SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Menu Keseharian Sakit Maag Atau GERD

Bismillahirrahmanirrahiim… 

Puji dan syukur yang sesuci-sucinya hanya bagi Allah SWT. Pemilik Seluruh Hukum. Shalawat yang setinggi-tingginya dan salam yang penuh kerinduan semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin. Dan juga tak lupa Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam.

Pembaca Blog Yang Saya kasihi, dimanapun kalian berada…

Siapapun penderita maag kronis maupun gerd selalu bingung menentukan menu keseharian. Sebab tidak setiap makanan bisa aman didalam lambung. Itulah masalahnya. Padahal sedikit sedikit lapar. Dan makan sedikit saja perut terasa begah, penuh, dada rasa sesak.

Jadi ya harus disiasati agar makanan yang masuk bergizi tinggi, ringan dan aman di lambung bukan ? Iya gak ?

Sebelum menentukan menu harian sebaiknya harus tahu betul makanan apa yang harus dihindari yang sering menjadi kambuhnya maag atau gerd ? Dan makanan-makanan apa yang bisa mendukung kesembuhan. Meskipun kita tahu banyak menu, namun jika tidak mengetahui secara benar tentang liku-liku maag, maka selalu dan selalu saja dalam sehari akan kebobolan mengkonsumsi makanan yang menyebabkan kambuh..akhirnya jadi lama tak sembuh-sembuh.

Oleh karena itu selalu saja saya tekankan betapa pentingnya kalian memiliki buku yang saya tulis. Buku Panduan “RAHASIA SEMBUH SAKIT MAAG KRONIS” dimana disana saya paparkan dengan sangat jelas dan detail tentang definisi sakit maag, apa penyebab sakit maag, bagaimana gejala awalnya, bagaimana keluhan-keluhan yang muncul kemudian jika asam lambung naik keluar dari area lambung ( yang ini dinamakan GERD ), hal-hal yang menjadi pemicu kambuhnya sakit maag, hal-hal yang menjadi pendukung kesembuhan, bagaimana penderitaan seorang penderita sakit maag kronis yang selalu dianggap pemalas, diremehkan dan bahkan diasingkan oleh lingkungan, tersisih, dan sebagainya.

Buku ini memang sangat sederhana ( dari segi cetakannya, dari segi kepenulisannya maklum sih ditulis oleh ibu rumah tangga biasa yang sama sekali tak mengenal kriteria kepenulisan ). Namun merupakan buku terlengkap di Indonesia tentang gambaran sakit maag dan seluk beluknya. Apalagi saya tulis sendiri berdasarkan pengalaman pribadi, ketika saya menjalani sakit hingga 18 tahun ( lebih dari 15 tahun ), hingga kesembuhan saya. Baik maag kronis, GERD maupun anxiety yang memberikan inspirasi kepada seorang dokter yang kebetulan tetangga saya, mengusulkan kepada suami saya untuk membawa saya ke seorang psykhiater.

Saya, ditengah rasa down yang luar biasa, sedih, marah, kesel, bisa tertawa ngakak sambil berurai air mata ketika dokter tetangga berbisik kepada suami saya tentang usulannya tersebut, dan saya mendengarnya. Itulah yang menyebabkan saya tertawa ngakak sambil menangis, yang justru menguatkan dugaan dokter tetangga dan suami saya bahwa saya memang benar-benar menderita kelainan jiwa. Duh menderitanya saat itu..Lebih-lebih ketika saya lalu diopname dan diberi obat penenang oleh dokter. Sediiiiih sekali rasanya. Padahal saya benar-benar masih waras dan jiwa saya masih bisa berpikir jejeg !!!
Itulah penderitaan terbesar yang saya alami. Dianggap sakit jiwa padahal saya benar-benar waras !!! Melebihi penderitaan merasakan semua keluhan maag dan gerd ketika sedang kambuh ! Kepada suami yang sangat saya cintaipun saya tak bisa menangis. Karena beliau lebih mempercayai dokter daripada saya. Saya memakluminya, karena mungkin juga sebenarnya beliau sudah sangat lelah lahir maupun batin merawat saya yang tak kunjung sembuh belasan tahun.

Sehingga menjadikan saya, hanya percaya kepada Allah Ta’ala saja, sampai saat ini. Tidak kepada suami, anak, maupun orang lain seorangpun. Bagi saya, Allah adalah sosok yang lapangnya melebihi samodera untuk curhat. Sosok yang pandangan mataNya begitu teduh melebihi teduhnya telaga kasih sayang manapun. Sosok Yang Maha Kaya dengan pemberianNya. Dengan ampunanNya. Sosok yang selalu menepati janjiNya. Sosok yang tak pernah lelah dengan setiap keluhan makhlukNya. Sosok yang Maha..Maha..dan Maha Segalanya ! Sosok yang hanya butuh kita cintai dan taati seutuh diri kita, tak lain !!!

Disinilah titik saya memahami dan mengenal keberadaanNya. Ketika saya sungguh terpuruk tak berdaya. Dan merasa didunia ini tak ada sesuatupun yang bisa dipercaya untuk bersandar !!! Suami tidak, anakpun tidak ! Apalagi saudara, tetangga, dan handai taulan. Jika itupun kita perlukan, mereka hanyalah tangan panjangNya untuk menjadi alat bagi kehendakNya.

Dan saat itulah TITIK AWAL KESEMBUHAN saya. Ketika saya bisa BERPASRAH DIRI SECARA MUTLAK ! Ketika saya merasa tak berdaya tanpa pertolonganNya. Lalu Allah SWT. berkenan mendatangkan info soal segala hal yang bisa menjadi lantaran kesembuhan saya, seperti terapi air mentah maupun morinda sebagai lantaran. Ini perlu saya sampaikan agar kalian tahu, bahwa kesembuhan adalah GAMPANG-GAMPANG SUSAH  !!! Dan kesembuhan hanya semata RIDHO Allah belaka !

Oleh karena itu hendaklah kalian cari RIDHONYA dulu baru obatnya, oke ?

Jika kalian sudah memahami kisi-kisi tentang sakit maag atau GERD. Maka kalian tak akan susah lagi menentukan menu untuk keseharian kalian. Dan insha Allah menu-menu yang kalian buat akan terus meringankan sakit kalian untuk menuju kesembuhan kalian.

Yuk kita kaji bersama-sama, apa-apa yang perlu dipikirkan untuk menyusun menu harian tersebut :
  1. Yang memenuhi kebutuhan gizi ( mengandung hidrat arang, protein, mineral, vitamin dan lain-lain ).
  2. Yang sedikit tapi mengenyangkan, tidak asal mengenyangkan.
  3. Yang aman di lambung ( tidak pedas, asam, alkohol, berminyak, kasar,
  4. Yang melancarkan pencernaan tidak mengakibatkan sembelit
  5. Yang gampang dicerna
  6. Yang menumbuhkan selera walau mungkin menunya sederhana.
  7. Yang mendukung kesembuhan.
  8. Yang mengandung banyak air.
MENU SAYUR YANG AMAN antara lain  :
  • Sayur bening bayam cabut dengan labu siam, ambil daunnya saja.
  • Sayur bening labu siam, wortel (pilih yang penuh daging jangan yang tengahnya sudah keras) dengan sedkit daun melinjo yang sangat muda.
  • Sayur bening bayam cabut dengan tahu putih yang dipotong kecil-kecil. Bayam ambil daunnya saja dan boleh batang pucuknya.
  • Sayur bening terong yang bijinya masih muda, boleh terong ungu maupun terong hijau.
  • Sayur sop kentang ( yang kulitnya tidak hijau karena sudah beracun ) dengan wortel, tambah sedikit macaroni.
  • Sayur sop daun sawi sendok dengan tahu putih ambil daunnya saja, batangnya tak usah disertakan.
  • Sayur sop brokoli dengan kentang dan wortel.
  • Sayur sop kacang merah dengan wortel.
  • Usahakan setiap makan ada sayurnya. Paling tidak sekali dalam sehari !
Sayuran yang tak aman untuk lambung karena teksturnya yang kasar antara lain

Kacang panjang, sawi hijau maupun putih, wortel yang tengahnya sudah mengeras, cambah atau tauge jenis apa saja, kembang kool, daun singkong, kangkung, jamur putih, jamur kuping, lobak putih, terong yang isinya sudah keras, jagung yang manis sekalipun, buah nangka, daun kacang panjang.

Sayuran yang aman untuk lambung :

Bayam cabut , terong yang isinya masih muda, wortel yang tengahnya empuk, brokoli, labu siam, labu hijau yang panjang dan gendut, labu kuning, kentang yang kulitnya belum hijau, sawi sendok yang hanya diambil daunnya saja, apalagi yaa ? Waah kok tak ingat nih !

LAUK BERKUAH YANG AMAN antara lain :
  • Tahu putih yang dibumbu semur boleh dengan sedikit kecap, cari kecap cap KENCANA yang paling aman untuk maag.
  • Telor ayam kampung yang dibumbu semur. Buat kuah berbumbu semur dulu. Kalau sudah bener rasanya, masukkan telur ayam kampung yang sudah direbus kedalamnya, jangan terlalu lama supaya tidak keras putih telornya. Boleh juga telur ayam kampung yang diceplok dalam kuah semur seperti ini. Juga sedap.
  • Ikan dibumbu semur juga enak misal ikan emas, ikan gurami, ikan patin.
  • Ayam kampung hanya boleh untuk menu jika dipresto karena bisa lunak dagingnya, bumbunya bisa semur, beri sedikit kuah. Jangan biasa memasak ayam lehorn atau ayam potong karena banyak kimianya.
  • Hindari menu daging-dagingan karena tidak sehat, kasar dilambung dan sulit dicerna oleh lambung. Sering menjadi penyebab SEMBELIT !
LAUK KERING ANTARA LAIN :
  • Tahu putih yang dikukus bumbu bawang putih dan garam
  • Tahu putih yang dipepes dengan telor ayam kampung yang semuanya dihancurkan dicampur lalu dibumbui bumbu pepes.
  • Telur rebus ceplok, didihkan air lalu ceplok telor diatasnya.
  • Ayam kampung presto bumbu bacem
  • Ayam kampung presto bumbu kuning
  • Ikan bandeng presto sendiri, kalau beli terlalu tajam bumbunya tak aman buat lambung.
  • Pepes ikan mas atau ikan bandeng, atau ikan mas, atau ikan lele. Tapi dikukus jangan dibakar. Kalau dibakar rawan terkena zat karbon yang terbentuk dari pembakaran bisa memicu kanker lambung, bagi yang maag kronis.
  • Pelas/pepes kelapa muda dengan telor.
  • Sekali-sekali boleh membuat dadar telor yang digulung tebal, kalau tipis kasar untuk lambung.
BUAH YANG AMAN ANTARA LAIN :

Alpokat yang masak pohon tidak karbitan, papaya masak pohon yang tidak karbitan, pisang kapok kuning yang tua dipohon. Selain itu biasanya  semuanya akan bermasalah bagi lambung.

SNACK ATAU MAKANAN JEDA :
  • Bubur tepung kerut.
  • Bubur tepung beras.
  • Agar-agar
  • Singkong rebus (bukan kukus) dari jenis yang mempur dan hingga empuk merebusnya.
  • Labu kuning yang dikukus.
  • Ubi rambat kukus yang tidak berslontrot.
  • Kue nagasari yang tanpa santan dan tanpa pisang dalamnya.
  • Kentang rebus juga bagus untuk makanan jeda, jika sudah lapar namun belum ada makanan yang tersedia.
  • Kue kering dari tepung kerut, yang resepnya tidak banyak gula, telor maupun mentega dan tidak diberi bumbu roti yang lainnya.
  • Kue yang dibuat dari tepung hungkue.
  • Sukun tua yang dikukus
CONTOH MENU DALAM SEHARI  :

Pagi :
  • Bangun tidur saatnya tahajjud, minum air mentah yang higienis 1 gelas.
  • Sesudah turun subuhan, boleh minum segelas air madu yang hangat ( 1 gelas 150 cc air hangat beri 2 sendok madu murni, kalau tidak murni lebih baik jangan karena hanya akan membuat residu yang tidak menyehatkan bagi tubuh) atau kalau tidak ada madu, buat segelas teh encer dari teh celup sariwangi (merk yang lain apapun selalu lambung sakit), celupan yang kedua atau ketiga (celupan yang pertama terlalu kental lambung juga terasa perih). Saya selalu menghindari membuat teh dari teh uraian karena terlalu kental sehingga membuat lambung sakit. Manfaat minum yang hangat-hangat pagi hari adalah untuk memberi lapisan pada lambung sekaligus menghangatkan badan, sehingga ketika nanti kemasukan makanan, lambung sudah ada cairan yang berfungsi membantu lancarnya pencernaan dan mengurangi sembelit).
  • Biasakan minum lebih dahulu SEBELUM makan, BUKAN SESUDAHNYA ! Hal ini untuk mengurangi kemungkinan tidak lancar BAB atau sembelit.
  • Sesudah itu, bisa membuat bubur tepung beras merah dari nestle, cukup aman bagi lambung.
  • Lalu dilanjut dengan minum morinda, meskipun belum makan nasi, tetapi sudah kemasukan bubur nestle. Beberapa saat dari minum morinda biasanya saya langsung minum air mentah segelas, untuk mengusir rasa asam dari morinda. Meskipun rasa asam pada morinda bersifat basa yang sangat diperlukan bagi tubuh kita yang sedang sakit, namun sugesti diri mungkin sudah terlalu kuat bahwa jika lambung kemasukan yang asam-asam akan menyebabkan tambah sakit. Jadi untuk mengusir sugesti ini, selepas minum morinda saya buru-buru minum segelas air mentah.
  • Jam setengah 7 sarapan nasi lembek dengan sayur bening bayam dan labu siam. Lauknya tahu putih yang direbus dengan garam dan bawang putih. Enak maupun tidak enak, kita harus menerimanya dengan iklhas menu yang cukup membosankan ini, jika ingin segera sembuh. Dan kalian harus tetap bersyukur lho, karena banyak teman-teman kalian yang GERDnya sudah parah, sulit untuk menelan bahkan tak bisa kemasukan apapun kecuali bubur halus dan air madu ? Kalian tak tahu kan ? ya sebab leher sudah terlalu sakit untuk menelan karena GERD !
  • Jam 08.00 minum lagi segelas air mentah
  • Jam 09.00 boleh minum tepung kerut yang tanpa dimasak hanya disedu dengan madu atau sedikit gula aren. Kalau perutnya lagi perih ya dilanjut dengan minum air kunyit dengan madu.
  • Jam 10.00 minum air mentah segelas lagi.
Siang :
  • Jam 11.00 siang makan agar-agar atau buah alpokat
  • Jam 12.00 makan nasi lembek dengan sedikit sup wortel dan kentang serta macaroni, lauknya pepes ikan patin.
  • Setengah jam kemudian minum morinda. Lalu minum lagi segelas air mentah.
  • Jam 14.00 makan agar-agar lagi atau buah papaya.
  • Jam 16.00 minum air kacang hijau yang direbus hingga pecah 1 gelas. Caranya kacang hijau segenggam cuci bersih. Rendam dalam air mendidih, tutup rapat. Jika sudah hangat kuku, kacang hijau beserta air rendamannya direbus, hingga kacang hijaunya pecah. Lalu langsung angkat dari kompor. Kalau sudah hangat kuku disaring. Ambil secukupnya untuk diminum beri gula aren/merah secukupnya. Sisanya boleh diminum lagi pada kali berikutnya. Jika sudah terlalu dingin boleh hangati dulu sebentar diatas kompor.
  • Jam 17.00 makan sayur sup lagi tanpa nasi.
Sore :
  • Jam setengah 6 makan nasi lembek tanpa sayur hanya dengan lauk pepes kelapa muda dengan telur ceplok rebus separuhnya.
  • Jam 18.00 minum morinda dilanjut minum segelas air mentah lagi.
  • Dari mulai jam 18.00 hingga tidur antara jam 21.00 atau jam 22.00 minum beberapa gelas air mentah, jika lapar hanya makan agar-agar, atau bubur beras merah dari nestle.
  • Jika malam terbangun haus atau lapar, saya tetap minum air mentah, air tepung kerut, atau bubur nestle yang banyak gizi tapi tidak memenuhi perut karena sedikit sekali sudah kenyang. Kalau sudah minum tepung kerut, ya tidak makan bubur nestle. Karena minum air tepung kerut 1 sendok makan yang disedu dengan air hangat dan gula merah secukupnya sudah cukup membuat lambung tenang. Dan langsung tidur kembali juga tak masalah, tak akan membuat maag atau gerd kita kambuh.
  • Menu ini setiap harinya berganti-ganti supaya tidak membosankan. 
Yang perlu diingat usahakan dalam setiap hari :
  • Makan nasi harus lembek.
  • Usahakan makan pagi dan siang dengan sayur dan lauk satu macam saja jangan dengan lauk macam-macam menghindari perut kekenyangan. Kalu sudah berlauk tahu ya tahu saja, jangan dengan lauk yang lain.
  • Dalam satu hari usahakan agar makan buah walau sekali untuk menghindari sembelit.
  • Usahakan dalam sehari bisa minum air minimal 2 liter syukur bisa minum air mentah.
  • Usahakan minum obat dokter atau obat herbal secara rutin jangan kalau lagi ingat atau lagi mau aja. Tetapi teratur atu istiqomah.
Hindari bumbu masak kimia yang manapun. Memang enak dilidah, tapi lambung yang bermasalah sangat sensitive terhadap bumbu-bumbu instan, dan kenyataan dilapangan, orang yang terbiasa banyak menggunakan bumbu-bumbu instan dalam makanannya, jauh lebih tidak sehat dari pada orang yang menghindarinya.

Demikian MENU KESEHARIAN SAKIT MAAG ATAU GERD, tentu dari kisi-kisi menu diatas kalian bisa membuat variasi sendiri, antara sayur, lauk, buah dan snack yang seimbang dalam sehari. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Jika ada yang tak berkenan mohon maaf yaa ?

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Hangat
Niniek SS
Labels: EDISI SPESIAL, Menu Harian, Pengetahuan

Thanks for reading Menu Keseharian Sakit Maag Atau GERD. Please share...!

54 comments on Menu Keseharian Sakit Maag Atau GERD

  1. Maaf mau tanya mbak kalau penyakit gerd dan maag akut itu apa mempengaruhi detak jantung juga? Saya kok merasa detak jantung nya kenceng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam

      Jika asam lambung pernah ke area jantung maka itulah yang terjadi, menyebabkan ritme detak jantung tidak teratur.

      Salam,

      Hapus
    2. Mau pesan bukunya gimana caranya buk Niniek SS ?? Ini wa saya 081379142342 ..

      Thanks😇

      Hapus
    3. Ini mbak Dina Agustina ya ?

      Untuk pemesanan buku, silahkan kirim nama + alamat lengkap + kode pos + nomor Hpnya ke nomor ibu Niniek yang ini : 0877.3259.8747 Oke ? Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  2. Balasan
    1. Mas Imran Djau

      Bagi penderita maag apalagi yang sudah kronis atau lama tak sembuh - sembuh, minum teh boleh saja. Tapi harus teh yang encer. Dan dari teh celup bukan teh tabur. Teh yang ditabur akan sangat perih pada lambung.

      Saya biasa minum teh cap Sariwangi celu, yang saya rasakan paling aman bagi lambung. Celupan pertama untuk orang lain. Baru celupan kedua dan ketiga boleh kita minum. Boleh dengan sedikit gula. Jika ada, merk gulaku, namun jika tidak ada ya bagaimana lagi ?

      Salam,

      Hapus
  3. Maaf numpang tanya, yoghurt atau yakult boleh diminum ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sakit maag stadium awal, minum yougurt atau yakult masih aman. Namun untuk stadium menengah apalagi stadium lanjut tidak aman, akan menyebabkan lambung sangat perih.

      Salam,

      Hapus
  4. Bu.. Kenapa ya sy sehabis makan lele kukus dgn di bumbui kunyit bawang putih ketumbar garam kepala sy langsung kliyengan ya bu? Rasanya seperti mau jatuh kalau berdiri.. Mohon pencerahannya bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seseorang tanpa nama

      Lele lemaknya tinggi. Jika anda gerd, dan penha ada asam lambung naik ke kepala, maka makan lele pasti akan langsung pusing atau kliyengan.

      Salam,

      Hapus
  5. Bu.... Knp yah setiap bgn pagi aku thu sllu lelah dan perut sy rasanya gak enak dan perut sy yg sebelah kiri kaya kempes

    BalasHapus
  6. Mas Ibnu Sabilah

    Bangun pagi, pastilah perut kosong. Sakit maag, jika perut kosong maka akan selalu muncul berbagai rasa sakit atau tak nyaman.

    Rasa yang dialami seseorang pada bangun tidur, itu mencerminkan kondisi kesehatannya. jika bangun pagi selalu merasa lelah, berarti system metabolisme tubuh tidak lancar. Peredaran darah tak lancar, atau tubuh banyak radikal bebasnya.

    Seseorang yang bangun pada pagi hari, ringan tubuhnya, segar, ceria, ini menunjukkan dirinya sehat wal'afiat.

    Salam,

    BalasHapus
  7. Bu kalau malam selesai makan kenapa saya suka sendawa terus menerus seeprti ada angin dan jika dimuntahkan paksa baru terasa enakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Firdja Henschel

      Insya Allah mbak Firdja kena gejala gerd yang masih awal. Harus diobati dengan seksama. Karena kalau sudah parah sangat luar biasa penderitaannya, sangat sulit kesembuhannya maksudnya memerlukan waktu yang panjang dan perjuangan yang keras, juga biaya yang tak sedikit.

      Mengapa kalau selesai makan kok suka sendawa terus menerus dan jika dimuntahkan kok merasa lega ?

      Gerd, itu kondisi lambung selalu penuh dengan gas, sehingga ketika bertambah penuh dengan makanan yang masuk, maka gas mendesak naik. Dan inilah yang mengakibatkan perut terasa begah, dan bersendawa. Dan ketika dimuntahkan, maka lambung berkurang, tentu akan merasa lega.

      Salam,

      Hapus
  8. Apakah gerd boleh abon? Karena gerd saya menjadi cemas tiap malam, tidak bisa tidur hingga diberi obat tidur saya jadi gampang parno dan takut sendirian apakah itu wajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Shinta Adelya

      Pada hakekatnya maag maupun gerd boleh makan abon, asal ketika makan ampas jangan sampai ditelan. Karena kasar, maka ampas abon ini akan melukai lambung kembali.

      Gampang parno pada gerd itu wajar. Karena hubungan lambung dengan otak sangatlah erat. Jadi jika lambung bermasalah, maka pikiranpun akan terkena dampaknya. Yaitu sering apa-apa takut, tak ada alasan yang jelas.

      Salam.

      Hapus
  9. Assalamu Alaikum
    Membaca banyak tulisan ibu, saya banyak bersyukur kepada Allah swt. dan berterima kasih kepada Ibu atas sharednya. Mohon maaf bu numpang tanya
    1. Apa air kelapa muda atau air rebusan daun pepaya aman buat lambung?
    2. Apa air mentah bisa ditampung sebelum diminum atau harus langsung dikonsumsi?
    3. Apa air bor saya higenis? Jarak dari jambang 10 meter. Akan tetapi, sekitar 2 meter dari lokasi bor ada selokan pembuangan. Hanya saja kedalaman bornya sekitar 25 meter.
    4. Apa memang gerd itu membuat pusing melayang-layang. Solusinya.

    Terima kasih atas petunjuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nusyirwan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Alhamdulillah jika blog ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkan. Saya juga sangat bersyukur kepada Allah SWT. yang telah memberikan ilmu serta pinjaman kemampuan serta kemauan untuk menuliskan artikel-artikel yang berhubungan dengan sakit maag atau asam lambung.

      Terima kasih atas kunjungan setianya di blog ini mas Nusyirwan.

      Saya akan mencoba menjawab pertanyaan mas Nusyirwan semampu saya. Insya Allah.

      1 ). Yang aman untuk lambung yang sakit adalah air kelapa tua yang untuk memasak. bisa diminum setiap hari, dalam jangka panjang, juga seberapa banyakpun seperti minum air sehari-hari sebagai pemenuhan kebutuhan tubuh. Misal 2 liter dalam 1 hari. Air kelapa tua ini sangat bagus untuk detox dari makanan sehari-hari yang tak dibutuhkan oleh tubuh tapi aman bagi lambung yang sedang sakit.

      Air kelapa muda, detoxnya bagi lambung ( apalagi yang sedang sakit maag, sangat keras, sehingga akan menimbulkan rasa lemas ). Namun air kelapa tua tidak.

      2 ). Bisa ditampung paling tidak untuk satu minggu sebelum diminum. Asal tempat penampungan bersih.

      3 ). Insya Allah masih bisa ditolerir, masih aman, karena perembesan air got tak akan mencapai kedalaman 25 meter.

      4 ). Gerd atau asam lambung yang naik bagaikan lahar gunung berapi. Ia bisa meleleh kemanapun ia mau dan tak bisa dibendung. Nah akibatnya bisa mengenai seluruh organ. Termasuk otak yang ada dibagian kepala. Pusing melayang-layang ini juga salah satu akibat dari naiknya asam lambung ke bagian otak sehingga mengganggu kesehatan kepala. Oke ?

      Semoga bermanfaat balasan ini.

      Salam,

      Hapus
  10. Assalamu Alaikum

    Terima kasih Bu artikelnya bagus saya baru didiagnosa dokter setahun terakhir ini dispepsia dan beberapa hari terakhir diagnosa ditambah gerd dgn keluhan sesak di dada dan sering sendawa beberapa kali
    Yg saya ingin tanya apa tg dimaksud air mentah ? Maaf saya tidak paham hehe dokter saya hanya menyarannya kan saya makan nasi dan sayur berkuah saja dan air putih selain itu stop mulai sekarang
    Apa kondisi yg saya alami masih bs disembuhkan
    Mohon saran dan masukannya
    Terimakasih

    Wassalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Fera Yayang

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Semoga sabar menjalani sakitnya ya mbak. Kalau sudah kena gerd memang banyak keluhan yang kemudian bermunculan silih berganti bertubi-tubi.

      Yang dimaksud dengan air mentah yang higienis adalah air mentah dari sumur yang sehat. Kriteria sumur yang sehat adalah yang airnya bening, tak berbau dan jauh dari cemaran lingkungan, paling tidak 8 meter dari jamban.

      Kondisi gerd mbak Fera masih sangat awal, dan insya Allah masih lebih mudah diobati.

      Saran Ibu, pesan buku maag di blog ini + minum air mentah yang higienis ( penjelasannya ada dalam blog ini ) + diobati segera dengan morinda ( penjelasannya juga secara rinci ada di blog ini ).

      Salam,

      Hapus
  11. Assalamualaikum Ibu,

    Mau tanya.
    1.Bubur beras merah nestle itu, apakah bubur yg utk makanan bayi?.
    2. Apakah ibu sewaktu asam lambung, mengalami penurunan berat badan? Kalau iya, sampai berapa kilo?. Dan bagaimana caranya utk menaikkan berat badan lagi?.

    Terima kasih

    Wass
    Tr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      1. Iya mbak. Bubur beras merah Nestle itu memang bubur yang untuyk bayi. Itu aman untuk lambung yang parah sekalipun.

      2. Saya selama 18 tahun sakit turun 25 kg, dari berat 56 hingga tinggal 31 kg, Persis seperti tengkorak hidup. Astaghfirullahaladziim.

      Untuk menahan agar berat badan tidak terus menurun saya minum air daun bayam potong, yang ditumbuk hingga lembut ( dulu belum punya blender he he ) lalu beri air 1/3 gelas, saring, beri 1 kuning telur ayam kampung dan madu 1 sendok makan.

      Resep itu saya minum kadang 2 hari sekali pagi sesudah makan, kadang 3 hari sekali gak pasti. Resep ini akan membuat HB stabil dan berat badan tidak melorot terus.

      Untuk menaikkan berat badan memang susah. Saya siasati, dengan makan makanan yang bergizi seperti ikan, daging, ayam dll namun ampasnya tidak saya telan tapi saya buang ( sepah/Jawa ).

      Itulah mbak, sekelumit pengalaman saya untuk menahan berat badan agar tak turun terus. Berat badan baru normal kembali seiring dengan laju kesembuhan maag dan asam lambung saya.

      Salam,

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum Bu
    Saya remaja 17tahun, dan baru akhir2 ini saya terkena asam lambung/GERD. Saya ingin bertanya;
    1.terkadang saya merasa kepala berat dan aga pusing di sore hari shbis pulang skolah sy tidurin kdg lgsg ilang apakah itu krn asam lambung?
    2.perut saya kdg suka bunyi pdhl tidak lapar itu kenapa ya?
    3.wktu itu saya suka tiba2 cemas dan detak jantung menjadi cepat, tp alhamdulillah skrang sudah normal lagi. Apakah itu tanda sudah kearah membaik?
    4.apakah mengkonsumsi telur rebus aman bagi penderita asam lambung?
    Terimakasih sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini siapa ya ?

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      1 ). Baik maag atau asam lambung, biasanya kambuhnya diwaktu lambung kosong atau kepenuhan. Sorehari ketika pulang sekolah kan lambung kosong, jadi timbul rasa mual, pusing atau kepala berat. Sebaiknya ke sekolah membawa bekal makanan untuk cemilan agar perut tak sampai kosong.

      2 ). Bunyi dalam perut biasanya karena ada gas yang sedang mencari jalan keluar dan saat itu gas bercampur dengan air didalam perut sehingga bunyi krucuk-krucuk. Ini biasanya tanda-tanda sakit maag atau asam lambung.

      3 ). Tiba-tiba cemas dan detak jantung menjadi cepat, itu dampak asam lambung yang naik ke area jantung sehingga mempengaruhi irama jantung, serta asam lambung yang naik ke bagian otak sehingga menimbulkan rasa cemas yang tak berujung pangkal. Jika sudah normal lagi, itu tandanya asam lambung sedang normal sehingga dampaknya tidan timbul. Tapi bukan berarti itu tanda kearah membaik. Itu tanda sedang mereda. Namun suatu saat bisa terjadi serangan lagi jika asam lambung tak diobati.

      4 ) Telur rebus yang aman bagi sakit maag hanyalah telur ayam kampung. Jika bukan telur ayam kampung memicu kambuh karena banyak mengandung hormon suntikan ketika masa pembesaran ayam potong.

      Salam,

      Hapus
  13. Assalammualaikum mbak .. Apakah kerongkongan seperti mengganjal itu . gejala GERD jg ??? Kmrn ega pergi k THT .. Kt dokter sembuhnya akan memakan waktu. .. Krn proses terbentuk sakitnya jg lama ... Apakah rasa mengganjal ini bs sembuh ya mbak ? Krn tidak nyaman ega rasakan . trims ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elga Lusiana

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf banget mbak Elga ibu terlewat balasnya. Rasa seperti mengganjal ditenggorokan itu terjadi dari asam lambung yang naik ke kerongkongan sehingga mempengaruhi terbentuknya lendir yang lengket yang menempel didinding tenggorokan yang makin lama akan makin menebal sehingga terkadang jadi sulit untuk menelan, karena tenggorokan menjadi makin sempit. Bahkan seringkali jika tidur seperti ada yang mencekiknya.

      Saya dulu juga mengalami seperti itu. Dan atas uijin Allah SWT,bisa juga sembuh lantaran terapi minum air mentah yang higienis dan minum morinda habis 4 botol.

      Kecuali itu juga memperbaiki pola hidup, yang semuanya sudah saya tuangkan kedalam sebuah buku berjudul "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" yang bisa dipesan melalui blog ini dengan harga 100.000 + ongkir. Silahkan kalau mau pesan.

      Demikian mbak Elga, semoga bermanfaat.

      Salam.

      Hapus
  14. Bu Saya mau bertanya ..
    1. Apa ada hubungannya asam lambung naik dengan vertigo ? Saya ada maag dan terkadang saya cemas berlebih dan pusing terasa semua berputar.

    2. Apakah penyakit ini bisa disembuhkan ? Saya sudah menghindari makanan pedas dan asam ( hampir bisa dikatakan mutih )

    3. Apa saran Ibu ketika asam lambung naik disertai vertigo? Apa pertolongan pertama yang bisa saya lakukan sendiri ?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pejuang Senyum

      Ini jawabannya mas Pejuang Senyum

      1. Vertigo ada hubungannya dengan naiknya asam lambung. Ini disebabkan sebelumnya sering terjadi naiknya asam lambung ke area otak, sehingga mengganggu kinerja syaraf otak yang berhubungan dengan peredaran darah di bagian kepala.

      2). Vertigo yang disebabkan naiknya asam lambung ke otak, tak bisa sembuh dengan hanya menghindari makanan yang bersifat pedas dan asam (hanya bisa mengurangi dampaknya sedikit saja, namun asam lambung yang menempel pada syaraf-syaraf otak harus dibersihkan. Hal ini, untuk saat ini baru bisa dilakukan oleh Morinda yang kinerjanya hingga ke tingkat sel, atau oleh biocypress produk untuk sendi dan syaraf yang ternyata bagus untuk mendukung kesembuhan maag dan asam lambung.

      3).Minum vitamin untuk regenerasi sel, agar menormalkan fungsi sel yang terganggu di bagian otak. Minum air hangat sebagai pelancar, dan istirahat untuk ketenangan.

      Salam,

      Hapus
  15. Asklm bu apakah penggunaan minyak zaitun saat menumis diperbolehkan

    Apakah saat makan harus berkuah bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. fila retnani

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika maag awal boleh, tapi jika sudah gerd. Segala macam minyak sebaiknya dihindari. Apalagi jika minyak zaitunnya tidak murni ? Sebaiknya, penderita maag/gerd makan dengan sayur berkuah. Seperti sup, sayur bening. Untuk membantu kelancaran pencernaan jika ada kuahnya.

      Salam,

      Hapus
  16. Ass.bu saya sakit di dada seperti terbakar panas rasanya seperti menjalar k kerongkongan sampai payudara tembus ke punggung atas rasanya sakit sekali bdn lemas perut kembung tp tak sampai muntah apakah ini terkena gerd gimans solusi sembuhnya busaya sdh coba sbr.sekarang sy minum temulawak.kt dokter positip lambung apakah mmng rasanya seperti itu.maksut ibu terapi air mentah itu yg langsug dari sumur waktu kpn minum nya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marchel AdiasP

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Ya seperti itulah keluhan keluhan GERD. Tergantung tingkat keparahannya. Itu masuk katagori GERD STADIUM MENENGAH. Lebih lanjut lagi maka semakin menyiksa penderitaannya. Untuk pengobatan maag kronis dan GERD, serta terapy air mentah silahkan hubungi ibu di nomor 0877.3259.8747 SMS/WA saja. Jangan telpon, sebab jarang bisa saya angkat karena seringnya saya sedang menerima telpon yang lain.

      Salam,

      Hapus
  17. Subhanallah...
    Sangat termotivasi membaca tulisan ibu,semoga saya mengikuti jejak kesembuhan ibu.
    Dibeberapa tulisan saya sampai tersenyum sendiri membaca kisah ibu mengenai bisikan dokter ke suami ibu perihal perlunya dirujuk psikiater hehe... karena saya juga pernah bernasib sama dibawa istri saya ke psikiater (tidak mampu menolak,karena khwatir mengecewakan istri).

    Sekarang genap 3 tahun bersama penyakit ini,dengan segala warna di setiap detiknya.Semoga tetap semangat bagi kawan semua yang sedang diuji dengan penyakit ini,selalu berbaik sangka atas takdir Alloh dan istiqomah dalam berikhtiar untuk menuju kesembuhan atas ijin Alloh subhanahu wa ta'ala.

    Jazakillah khoir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Alhamdulillah. Jazakumullah Khoir...atas kunjungannya di blog. Mohon maaf jika baru sempat balas, karena memang baru ada waktunya.

      Jika setiap orang menjalani sakit seperti Njenengan, insya Allah pasti akan menemukan hikmah sakit sekaligus kesembuhannya. Entah kapan tinggal menunggu waktu.

      Karena banyak orang sakit yang hanya menemukan kesembuhan tanpa mendapatkan hikmahnya, sehingga ketika sembuh dia tak akan mendapatkan perubahan apapun dalam hidup. Hidupnya masih hidup yang lama, bukan hidup baru yang dikehendaki oleh Allah SWT.

      Selamat ya mas/mbak, semoga tauhid senantiasa menaungi iman Njenengan.

      Salam Hangat,

      Hapus
  18. Saya udah kena penyakit maag awal bulan 12 tahun 2017, sampe skrng maag saya belum kunjung sembuh jg, bagi penulis blog ini minta sarannya agar saya bisa sembuh. Sdh 4 bulam jg aktivitas saya terganggu. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Julius HoK

      Mas Julius. Saran ibu, untuk kesembuhan mas Julius, silahkan pesan buku untuk panduan perawatan harga 100.000 + Ongkir. Usahakan bisa minum air mentah yang higienis. Air dari sumber mata air yang minimal jauhnya 8 meter dari septitank. pilih yang airnya bening dan tak berbau. Cara minum air mentah cari di blog ini. Lalu saran selanjutnya, unrtuk pengobatannya pesan BIO ALPHA untuk, konsumsi selama 1 bulan.

      Harga Buku 100.000 + Ongkir. Untuk BIO ALPHA sebulan 1.200.000 + Ongkir. Hampir semuanya sembuh dengan konsuymsi BIO ALPHA.

      Jika minat silahkan hubungi ibu via WA/SMS di nomor 085.228.401.939

      Demikian semoga balasan bermanfaat. Maaf baru sempat balas karena padatnya pekerjaan.

      Salam,

      Hapus
    2. Maaf ya bu bio alpha itu sejenis obat apa ya?
      Itu 1.200.000 dpt brp?

      Hapus
    3. Julius HoK

      Bio Alpha adalah superfood. Suplemen makanan. Bukan obat. Kaya serat, gizi, mineral, dan vitamin.
      Bisa berfungsi mendetoks semua racun dalam darah. Membenahi seluruh sistem dalam tubuh sehingga insya Allah semua penyakit bisa sembuh.
      Harga 1 paket (isi 3 box untuk 1 bulan) 1.200.000 + ongkir. Jika minat, silahkan hubungi ibu via SMS/WA di nomor 085.228.401.939.

      Salam,

      Hapus
  19. Menyambung cerita tadi ya bu, pertama saya kena penyakit ini, serasa org mau mati, kepala saya pusing, berat, jantung saya berdebar2 kencang. Seperti org ketakutan. Saya terkena penyakit itu sekitar waktu masuk sholat shubuh. Itu penyakit udah parah atau belum ya bu,. Keluhan saya skrng perut terasa panas, kepala pusing, badan lemas nggak ada tenaga gitu. Kalo saya makan bubur putih setelah makan perut saya terasa gak enak banget kayak orang lg sakit perut. Itu udah parah atau gimana ya bu. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Julius HoK

      Keluhan diatas masuk GERD stadium menengah. Sebaiknya segera diobati. Sebab kalau tidak, GERD bisa menjalar dengan cepatnya. Tahu-tahu parah. Dan kalau sudah parah seperti ibu dulu, Ya Allah penderitaannya seluruh tubuh kesakitan. Sebab seluruh organ bisa terkena imbas asam lambung yang sangat keras itu, sehingga menyebabkan komplikasi seluruh organ. Tapi insya Allah masih bisa diobati ala ibu, seperti yang sudah ibu sampaikan pada komentar sebelumnya (diatas).

      Demikian semoga balasan ini memberikan manfaat.

      Salam,

      Hapus
  20. Assalamualaikum bu..saya mau tanya kalau penderita gerd gmn sih kalau puasa? Bagaimana keluham saya terkadang dada panas atau perut panas kalau makan makanan yg gak aman utk lambung...gmn cara puasa yg aman utk penderita gerd..krn pasti nanti bln puasa perut akan kosong selama kurang lbh 14 jam...saya pernah coba puasa dan dada terasa panas yg bikin gak nyaman...makasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmi amelia

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Gerd yang aman untuk puasa adalah yang lambungnya tidak sakit. Yang uluhatinya sakit, biasanya tidak kuat untuk puasa. Namun jika kondisi memungkinkan sebaiknya tetap dicoba untuk berpuasa, karena sangat sayang sekali kan kalau tidak puasa ? Namun jika ditengah jalan tidak kuat, jangan dipaksakan. Jika bisa berpuasa, menu yang penting aman dan bergizi. Dan pada waktu berbuka, minum air putih yang hangat terlebih dahulu lalu langsung makan.

      Salam,

      Hapus
  21. Asalamualaikum buk. ..
    Saya sudah 3 bulan terkena asam lambung,yg saya rasakan brmacam2,alhamdulillah smpai skrg allah msih mmberikan kehidupan buat saya.
    Slama ini saya blum prnah mengalami asam lambung selama ini buk.yang rasa nya sprti srangan jantung, ulu hati naik, perut trasa kram,leher panas dan merinding trus buat jantung berdebar-debar kencang.tmbah lagi ini buk,stiap hari klau saya berbaring perut sring kedutan,apakah itu gejala asam lambung buk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ryan Richardo

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Ya. Semua itu adalah dampak dari asam lambung atau GERD. Organ yang terkena akan muncul keluhan yang gejalanya benar-benar seperti organnya yang sakit, misal jantung berdebar, sesak nafas dan lain-lain.

      Untuk kesembuhan ala saya, silahkan pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag + Minum Air Mentah Yang Higienis dan disempurnakan dengan pesan BIO ALPHA sebagai pamungkasnya.

      Namun yang lebih mendasar adalah, perbaiki hubungan dengan Allah SWT, dengan sesama (orang tua, saudara, kakak adik, tetangga, atau handai taulan ), agar dalam hidup ini tak ada ganjalan lagi. Hidup tenang dan bahagia adalah hidup yang tak ada ganjalan. Dan itu akan memunculkan kebahagiaan. Jika kita bahagia maka tubuh kita akan menjadi sehat. Sakit kita akan menjadi sembuh. Cobalah.

      Maaf ya sudah sangat telat balasnya. Memang baru ada waktu. Terima kasih atas kunjungannya di blog, mas Ryan. Sering-sering saja.

      Salam,

      Hapus
  22. Bu boleka penderita asam lambung makan dg krupuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Krupuk tak aman bagi lambung yang sedang bermasalah.

      Salam,

      Hapus
  23. klw cemil agar agar kan biar awet biasanya kita taruh d kulkas...gpp kh sekiranya dimkan dlm kondisi dingin agar"nya....trus mengenai morinda itu opsional j kh bsa d ganti yang lainnya soalnya sya mulai terapi dengan madu Assalamah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andrew Roy Septiawan

      Dengan alasan apapun penderita maag dan GERD tak baik makan/minum sesuatu yang sudah disimpan dalam kulkas. Jadi kalau bikin agar-agar secukupnya saja, lalu dikonsumsi tanpa masuk kulkas.

      Sekarang ada BIO ALPHA yang lebih efektif, lebih cepat sembuh dan reaksi detoxnya lebih ringan daripada Morinda. Untuk paket pengobatan 1 bulan harga 1.200.000 + Ongkir. Namun untuk kesembuhan optimal sebaiknya juga : Pesan Buku untuk perawatan harga 100.000 + ongkir, pesan WAVE untuk menanggulangi kecemasan karena orang sakit maag sering mudah panik harga 300.000 + Ongkir, dan usahakan bisa minum air mentah yang higienis.

      Jika minat, silahkan WA/SMS ke nomor : 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  24. Assalamualikum, sy mau tanya sy serinf merasa lapar biasa jedax cuma 2 jam lapar lg, kata dokter maag, tp sy tdk merasakan nyeri apapun, klu kambuh biasa jantung gak enak detakanx, tangan dan kaki serasa kram, serasa mau pingsan, apa btul itu maag atau gerd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sry Cahyani

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu sudah gejala gerd mbak. Karena keluhannya sudah merambah daerah diluar ulu hati seperti pada jantung, pada tangan dan kaki, apalagi disertai rasa mau pingsan. Maaf ya mbak baru bisa balas. Minggu-minggu ini tak sempat balas komentar.

      Salam,

      Hapus
  25. Assalamualaikum wr.wb.
    Bu saya mau tanya.saya menderita gerd..saya kok agak susah tidur y bu. apakah obat yang ibu minum supaya tidur menjadi nyenyak..?
    terima kasih jawabannya.

    wassalammuallaikum wr.wb

    ibu retno - kudus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Susah tidur bagi penderita maag dan GERD tidak bisa diatasi dengan tindakan darurat. Karena erat hubungannya dengan penyakit itu sendiri. Jadi bisanya nyenyak tidur kembali ya diobati dulu penyakitnya. Silahkan pesan BIO ALPHA untuk kesembuhan GERDnya. Hub saya WA nomor : 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
  26. Kalau penderita gerd boleh makan abon ga bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Abon boleh untuk GERD, asal jangan ditelan ampasnya. Ampasnya liat, susah dicerna, kalau ditelan bikin perut sakit banget.

      Salam,

      Hapus

Back To Top