SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Penghambat Sembuhnya Sakit Maag Bag - 2

Bismillahirrahmanirrahiim.

Puji syukur yang sekhalis-khalisnya, yang setinggi-tingginya, yang sedalam-dalamnya, yang sepuncak-puncaknya, yang tak bertepi, yang sesuci-sucinya, yang setakzim-takzimnya, hanya kepada Allah SWT, 

Yang Maha Sempurna ciptaanNya, 
Yang Maha Cermat, 
Yang Maha Adil KeputusanNya, 
Yang Maha Tepat PemberianNya, 
Yang Maha Lembut, 
Yang selalu membalas pemberian dengan yang lebih baik, 
Yang tak pernah luput memberi balasan baik maupun buruk, 
Yang Maha Cepat dalam merubah keadaan dari baik menjadi buruk dan sebaliknya, 
Yang Maha Mendengar Doa dan MengabulkanNya pada waktu yang tepat, 
Yang Maha Pencemburu,  
Yang akan murka jika disekutukan, diremehkan, disebandingkan, 
Yang akan geram jika melihat anak yatim ditelantarkan, jika melihat orang miskin dihina dan direndahkan, 
Yang sangat murka terhadap kesewenang-wenangan, terhadap ketidakadilan, terhadap anak yang tak berbakti kepada orangtuanya terutama kepada ibunya, Yang sangat tidak suka kepada orang yang sombong, kepada orang yang pelit, kepada orang yang bakhil, kepada orang yang suka bergunjing, kepada orang yang memudah-mudahkan waktu shalat, kepada orang yang bersumpah tidak menepati sumpahnya, kepada orang yang ingkar janji, kepada orang yang tidak amanah, kepada orang yang berhutang sengaja tidak segera membayar walaupun sudah punya uang.

Semoga syukurku ini Engkau terimaTuhanku, 
Tuhan Muhammad Rasulullah SAW, 
Tuhan Seluruh Alam Semesta Raya..
Tuhan orang yang hidup maupun yang sudah mati, 
Tuhan seluruh makhluk, 
Tuhan Yang nyata dan yang goib. 
Tuhan Yang Kuasanya Meliputi segala sesuatu. 
Amin Ya Rabbal’alamiin.

Ya Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW, 
Junjungan ketika hidupku dan matiku, 
Penghulu Umat Islam, 
Penghulu Tauhid, 
Penghulu Jalan Lurus, 
Penghulu Kesucian, 
Penghulu Penghambaan, 
Penghulu Kesempurnaan Akhlak, 
Penghulu Keteladanan Kebaikan, 
Penghulu Kesempurnaan Hidup, 
Penghulu Keikhlasan, 
Penghulu Kerendahan hati, 
Penghulu Kebahagiaan, 
Penghulu Kesahajaan, 
Penghulu Kebenaran, 
Penghulu Ketawakkalan, 
Penghulu Kesabaran, 
Penghulu Sikap Gagah Berani memperjuangkan kebenaran, 
Penghulu Perhatian kepada para dhuafa, 
Penghulu Kasih Sayang, 
Satu-satunya Nabi yang mendapat Shalawat dari Allah SWT dan dari seluruh alam semesta, 

Ya Rassul SAW. 
Terimalah salamku, 
shalawatku, 
cintaku, 
pengagunganku, 
terima kasihku, 
yang tiada tara kepadamu Ya Rassul Junjunganku.

Ya Baginda Nabi Yang Ummi, 
berikanlah Syafaat Baginda kepadaku sekeluarga, 
kepada Seluruh Umatmu Yang Taat, 
kepada seluruh pembaca blog yang mengamini doaku ini, 
agar mereka tercerahkan dari kegelapan hatinya selama ini, 
agar hidup mereka semua diperbaharui menuju iman Islam yang kaffah, 
agar jasadnya menerima kesembuhan dari Allah SWT, 
agar hidupnya bahagia di dunia dan di akherat.

Saya yakin Ya Baginda, 
bahwa Baginda masih ada diantara kami, 
menyertai hidup kami, 
membimbing langkah kami, 
menerangi jalan kami. 
Meskipun jasad Baginda yang kami saksikan adalah sudah terkubur bersama bumi dengan penuh kemuliaan, 
namun sesungguhnya jasad Baginda tentu sudah mi'raj di sisi terdekat Allah SWT, 
hidup sempurna selama-lamanya, 
dengan penuh kesempurnaan kemuliaan serta kebahagiaan. 

Hanya Syafaatmu saja Ya Baginda Nabi Yang Ummi, 
satu-satunya harapan yang akan menjadi penyelamat kami baik didunia dan di akherat nanti. 
Amin Ya Rabbal’alamiin.

Karena seluruh kebaikan yang kami lakukan, 
seluruh keikhlasan yang kami usahakan, 
seluruh ketaatan yang kami upayakan, 
sebaik-baiknya sekalipun, 
akan sia-sia tanpa Syafaatmu Ya Baginda Rasulullah SAW. 
Amin Ya Rabbal’alamiin.

Berkahilah blog ini ya Allah, 
menjadi blog sebagai turunnya pencerahan serta berkah bagi saudara-saudara kami yang setia membaca blog ini Ya Allah. 

Agar mereka yang sedang menderita maag, 
gerd dan anxyetas. 
menjadi lebih sabar, 
lebih tawakkal 
dan lebih berserah diri menjalani sakitnya. 

Sehingga memperoleh Ridho dariMu, 
kembali sembuh, 
kembali bisa beraktifitas, 
kembali bisa beribadah lebih baik, 
serta menjalani amanah hidupnya dengan penuh taat. 
Amin Ya Rabbal’alamin.

Sahabat Niniek SS diseluruh Nusantara.

Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan oleh Allah SWT. Untuk menuliskan lanjutan dari PENGHAMBAT SEMBUH SAKIT MAAG Bag – 1 pada Bagian ke-2 nya ini.

Jika kalian belum membaca Artikel Bagian -1 nya, agar pemahaman kalian bisa nyambung, maka silahkan KLIK DISINI untuk membaca bagian – 1 nya.
Sebagaimana telah saya sampaikan pada bagian – 1 nya, bahwa ternyata banyak makanan atau minuman serta perilaku yang dapat menjadi penghambat sakit maag, antara lain :
  • Makan Bakso
Jajanan bakso juga tak aman untuk sakit maag, meskipun bakso kosongan tak memakai mi, kecuali bahan boraxnya yang biasa digunakan untuk membuat kenyal, juga bumbu kuahnya biasanya menggunakan merica, yang akan membuat sakit pada lambung, sehingga akan menghambat sembuhnya sakit maag kita.
  • Makan nasi rames
Nasi rames biasanya terdiri nasi yang keras, lauk kering tempe atau ongseng tempe yang sangat pedas bumbunya, sayur bakmi, lalu sayur sambal goreng kentang dan ati ayam yang juga sangat pedas bumbunya, dan lauknya bisa telur ceplok atau gorengan yang lain.

Nasinya jelas kasar teksturnya sehingga bisa membuat luka baru pada  lambung. Kering tempe juga demikian, keras dan pedas merupakan larangan bagi sakit maag. Bakmi sulit dicerna oleh lambung. Sambal goreng kentang dan ati ayam yang sangat pedas bumbunya juga tak baik bagi lambung apalagi ada santan kentalnya. Lalu lauknya yang telur ceplok, biasanya pinggir telor itu kasar kan sehingga jika dimakan bisa menyebabkan lambung sakit sekali. Kalau tidak percaya sama bu Niniek ya silahkan makan sepiring nasi rames, lalu tunggu apa yang akan terjadi beberapa jam kemudian. Oke ?
  • Makan nasi kenduri
Nasi kenduri tak jauh bedanya dengan nasi rames, masakannya kasar, keras, pedas, berlemak sehingga jika dikonsumsi orang sakit maag bisa menghambat kesembuhan.
  • Makan dengan kecap berlebihan
Jika terpaksa makan tidak ada sayur atau lauk apapun, maka kecap bisa menjadi alternatif terakhir untuk teman nasi. Sebenarnya kecappun jika dimakan dengan nasi akan meninggalkan rasa tidak nyaman, karena pembuatan kecap selalu diberi bumbu buah asam agar rasanya nikmat.Rasa sedikit asam pada kecap inilah yang seringkali menyebabkan kecap jika dimakan dengan nasi menyebabkan lambung terasa tak nyaman, tapi tidak sakit. Namun jika konsumsinya berlebihan akan menghambat kesembuhan bagi lambung.
  • Makan kerupuk
Mengapa makan kerupuk juga tak aman bagi lambung ? Pertama, karena kerupuk yang dibeli di warung-warung digoreng dengan minyak yang telah untuk menggoreng berkali-kali. Oksidan yang ada dalam minyak goreng ulang inilah yang jika dikonsumsi oleh orang sakit maag, terlebih bagi penderita gerd, akan mengakibatkan pusing, dan kliyengannya makin menjadi.
Kemudian kerupuk yang dibeli diluar, ada yang menggorengnya tidak sempurna, sehingga ada bagian yang tidak matang sempurna. Kerupuk seperti inilah yang jika dikonsumsi akan menyebabkan lambung sakit, pusing dan kliyengan makin menjadi. Pada penderita gerd akan menyebabkan radang tenggorokan dan tenggorokan jadi sulit untuk menelan karena terkena radikal bebas yang berada dalam minyak goreng yang untuk menggoreng berkali-kali. Jadi akan sangat menghambat kesembuhan sakit maag.
  • Makan buah durian
Bagaimana dengan buah durian yang jika dimakan membuat lidah bergoyang itu ?  Ternyata alkohol alaminya yang terasa hangat jika dimakan itu, ketika masuk kedalam lambung bisa menyebabkan seputar usus terasa panas, jantung berdebar kencang, dan diare serta sakit perut yang cukup lumayan.
  • Makan buah salak
Buah salak jika dimakan oleh orang sakit maag akan menyebabkan sakit yang luar biasa pada lambung karena meskipun sudah dikunyah lembut, masih akan meninggalkan sampah makanan yang susah dicerna oleh lambung dan bisa mengakibatkan sembelit. Jadi sebaiknya jika kalian sakit maag tak usah makan buah salak.
  • Makan buah sirsat
Makan buah sirsat juga sebaiknya dihindari, meskipun buah sirsat mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa untuk obat kanker, namun tidak aman dikonsumsi oleh penderita lambung karena rasa asamnya cukup tinggi pada buah sissat.
  • Makan buah nangka
Buah nangka, baik teksturnya yang kasar, cangkang bijinya yang keras, juga getahnya sangat keras bagi lambung. Sebaiknya dihindari jangan dimakan, sebab bisa mengakibatkan lambung begah, perut sakit luar biasa, sehingga menghambat kesembuhan maag.
  • Makan buah apel
Buah apel adalah buah yang menyehatkan, karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bagus dikonsumsi oleh orang yang sakit kanker. Tapi tidak aman dikonsumsi oleh penderita sakit maag karena kandungan zat asamnya dan juga teksturnya yang tak bisa dikunyah menjadi lembut. Selembut-lembutnya dikunyah masih saja menyisakan ampas yang tak aman dikonsumsi penderita maag, karena lambung akan sakit dan menjadi begah berkepanjangan.
  • Makan buah peer
Buah peer juga tak jauh berbeda dengan buah apel, ampasnya kan membuat begah dan sakit pada lambung sehingga jika sering makan buah-buahan semacam ini akan menghambat kesembuhan maag.
  • Makan buah rambutan
Buah rambutan rasanya sangat manis. Rasa yang terlalu ekstrem apakah itu manis atau asin akan menyebabkan lambung terasa perih. Apalagi cangkang bijinya yang cukup keras dan sulit dicerna oleh lambung, sehingga jika makan buah rambutan bisa melukai lambung kembali, dan kesehatan lambung akan mundur cukup jauh. Sedangkan untuk mengembalikan kondisi kepada sebelumnya memerlukan waktu yang tak sebentar. Bisa berbulan-bulan. Oleh karena itu berhati-hatilah makan buah rambutan, buah nangka maupun buah kelengkeng.
  • Minum coca cola
Minuman coca cola dan sejenisnya adalah minuman instant yang tentu mengandung bahan kimia untuk pengawet. Bahan kimia inilah yang menyebabkan jika coca cola diminum untuk orang yang sakit maag akan menyebabkan lambung terasa sangat perih, dan jantung juga berdebar-debar membuat panik.
  • Minum jus buah-buahan
Semua jenis buah-buahan selalu mengandung vitamin C yang mempunyai rasa asam. Rasa asam inilah yang tak cocok untuk lambung. Biasanya begitu minum jus buah-buahan lambung langsung terasa mules berkepanjangan dan perut terasa perih.
  • Minum susu
Menurut pengalaman saya, susu sangat tidak aman untuk lambung. Karena berkali-kali saya mengalami dropp setiap kali habis minum susu sapi yang segar. Segala makanan atau minuman yang mengandung susu selalu akan meninggalkan rasa sakit pada lambung, mual dan pusing yang tak saya mengerti sebabnya.
  • Minum kopi
Minuman kopi termasuk minuman yang merangsang dan membuat ketagihan peminumnya. Sangat tak cocok bagi lambung, karena ketika dikonsumsi, selalu akan meninggalkan rasa sakit pada lambung yang cukup serius.
  • Minum teh kental
Minuman teh, jika kental, maka akan menyebabkan rasa sakit pada lambung, dan menyebabkan begah pada lambung.
  • Minum soda gembira
Minum soda gembira, karena ada susunya juga bisa menyebabkan tubuh kita menjadi dropp, perut sakit dan diare.
  • Minum syrup
Syrup selalu mengandung rasa segar oleh buah-buahan. Bagi orang yang sakit maagnya masih pada tahap awal, maka minum syrup tak akan menyebabkan apa-apa, namun bagi penderita maag stadium menengah serta stadium lanjut, maka minum syrup jenis apapun selalu akan menimbulkan rasa sakit pada lambung dan usus.

Aktifitas yang menghambat kesembuhan sakit maag  antara lain :
  • Olah Raga Lari
Olah Raga lari, bagi orang sakit maag tidaklah tepat. Karena gerakan kaki ketika berlari sangat mengganggu lambung yang sedang bermasalah, sehingga jika orang sakit maag melakukan olah raga lari biasanya lambung langsung terasa sakit, dan menghambat kesembuhan.
  • Jalan Santai
Jalan santai adalah olah raga yang paling sesuai untuk penderita sakit maag. Asal tidak jauh-jauh, seputar rumah saja. Kalau olah raga jalan santai yang hingga jaraknya berkilo-kilometer juga tidak baik bagi sakit maag. Karena akan berakibat kelelahan, sehingga fisik bisa dropp.
  • Naik Motor
Sebenarnya naik motor merupakan dilematis bagi orang yang sedang sakit maag, mengapa ? Ketempat pekerjaan setiap harinya harus naik motor. Sedangkan naik motor, goncangannya akan menyebabkan lambung sakit, sehingga bisa menghambat kesembuhan karena lukanya tak embuh-sembuh.
  • Angkat-angkat galon.
Orang tadinya tak banyak tahu, ternyata mengangkat galon juga termasuk mengahambat kesembuhan sakit maag, karena otot perut tertarik oleh gerakan mengangkat galon tadi sehingga lambung yang sedianya sudah akan sembuh jadi luka kembali.
  • Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama juga akan menghambat kesembuhan sakit maag, karena lambung yang sedang luka tertekan oleh sikap kaki yang tertekuk dalam sikap duduk. Oleh karena itu bagi kalian para karyawan yang bekerja dikantor kerjanya duduk di depan komputer berjam-jam lamanya, sebaiknya setiap 1 jam sekali berdiri sekedar berjalan-jalan didepan meja, untuk mengendorkan syaraf lambung yang tertekan ketika duduk.
  • Jongkok terlalu lama
Ibu-ibu biasanya jika menyiangi sayuran lebih suka jongkok ditanah, daripada duduk diatas kursi. Ternyata bagi penderita sakit maag, jongkok terlalu lama akan menyebabkan begah dan sakit pada perut berkepanjangan, terkadang bisa menimbulkan rasa mual pula. Oleh karena itu bagi kalian yang sudah merasa sakit maag, jangan biasakan jongkok terlalu lama.
  • Kerja berat seperti mencuci
Mencuci baju yang dikerjakan manual dengan tangan, sebenarnya tidak boleh dilakukan oleh penderita maag. Kegiatan mencuci bisa menyebabkan luka lambung tak sembuh-sembuh. Terutama karena mengangkat-angkat ember yang berisi air berember-ember. Hal ini akan mengusik otot dan syaraf lambung sehingga akan menghambat kesembuhan bagi sakit maag.
  • Begadang pada malam hari
Tidur di malam hari sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada saat tidur terjadi proses metabolism, dimana pada saat tidur, tubuh membentuk energi baru untuk mengembalikan energi yang telah terkuras ketika melakukan aktifitas pada siang harinya.

Apalagi bagi orang yang sedang sakit maag, dimana nutrisi yang dihasilkan setiap harinya sangat terbatas, sehingga energi yang dimiliki juga sangat terbatas pula. Jika seorang penderita sakit maag banyak melakukan begadang pada malam hari, maka akan sangat menguras energi. Sehingga bisa menyebabkan kondisinya akan semakin dropp.

Demikianlah semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian semua. Doa saya semoga kalian semua cepat sembuh. Semoga kita semua kaum Muslimin dirahmati oleh Allah SWT. Amiin Ya Rabbal’alamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam sehat selalu,
Niniek SS
Labels: Akibat Sakit Maag, Buku Panduan, Interospeksi, Morinda Bioactive

Thanks for reading Penghambat Sembuhnya Sakit Maag Bag - 2. Please share...!

2 comments on Penghambat Sembuhnya Sakit Maag Bag - 2

  1. Terima kasih semoga bermanfaat dan berkah amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Dwi,

      Aamiin. Terima kasih doanya, dan terima kasih atas kunjungannya di blog, semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus

Back To Top