SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sakit Maag Penyebab Gejala Dan Penanggulangannya Bag - 2

Bismillahirrahmanirrahiim.

Puji syukur yang sesuci-sucinya dan setulus-tulusnya hanya kepada Allah SWT. Yang Maha Mengasihi. Yang Maha Memelihara. Yang Maha Membimbing hidup. Yang Maha memenuhi kebutuhan. Yang Maha Mengingatkan. Yang Maha Lembut. Yang Maha Tak Bisa Diduga pemberianNya. Yang Maha Membalas Pemberian. Yang Maha Sempurna Seluruh CiptaanNya. Yang Maha Suci Segala KehendakNya.

Salam serta sholawat yang semulia-mulianya, yang seagung-agungnya, semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Junjungan Umat Manusia, Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW. Penghulu Umat Islam. Penghulu kesempurnaan akhlak. Penghulu tauhid. Penghulu jalan yang lurus. Dan limpahannya semoga menaungi kepada keluarga terkasih dari Baginda, kepada para Sahabat yang disayanginya, hingga kepada seluruh pengikut yang setia, dulu, sekarang, kelak, hingga akhir jaman.

Semoga kita menjadi bagian dari Umat Yang Teramat Berbahagia dan Beruntung : Umat Islam Nan Agung, Nan Mulia Raya, Nan Rahmatan Lil’alamin. Amiin Ya Rabbal’alamiin.

Pembaca blog yang sedang mencari solusi sakit maag. Yang sakit belum sembuh-sembuh. Yang telah menghabiskan seluruh daya dan upaya. Bahkan harta, waktu dan pikiran dalam berikhtiyar mengupayakan kesembuhan.

Tulisan ini adalah sambungan dari artikel sebelumnya dengan topik : SAKIT MAAG PENYEBAB GEJALA DAN PENANGGULANGANNYA Bagian 1. Jika kalian belum membacanya silahkan KLIK DISINI, agar konteksnya nyambung. Oke ?

Dalam artikel bagian 1 sudah saya uraikan panjang lebar tentang Sakit Maag, Penyebab, serta Gejalanya. Lalu bagaimana dengan penangulangannya ? Antara lain dengan 1. Periksa ke Dokter, 2. Interospeksi dan Memperbaiki Ibadah. Lalu selanjutnya 3. Mengatur Pola Makan.

3.    MENGATUR POLA MAKAN

Baru setelah melaksanakan hal-hal yang telah saya uraikan diatas, kita mengatur pola makan sesuai menu untuk sakit maag. 
  • Yang tidak pedas, 
  • Yang tidak asam, 
  • Yangtidak merangsang, 
  • Yang tidak kasar, 
  • Yang tidak banyak lemak dan berminyak. 
  • Makan teratur dengan menu makanan yang aman untuk sakit maag.
  • Makan dengan menjunjung adab makan
  • Diri dalam keadaan bersih tidak banyak kuman. 
  • Mencuci tangan sebelum makan. 
  • Minum air atau makan buah ( papaya atau apokat ) sebelum makan. 
  • Berdoa sebelum makan. 
  • Takzim mensyukuri nikmat saat makan. Tidak makan sambil memikirkan dan melakukan hal-hal lain. Makan sambil main hp atau berbicara adalah kebiasaan buruk. Yang sering kita lakukan selama ini bukan ? Apalagi kalau kita ini adalah orang-orang sibuk.
4.    MENGATUR POLA PIKIR

Pikiran adalah kembara angan yang tak bertepi. Tidak kelihatan dan tak ada batasnya. Dan pikiran sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Terutama sangat erat dengan lambung. Jika kita cemas, panik, memikirkan sesuatu, maka kita otomatis akan stress. Maka apa yang akan kita rasakan ? Seringkali kita akan diare tiba-tiba. Padahal tidak makan pedas atau santal kental sebelumnya. Mengapa ? Ya karena lambung sangat erat hubungannya dengan pikiran.

Oleh sebab itu, penderita sakit maag, agar cepat sembuh harus bisa mengatur pola pikirnya dengan baik. Jaga emosinya agar tidak lekas marah. Harus belajar bersabar menghadapi segala hal. Jangan sedikit sedikit marah, sedikit-sedikit emosi. Yang menjadi sasaran kemarahan orang-orang yang ada disekitarnya.

Kalian akan rugi jika sering marah-marah kepada orang-orang disekitar kalian yang merawat kalian. Pertama sakit kalian menjadi tak sembuh-sembuh. Dan orang-orang disekitar kalian menjadi tak simpati kepada kalian lagi, karena sikap kalian yang tak bersahabat kepada mereka. Mereka jadi malas untuk membantu menolong keperluan kalian, karena sikap kalian yang pemarah itu.

Jadi, jika kalian ingin cepat sembuh, atur pola pikir kalian ya ? Berpikirlah selalu yang baik-baik, yang positif. Sehingga orang-orang disekeliling kalian menyayangi kalian, mendoakan kesembuhan kalian, prihatin dengan diri kalian yang belum sembuh-sembuh juga sakitnya.

5.    MENGATUR POLA ISTIRAHAT

Jaga tubuh kalian dengan baik. Jangan hanya senang bekerja, bekerja dan bekerja, tanpa memperhatikan kondisi diri. Sayangilah diri kalian sendiri. Manusia hidup memang butuh bekerja, agar Allah berkenan menurunkan rejekiNya untuk kalian. Tapi ingat, bahwa bukan kerja keras kalian yang membuat rejeki kalian deras mengalir. Namun semata adalah Ridho Allah belaka, yang memang berkenan untuk memberikan rejekiNya kepada kalian.

Kalian keliru jika menganggap bahwa rejeki kalian adalah hasil dari kerja keras kalian. Bekerja hanyalah sebatas syariat yang harus dijalani saja sebagai jalan turunnya rejeki kalian.

Badan mempunyai haknya untuk beristirahat, jika badan sudah seharusnya beristirahat namun kalian masih bekerja, bekerja dan bekerja terus, berarti kalian mendzakimi diri sendiri. Maka tubuh akan protes. Ia akan memaksa dirinya sendiri untuk beristirahat tanpa persetujuan dari kalian. Dengan jalan jatuh sakit, sehingga ia beristirahat, tidak bekerja lagi !

Inilah pekerjaan alam dalam mengatur kehidupan. Oleh karena itu agar kita tidak terkena akibat dari kemarahan alam, baik berpikir, berkata dan berbuat haruslah secukupnya saja tidak berlebih-lebihan.

Jika kita selalu berlebih-lebihan dalam sesuatu hal, lalu dinasehati oleh orang-orang disekitar kita tak mau peduli, maka biasanya kita akan dinasehati dengan paksa oleh alam.

Jika alam sudah bicara. Maka tak ada seorangpun yang bisa menghindar. Sakit adalah salah satu alam menegur kita, memperingatkan kita dengan paksa, agar hidup dan kehidupan kita kembali kepada alur yang benar, sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah SWT. Hidup yang tidak sombong, hidup yang tak sewenang-wenang, yang tak  kikir, yang tidak asal asal bisa. Nah ketika kita melanggar semua itu, dan dinasehati oleh sekitar kita tak menggubrisnya, tunggu saja waktunya kala mana alam akan menegur kita.

Oleh karena itu, agar kita jangan sampai kena tegur alam secara paksa, aturlah kehidupan kita sebaik-baiknya, salah satunya dengan memberikan haknya tubuh adalah untuk beristirahat. Dengan mengatur pola istirahat yang baik, maka insha Allah tubuh kita akan baik-baik saja, akan tetap sehat. Tak akan sakit, tak akan kena musibah sebagai teguran alam.

Caranya ya bekerja secukupnya, pada saatnya istirahat ya istirahat. Jika kalian penderita maag yang masih bisa beraktifitas, ya silahkan lakukan aktifitas yang tidak membuat lambung kalian makin parah. Jangan angkat yang berat-berat. Jika berada dikantor dimana pekerjaan kalian harus duduk lama didepan computer, ya usahakan beberapa saat lamanya berdiri, berjalan-jalan disekitar tempat duduk kalian sebentar barang beberapa menit agar otot dan syaraf lambung kalian tidak tegang sehingga lambung kalian terasa sakit.

Orang sakit maag, tak boleh duduk terlalu lama. Biasanya lambung akan terasa sakit setelah untuk duduk lama, karena tertekan.

Jika kalian penderita lambung yang sudah tak bisa beraktifitas, sehingga keluar dari pekerjaan karena sakit kalian. Maka kalian harus lebih berhati-hbati lagi memperlakukan diri kalian. Jangan melakukan aktifitas yang mengganggu lambung. Aktifitas menyapu lantai, mencuci piring, mencuci baju dimana gerakan tangan akan mempengaruhi otot lambung, silahkan lakukan semampunya saja jangan dipaksakan.

Kalian sendiri yang bisa mengira-ngira, boleh tidaknya melakukan suatu aktifitas, atau mengira-ngira sendiri sejauh apa pekerjaan yang bisa kalian kerjakan dirumah.

Biasanya, ibu-ibu ketika memasak, menyiangi sayuran senang jongkok ditanah. Jongkok ditanah jika kelamaan juga akan mengakibatkan lambung sakit atau terasa begah tak hilang-hilang. Jika kalian cermat atau teliti dalam mengamati diri dan sakit kalian, tanpa membaca blog inipun, kalian akan tahu dengan sendirinya, apa-apa yang membuat lambung kalian kambuh, dan apa-apa yang membuat lambung kalian nyaman.

6.    TERAPI MINUM AIR MENTAH 

Siapa bilang minum air mentah berbahaya ? Karena banyak kumannya ? Tergantung jenis air mentah yang diminum, dan tergantung cara minumnya.
Pengamatan yang saya lakukan terhadap sekitar 800 orang lebih penderita maag, gerd dan anxyetas yang menghubungi saya, ternyata hasil yang ditunjukkan dari dampak minum air mentah sebagaimana petunjuk yang saya anjurkan menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan.

Rata-rata dari mereka yang telah berhasil mendapatkan air mentah dari sumber mata air yang bisa dipertanggungjawabkan, lalu melakukan terapi meminumnya sesuai dengan anjuran yang saya sampaikan, alhamdulillah mereka mengakui bahwa dengan atau setelah minum air mentah, pelan namun pasti banyak keluhan yang kemudian hilang, sehingga dirinya lebih nyaman dari sebelumnya.

Katagori air mentah yang memenuhi syarat untuk terapi adalah yang diambil langsung dari mata air pegunungan, atau air yang keluar dari talang-talang air didaerah ketinggian, atau air yang diambil dari sendang-sendang di pedesaan yang biasa dipergunakan oleh penduduk untuk mengambil air yang belum tercemar, atau air yang diambil dari sumur-sumur tradisional penduduk yang biasa diambil dengan timba.

Kedalaman tidak harus 60 meter seperti air mentah yang saya minum ketika saya sakit dulu, sehingga menjadi lantaran kesembuhan saya. Dengan kedalaman sumur yang paling tidak 10 meter dari permukaan tanahpun tidak menjadi masalah. Yang penting letak sumur harus jauh dari pencemaran lingkungan. Seperti limbah sptitank, limbah pabrik, limbah comberan. Dan jarak minimal tak boleh kurang dari 8 hingga 10 meter.

Lalu cara minumnya bagaimana ?

Air yang diambil dari dalam sumur yang sehat tersebut bisa ditaruh dalam jerigen plastik selama tidak lebih dari 1 minggu. Mungkin kalian mengambil airnya dari tempat yang jauh, sehingga bisa kalian tempatkan dalam jerigen plastik untuk jangka seminggu saja. Karena jika lebih dari seminggu maka rasa air sudah tidak sesegar semula. Mungkin saja sudah terkontaminasi dengan jerigen plastiknya.

Ingat ! Jika pengambilan air dari sumber mata air ditempatkan pada jerigen plastik, usahakan jangan sampai terkena sinar matahari, karena air akan terkontaminasi dengan jerigen plastik dan akan memunculkan zat yang justru bisa memicu timbulnya kanker dalam tubuh. Demikian juga waktu meletakkannya dirumah usahakan jangan sampai berada ditempat yang akan terkena sinar matahari langsung ketika siang harinya.

Lalu cara minumnya ?

Air minum mentah yang diambil dari sumber mata air yang sehat, masih mengandung banyak mineral dan oksigen yang masih utuh, jadi sangat menyehatkan bagi tubuh. Namun air mentah bersifat dingin. Orang sakit maag tidak bisa minum atau makan yang dingin-dingin karena lambung akan sakit atau kembung. Maka minumnya haru disiasati.

Nah bagaimana untuk mensiasati orang sakit maag agar ketika minum air mentah aman-aman saja terkena dinginnya ?

Nah cara mensiasati agar lambung kalian yang sedang sakit tidak kaget oleh dinginnya, maka waktu minum pertama diantara jam 10 siang hingga jam 4 sore. Sebelum dan sesudah waktu itu silahkan kalian minum air yang biasa kalian minum sehari-hari.

Lalu lakukan jadwal minum air mentahnya sebagai berikut :
-    Hari pertama minum air mentahnya 1 gelas saja
-    Hari ke-dua minum 2 gelas
-    Hari ke-tiga minum 3 gelas
-    Hari ke-empat minum 4 gelas
-    Hari ke-lima minum 5 gelas
-    Hari ke-enam minum 6 gelas
-    Hari ke-tujuh minum 7 gelas
-    Dan Hari ke-delapan minum hingga 8 gelas air mentah.

Dan ini dilaksanakan mulai jam 10 siang hingga jam 4 sore. Pada hari ke-sembilannya, silahkan bebas minum air mentah mulai bangun tidur pagi hari, ataupun pada tengah malam ketika terbangunpun boleh langsung minum air mentah. Lambung insha Allah sudah aman untuk minum air mentah pada jam berapapun kalian ingin minum, karena lambung sudah terlatih sebelumnya selama 8 hari minum air mentah. Selamat menjalani terapi minum air mentah ya teman, agar kalian segera sembuh. Amiin Ya Rabb.

Dan air mentah, unsur kimia airnya masih utuh jadi tidak membahayakan bagi tubuh jika diminum tanpa dimasak lebih dahulu. Tidak sebagaimana air yang telah dimasak lebih dahulu, maka ketika terjadi pemanasan dalam api ketika dimasak, unsur kimia air telah berubah, sehingga jika diminum akan meninggalkan endapan pada molekul darah atau pada organ-organ tubuh yang dilewatinya, seringkali berdampak meninggalkan endapan pada ginjal.
Jadi, minum air mentah yang higienis jauh lebih menyehatkan daripada minum air bagus yang dimasak lebih dahulu.

Air mentah mengandung mineral dan oxygen yang masih utuh, sehingga ketika diminum seseorang, pasti akan berreaksi didalam tubuh ? Setiap zat yang baik, apakah itu berupa obat herbal, apakah itu air sehat, atau makanan serta minuman mentah yang masih mengandung banyak oxygen, mineral ataupun yang banyak enzymnya, maka ketika dikonsumsi, sesudah dicerna oleh lambung, dan diserap dari usus dan mulai diedarkan oleh darah keseluruh tubuh, PASTI akan berreaksi dalam tubuh ketika dia berhadapan dengan sel-sel yang tak sehat.

Dia, zat-zat bagus tadi akan berusaha untuk mengusir segala sesuatu didalam tubuh yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang masih ngendon disana.
Pertempuran pengusiran ini antara zat-zat bagus dengan unsur-unsur yang tak dibutuhkan oleh tubuh selalu akan menimbulkan rasa yang tak nyaman dalam tubuh. Entah itu pusing, mual, demam, diare, sembelit dan lain-lain seperti jika kita minum herbal morinda.

Jadi jangan kaget jika nanti kalian pertama minum air mentah terus flu, pusing, mual, demam atau diare. Tak usah cemas atau khawatir ! Dilanjut saja ! Reaksi ini hanya akan berlangsung beberapa hari saja paling banter hanya seminggu.

Rasakan sesudah itu, insha Allah selanjutnya kalian akan merasakan rasa nyaman disbanding sebelum minum air mentah.

7.    MINUM OBAT

Jika kalian sakit masih bisa bertahan dengan tidak minum obat kimia itu, itu akan lebih baik. Namun jika sudah tidak tahan sebaiknya kalian berobat dan minum obat.

Kebiasaan saya, jika mengalami apapun, dengan tenang saya runut dulu apa penyebabnya. Apa dari makanan, apa dari pikiran, apa karena kurang istirahat. Penyebab dari berbagai keluhan itu sebenarnya hanya dari ketiga faktor tersebut.

Jika dari makanan, pelajari makanan atau minuman apa yang sebelumnya kita konsumsi yang menyebabkan timbulnya keluhan atau rasa sakit. Jika sudah ketemu, cari sesuatu yang bisa menetralisir makanan atau minuman, penyebab sakit yang sudah terlanjur kita konsumsi.

Jika penyebabnya dari pikiran. Buatlah pikiran menjadi santai. Pasrahkan semuanya kepada Allah SWT. dengan tawakkal. Baik buruk yang terjadi dalam kehidupan kita adalah atas sepengetahuan dan ijin Allah. Berdoalah dengan sungguh-sungguh mohon ampunanNya, mohon perlindunganNya, dan mohon petunjukNya agar kita diberiNya jalan keluar yang terbaik dan dimudahkan.
Jika bisa demikian insha Allah hati akan menjadi lega, pikiran akan kendor maka keluhanpun pelan-pelan akan mereda dan hilang alias sembuh.

Jika penyebabnya adalah kurang istirahat, ya bagaimana caranya agar kalian bisa beristirahat. Jangan takut kehilangan waktu kalian untuk istirahat, karena jika untuk beristirahat maka pekerjaan kalian akan terbengkelai dan tak terurus. Cara pandangnya harus dirubah. Jika kalian bisa beristirahat dengan baik, maka energy kalian akan menjadi fresh kembali sehingga bisa bekerja kembali dengan baik, dan menghasilkan hasil yang lebih baik pula.

Setelah koreksi itu, barulah saya melangkah kepada upaya minum herbal tradisional seperti minum air kunyit, atau wedang temulawak, atau kerikan, atau minum air gambir, atau membuat resep serbaguna dari singkong, kunyit kuning, madu, dan tepung beras, atau perut dikompres dengan air panas dan lain sebaginya. Pokoknya saya coba mana dari resep nenek moyang yang bisa mengobati keluhan yang saya rasakan.

Apapun penyebabnya, jika keluhan saya tidak bisa reda atau hilang dengan upaya-upaya tersebut diatas, maka baru saya akan pergi ke dokter, karena sepertinya ada penyakit serius yang sedang berkembang dalam tubuh saya. Dan barulah saya terpaksa minum obat kimia dari dokter karena tidak ada alternatif lain.

Nah itulah rangkaian Sakit Maag, Penyebab, Gejala, serta Penanggulangannya. Semoga menambah wawasan kalian tentang liku-liku sakit maag. Sampai jumpa insha Allah pada artikel mendatang jika saya masih diberikan umur yang panjang. Amiin Ya Rabbal’alamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Sehat Selalu,
Niniek SS
Labels: Interospeksi, Kiat-Kiat Sembuh, Mengatasi Sakit Maag, Morinda Bioactive, Penyebab

Thanks for reading Sakit Maag Penyebab Gejala Dan Penanggulangannya Bag - 2. Please share...!

0 Komentar untuk "Sakit Maag Penyebab Gejala Dan Penanggulangannya Bag - 2"

Back To Top