SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Bagaimana Sih Agar Maag Cepat Sembuh ?

Bismillahirrahmanirrahiim… 

Puji dan syukur yang sesuci-sucinya hanya bagi Allah SWT. Pemilik Seluruh Hukum. Shalawat yang setinggi-tingginya dan salam yang penuh kerinduan semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin. Dan juga tak lupa Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam. 

Pembaca Blog Yang Saya kasihi, dimanapun kalian berada… 

Apa kabar kalian semua sahabat ? Semoga pagi ini lebih melegakan dari hari-hari sebelumnya. Memang gampang-gampang susah ya untuk sembuh dari sakit maag ? Tapi lebih banyak yang susah sembuh, daripada yang sembuhnya gampang. Lha saya sendiri bukti nyata, menderita maag kronis, gerd parah malah akhirnya juga kena anxy hingga lebih dari 15 tahun. Tepatnya hingga 18 tahun sejak awal kena ! Karena sejak awal saya memang tak tahu apa itu sakit maag secara detail. Saya tahunya, sakit maag ya sakit perut. Bahkan kirain lambung itu jadi satu dengan usus e, maklum waktu SMP pelajaran biologi saya radak jeblog sih.

Maka agar kalian jangan berlama-lama menderita seperti saya, kutulislah perjalanan pengalaman sakit maag saya hingga kesembuhan dalam Buku Panduan “Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis”. Dengan harapan, dari sana, kalian bisa mempelajari meskipun tidak secara detail, apa itu sakit maag, bagaimana awal mulanya kena atau tanda-tanda awalnya, gejalanya, penyebabnya, hal-hal yang harus dihindari, makanan pantang, pemicu maag dan banyak lagi hal-hal yang memang perlu diketahui agar kalian bisa segera sembuh dari sakit maag kalian.

Pemicu kambuhnya sakit maag sebenarnya hanyalah 3 faktor, adalah : stress pikiran atau ketegangan jiwa, kelelahan fisik atau terforceer oleh pekerjaan dan makan tidak teratur atau pola dan menu makan yang buruk !

Jika kita bisa menjaga ketiga-tiganya dengan baik, mengatur keseimbangannya, insha Allah tak akan kena sakit maag, dan yang sudah terlanjur kena akan cepat sembuh.

Gampang-gampang susah juga mengatur hidup ini agar tidak stress, agar tidak terforceer pekerjaan dan mengatur pola hidup yang sehat.

Dalam buku panduan maag memang insha Allah sudah mencukupi tips-tips yang ada didalamnya untuk mendukung kesembuhan maag kronis maupun gerd. Namun yang terlebih penting adalah PRAKTEKnya ! bukan sekedar pemahamannya. 

Banyak orang yang kemudian menjadi faham akan sakit maag setelah membaca apa yang saya tulis dalam buku panduan. Namun jika tidak dipraktekkan dalam keseharian ya percuma saja ! Buat apa buku dibeli mahal-mahal 120.000 termasuk ongkos kirimnya ? Jika setelah dibaca, lalu difahami, tapi tidak dipraktekkan malah kemudian ngeyel bertanya yang tak ada hubungannya dengan isi buku ?

Sudah disampaikan bahwa semua makanan yang kasar seperti ayam goreng, atau makanan yang bersifat kenyal seperti jamur putih atau pempek sebaiknya tak usah dimakan karena susah dicerna kemungkinan bisa melukai lambung kembali…e…malah masih ngeyel, “Bu kan pempek dibuat dari tepung kanji, dan tepung kanji itu baik untuk sakit maag ?”…Sms seperti ini biasanya tak akan pernah saya balas, karena hanya memubadirkan waktu saja,saya tak mempunyai waktu panjang untuk menjelaskannya.

Banyak juga teman-teman yang tak percaya pada apa yang saya sampaikan dalam buku. Nah setelah mereka konsumsi : Bakso, empek-empek, ayam goreng, jamur putih, lemet, nah lu rasain sendiri ! Lambung berontak, perut keram, melilit kayak ditarik-tarik, lambung seperti diiris-iris kata mereka. Keluar keringat dingin, gemetar dan lemas. Lambung mereka kambuh !

Lalu mereka sms :”Tolong dong bu solusinya apa ? Tolong Bu..” setelah mereka ngeyel bahwa makan makanan seperti diatas itu tak akan menyebabkan apa-apa. Lalu saya dengan santainya akan menjawab sms mereka :”Maaf saya bukan dewi penolong yang bisa menyulap kondisi kambuh sembuh dengan tiba-tiba ! Bukankah saya sudah menyampaikan, bahwa makanan – makanan itu bisa mendatangkan petaka buat lambung yang lagi luka ? Mereka masih juga sms :”Tolong dong bu, maafkan saya, ternyata benar semua yang ibu katakan dalam buku”..

Hal-hal seperti ini menurut saya kemubadhiran yang tak perlu terjadi ! Akibat salah makan, maka tak akan bisa sembuh dengan spontanitas misal dengan air kunyit, air gambir, tepung kerut. Kambuh seperti ini hanya bisa diatasi dengan obat pereda rasa sakit oleh dokter, tapi ada ruginya lho minum pereda rasa sakit.

Karena memang rasa sakit bisa seketika berangsur-angsur mereda dan kemudian hilang, namun sebenarnya, menurut Dr.Hiromi Sinya ahli usus terkemuka dari Jepang, meneliti dan menyimpulkan bahwa pada pada setiap obat pereda rasa sakit selalu mengandung zat yang bisa MENGIKIS mukosa lambung. 

Lalu pertanyaan saya : Bagaimana jadinya jika lambung kita yang sudah tipis karena teriritasi oleh asam lambung, terus menerus konsumsi pereda rasa sakit yang juga akan mengikis mukosa lambung kita yang sudah tipis itu ? Ya lama-lama luka lambung kita bisa tambah menganga lebar dan bahkan bisa terjadi kebocoran lambung dan usus bukan ? Betapa ngerinya akibat yang bisa ditimbulkan oleh sakit maag, jika kita tidak tahu. Ataupun sudah tahu namun kemudian meremehkannya !

Inilah yang menjadi alasan utama mengapa sakit maag berobat kedokter tidak sembuh-sembuh tapi malah kian parah ? Bukan salah dokter yang memberikan obat pereda rasa nyeri kepada pasien sakit maag. Karena itulah tindakan medis yang memang harus dilakukan untuk menolong pasien yang menderita kesakitan. Termasuk pada bedah caessar melahirkan atau pada operasi-operasi besar lainnya.

Jarang pada pasca operasi dokter tidak memberikan obat pereda rasa sakit, karena pembedahan akan selalu menimbulkan rasa nyeri sesudah obat biusnya hilang. Saya tahu karena kelahiran putri saya satu-satunya juga dengan bedah caessar. Dan sejak itu pula lambung saya kian parah ! Belakangan saya tahu setelah membaca buku The Miracle Of Enzymnya Dr. Hiromi Sinya. Disana banyak banget ilmu tentang lambung dan usus yang selama iki kita ketahui salah kaprah !

Makanya disadari atau tidak, seseorang yang baru saja menjalani operasi pembedahan apapun, sesudahnya biasanya akan muncul gejala sakit maag, yang sebelumnya tak pernah mengalami sakit maag.Dan yang sebelumnya sakit maag tentu akan makin parah.

Ya itu tadi, karena dalam obat pereda rasa sakit mengandung zat yang bisa mengikis lendir mukosa pelapis dinding lambung.

Nah sekarang, bagaimana bagi orang yang kambuh lambungnya setelah salah makan ? Ya memang biasanya langsung menjadi reda, dengan pereda rasa sakit namun dengan resiko nantinya lambungnya akan tambah parah.
Jika tidak mau menanggung resiko konsumsi obat pereda rasa sakit, ya harus menanggung akibat salah makan tersebut. Paling tidak sehingga makanan yang salah tersebut, tergiling oleh lambung, dicerna oleh usus, dan sisa pencernaan bisa keluar sebagai bab. Oleh karena itu berapa kali saja saya mengingatkan jaga makanan, tahan keinginan, agar tidak menderita kekambuhan akibat keteledoran !

BAGAIMANA SIH AGAR MAAG CEPAT SEMBUH ?
Saya, mengapa hingga belasan tahun tak sembuh-sembuh ? Ya karena ketidaktahuan saya akan apa itu sakit maag sebenarnya. Jika saya sudah tahu sebelumnya, tentu saya tak akan berlama-lama sakitnya. Dulu ketika saya sakit belum mengenal internet. Sehingga saya tak tahu bahwa internet merupakan rimba ilmu. Baik ilmu yang putih maupun yang hitam. Ilmu yang bisa menyelamatkan manusia maupun ilmu yang akan menyesatkan manusia semua ada di internet. Jadi waspadalah dalam memilih ilmu yang ada di internet !

Dan waktu itu saya tidak tahu, dan tak mencarinya di internet. Dan buku yang beredar di pasaranpun tak ada satupun yang menjelaskan secara detail tentang sakit maag, gejalanya, tanda-tandanya, dan bagaimana penanggulangannya.

Ada sih buku-buku pengobatan tradisional di toko-toko buku. Namun hanya menjelaskan sekilas saja, bahwa sakit maag itu karena telat makan, tanda-tandanya perut sakit, mual dan tak ada nafsu makan. Hanya itu tok ! Tak dijelaskan yang lain ! Sehingga pemahaman saya tentang sakit maag ya hanya itu tok !

Ketika saya sakit, maka yang saya jalani ya hanya menjaga agar tidak telat makan saja. Tambahan dari dokter hindari makan pedas, asam dan yang kasar-kasar.Ya sudah ! Makan yang halus-halus, tidak pedas, tidak asam dan tak telat makan. Hari-hari saya jalani seperti itu, sembari terus berobat ke dokter, terus makan obat kimia ! Hingga tiga tahun yang pertama. Selebihnya saya STOP obat dokter !

Karena tak ada kesembuhannya blas ? Makin lama bahkan makin bermunculan gejala keluhan yang aneh-aneh. Yang tak masuk akal ! Tiba-tiba saja debaran jantung menjadi sangat tak beraturan seperti lonceng gereja. Ya Allah…apakah saya terkena sakit jantung ? Apakah saat kematian saya sudah dekat ? Begitulah bayangan pikiran saya berkelebatan.

Lalu saat lain keringat dingin muncul dikedua kaki dan tangan, sementara seluruh tubuh rasa panas seperti terbakar. Apalagi ini ? Apakah saya kena santet orang ? Begini amat sih rasanya ?

Lalu ketika salah makan perut sangat melilit, seperti ada goib yang menarik-narik usus lalu melepaskannya kembali, sakitnya minta ampun Ya Allah…Lalu tiba-tiba lagi…seperti ada ular yang berjalan-jalan didalam perut, kalau ia mengibaskan ekornya, sreeet ! perut jadi ssuuuuaaakit bukan main sehingga less…less…less pandangan menjadi gelap, badan luuemes sekali, tubuh gemetar hebat lalu tak ingat apa-apa…Yang sebenarnya itu adalah gas didalam lambung dan usus yang sedang mencari jalan untuk keluar. Jadi dia bebas bergerak kesana kemari semaunya sendiri.

Suami serta anak tak ada yang tahu kalau saya benar-benar pingsan saat itu. Karena saya terbiasa diam seribu basa jika ditanya ketika dalam kesakitan yang sangat. Dikiranya saya hanya diam menahan sakit bukan pingsan ! Padahal karena tak kuat menahan sakit itulah tanpa saya sadari saya benar-benar pingsan ! Berkali-kali kondisi seperti itu terjadi. Tapi kepada siapa saya harus bertanya ? Kepada dokter ? Dokter tak ada waktu untuk mendengarkan keluhan pasien panjang lebar ! Paling-paling lalu memberi rujukan agar segera diopname saja. Gampangnyaaaa…nyuruh opname !

Saya tak tahu kalau waktu itu saya pingsan. Yang saya tahu, hal seperti itu sangat sering terjadi. Kesakitan yang luar biasa, tubuh lemas gemetaran, kedua kaki dan tangan dingin, lalu pandangan gelap..dan saya tak mau jika diopname. Karena pulang dari opname, selalu bertambah parah lambung saya.

Saya hanya bertahan hidup dengan makan bubur, sayur tahu putih, telor ayam kampung yang direbus matang muda, rebusan labu siam. Belasan tahun ! Sedangkan buahnya papaya matang di pohon dan pisang ambon kuning yang masak dipohon, tapi saya lebih suka makan pisang ambonnya daripada pepayanya. Walaupun sulit mencari pisang ambon yang matang di pohon. Belakangan saya baru tahu kalau pisang ambon itu bisa untuk obat diare. Saya sendiri sangat bingung mensikapi sakit saya. Karena sering diare dan sering pula sembelit.

Jadi kalau sedang diare ya saya lebih banyak makan pisang ambonnya. Namun jika sedang sembelit saya lebih banyak makan buah papaya serta makan kentang kuning yang dikukus, sebagai obat pencahar yang alami.

Jadi sangat sulit ya, menentukan makanan untuk hari-hari. Harus melihat sikon lambung dan tubuh dulu. Tidak asal makan. Saya suka makan dengan telor asin yang pembuatannya tak lebih dari seminggu. Putih telornya masih lembut, dan kuning telornya belum begitu asin. Bisa kok pesan khusus pada tukang penjual telor asin. Sampai segitunya saya dulu dalam memilih menu makan. Tidak asal ada !

Beruntunglah serta bersyukurlah kalian kepada Allah SWT. Ilmu penderitaan maag ataupun GERD saya semua sudah saya jeblak semuanya dalam buku panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis dan dalam blog ini ! Insha Allah kalian tak akan menemukan ilmu maag sekomplit dan sedetail seperti yang ada dalam buku panduan yang saya tulis serta yang saya tuangkan dalam blog ini. Namun saya lihat tulisan saya sekarang ini sudah mulai di copy paste oleh blog sebelah tanpa seijin saya dan tanpa sepengetahuan saya untuk menjual produk-produk mereka he he…

Alhamdulillah…jika ilmu yang mereka copy paste dari blog ini dibaca oleh orang dan mereka mempraktekkannya, lalu Allah ijinkan sembuh, berarti saya juga tentu akan mendapat bonusnya dari Allah bukan ? Hanya sayangnya mereka, pemilik blog sebelah mendapatkan tulisannya dengan jalan copy paste tanpa ijin, alias mencuri, itulah yang tak halal dan tak berkah, sehingga hasil jual produknyapun jadi tak berkah buat anak cucu. Iya kan ? Saya tak mendoakan jelek, ini adalah hukum keseimbangan. 

Saya sengaja tak melindungi tulisan saya, memang agar bisa diprint bagi yang membutuhkan. Tapi bukan untuk dicopy paste bagi penjualan produk mereka yang terkadang tak bisa dipertanggungjawabkan bagi kesembuhan lambung maupun GERD. Ingat ya teman. Berhati-hatilah dalam membeli produk di internet. Karena penjualnya seringkali belum pernah mengkonsumsinya kok !

Saya berusaha untuk konsekuen. Bahwa semua produk yang saya tawarkan baik dalam buku panduan maupun di blog ini, semua sudah pernah saya konsumsi atau saya pakai. Jika saya bisa cerita tentang manfaat morinda, tepung kerut, air mentah, green palapa yang sekarang namanya jadi N-Green, atau Gamalife yang sekarang jadi kapsul Gamat, habbat’s zaitun dan lain-lainnya karena sayapun pernah mengkonsumsinya dan tahu persis manfaat atau reaksi ketika mengkonsumsinya. Jadi bukan katanya-katanya.

Jika saya juga cerita tentang kalung atau tasbeh jenitri, tasbeh kayu kaokka, atau Liontin Orgonite, ya karena sayapun menggunakannya dan tahu manfaatnya. Masing-masing punya fungsi dan manfaat. Dan setiap produk yang saya tawarkanpun mempunyai harga dari yang sangat terjangkau hingga yang harus diusahakan.

Kita terdiri dari segala lapisan ekonomi. Ada yang benar-benar sudah habis-habisan uangnya untuk berobat, dan ada pula yang uangnya masih berlebih. Tapi ada kesamaan diantara mereka, adalah belum sembuh-sembuhnya itu lho…Nah tentu saya tak pilih kasih. Saya tak boleh hanya menawarkan kepada mereka yang punya duit saja, tetapi saya justru lebih memikirkan mereka yang belum sembuh-sembuh, namun benar-benar sudah tak punya sesuatupun untuk berobat ! Karena dulu sayapun pernah jatuh fakir karena sakit ini.

Saya doakan kepada kalian yang belum sembuh namun sudah tak mempunyai sesuatupun untuk berobat ! Allah Maha Kaya, Maha Tahu, Maha Kasih Sayang. Tak perlu kalian khawatir ! Merataplah dengan seluruh jiwa raga kalian kepada Allah Sang Maha Penyembuh. Meskipun hanya dengan sepotong kunyit, jika Allah ijinkan sembuh, maka kalian akan sembuh ! Kalian jangan iri kepada mereka yang bisa berobat dengan morinda.

Jadi janganlah bertumpu kepada ikhtiyar kalian ! Namun bertumpulah kepada turunnya Ridho serta kasih sayang Allah. Kunyit dan morinda, dalam pandangan tauhid adalah sama, hanyalah sebentuk ikhtiyar. Yang Allah lihat bukan dengan apa kalian ikhtiyar, namun BAGAIMANA kalian berikhtiyar ? Sudahkah kalian dengan sungguh-sungguh mengandalkan Ridho serta kewenangan Allah, ataukah sekedar mengharap serta mengandalkan obat yang kalian minum meskipun harganya selangit sekalipun ?

Nah inilah yang ingin saya sampaikan kepada kalian, BAGAIMANA SIH AGAR MAAG CEPAT SEMBUH ? Adalah :
  • Berusaha mengenali apa maunya Allah dalam sakit kita. Mengapa Allah ijinkan kita sakit maag kronis, yang berlanjut menjadi GERD bahkan lalu terkena anxyetas pula.
  • Ikhtiyar lainnya adalah berusahalah mengendalikan nafsu.
  • Mengendalikan nafsu makan, contoh : seberapa enaknya to makan ayam goreng, bakso, empek-empek, mie instan, soto ayam, dan sejenisnya ? Kalau sudah tahu akibatnya nanti maag dan GERD bakalan kambuh ? Namun kita kan sering membantah diri sendiri, :”Halah gak papa, sedikit ini…” walaupun ketika makan juga dengan rasa was-was serta kekhawatiran. Akhirnya ketika rambu-rambu itu kita langgar, ya kambuhlah maag kita. Ah gak papa ada Bu Niniek, kan bisa konsultasi ! Enak aja ! he he…ngeyelnya didulukan, giliran kambuh urusan Bu Niniek. Gak ngenaki banget to ?
  • Mengendalikan nafsu untuk bekerja, contoh : Hari ini badan rasanya sudah gak enak banget, tapi tetap kita paksakan juga untuk masuk bekerja, karena kerjaan masih numpuk di kantor, gak enak sama boss kalau tak masuk. Nah, akhirnya kita paksakan masuk kerja juga. Lalu akibatnya apa ? Kerjaan juga gak bisa terselesaikan, badan dropp malah kemudian harus masuk Rumah Sakit ? Sebenarnya hal-hal seperti ini bisa kita hindarkan jika kita bisa mengendalikan nafsu, nafsu untuk bekerja !
  • Yang ibu-ibu rumah tangga juga demikian. Merasa diri sedang tak enak lambungnya, ya istirahat. Tak usah dipedulikan baju-baju kotor yang menumpuk dan cucian piring yang seabreg. Mungkin lantai kotor yang belum disapu atau di pel. Istirahatlah dulu. Tunggu kalau nanti lambung sudah cukup enak, baru bekerja dengan hati-hati dan yang ringan-ringan saja. Karena sakit lambung tak boleh untuk angkat yang berat-berat.
  • Mengendalikan nafsu berpikir liar ( nafsu berpikir liar itu memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi dan tak ada manfaatnya sama sekali ). Sore ini mendung tebal sekali. Putri kita yang sekolah belum pulang. Padahal dia naik angkot. Bagaimana kalau sudah sesore ini, hujan lagi, dia tak dapat angkot, sendirian dipinggir jalan, menanti angkot, nanti kalau ada orang jahat bagaimana ? bagaimana ? dan bagaimana ?
  • Kecemasan-kecemasan seperti ini memang beralasan. Tapi tak perlu terjadi. Seberapa jauh kecemasan pikiran kita bisa menolong keadaan anak kita yang mungkin tidak seburuk seperti yang kita bayangkan ? Padahal anak kita sedang nyaman dalam mobil sahabatnya yang dijemput oleh supirnya, dan karena sahabat anak kita kasihan kepada anak kita, maka sekalian saja ia minta tolong kepada supirnya untuk mengantar anak kita pulang kerumah !
  • Daripada kita berpikir liar, lebih baik kita lari mencari Allah. Dan berdoa : Ya Allah, tolonglah putriku yang sore ini belum pulang. Lindungilah dia dari segala halangan. Ya Allah tolonglah. Hanya Engkau sebaik-baik penolong. Dan tanpa pertolonganMu maka kami tak mempunyai daya kekuatan apapun. Terima kasih Ya Allah. Dan bacalah shalawat Nabi agar Allah SWT.Ridho atas doa kita lalu mengabulkannya.
  • Mengendalikan nafsu amarah. Nah ini nih, yang sering menjadi biang keladi maag atau GERD kita kambuh. Jangan sedikit-sedikit marahlah. Tahan atau buanglah rasa marah itu. Marah kepada diri sendiri yang tak sembuh-sembuh. Marah kepada orang-orang disekitar kita yang tak bisa merawat kita sesuai keinginan kita. Marah kepada dokter yang tak dapat mendiagnose sakit secara tepat, sehingga sudah bolak balik ganti obat namun belum sembuh-sembuh juga. Marah kepada Allah yang tak mau memberi kesembuhan. Marah kepada suami yang kerja sudah malam tak pulang-pulang juga, padahal tahu isterinya lagi sakit parah. Marah kepada anak-anak yang susah diurus dan tak mau ngerti kalau emaknya lagi sakit. Serta banyak kemarahan-kemarahan lain, yang ujung-ujungnya justru membuat rasa sakit makin bertambah sakit. Iya kan ? SABAR…SABAR…dan BELAJARLAH UNTUK BERSABAR itulah kunci kesembuhan teman.
  • Belajar membangkitkan rasa syukur. Susah memang. Sakit dan menderita kok suruh bersyukur. Apanya yang harus disyukuri ?
  • Loh banyak teman ! Umur ! Alhamdulillah, kita yang banyak dosanya ini belum dicabut nyawa kita, sehingga kita masih mempunyai peluang untuk bertaubat kepada Allah SWT. Anggauta badan kita lengkap. Berapa milyard saja nilainya, jika kita boleh menghitung setiap nikmat itu dengan nilai uang ?  Jika orang kaya kecelakaan, matanya hilang satu. Berapa ratus juta biaya yang harus mereka keluarkan untuk tranplantasi mata, ginjal, jantung mereka. Berapa biaya untuk membuat kaki atau tangan palsu ? Sudah rasanya tak nyaman, mana masih harus kehilangan biaya banyak. Ya nggak ? Jadi meskipun kita ni sedang sakit kayak gini ? masih berjuta nikmat dari Allah yang bisa kita syukuri. Tentang syukur ini kita bahas besuk aja ya teman ? Artikel ini sudah terlalu panjang, nanti saya bisa kena pinalti sama mbah Google lho !
Nah itu dia, salah satu Tips, bagaimana sih agar kita cepat sembuh ? Semoga bermanfaat bagi kita semua yah ?

Alhamdulillahirabbil’alamiin.
Salam Hangat Penulis,

Niniek SS
Labels: EDISI SPESIAL, Hal-hal penting untuk diketahui, Kiat-Kiat Sembuh, Mengatasi Sakit Maag

Thanks for reading Bagaimana Sih Agar Maag Cepat Sembuh ?. Please share...!

10 comments on Bagaimana Sih Agar Maag Cepat Sembuh ?

  1. Gorengan, asem, pedas, santan, ubi, mangga dan kol. Itu makanan2 yg saya hindari.

    Sebetulnya bu, menurut saya penyakit ini BUKAN dari APA makanannya, tetapi bagaimana CARA PANDANG kita terhadap makanan itu.

    Kayak misalnya setelah saya baca artikel ibu, saya bingung, kok ibu bisa makan pisang ambon? Sementara saya malah gak enak perutnya kalau makan pisang ambon.

    Di sisi lain, kok ibu gak bisa makan jamur putih, timun dan soto ayam?? Sementara perut saya enak banget setelah makan itu.

    Teman saya yg asam lambung juga, lha dia malah gak masalah makan gorengan.

    Udah gitu kalau saya baca di artikel ini bilang brokoli gak bagus, sementara di forum pada bilang brokoli itu gak apa2!

    Makanya saya jadi mikir, penyakit ini ternyata dari dalem diri kita sendiri ya.



    Menurut saya, tiap orang beda2 soal makanan apa yg bikin perut mereka nyaman dan mana yang tidak, karena masing2 punya pandangan yang berbeda2 soal kesehatan.

    Intinya, kunci agar sembuh dari penyakit lambung: BERBAHAGIA.

    Terima kasih sudah di share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Karima Andita,

      Terima kasih ya telah mampir di blog ini. Semua apa yang saya sampaikan dalam blog adalah kebenaran. Soal pisang ambonpun benar. Jika itu adalah pisang ambon jenis yang kulitnya kuning bukan yang hijau, dan masak di pohon. jika pisang ambon yang hijau, ataupun yang kuning tapi masaknya hasil dikarbit, tetap perih di lambung.

      Saya sudah berkali-kali sampaikan dalam blog, mungkin pada artikel yang lain, bahwa kondisi lambung tiap-tiap orang adalah lain-lain, tidak sama antara satu dengan lainnya.

      Oleh karena itu suatu makanan boleh jadi cocok untuk si A tidak cocok untuk si B. Dan semua yang saya tulis dalam artikel, sejak awal kan saya jelaskan bahwa semuanya pengalaman saya pribadi yang barangkali bisa dijadikan kisi-kisi atau ancer-ancer bagi yang punya sakit lambung. Paling tidak diharapkan bisa membantu bagi teman-teman yang masih buta sama sekali soal sakit lambung.

      Dan saya sering sampaikan, bagi semua teman-teman sakit maag, agar mencicipi sedikiiit dulu apa saja yang ingin dimakan/diminum. Sebab jika makannya sudah terlanjur banyak, padahal makanan itu tidak cocok, maka bisa berakibat fatal, lambung sakitnya bukan main.

      Itu saja yang dapat saya sampaikan. Oh ya soal kebahagiaan memang benar, menjadi dukungan yang besar buat kesembuhan, karena kebahagiaan akan memunculkan banyak ensyme dalam tubuh seseorang yang mana ensyme itu sangat dibutuhkan bagi kesehatan.

      Terima kasih untuk masukannya, menambah wawasan kita semua.

      Salam Santun,
      Niniek SS.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Mas Wawan Fibriansah

      Terima kasih Mas Wawan. Semoga ada manfaatnya.

      Salam,

      Hapus
  3. Assalamualaikum bu niniek, saya iman perdana, menderita gerd udah 3 minggu, saya mau nanya apa benar air tepung kanji ,juga tape singkong dapat mengobati magh/gerd.. Terimakasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iman Perdana

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Air tepung kanji jika telaten saban hari minumnya dan perlu waktu berbulan-bulan bisa obati maag. Tapi untuk GERD tidak. Kalau tape singkong saya tidak tahu mas.

      Salam,

      Hapus
    2. Iman Perdana

      Sama-sama mas, semoga lekas sembuh ya ?

      Salam.

      Hapus
  4. Assalamualaikum bu
    Apakah aman minum perasan kunyit jangka panjang untuk maag?
    Saya kok sering lapar kalo makan nasi lembek ya. Tp klo g terlalu lembek awet kenyangnya.. Gmn solusinya bu? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fawwaz Fitrah

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Sebaiknya minum kunyit jika lambung terasa perih saja, karena kunyit fungsinya adalah untuk menyembuhkan luka, serta mengandung zat antibiotik alami. Antibiotik penggunaannya terbatas untuk mengantisipasi radang dan inveksi.

      Salam,

      Hapus

Back To Top