SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Kolesterol Tinggi Pada Penderita Maag Kronis

Bismillahirrahmanirrahiim…

Puji dan syukur yang sesuci-sucinya hanya bagi Allah SWT. Pemilik Seluruh Takdir. Shalawat yang setinggi-tingginya dan salam yang penuh kerinduan semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin. Dan juga tak lupa Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam.

Pembaca Blog Yang Saya kasihi, dimanapun kalian berada…

Subhanallah…tiap hari selalu saja ada kasus-kasus baru keluhan sakit maag dan GERD yang saya baca lewat sms, atau saya dengar dari telpon teman-teman penderita maag kronis dan GERD dari seluruh Nusantara.

Sebagian yang mereka keluhkan adalah rasa lemas, badan gemetaran serta rasa was-was serta panik yang berlebihan, karena mengalami berbagai keluhan yang membingungkan.

Diantara keluhan yang disampaikan, ada keluhan yang menarik untuk dipelajari, ialah, mengapa pada sebagian besar penderita maag kronis menderita juga kolesterol yang tinggi, rata-rata diatas 250 ! Padahal mereka sudah tak pernah makan gorengan, menghindari masakan santan-santanan, tak pernah lagi makan yang daging-dagingan penyebab kolesterol tinggi. Dan yang mereka konsumsi sehari-hari hanya sayur-sayuran serta lauk yang semuanya direbus.

Lalu apa sebenarnya penyebabnya ? Sayapun ketika sakit maag dulu bahkan kadar kolesterol saya hampir mencapai kisaran 300, sehingga rasa badan lemas sekali, mata hampir tak bisa melek, dan leher serta tengkuk rasanya kaku dan berat sekali seperti ada beban yang menggayuti. Kaki rasanya seperti kaki gajah, terasa besar dan berat untuk berjalan. Dan kolesterol ini sulit sekali untuk diturunkan. Sedikit bisa turun jika sudah minum obat dari dokter. Namun begitu obat dari dokter habis, maka kolesterol akan kembali melejit tinggi lagi.

Saya pikir dari seringnya makan telor ayam kampung yang saya rebus mateng muda, atau kadang-kadang saya rebus setengah matang saja. Karena sejak kecil memang itu makanan yang termasuk favourite saya, kalau ada siih…

Tadinya saya pikir dengan sering makan telur ayam kampung yang saya barengi dengan rutin minum madu murni, akan membuat stamina saya terjaga. Setidaknya bisa menghambat turunnya tekanan darah saya akibat kurangnya nutrisi yang masuk karena sakit maag ini.

Memang benar, kondisi fisik saya agak terjaga jika makan telur ayam kampung. Telur ayam kampung yang sering diberi oleh para tetangga. Jika membeli sendiri kami sering tak ada uang !  Jika  dalam beberapa hari saja tak makan telur ayam kampung, dan hanya makan nasi lembek serta menu harian tahu yang dimasak terik pakai santan namun yang saya makan hanya tahunya saja tanpa kuahnya, lalu labu siam muda yang direbus, maka badan akan dropp dan tak bisa ngapa-ngapain.

Tubuh lemas bukan main, pandangan gelap, dan tak punya tenaga sama sekali untuk menopang tubuh bisa duduk atau bangun dari tempat tidur. Dulu, selama bertahun-tahun saya sering makan sambil tiduran, disuapi oleh anak atau suami saya karena terkadang untuk mengangkat sendok saja tangan tak kuat. Betapa lemahnya diri saya dulu ketika masih sakit. Bagaikan onggokan batang pisang yang tak berguna. Hanya merepotkan keluarga saja.

Jika saya sekarang bisa diberi kesembuhan seperti ini oleh Allah, tentu saya tak boleh main-main dalam menghaturkan syukur saya kepada Allah SWT. 

Saya mampu menulis meskipun sangat standar tulisan saya, tak mengapa. Saya harus terus menulis apa yang saya tahu, dan apa yang pernah saya alami untuk saya bagikan kepada kalian semua, pembaca setia blog ini. Siapa tahu, dari pengalaman saya, ada manfaat yang dapat kalian petik, sebagai jalan kesembuhan, yang kalian idam-idamkan semua.

Motto saya dalam menulis adalah kejujuran dan apa adanya. Jika ada sesuatu yang saya tulis ada pertentangan atau perbedaan data, bukan maksud saya untuk menyampaikan kabar bohong atau mengada-ada kepada kalian. Tetapi itu hanya soal daya ingat atau memori otak saya saja yang penuh keterbatasan. Kadang ingat terkadang juga lupa. Ini bukan masalah pikun. Daya ingat saya masih bagus kok he he. Mudah-mudahan saja, saya selalu diberkahi oleh Allah SWT. panjang umur, ditambah-tambahi kesehatan saya, semangat saya, dan keikhlasan saya untuk tetap berbagi pengalaman kepada kalian semua, pembaca blog saya yang teramat sederhana ini.

Kembali ke masalah tingginya kolesterol pada para penderita maag kronis

Sejak lama hingga beberapa waktu yang lalu saya sering berpikir keras memecahkan teka-teki ini. Mengapa dan mengapa ? Karena browshing di internet juga tidak mendapatkan jawaban yang saya harapkan, maka seperti biasanya jika saya sudah berikhtiyar mati-matian tetapi belum memperoleh hasil, maka saya tanyakan hal ini dalam doa kepada Allah sehabis melakukan sholat. 

“Ya Allah kenapa sih, para penderita sakit maag kronis banyak yang menderita kolesterol tinggi, padahal yang mereka makan sudah menghindari makanan penyebab kolesterol. Yang mereka makan hanya sayur-sayuran dan laukpun yang direbus-rebus ? Mengapa Ya Allah ? Tolong Ya Allah berikan jawabannya agar kami tak kebingungan lagi. Tolong Ya Allah…Engkau Maha Mengetahui yang tersembunyi, dan Maha Kasih Sayang kepada yang membutuhkan pertolonganMu. Saya yakin Engkau akan memberikan pada saat yang Engkau Kehendaki Ya Allah, Tuhan Seluruh makhluk..Amiin.” Lalu saya membaca shalawat Nabi banyak-banyak untuk memohon keRidhoan Allah atas doa saya tadi.

Doa itu saya ulang setiap habis sholat. Hampir tak pernah lupa, karena saya penasaran sekali. Lama ada beberapa waktu saya terus berdoa seperti itu, karena belum juga mendapatkan jawaban atas teka teki kolesterol tinggi pada orang sakit maag kronis tersebut.

Sampai suatu hari, tanpa sengaja, pada pertemuan ibu-ibu PKK RT di komplek perumahan tempat tinggal saya, disampaikan tentang beberapa nasehat Rasulullah SAW.

Salah satu nasehat yang disampaikan adalah, jangan makan pada malam hari. Lalu dijelaskan oleh Ibu sesepuh RT.yang menyampaikan nasehat tersebut, mengapa Rasulullah SAW. Menasehati agar tidak makan berat pada malam hari ? Konon menurut ilmu kesehatan makan pada waktu malam akan menyebabkan kolesterol tinggi.

“Allah” saya memekik takjub ! Sebelum ibu-ibu terkejut lebih jauh mendengar pekikan saya yang agak keras tersebut, saya membungkam mulut saya dengan jari-jari tangan saya. Woouuw amazing !!!

Akan tetapi karena pekikan saya yang cukup keras tadi, ibu tetangga yang duduk didekat saya dengan berbisik bertanya kepada saya :”Ada apa Bu Nien?” sayapun lalu menjawab apa adanya dengan berbisik pula, khawatir mengganggu Ibu yang sedang menyampaikan nasehat itu :”Selama ini saya sangat heran Bu, saya ini tak pernah makan makanan penyebab kolesterol, tapi kok kolesterol saya tinggi terus, makanya saya kaget mendengar penjelasan itu”… Ibu tetangga yang duduk disebelah sayapun lalu mengangguk-angguk tanpa bertanya lagi.

Nah marilah kita kaji kebenarannya, masuk akal pula. Jelas, jika penjelasan itu bersumber dari nasehat Rasulullah SAW. tentu sangat akurat kebenarannya. Hanya saja kita perlu mengkaji lebih jauh apa hubungan makan malam hari dengan terjadinya kolesterol tinggi. Kan begitu ?

Bagi penderita maag kronis, lapar bukan terjadi di siang hari saja, melainkan juga pada malam hari. Bagi orang yang lambungnya sehat, maka terasa lapar pada umumnya hanya pada jam-jam seharusnya makan. Ialah pagi, siang dan sore hari. Tidak demikian bagi penderita maag, apalagi yang sudah kronis. Hampir setiap 2 jam sekali terasa lapar, bahkan ada yang baru saja makan, ibarat piring belum sempat dicuci, perut sudah terasa lapar lagi. Bagaimana ini ?

Berat sekali memang perjuangan kaum penderita maag kronis dalam menahan rasa lapar. Apalagi dengan seringnya saya sampaikan dalam blog ini, bahwa untuk menghindari berkembangnya maag kronis menjadi GERD, sebaiknya jarak makan terakhir sore hari dengan waktu tidur minimal 3 atau 4 jam, sebagaimana yang dianjurkan oleh Dr.Hiromi Sinya, ahli usus terkemuka di dunia, yang pernah membedah 370.000 usus manusia dalam masa tugasnya.

Betapa beratnya ! Dulu, saya sendiri merasa tak sanggup mengikuti anjuran dari pakar usus dunia ini. Untuk tidur setelah 3 atau 4 jam dari saat makan terakhir. Berat lho ! Namun kalian harus tetap mencobanya agar terhindar dari GERD, dan bagi yang sudah terlanjur kena GERD ya agar GERDnya lekas sembuh !

Para penderita maag kronis, rata-rata makan terakhir pada jam 5 sore, lalu lalu mulai berangkat tidur rebahan pada pukul 8 atau jam 9 malam, itu menurut pengakuan teman-teman maag, meskipun mereka sudah mencoba tidur awal namun belum tentu bisa tidur dengan baik.

Seringkali pada jam 5 sore mereka makan terakhir, maka menjelang mau tidur jam 8 atau jam 9 malam, perut mereka sudah meronta lapar lagi minta diisi. Otomatis mereka makan lagi dan langsung tidur, tanpa jeda waktu lagi. Jika harus menunggu jeda 3 atau 4 jam lagi baru boleh tidur, maka mereka mau tidur jam berapa dong ?

Kadang-kadang tengah malam atau malam menjelang pagi mereka bangun karena lambung merasa perih sekali, untuk mengatasinya mereka makan apa saja yang bisa dimakan daripada lambung rasa bagaikan mau putus saking pedihnya saat perut kosong.

Ada baiknya kita ketahui apa saja sih penyebab kolesterol tinggi ? Kolesterol yang dimaksud disini adalah kolesterol jahat (LDL). Kolesterol itu ada 2 macam teman, kolesterol baik (HDL) yang memang dibutuhkan oleh tubuh dan kolesterol jahat (LDL) yang sangat merugikan bagi tubuh.
Jika kita telah mengetahui tentang penyebabnya, setidaknya kita bisa menghindarinya.

Ini nih antara lain sebagai penyebab kolesterol :
 1. Menu Makanan 
  • Sebenarnya 80% kolesterol untuk kebutuhan tubuh sudah diproduksi oleh tubuh sendiri, kekurangannya baru diambilkan dari asupan makanan. Sayangnya makanan yang dikonsumsi justru sering memicu terjadinya kolesterol jahat. Makanan yang banyak mengandung kolesterol terdapat dalam susu, daging, keju, kuning telur, dan mentega. Selain itu snack, kripik dan cracker juga bisa memicu terjadinya kolesterol.
  • Pada penderita maag kronis, meskipun makanannya hanya sayur-sayuran dan laukpun yang direbus-rebus, maka jangan lupa, bahwa ketika bangun malam hari merasa lapar, yang dikonsumsi adalah snack, krekers, dan makanan-makanan lain yang tanpa disadari banyak mengandung susu ataupun mentega. Inilah salah satu penyebab juga terjadinya kolesterol tinggi pada para penderita maag.
 2. Obesitas
  • Obesitas, kecuali rawan terhadap timbulnya berbagai macam penyakit seperti diabetes militus, maka obesitas juga pemicu kolesterol tinggi yang sangat berbahaya.
 3. Kurang Olah Raga
  • Olah Raga sangat dibutuhkan oleh tubuh karena banyak memiliki manfaat. Para penderita maag, yang kurang aktifitasnya, untuk menetralisir kolesterol jahat yang ada tubunya, maka sebaiknya juga berolahraga ringan seperti jalan-jalan pagi. Tak usah jauh-jauh. Karena sakit maag juga tak boleh melakukan aktifitas yang sifatnya mengganggu otot lambung dan usus. Jadi lakukan jalan-jalan ala kadarnya, bolak balik didepan rumah saja. Sekali lagi jangan jauh-jauh dan tak perlu lama-lama. Semua ini perlu dicoba sedikit sedikit dulu yaa ? termasuk aktifitas jalan-jalan pagi.
  • Orang yang jarang berolahraga memiliki resiko mempunyai kolesterol yang lebih tinggi dibanding orang yang suka berolahraga.
 4. Obat-obatan
  • Orang yang sering mengkonsumsi obat-obatan kimia sintetis mempunyai resiko kolesterol tinggi. Obat-obatan tertentu bisa mengurangi kolesterol baik dan memicu meningkatnya kolesterol jahat.
 5. Penyakit Lain
  • Ada beberapa penyakit yang memicu tingginya kolesterol jahat, antara lain tekanan darah tinggi, penyakit lever dan gangguan ginjal kronis. Jika ada diantara kalian, kecuali menderita maag juga menderita penyakit diatas, maka kalian harus lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan kalian agar lekas sembuh.
 6. Merokok
  • Dalam rokok ada zat akrolein yang bisa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL), sehingga makin lama bisa memicu tingginya kolesterol jahat (LDL). Jika merokok dilakukan dalam kurun waktu yang panjang, maka akan terjadi penumpukan lemak jenuh di dalam organ hatinya, sehingga menimbulkan penyakit leveer dikemudian hari.
  • Hal ini menjadi jelas, mengapa pada penderita maag kronis yang berlatar belakang perokok berat, juga disertai dengan kaluhan kolesterol tinggi, sering mengalami sesak nafas serta keluhan jantung berdebar-debar.
 7. Gender atau Usia
  • Pada para pria diatas usia 50 tahun maka ada kecenderungan tingkat kolesterolnya naik atau tinggi, sedangkan pada wanita usia menopause kadar kolesterolnya akan menurun, namun sesudahnya bisa meningkat lagi.
 8. Konsumsi Alkohol 
  • Orang yang sering mengkonsumsi alkohol mempunyai kecenderungan kolesterolnya lebih tinggi dibanding orang yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol. Sama seperti perokok, maka pecandu alkoholpun lebih rawan terkena sakit leveer.
 9. Genetika atau keturunan
  • Jika kita mempunyai orang tua yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka kita harus waspada. Karena kita memiliki kecenderungan bisa terkena kolesterol tinggi juga seperti orang tua kita.
10. Stress
  • Tingkat stress yang tinggi akan memicu terjadinya kolesterol yang tinggi pula. Padahal kita ketahui, tingkat stress kita saat menderita maag kronis dan GERD ini tentu sangat tinggi. Bagaimana tidak menjadi stress, lha wong keluhan bertubi-tubi setiap hari selalu dirasakan, sudah berobat kesana kemari, segala upaya ikhtiyar sudah ditempuh, namun Allah SWT. belum juga memberikan kesembuhan. 
Tetaplah teruskan ikhtiyar kalian sahabat-sahabatku, teruslah berdoa memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah Sang Penyembuh. Dan tetaplah sabar dan tawakkal, karena bersama kesulitan selalu ada kemudahan. Fahamkanlah tentang itu wahai sahabatku, yang siang malam derita kalian menjadi bagian dari hidupku, karena aku pernah mengalaminya diwaktu yang telah lalu. Ayo tetap semangaaaaat !!!

Sebagaimana dulu saya berikhtiyar, sebagaimana dulu saya tetap bersabar dan berikhtiyar, dan sebagaimana dulu saya juga terus mengharap keRidhoan Allah SWT. belaka, maka hendaklah demikian pula kalian mengusahakan kesembuhan bagi kalian. Istiqomah dalam berdoa dan berikhtiyar, serta tetap bersabar serta tawakkal dalam menanti hasilnya.

Terjawab sudah teka-teki tentang tingginya kolesterol pada penderita maag kronis. Seringnya makan malam. Kurangnya Olah Raga, Tingginya Stress. Mungkin juga karena terlalu banyak konsumsi obat-obatan kimia sintetis, perokok dimasa lalunya atau mungkin dari genetika orangtua.
Semoga artikel ini bermanfaat. Alhamdulillahirabbil’alamiin

Salam Sehat Selalu,
Niniek SS
Labels: Hal-hal penting untuk diketahui, Kiat-Kiat Sembuh, Kolesterol Pada Penderita Maag, Maag Kronis, Pengetahuan Baru

Thanks for reading Kolesterol Tinggi Pada Penderita Maag Kronis. Please share...!

0 Komentar untuk "Kolesterol Tinggi Pada Penderita Maag Kronis"

Back To Top