SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Bubur dan Lontong Untuk Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim…

Puji dan syukur yang sesuci-sucinya hanya bagi Allah SWT. Pemilik Seluruh Hukum. Shalawat yang setinggi-tingginya dan salam yang penuh kerinduan semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin. Dan juga tak lupa Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam.

Pembaca Blog Yang Saya kasihi, dimanapun kalian berada…

Memang sangat repot memilih makanan ketika kita sedang sakit maag. Jika maag baru dalam stadium awal masih mending. Masih bisa makan apa saja, namun nafsu makannya yang entah kemana. Namun masih bisa makan nasi biasa, sayur dengan santan encer, ataupun dengan sayur ataupun lauk yang sedikit pedas.

Kondisi stadium awal, jika lapar memang lambung terasa sakit, keringat dingin lalu muncul pada ujung-ujung tangan dan kaki. Namun begitu ketemu makanan, terutama nasi dan lauk pauknya, dan segera kita makan, maka semua keluhan yang sebelumnya kita rasakan akan langsung menghilang sama sekali. Seperti tak pernah terjadi apa-apa dalam diri kita.

Namun jika kita sudah merasa lapar, lambung sudah perih, dan keringat dingin sudah merebak diseluruh tubuh sehingga jika kita pegang kulit kita seperti kalau kita menyentuh es, jika lama kemudian tak menemukan makanan terutama nasi, maka kondisi ini akan berkelanjutan dengan sakit yang amat sangat pada uluhati.

Hal ini akan terasa sekali pada kondisi lambung pada stadium menengah.Dimana lambung kita sama sekali tak bisa kemasukan masakan pedas, santan, yang merangsang, lebih-lebih yang bersifat kasar atau bersifat asam. Woouuw…jika kita salah makan, maka akan menjadi penderitaan yang panjang dalam hari itu, bahkan bisa berkepanjangan hingga hari-hari berikutnya kita masih akan merasakan sakit.

BAGAIMANA DENGAN BUBUR DAN LONTONG UNTUK SAKIT MAAG ?

Pada stadium menengah, kebanyakan kita sudah tak tahan makan nasi biasa. Mau tidak mau kita harus konsumsi nasi lembek atau nasi tim yang halus. Kalau tidak maka perut kita akan merasakan sakit sepanjang hari. Dan sayur yang bisa aman diperut kita ya hanyalah sayur-sayuran yang berserat halus seperti wortel, labu siam, labu panjang, kentang kuning dan labu kuning. Bukan sayuran berserat kasar seperti daun kangkung, kacang panjang, kol, brokoli, kembang kol, kecambah atau tauge, daun kacang panjang, sawi putih, caysim, yang jika kita makan akan menyebabkan perut melilit sakit sekali terkadang lalu menjadi keram.

Pada stadium menengah ini kita semua harus mulai hati-hati agar maag kronis kita tidak berkembang menjadi GERD. GERD biasanya berlangsung setelah melampaui stadium menengah.Karena pada stadium menengah ini mulainya kita merasakan sedikit-sedikit lapar, tak pernah ada kenyangnya.

Dengan kondisi sering merasa lapar ini menunjukkan tingkat keparahan dari lambung kita. Karena berapa banyakpun makanan yang kita makan, tidak seluruhnya bisa digiling oleh lambung serta tak bisa diserap semuanya oleh usus kita. Makin parah tingkat sakit maag kita, makin ia tak akan mampu menggiling makanan dengan baik, sehingga makin sempurnalah kekurangan tubuh kita akan nutrisi yang dibutuhkan. Maka sedikit sedikit terasa lapar.

Jadi jangan anggap remeh jika kita sebentar sebentar merasa lapar, ini bisa diindikasikan bahwa fungsi lambung dan usus ada masalah atau mulai menurun.

Jika nutrisi sering tak memenuhi kebutuhan tubuh, maka seluruh fungsi organ akan mulai terganggu, demikian juga dengan seluruh system metabolism tubuh juga semakin terkendala dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

Semakin terganggunya fungsi organ serta semakin kacaunya mekanisme system metabolism tubuh, maka badan akan merasakan keluhan yang bermacam-macam tak karuan.

Semakin badan tidak enak, maka para penderita maag semakin dihinggapi oleh rasa malas setiap saat. Maunya hanya ingin rebahan saja. Sebab mau mengerjakan ini badan tak enak, mau mengerjakan itu kepala pusing, mau memberesi ini lambung tiba-tiba perih sekali. Jadi hanya bingung dan panik yang ada pada orang-orang yang sakit maag.

Nah mengapa kemudian maag kronis kemudian bisa berlanjut atau berkembang menjadi GERD ? Jika sedikit-sedikit merasa lapar tentu kita akan segera makan lagi dan makan lagi. Waktu makan orang sakit maag itu sudah tidak normal lagi. Sehari bukan hanya 3 kali, namun bisa 5 hingga 6 kali sehari bahkan ada yang belasan kali. Seperti dalam dirinya ada makhluk lain yang ikut menikmati makanan yang dikonsumsi.

Dengan menumpuknya makanan yang ada dalam lambung kita, tentu kerja lambung dalam memproses makanan akan semakin berat, sehingga kadar keasaman lambung spontanitas ditingkatkan oleh system tubuh agar bisa mengimbangi banyaknya makanan yang harus digiling didalam lambung. 

Asam lambung yang kadarnya tinggi ini, dalam lambung yang berisi penuh makanan kadang-kadang lalu luber atau meluap keluar dari lambung dan hijrah kemana-mana.

Ada yang naik ke paru-paru sehingga menjadi kita sesak nafas. Ada yang naik ke rongga jantung sehingga ritme jantung menjadi kacau detaknya, ada yang naik ke tenggorokan menjadi sering radang, dan ada pula yang sampai naik ke daerah THT (Telinga, hidung dan tenggorokan). Inilah yang kemudian bisa menyebabkan radang atau infeksi telinga, telinga sakit dan berdenging, sinusitis atau flu yang tak sembuh-sembuh, migren, vertigo kepala yang terasa muter. Dan berbagai akibat yang ditimbulkan oleh asam lambung yang naik keluar dari area lambung atau istilah kerennya GERD.

Celakanya lagi. Orang yang sudah kena maag kronis, yang sudah sering merasa sedikit-sedikit lapar ini, tak bisa menahan kebiasaannya, sehabis makan pasti langsung ingin rebahan. Inilah pemicu terjadinya GERD yang sangat dominan ! Makan kekenyangan, dan langsung rebahan sesudah makan. 

Sedang jarak yang ideal antara waktu makan dengan bolehnya tidur paling tidak 3 atau hingga 4 jam. Jadi jika makan terakhir pada jam 5 sore, maka boleh mulai tidur baru pada jam 8 atau  jam 9 malam.

Orang-orang maag kronis selalu tak bisa makan nasi biasa. Harus konsumsi nasi lembek atau nasi tim yang halus. Apakah sepanjang waktu selama kita sakit selalu bisa rutin menyediakan nasi lembek atau nasi tim ? Sekali-kali tentu kita akan merasa jenuh dengan makanan yang tak mengundang selera tersebut. Lalu kita timbul ide bagaimana kalau ganti makan bubur saja tinggal beli di sebelah, atau makan lontong tinggal beli diujung gang, kebetulan ada tukang sate Madura disitu ?

Bagaimana makan bubur untuk sakit maag ? 

Bubur, memang halus, gampang dimakan dan gampang ditelan.. Tapi ada tapinya. Bubur jika dimakan, kadang-kadang tak perlu dikunyah, langsung bisa ditelan saking halusnya. Nah inilah cara makan yang sangat merugikan sebenarnya. Mengapa ? 

Dengan tanpa dikunyah dan langsung ditelan ini, maka bubur yang masuk kedalam lambung tidak bercampur dengan air ludah yang sangat banyak mengandung enzyme amylase yang sangat berguna dalam memperlancar pencernaan. Bubur yang masuk kedalam lambung tanpa enzyme ini, nutrisinya akan sangat lamban diserap oleh usus. Akibatnya jika keseringan makan bubur, tubuh kian lemas, dan kian kurus pula berat badannya.

Sebenarnya masih jauh lebih baik makan nasi lembek bagi sakit maag, jika dibanding makan bubur setiap hari. Apalagi kalau buburnya beli, tidak masak sendiri. Bubur yang dijual biasanya masaknya diberi santan agar gurih. Padahal orang sakit maag sangat tidak baik makan yang santan-santan, karena luka lambungnya tak akan sembuh-sembuh, dan lambung akan terasa mulas dan sakit oleh minyak yang terdapat didalam santan pada bubur tadi.

Makan bubur adalah pilihan terakhir bagi penderita maag jika memang makan apapun yang lain memang lambung sudah tak mampu menerima, alias terlalu peka, sehingga kesakitan jika konsumsi selain bubur. Jika masih bisa makan nasi lembek, lebih baik makan dengan nasi lembek saja.
Karena makan nasi lembek masih harus dikunyah dan nasi bercampur dengan enzyme amilasi, daripada bubur yang tanpa dikunyah langsung bisa ditelan.

Lalu bagaimana pula lontong untuk orang sakit maag ?

Lontong, memang termasuk makanan yang lembut. Namun nanti dulu. Tidak setiap lontong dibuat dari beras yang baru dipanen. Jika lontong ini dibuat dari beras yang masih baru dipanen, maka lontong ini memang sangat lembut dan baik serta aman dikonsumsi oleh orang sakit maag.

Namun jika lontong ini dibuat dari beras lama, apalagi jika dibuat dari beras raskin, maka lontong ini akan sangat keras, apalagi jika sudah dingin, akan sangat kerasnya. Oleh karena itu jika ingin makan lontong, pilihlah lontong yang benar-benar lembut, bukan lontong yang keras. Lontong yang keras ini jika dimakan orang sakit maag, akan menjadi masalah. Perut bisa sakit banget, begah tak karuan rasanya.

Tak bedanya dengan ketupat lebaran. Namanya sih ketupat, namun jika dibuat dari beras lama, maka jika sudah dingin akan sangat keras dan membuat lambung sangat sakit jika dikonsumsi.

Sebaiknya, untuk konsumsi apa saja, dicicip dulu sedikit, dirasa-rasakan dulu bagaimana didalam perut, cocok tidak ? Sesuatu apapun makanan, yang nantinya memang tak cocok pada lambung, seketika itu dimakan/diminum, maka beberapa saat kemudian akan langsung bereaksi, cocok atau tidak. Jika mencicip sedikit saja tidak cocok ya sebaiknya tak usah diteruskan, supaya tak menjadi malapetaka.

Demikian dulu ya tips saya hari ini, semoga menambah khasanah kalian tentang makanan yang aman atau taka man untuk sakit maag. Insha Allah sampai jumpa pada artikel mendatang. Semoga kalian bertambah baik kemajuannya dan sudah sembuh diwaktu-waktu yang akan dating. Doaku selalu untuk kalian semua yang saat ini belum sembuh sakit maag kalian.

Alhamdulillahirabbil’alamiin

Salam syukur selalu,
Niniek SS
Labels: GERD dan penyebabnya, Makanan Sakit Maag, Pengetahuan Baru

Thanks for reading Bubur dan Lontong Untuk Sakit Maag. Please share...!

48 comments on Bubur dan Lontong Untuk Sakit Maag

  1. Subhanallah...
    Semoga ilmu ibu bermanfaat dunia akhirat... Amiin.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah..

    Amin Ya Rabbal'alamiin. Terima kasih atas doanya semoga dikabulkan oleh Allah SWT. Terima kasih telah berkunjung di blog. Semoga bermanfaat.

    Salam Sehat.

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya smoga bermanfaat dan penulis sll diberikan keberkahan rahmad & ridlo
    Nya. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Mulyadi Suhendro,

      Sama-sama Pak, terima kasih telah mengunjungi blog. Aamiin Ya Rabbal'alamiin. Terima kasih pula untuk doanya yang tulis, semoga kembali kepada Bapak mendapat Naungan serta Kasih SayangNya. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  4. saat ini sy terkena asam labung awalnya mendadak tensi darah sy 160/100 seblmnya tensi sy selalu normal, awal ke dr. sy melalui klinik dr. klinik memberi obat darah tinggi. ternyata setelah ke RS. besar sy terkena asam lambung dr. menyarankan sy untuk tidak meminum obat darah tinggi tp sy tidak berani krn tensi sy sering kali mendadak naik. sampai saat ini sudah hampir 4 bulan sy minum obat darah tinggi. berobat rutin lambung baru hampir 1 bln. awalnya berobat lambung tidak yakin klau sy kena lambung jd sy tidak minum obat lambungnya. baru belakangan ini Saudara yang terkena lambung memberitahukan bahwa yang dirasa sama persis seperti yang yang dirasakannya, berat sy turun sampai 11,5 kg. sy mau infonya Bu apakah asam lambung bisa menyebabkan tensi darah naik? sedangkan di blog Ibu Tensi darah akan turun bila terkena penyakit lambung, tolong infonya Bu. karena sampai saat ini sy masih ragu dengan penyakit sy. sdh cek darah rutin semuanya baik2 saja.

    BalasHapus
  5. Mbak Mona Dian

    Terima kasih telah mampir di blog ibu. Pada kebanyakan kasus maag, memang pada umumnya penderita maag cenderung tekanan darahnya rendah. Hal ini disebabnya terbatasnya nutrisi yang bisa terserap oleh tubuh.

    Namun ada beberapa kasus dimana tekanan darahnya menjadi tinggi. Jika saya amati, pada para penderita maag yang tekanan darahnya cenderung tinggi, mereka karena bakat atau keturunan, atau penderita maag yang sering makan pada waktu malam hari. Meskipun yang dikonsumsi bukan yang lemak-lemak, maka tumpukan makanan yang terjadi pada malam hari akan menjadi tumpukan lemak jenuh yang tak diproses oleh tubuh karena malam hari metabolisme tubuh sedang berlangsung.

    Ini juga alasannya, mengapa penderita maag cenderung kena kolesterol tinggi, padahal konsumsinya sudah yang direbus-rebus ? Ya itu, sering makan berat pada malam hari.

    Jadi kasus Mbak Yulia, kemungkinan besar memang bisa dari asam lambung. Penderiota maag memang bisa menyebabkan tensi tidak stabil. Ada yang cenderung meninggi, dan ada yang cenderung sering dropp.

    Salam,

    BalasHapus
  6. Saat ini saya sering kali merasa kembung bab gak lancar perih dibagian tengah dada dokter bilang asam lambung semua jenis makanan pedas asam santan Udah saya gak makan smpai saya usg tapi hasilnya bagus, menurut ibu saya ni asam lambung ringan atau parah kenapa sekarang saya rasa dada suka berdetak gak karuan pikiran cemas rasa seperti mati atau kena serangan jantung menurut ibu saya trs berobat dokter atau minum herbal saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat tanpa nama,

      Insya Allah maagnya masih tergolong sedang, namun asam lambung (GERD) insya Allah sudah pernah mengenai bagian jantung sehingga menggangu kinerjanya, jantung sering berdetak kencang.

      Pikiran cemas juga menginsyaratkan bahwa betapapun sedikit asam lambung telah mengenai syaraf otak. Gerdnya juga masih ringan. Maka tidak terdeteksi oleh USG.

      Ibu sarankan : Pesan Buku ibu, minum air mentah yang higienis, dan konsumsi Morinda dari ibu. Insya Allah akan segera sembuh. Pumpung belum parah masih gampang diobati. Sebab gerd, jika sudah parah sangat susah pengobatannya, disamping memerlukan biaya yang banyak.

      Salam,

      Salam,

      Hapus
  7. Haduh Bu...baru skrg sy baca blog ini.....dan baru terjawab masalah lontong ini yg ada di otak saya......😋😕😕😕😕😕😕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Candra.

      Apa kabarnya ? lontong memang baik untuk dimakan bagi yang sakit maag mbak. Tapi ada tapinya. Jika dibuat dari beras yang lunak dan lontongnya lembek masaknya. Terkadang ada kan lontong yang keras ? Apaagi jika sudah dingin. Karena dibuat dari beras lama, dan membuatnya kurang air he he..Hati-hati juga ya kalau membeli lontong.

      Salam,

      Hapus
  8. Bu, apakah penderita maag kronis boleh makan abon sapi? Saya sedang dalam masa pengobatan, dan ingin makan nasi lembek dengan abon apakah aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa ya ini ? kok wanted ?

      Insya Allah aman, asal ampasnya tidak ditelan karena sulit dicerna oleh lambung.

      Menurut pengalaman saya, dulu ketika masih sakit, setiap habis makan abon, tak berapa lama pasti perutnya langsung sakit. Saya pikir terus apa sebabnya. Lalu saya coba, makan abon lagi, lalu hanya saya isep sarinya, dan ampasnya tiodak saya telan, namun saya buang.

      Alhamdulillah perut saya tak sakit lagi dengan cara makan abon yang demikian. Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  9. Bu mau tanya ibu saya mendadak asam lambungnya tinggi, dan perut rasnya sakit banget sampai tembus ke tulang blakang, dan mual",.. solusinya biar tidak mual d kasih apa ya bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aji Takaya

      Maaf baru sempat balas mas Aji. Paling efektif minum air kunyit yang diparut. Tapi kunyit kuning, dan yang anakan. Pilih yang besar. Bukan kunyit yang indukan lho, getahnya cukup keras di lambung yang sensitif. Sehari bisa 2 x pagi sore sebelum makan. Semoga ibunda lekas sembuh yaa ?

      Salam,

      Hapus
    2. Bu klo mau pesen buku gimana caranya?

      Hapus
    3. Unknown

      Untuk pemesanan buku, silahkan WA Nama + Alamat Lengkap + Nomor hp sendiri. Maaf baru sempat balas ya Mas/Mbak.

      Salam.

      Hapus
  10. Wuih, saya sangat membutuhkan informasi ini, karena saya berpikir lontong itu aman, tapi begitu setelah saya makan, langsung reaksinya bikin mabok, terima kasih ya Bu Niniek SS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iwan Junaidi

      Iya banyak orang menganggap bahwa lontong itu lembut, dan aman untuk lambung. Tapi ternyata, tergantung beras yang untuk membuat lontong, dan tergantung banyak sedikitnya air yang untuk memasak lontongnya. jika dibuat dari beras yang murah, dan memasak lontongnya kurang airnya, akan menjadi lontong yang keras dan kasar, dan ini bisa membahayakan lambung.

      Maka hati-hati ya memilih lontong untuk sakit maag.

      Salam,

      Hapus
  11. May Tanya mbaj, telur rebus boleh mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aksa Muhammad

      Telur rebus boleh. Yang pakling bagus adalah telur ayam kampung yang direbus matang muda, dimana kuning telurnya masih berwarna oranye belum menjadi kuning. Dan putih telurnya masih lembek belum mengeras.

      Salam,

      Hapus
  12. Assalamualaikum bu... Saya udh 2 bulan punya asam lambung. 2x masuk rumah sakit. Dan di diagnosa gastritis. Karena takut makan obat saya hanya konsumsi kunyit dan sari kurma. Tpi perut masih nyeri, dada sesak dan pusing. Akhirnya saya beraniin minum suspensi dan lanzoprazole yg di resepkan dokter. Alhamdulillah agak baikan. Dada tdk lagi sesak atau berdebar. Tapi kok perut kalo di tekan perih dan kalo abis makan kekenyangan gitu bu. Padahal makan sedikit. Apakah asam lambung saya ini blm ada peningkatan untuk sembuh? Kira2 mengkonsumsi vco dan madu bagus tidak??

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mimie

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Sakit asam lambung memang termasuk sangat sulit untuk sembuh. Tidak bisa sekedar minum obat lambung saja bisa sembuh. Harus terpadu antara keseriusan minum obat, menjaga makanan maag, menjaga istirahat serta menjaga pikiran.

      Kecuali itu, obat-obatan kimia yang untuk meredakan rasa sakit, memang bisa meredakan rasa sakit untuk sementara, namun harus hati-hati karena hampir setiap pereda rasa sakit hampir selalu mengandung zat yang justru bisa mengikis dinding lambung.

      Inilah sebabnya saat penderita mengkonsumsi obat pereda rasa sakit, rasa sakitnya hilang, namun kemudian setelah habis, justru perih lambungnya makin menjadi.

      Jadi mengobati maag sebaiknya kalau mau dengan obat kimia juga diimbangi dengan obat herbal yang memang berfungsi untuk mengobati luka lambungnya jadi maag/gerd benar-benar akan sembuh permanen.

      VCO dan madu baik untuk asam lambung, tergantung kualitas keduanya dan intensitas meminumnya.

      Salam,

      Hapus
  13. Assalamualaikum wr.wb

    Perkenalkan nama saya naufal,saya boleh bertanya bu?kebetulan sekarang saya sedang sakit asam lambung akut dan sekarang saya masih mengkonsumsi bubur beras putih untuk makan selama saya sakit,namun tadi istri saya sedang merebus daging ayam dan air rebusan daging ayam itu dicampurkan ke bubur putih saya,kira2 seperti itu apa masih aman untuk dimakan bu?

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika ayam kampung tak masalah, namun jangan ayam potong atau lehorn, karena banyak suntikan hormonnya.

      Salam,

      Hapus
  14. Assalamualaikum bu dokter
    Ayah saya menderita ppenyakit melena,apakah aman bila memakan lontong ? Jenis makanan apakah yg baik dikonsumsi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Mas Yayat Supriatna, Untuk kasus sakit melena dimana ada perdarahan luka pada saluran cerna, maka lebih aman bubur halus dari tepung beras atau tepung kerut. Lontong tidak aman, apalagi kalau pembuatannya menggunakan beras yang keras tektur nasinya, bisa menyebabkan luka pada saluran cerna lebih parah.

      Salam,

      Hapus
  15. assalamualaikum dokter, sya mau tanya..
    sebelumnya memang sudah periksa ke dokter kalo ibu sya maagh. tapi baru-baru ini ibu saya kalo makan nasi jdi lemes. makanya skrng mknnya pake lontong. knpa ya dok? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Husnul Hati

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.
      Maaf saya bukan dokter mbak, hanya sering mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan kesehatan, terutama ilmu lambung dan usus.

      Jika sehabis makan nasi merasa lemas, ada 2 kemungkinan. 1 Gejala maag atau gejala diabetes. Jika diabetes, tanda-tanda yang lain adalah, sering kencing, sering haus, sering lapar dan sering mengantuk, itu perlu segera diperiksakan ke dokter agar bisa ditindaklanjuti secara dini.

      Salam,

      Hapus
  16. assalamualaikum dok.. perkenalkan nama saya rio umur 20 tahun
    Saya punya penyakit asam lambung.
    Kira kira makanan apa yg pas untuk saya ya dok.. biar asam lambung saya tidak naik dan kambuh lagi. Saya sudah di periksa ke dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Yongky, ibu bukan dokter, tapi pengamat dan pemerhati penyakit maag dan asam lambung. Silahkan pesan saja buku ibu untuyk maag. Disana sangat lengkap memuat tips2 panduan untuk kesembuhan maag dan asam lambung. Hubungi ibu SMS/WA di nomor 0877.3259.8747

      Salam,

      Hapus
  17. Asslamualaikum bu..
    Seharian maag saya kambuh di sertai muntah2 dan diare..tpi stelah ke dokter mendingan lalu kenapa warna urine saya brubah spt kuning gelap/wrna madu..apa tidak apa-apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saidah arifin

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Warna urine yang berubah menjadi gelap setelah minum obat dari dokter, bisa jadi obat yang diminum meluruhkan endapan yang ada di saluran kencing, atau pada ginjal. jika demikian segera saja minum air mentah yang cukup.

      Salam,

      Hapus
  18. Assalamu'alaikum bu,
    Untuk tahap penyembuhan asam lambung makanan yg lebih baik apa aja ya Bu,, dan biar tidak ada pikiran,dan bab normal kembali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barry Hanjy123

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Untuk tahap penyembuhan asam lambung, silahkan pesan Buku untuk panduan perawatan saja Mas Shobary, disana sudah lengkap tentang segala hal untuk mendukung kesembuhan beserta tips2nya. Kalau ditulis disini terlalu panjang. Mohon maaf ya mas ? Terima kasih untuk kunjungannya di blog.

      Salam,

      Hapus
  19. Asallamu alaikum bu. Saya punya sakit maag yg kalau kambuh rasa sakit nya menjalar sampai kepala dan mata sebelah kiri. Mata saya seperti di tusuk tusuk dan di sertai muntah muntah. Yg kadang tiba tiba datang. Kira kira makanan apa yg cocok untuk saya ? Trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. GIE ROULI

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Makanan yang cocok jika ditulis disini terlalu panjang, silahkan pesan bukunya saja, disana sudah komplit saya tulis tentang menu makan, pantangan, serta tips2 sembuh lainnya.

      Hubungi saya di SMS/WA di nomor 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  20. Terimah kasih banyak soalx says sakit lambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Sama-sama. Semoga artikel ini dan yang lainnya, ada manfaatnya bagi pembaca yang setia. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  21. Boleh minta nmor telpon nya.. Saya pengen skultasi dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Ini nomor kontak saya : 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Silahkan WA/SMS saja, kalau telp seringkali saya tak bisa angkat karena sering baru ada kesibukan atau sedang menerima telp yang lain. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  22. Assalamualaikum bu,sangat bermanfaat sekali..
    Saya mungkin sudah termasuk lambung kronis,saya salahsatu penggemar makanan pedas asam santan,kemarin saya 3x masuk IGD keluhan sesak nafas keringat dingin dan mual,nyeri dada,punggung (sebelumnya saya sering diet tdk makan nasi/karbo) Sempat di rawat 4hari begitu pulang drop lagi saya coba minum obat sampai 3hari tapi gak kuat akhirnya ke IGD lg setelah di obsevasi agak enak bs nafas dan g terlalu mual...mual hanya keluar liur seperti busa,kadang gak bisa muntah juga karna gak kuat untuk mompa...
    Obat yang saya minum lansoprazole,domperidone,sucralfate,ondansetron... Saya juga mengalami susah tidur seperti gelisah walau mata tidur tapi pikiran dan telingan selalu on..
    Kira2 apa saja yg harus saya lakukan supaya cepat pulih...makanan yg bagus untuk lambung saya apa aja..dan berapa lama jangka waktu sembuh,berharap sembuh total...
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat.
      Kondisi itu adalah gejala GERD stadium menengah yang sudah mendekati lanjut. Jadi harus sungguh-sungguh diupayakan kesembuhannya segera. Karena kalau sudah menjadi lanjut, sangat sulit pengobatannya dan memerlukan biaya yang tak sedikit. Lagipula penderitaan jika sudah parah luar biasa. Orang melihat dari physiknya seperti orang sehat, padahal rasanya benar-benar menyiksa.

      Untuk solusinya hubungi saya SMS/WA di nomor 0877.3259.8747.

      Salm,

      Hapus
  23. 💞💞💞

    BalasHapus
  24. Assalammualaikum bu.
    Apakah asam lambung bisa sembuh permanen?jika bisa,apa obat untuk menyembuhkan ny buk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimas

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika masih awal sakit asam lambung bisa sembuh benar-benar, namun jika sudah stadium menengah hingga lanjut, tak bisa sembuh permanen. Masih kadang kambuh, namun derita keluhannya tidak sesakit sebelum kesembuhan.

      Ini Mas Dimas yang kemarin telp ibu ya ? Solusi yang terbaik untuk saat ini adalah dengan FIRMAX3 yang pemakaiannya hanya dengan dioles pada titik-titik nadi, dan sinergi kandungannyapun sangat signifikan untuk kesembuhan berbagai macam penyakit.

      Salam,

      Hapus
  25. Assalamualaikum bu...saya linda dari kota malang...mohon maaf...saya mau tanya...saya sakit maag sudah lama...makin kesini kok perut saya kayak makin rewel...makin sulit di obati...kemarin sempat ke IGD...dokternya bilang baik baik aja...padahal sudah di lab..hasilnya maag akut...yang saya rasakan perut perih kayak di tusuk tusuk...sampai tembus ke tulang belakang bagian kiri...kram di perut bagian bawah...pinggang sakit...mual...tp gak sampai muntah...sesak nafas... tenggorokan kayak ada yg mengganjal...rasanya kayak kering panas...cemas...panik... bingung...gelisah...susah tidur...sakit kepala sebelah...gak BAB...sering kencing...sering lapar...badan lemas...capek...sakit smua...badan semakin kurus...apa sakit maag saya tergolong sedang atau gimana bu??saya sudah keluar masuk IGD...dan sudah beberapa kali opname...saya merasa seperti putus asa...gak tau harus bagaimana...ini saya berobat jalan...saya di kasi resep sama dokter obat omeprazole..sanmag tablet..dan ondansetron hcl dihidrate..membaik tapi kalau obatnya habis..tidak kunjung sembuh...makanan yg di larang untuk penderita maag asam lambung sudah saya pantang...mohon pencerahannya... mohon maaf dan terimakasih buk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Mbak Linda di Malang,
      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Dari keluhan yang disampaikan itu asam lambungnya sudah stadium menengah ke lanjut mbak.
      Kalau hasil diagnose dokter semua baik-baik saja, berarti belum terjadi komplikasi organ.
      Namun kalau tak segera diatasi dengan serius, asam lambung bisa semakin parah dan penderitaannya semakin menyiksa.
      Obat kimia memang hanya mengatasi sementara, namun tak bisa menyelesaikan akar penyakit.
      Saya biasa mengobati kasus yang seperti mbak Linda dengan pemesanan Buku untuk paerawatan maag dan asam lambung + Herbalnya dengan Bio Alpha/Morinda Bioactives.
      Jika minat silahkan bisa hubungi saya lewat WA 0877.3259.8747 Terima kasih.

      Salam,

      Hapus

Back To Top