, sehingga lambung mengalami iritasi. Inilah yang kemudian disebut sakit maag atau sakit asam lambung. 
Oleh karena itu makan yang tak teratur waktunya, atau lambung sering kosong, maka cepat atau lambat akan mengakibatkan sakit maag atau sakit lambung.
Tentu kalian akan menyangkal ! Lah bagaimana dengan orang berpuasa ? kan lambungnya kosong seharian tuh ? Bahkan ada yang malemnya makan saur dan pada waktu bukanya juga hanya makan ala kadarnya saja, terkadang tak memenuhi kualitas dan kuantitas untuk berbuka puasa. Tapi kok tak sakit maag ?
Allah adalah Dzat Yang Maha Kuasa. KekuasaanNya tak dapat kita telusuri sepenuhnya. Kekuasaan Allah yang kita ketahui adalah yang mampu kita tangkap dengan indera kita, sedangkan indera kita sangatlah terbatas. Hanyalah 6 indera.

Saya sangatlah yakin. Jika Allah sudah memerintahkan “Sesuatu hal” misal puasa Ramadhan atau puasa Senin Kamis yang disunnahkan oleh Kanjeng Nabi SAW, tentu sudah dilengkapi keberkahan bagi yang mau melakukannya, apalagi jika penuh keikhlasan.

Mengapa orang puasa Ramadhan tidak menjadi sakit maag, bahkan tubuhnya menjadi lebih sehat ? padahal selama 1 bulan full siang hari perutnya kosong untuk puasa ? Ya karena bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh diberkahi oleh Allah SWT, sehingga lambung yang sedang berpuasa juga dilindungi dari segala kemudhlaratannya.
di buland
Perhatikan saja, pada saat bulan Ramadhan, bagi kaum perempuan, pada saatnya datang bulan atau menstruasi kan tak berpuasa ? lalu dia makan. Tentu rasanya hambar dan tidak enak, walau dengan lauk apapun. Sudah tentu karena pada waktu bulan Ramadhan, seluruh keberkahan diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa dan beribadah secara khusus Ramadhan.

2.    SERING MAKAN PEDAS, ASAM, MAKANAN YANG MERANGSANG SECARA BERLEBIHAN.

Banyak diantara kita yang sering makan pedas, asam, kasar, dan makanan-makanan yang sifatnya merangsang secara berlebihan. Lambungpun mempunyai keterbatasan dalam tugasnya. Jika yang digilingnya berlebihan pedasnya, asamnya, kekasaran teksturnya, zatnya yang merangsang, maka lambung tak akan kuat. Pasti jebol pertahanannya !

Bukan hanya berlebihan dalam hal zat-zat yang dimakan seperti tersebut diatas saja yang mampu menyebabkan lambung sakit, namun porsi makan yang selalu berlebihan sehingga kekenyangan juga akan menyebabkan kerja lambung menjadi berat, sehingga ia perlu untuk meningkatkan kadar asam lambungnya. Peningkatan kadar asam lambung inilah yang juga akan memicu terjadinya sakit maag, karena dengan tingginya kadar asam lambung, mukosa lambung bisa aus, sehingga lambung menjadi tipis perlindungannya dari segala makanan yang masuk. Inilah yang lalu menyebabkan rasa sakit dalam lambung. Dan itulah yang disebut orang dengan sakit maag.

Misal jika seseorang makan sepotong tempe mendoan dengan cabe sebiji, ini lain, mendoan sepotong bisa menghabiskan 7 cabe rawit. Kalau cabenya tidak banyak hingga membuat perut panas, belumlah puas.

Lalu kebiasaan minum kopi yang diluar batas. Misal seseorang biasanya minum kopi, hanya pada pagi hari saja sebelum berangkat ke kantor atau sebelum berangkat bekerja. Apapun profesinya. Namun ini lain. Tidak dirumah tidak dikantor, hajar terus kopi berapapun ia mau. Hingga bergelas-gelas. Pasangannya rokok hingga puntungnya menggunung dalam asbak, dan asap mengepul dalam ruangan yang membuat nafas sesak tak sehat.

Lalu kebiasaan minum-minuman keras, miras, alkohol yang membuat ketagihan. Sebelum lever atau ususnya bocor dibawa kerumah sakit dalam keadaan mabuk, biasanya pengguna minuman keras atau miras tak akan pernah bisa berhenti dari kebiasaannya yang sangat buruk ini. Bukan saja merugikan diri sendiri namun juga bisa merugikan serta membahayakan lingkungan.

Mengapa ? Kecuali miras itu bisa menimbulkan gangguan serius pada lambung dan hati seseorang, maka kebiasaan miras bisa merubah kejiwaan atau mental seseorang, dari yang sebelum minum adalah orang baik-baik, maka sesudah minum bisa menjadi orang yang super egois sehingga menjadi orang yang acuh tak acuh, serta hanya mementingkan dirinya sendiri saja.

Seorang pengguna miras biasanya berkarakter keras dan tidak peduli. Ia hanya peduli kepada dirinya sendiri dan meremehkan orang-orang yang ada disekelilingnya.

Mudah-mudahan keluarga kita semua tidak ada yang terjerumus kedalam kebiasaan minum minuman yang memabokkan ini ya ? Minuman yang jelas diharamkan dalam agama Islam. Minuman yang bisa membuat seseorang lupa diri dan melakukan perbuatan apa saja tanpa sadar dan tanpa nalar yang sehat. Naudzubillahimindzaliik.

Lalu kebiasaan atau hobby rujakan atau lotisan ( bahasa Jawa ). Itu loh mencocolkan buah-buahan kedalam gula merah yang dibumbui garam, cabe rawit, dan buah asem matang. Bumbu lotis dengan 1 cabe rawit besar saja sudah membuat lidah kepanasan. Eh ada lho yang membuat bumbu lotis dengan cabe rawit sampai 7 atau 10 buah ???? Astaghfirullahaladziim.

Kebiasaan makan makanan yang merangsang secara berlebihan ini, sekali dua kali paling hanya membuat perut sakit dan diare secara langsung. Namun kurun waktu lama, jika sering makan makanan begini, akan menyebabkan mukosa pelapis dinding lambung terkikis, lalu terjadi iritasi sehingga lambung mengalami penipisan, mungkin luka, luka ini berkembang menjadi inveksi, dan dalam inveksi ini bisa saja bibit-bibit kanker yang ada didalam lambung dan usus berkembang biak dengan sangat leluasanya ! Mengerikan tidak ? Silahkan direnungkan !

Dan jika sudah terjadi kebocorang lambung atau kebocoran usus, sakitnya luar biasa, dan pengobatannya menghabiskan biaya, waktu dan energi !!! Mengerikan bukan ? Renungkanlah teman.

3.   KURANG ISTIRAHAT.

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Salah satunya adalah dengan istirahat yang cukup. Jika kurang beristirahat, terlalu terforceer oleh pekerjaan, maka enzyme didalam tubuh juga banyak berkurang. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan secara umum. Juga bisa mempengaruhi kesehatan lambung, sehingga orang terkena sakit maag.

4.   KURANG BEROLAHRAGA

Meskipun tidak secara langsung, kurang berolahraga juga bisa menyebabkan sakit maag. Mengapa. Kurang berolahraga bisa menyebabkan sirkulasi darah kurang lancar. Bisa menjadikan racun-racun atau residu makanan yang berada dalam tubuh tidak bisa terbuang dengan maksimal, karena pori-pori tersumbat. Kurang berolahraga bisa menyebabkan buang air kecil dan buang air besar tidak lancar. Secara umum, kurangnya berolahraga akan menghambat pekerjaan system tubuh secara keseluruhan, juga menghambat system metabolism tubuh. System pencernaanpun juga akan terganggu. Oleh karena itu betapa pentingnya berolahraga agar tubuh tetap sehat, dan tidak terkena sakit maag.

5.   PIKIRAN SERING STRESS

Memang benar sekali bahwa pikiran sangat erat hubungannya dengan lambung. Buktinya, jika suatu saat kita memikirkan sesuatu yang berat, atau berita musibah yang begitu mengagetkan, seringkali, dan tiba-tiba pula kita akan menjadi diare.

Dulunya saya tidak tahu tentang hal ini. Tapi karena seringnya mengalami diare setiap mendengar kabar buruk. Maka lama-lama saya mengamati. Awalnya pada diri sendiri, pada suami dan putri saya, pada teman-teman atau kenalan saya. Eh ternyata bukan saya saja yang mengalami diare jika pikiran galau, bahasa gaul anak muda ( bhs.Jawa : kemrungsung ).

Bukan hanya mikir yang berat. Lha wong misal disamperin teman bawa mobil, mau diajak jalan-jalan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sementara hari itu banyak pekerjaan online yang belum diselesaikan, mana yang urusi paket belum selesai, order pesanan morinda belum rampung, tunggu paket nigellive belum datang, jadi diare mendadak karena banyak hal yang harus diselesaikan, dipikir bareng.

Apalagi jika kita lagi sakit maag, dan belum sembuh-sembuh. Tentu beribu persoalan ada dalam benak. Inilah salah satu fator yang sering menghambat kesembuhan. Mau sembuh, mundur lagi. Mau sembuh kambuh lagi. Karena pikiran sering stress tak bisa santai. Semua-semua dipikirin.

Oleh karena itu jika ingin segera sembuh dari sakit maag atau gerdnya, sebaiknya hindari agar pikiran tidak stress. Insha Allah.


GEJALA SAKIT MAAG

Gejala-gejala sakit maag antara lain : Mual, pusing, kehilangan selera makan, badan tidak enak rasanya sehingga malas untuk melakukan aktifitas apa saja. Kadang-kadang juga disertai diare atau demam ringan seperti masuk angin.

Ini nih urut-urutan gejalanya :

KEHILANGAN NAFSU MAKAN

Pada tingkat yang paling awal adalah kehilangan nafsu makan. Coba saja kita perhatikan, kita amati baik-baik. Siapapun itu. Jika sudah saatnya makan, disuruh makan, nanti dulu, nanti dulu. Padahal jarak dari makan terakhir sudah sangat lama.

Misal hari minggu nih. Anak kita yang sudah remaja, sarapan bareng-bareng jam setengah 8 pagi. Trus kita sudah ngemil terus hingga saatnya makan siang misal jam setengah 1, dan setiap kita tawarkan kue-kue untuk anak kita, jawabnya selalu : Iya, entar dulu. Sampai capek kita ngajak makan. Hingga jam 2 lebih belum makan juga dia.

Kebiasaan seperti ini, jika dibiarkan pelan namun pasti, lama-lama pasti akan berakibat anak kita sakit maag. Itu adalah gejala sakit maag yang paling awal. Pokoknya makan apa saja malas, tak ada selera, meskipun yang ada didepannya makanan yang enak-enak, tetap saja malas melihatnya.

TIMBUL RASA MUAL

Rasa mual biasanya muncul setelah kebiasaan malas makan yang telah berlangsung beberapa lama biasanya setelah beberapa minggu. Dulu waktu awal-awal saya sakit maag juga begitu. Lama saya mengalami malas banget makan apa saja. Makan ya males, minum juga males. Yang ada hanya kerja,kerja dan kerja. Yang penting bagaimana kerja ini cepat selesai. Ternyata malas makan ini bukan hanya penyebab, namun juga merupakan gejala.

Saya pikir rasa mual ini disebabkan oleh seringnya malas makan, sehingga mempengaruhi system pencernaan, sehingga terjadilah rasa mual. Seperti yang terjadi pada hamil muda juga demikian, perubahan hormonal yang terjadi, mempengaruhi system tubuh, sehingga sering muncul rasa mual.

MUNCUL RASA PUSING

Lalu gejala selanjutnya adalah munculnya rasa pusing. Pusing ini merupakan suatu tanda bahwa didalam tubuh ada organ yang tak beres. Dimanapun itu biasanya disertai dengan rasa pusing. Oleh karena itu jika kita mengalami rasa pusing, jangan disepelekan, apalagi jika pusingnya terasa berat dan aneh. Pasti dalam tubuh sedang berkembang suatu penyakit, atau ketidak seimbangan mekanisme system tubuh. Segera periksakan ke dokter agar
Bisa ditanggulangi sedini mungkin.

Karena banyak terjadi, kasusnya hanya mengalami rasa pusing. Tidak diperhatikan. Tidak diperiksakan ke dokter. Dan tidak minum obat apapun. Tiba-tiba saja sudah meninggal. Nah !

MUNCULNYA RASA SEPERTI MASUK ANGIN ATAU MERIANG

Setelah malas makan, mual dan juga disertai pusing biasanya badan rasa meriang seperti masuk angin. Sudah dicoba dikerokin, minum yang hangat-hangat pikirnya biar segar, lalu juga sudah diusahakan untuk istirahat. E kok ya belum sembuh-sembuh juga. Setelah diperiksakan ke dokter, ternyata dokter bilang kita sakit maag. Nah Luu !

CARA PENANGGULANGANNYA..

Jika kita terkena sakit maag pada Stadium Awal, maka penanggulangannya adalah :

1.    PERIKSA KE DOKTER

Jika suatu hari kita mual disertai pusing dan tak enak badan, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau ke Puskesmas setempat. Agar segera diketahui, ada apa sebenarnya dengan tubuh kita. Apakah hanya sakit biasa, atau keluhan yang timbul ternyata menurut pemeriksaan medis merupakan suatu gejala dari suatu penyakit yang membahayakan ?
Jika kita periksa lebih awal, maka jika itu penyakit yang membahayakan, maka akan bisa ditanggulangi lebih awal.

2.    INTEROSPEKSI DAN MEMPERBAIKI IBADAH 

Jika kita terkena sakit, biasanya fokus pemikiran kita hanya kepada upaya bagaimana mencari kesembuhan antara lain periksa ke dokter, mencari obat, pergi ke Tabib, dan lain-lain.

Kita lupa, bahwa ada Allah SWT. Solusi untuk segala permasalahan lahir maupun batin yang Maha Sempurna. Kita selalu mencari upaya yang nampak oleh mata, yang terpikir oleh benak, sehingga Allah Yang Maha Goib, yang tak kasat oleh mata kita, sering kita lupakan. Meskipun kita selalu sholat 5 waktu, bahkan tahajjud serta sholat dhuhapun jarang kita lupakan, namun dalam praktek sehari-hari, kita sering melupakan Allah dalam segala kepentingan. Bahkan ketika kita sakit sekalipun.

Sakit berarti dalam diri kita pasti ada yang error. Ada sesuatu “yang tak dikehendaki” oleh tubuh bersarang dalam dirinya. Entah karena sebab lahiriah, ataukah oleh sebab batiniah.

Sakit adalah saat tubuh perang melawan sesuatu yang tak dikehendaki berada dalam dirinya. Perlawanan tubuh inilah yang kita rasakan sebagai rasa sakit.
Yang Maha Tahu hanyalah Allah semata. Bukan dokter, bukan tabib dan bukan paranormal. Semua pengusada hanyalah ilmu kira-kira yang dipelajari berdasarkan keilmuan yang diambilnya. Namun yang tahu pasti hanyalah Allah semata. Si A ini sakitnya karena apa, lalu dengan obat apa dia bisa sembuh, kapan waktunya, dan apa yang harus dilakukannya agar kesembuhannya segera terwujud ?

Kalau dokter, tabib dan paranormal sungguh-sungguh TAHU, pasti akan thokcher dong pengobatannya ! Nah, makanya jika kita mau segera sembuh. Pertama-tama yang kita lakukan, ya mendekatlah kepada Allah Yang Maha Mengetahui dengan sempurna segala sesuatu, agar kita bisa tepat sasaran dalam mencari obat oke ? Tak membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya.
Caranya ya membersihkan diri lahir maupun batin. Ibadah yang istiqomah dan tepat waktu. Banyak beramal ibadah. Banyak sedekah dan berbuat baik. Selalu berpikir positif dan tidak malas.

Demikianlah tentang Sakit Maag, Penyebab, Gejala dan Penanggulangannya, semoga menambah wawasan kalian tentang liku-liku sakit maag. Sampai jumpa insya Allah pada artikel lanjutannya pada Sakit Maag Penyebab Gejala dan Penanggulangannya Bagian 2.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Sehat Selalu,
Niniek SS
Labels: Interospeksi, Mengatasi Rasa Sakit, Mengatasi Sakit Maag, Morinda Bioactive, Renungan

Thanks for reading Sakit Maag Penyebab Gejala Dan Penanggulangannya Bag - 1. Please share...!

0 Komentar untuk "Sakit Maag Penyebab Gejala Dan Penanggulangannya Bag - 1"

Back To Top