SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Jangan Melanggar Pantangan Jika Belum Sembuh Bag-1

Bismillahirrahmanirrahiim…

Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam,

Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yang setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin.

Pembaca Blog Yang Setia..

Dari berbagai pengamatan yang saya lakukan, melanggar pantangan, apakah itu pantangan makan, ataukah pantangan berpikir keras, ataukah pantang tak boleh melakukan pekerjaan berat karena bisa kelelahan, ternyata merupakan penyebab dominan atau penyebab utama sakit maag maupun GERD tak sembuh-sembuh.

Melanggar Pantangan Makan.
Sepertinya ini merupakan hal yang sepele, namun jika dilanggar bisa menyebabkan kondisi yang benar-benar fatal ! Terutama bagi yang maagnya sudah kronis atau GERDnya sudah demikian serius. Jadi berhati-hatilah ! Kasihanilah lambung dan masa depan kalian !

Banyak diantara kita, penderita maag dan GERD, yang jika merasa enakan sedikit, lalu dengan santainya melangggar segala pantangan. Nah loo ! setelah melakukan pelanggaran, barulah mengeluh ! yang itu sulit untuk diatasi. Masalahnya penyebab kambuh itu sudah terlanjur masuk ke dalam perut. Kalau bisa dimuntahkan, maka itu akan mengurangi penderitaan, karena kesakitannya tidak akan berkepajangan. 

Namun terlalu sering memuntahkan sesuatu bukannya tidak akan berakibat. Tenggorokan yang sudah teriritasi karena naiknya asam lambung, jika terkena asam lambung yang ada didalam muntahan juga akan semakin bertambah parah, yang sedianya sudah semakin sembuh akan balik mundur lagi kondisinya.

Melanggar Pantangan Makan Atau Minum :

Nasi Keras.
Bagi penderita maag awal, maka makan nasi masih bisa. Tidak bermasalah pada lambungnya. Namun bagi maag stadium menengah dimana sudah makan ini sakit makan itu sakit, sebaiknya menghindari makan nasi keras. 

Ada teman, yang sebenarnya sudah tertib sekali dalam menghindari pantangan. Namun kok perutnya masih sakit terus sepanjang hari. Ia juga sudah rajin periksa dan minum obat dokter. Namun perut masih saja selalu sakit. Setelah konseling dengan saya. Sayapun heran, karena semua ketentuan sudah dijalankan dengan baik. Sayapun berpikir keras mencari penyebabnya. Oooo….ternyata setelah usut punya usut, penyebabnya adalah karena teman ini masih makan nasi keras, nasi yang hari-hari dimakan oleh sekeluarga ! Dan setelah nasinya diganti dengan nasi lembek, maka berangsur-angsur lambungnyapun semakin sembuh. 

Mie Instan
Mie Instan ini, dari merk manapun, tetap sama saja ! jika dikonsumsi oleh orang sehat, cepat atau lambat akan mengakibatkan lambung bermasalah ! Apalagi jika dimakan oleh orang yang lambungnya sudah sakit, waduuh ! bisa guling-guling kita dibuatnya, saking sakitnya perut, setelah mengkonsumsi makan mie instan. Juga berhati-hatilah akan anak-anak kita yang insya Allah masih punya masa depan yang panjang, jangan dibiasakan makan mie instan atau jajan mie. Karena anak kenalan teman saya menderita kebocoran dinding lambung dan seluruh ususnya hingga tak bisa diselamatkan ususnya, kelas 2 SMP akibat hampir setiap harinya makan mie instan saking kurang perhatian orang tuanya !

Apapun yang namanya mie, selalu sulit dicerna dalam lambung. Tapi kalau dimakan oleh orang yang lambungnya sehat, tak akan bermasalah. Dan jika orang sakit maag makan mie, apapun jenis mienya, maka usus akan terasa sangat sakit, bisa keram atau kejang, dan ini akan berlangsung lama bukan hanya sejam atau dua jam, bisa sampai berhari-hari akibatnya. Jadi hati-hati ya makan mie, terutama mi instan ! Atau mie yang dijual diwarung makan, karena saus dan sambalnya yang aduhaii ! Mie instan, kecuali zat lilinnya yang sangat berbahaya bagi lambung, juga pengawet serta bumbu masak yang terkandung didalam bumbunya yang sangat tajam pada lambung !

Bakso
Siapa yang tak suka makan bakso ? Dari mulai anak-anak hingga orang tua hampir semuanya senang dengan bakso. Kuahnya yang sedap, panas menyegarkan, apalagi dengan sambal serta saus yang pedas, menyebabkan keringat dan juga ingus dari hidung berleleran.
Bakso memang enak siiih…tapi bagi orang sakit maag bisa menjadi malapetaka. Bakso ini biasanya, bisanya menjadi bulat kenyal dicampuri dengan zat borax, dan ini jika dikonsumsi akan sangat terasa dalam lambung. Kecuali zat boraxnya, juga daging baksonya, jika ikut tertelan akan bermasalah, kecuali menimbulkan sakit yang luar biasa pada perut, juga akan menimbulkan perut begah, rasa penuh dan rasa mbeseseg terkadang seperti sulit untuk bernafas.

Saus Sambal Dan Saus Tomat
Saus sambal dan saus tomat ini sangat digemari banyak orang. Terutama jika sedang makan bakso atau mie. Tak puas rasanya tanpa kedua saus ini. Namun kedua saus ini merupakan larangan keras bagi sakit maag. Karena saus sambal biasanya dibuat dari cabe rawit dan ini sangat tajam pada lambung. Saus tomat juga akan menimbulkan perih yang luar biasa pada lambung jika dikonsumsi karena asam dari tomatnya.

Lemet
Adakah yang belum tahu apa itu makanan lemet ? Atau belum pernah mengkonsumsinya ? Itu lho makanan yang dibuat dari singkong yang diparut, lalu diberi gula merah dan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga masak. Makanan tradisional ini memang enak. Namun jika dikonsumsi orang sakit maag, maka lambung akan terasa sakit sekali, kencang, melilit dan sakit untuk bergerak. Karena lemet ini sifatnya liat dan kenyal sehingga mengakibatkan sakit pada lambung.

Semua makanan yang bersifat liat seperti lemet, Uli dari ketan, Siomay selalu menyebabkan sakit sekali pada lambung jika dimakan oleh orang sakit maag. Oleh karena itu berhati-hatilah terhadap ketiga makanan liat ini.

Kerupuk terutama kerupuk kulit.
Semua kerupuk, apalagi kerupuk yang dijual di warung-warung, selalu menimbulkan rasa tidak enak dalam perut. Karena faktor minyak yang untuk menggorengnya adalah minyak yang sangat tidak baik, karena sudah untuk menggoreng berkali-kali. Minyak yang semacam ini kandungan radikal bebasnya sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi akan menyebabkan tubuh seperti keracunan, jadi jika dimakan langsung badan menjadi sangat tidak enak.

Ayam Kampung Goreng
Ayam kampung jauh lebih bagus gizinya daripada ayam potong atau ayam lehorn. Karena ayam kampung ini tidak mengandung hormon. Makanannya alami dengan mencari sendiri sisa–sisa makanan yang ada di tempat-tempat pembuangan sampah, atau kita beri makan di kandangnya dengan sisa-sisa makanan kita. Namun sebaiknya cara memasaknya dengan dipresto agar bisa empuk dagingnya. Saya anjurkan jika makan ayam kampung  atau makan apa saja yang teksturnya kasar, sesudah dikunyah, maka ampas makanan jangan ikut ditelan.

Hal ini juga untuk menyiasaati agar nutrisi tetap bisa masuk kedalam tubuh, namun tidak melukai lambung karena ampasnya kita buang, tidak ikut kita telan.

Lain halnya dengan ayam potong, kecuali makanannya adalah dari poor yang mengandung bahan kimia, biasanya pada waktu tertentu selalu disuntik hormon agar cepat tumbuh besar, dagingnya berat dan untung bila dijual. Hormon suntikan dan kimia dalam makanan poor inilah yang menyebabkan ayam potong jika dikonsumsi bagi sakit maag lambung langsung akan terasa sakit. Atau badan menjadi tidak enak seperti meriang.

Bagi orang yang sehatpun jika dalam jangka panjang suka makan ayam lehorn atau ayam potong bisa menimbulkan timbulnya berbaga macam penyakit, terutama kolesterol tinggi, jantung dan pemicu stroke, dan bagi pelajar bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi sehingga anak menjadi bodoh atau menurun prestasinya.

Brokoli
Saya suka sekali dengan brokoli, karena menurut pengamatan para ahli gizi, brokoli ini mengandung anti oksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa meredam radikal bebas dalam tubuh yang memicu berbagai macam penyakit. Meskipun sudah saya kukus hingga empuk, akan tetapi setiap habis makan brokoli, selalu saja lambung sakit, begah mbeseseg dan menyebabkan dada terasa sesak sulit untuk bernafas.

Saya tak kehilangan akal. Sesudah saya kunyah hingga lumat lebih dari 33 x maka saya tetap makan brokoli, namun ampasnya tak ikut saya makan. Maka Alhamdulillah, selamatlah lambung saya meskipun makan brokoli.

Kangkung
Kangkung ini sangat tinggi zat besinya. Jika dimakan orang sakit maag selalu akan menyebabkan lambung terasa sakit, karena tekstur batangnya sangat keras, jika dimasak sampai lunakpun batangnya akan tetap keras jika dimakan. Saya hampir bertahun-tahun tak pernah lagi makan sayur kangkung karena pernah beberapa saat sesudah makan sayur kangkung saya mengalami kejang perut yang sakitnya bukan alang kepalang !

Susu
Susu ini dulu dikatakan sebagai makanan empat sehat lima sempurna. Namun setelah saya membaca bukunya Dr. Hiromi Sinya, Ahli Usus Terkemuka Dunia dari Jepang yang berjudul “The Miracle Of Enzyme” bahwa dari pengalaman serta penelitian selama lebih dari 40 tahun membedah sekitar 370.000 usus manusia, beliau menemukan ternyata orang yang mempunyai kasus maag kronis serta kanker usus dan kanker lambung adalah orang-orang yang pada masa kecil atau pada masa anak-anaknya sering bahkan rutin mengkonsumsi susu, maka saya tak pernah lagi konsumsi susu.

Bahkan penyelidikan terhadap buruknya minum susu, yang pertama kali dilakukan adalah terhadap isterinya sendiri yang meninggal akibat kasus usus yang dideritanya, juga terhadap putranya yang pada masa kecilnya sering menderita sakit perut yang hebat.

Selidik punya selidik, setelah dihentikan minum susu pada putranya, maka putranya tak pernah lagi menderita sakit perut ! Namun Dokter Hiromi sangat menyesali karena tak bisa menolong isterinya hingga isterinya meninggal dunia. Sejak itulah Dokter Hiromi sangat bersemangat dalam mengadakan penyelidikan terhadap kasus lambung dan usus, agar bisa menolong orang-orang yang mempunyai kasus lambung dan usus.

Oleh karena itu, sebaiknya kita hentikan minum susu, karena menurut Dr. Hiromi Sinya, susu merupakan makanan yang terburuk di dunia. He he saya sangat mempercayainya. Karena ketika maag saya belum sembuh, dulu setiap kali saya minum susu karena lupa, maka saya akan mengalami sakit lambung yang hebat, benar-benar rasanya sudah dekat sekali dengan ajal. Oleh karena itu susu merupakan makanan yang sangat saya hindari sekarang ini sekalipun maag saya telah sembuh.

Bukan hanya minuman susu saja yang saya hindari, namun segala bentuk kue yang mengandung susupun juga saya hindari, karena saya menyayangi lambung saya.

Minuman Berkimia
Minuman berkimia ini seperti Minuman soda gembira, minuman syrup apalagi syrup melon, syrup markisa yang terbuat dari buah, itu juga akan menyebabkan lambung perih jika kita minum. Kebanyakan syrup mengandung unsur kimia pengawet.

Juice Buah-buahan seperti : Juice nangka, Juice durian, Juice Mangga, Juice Nanas, Juice Jambu biji, Juice Melon. Merupakan larangan keras untuk kita konsumsi. Karena bagi lambung yang sedang sakit, juice buah-buahan ini akan mengakibatkan lambung terasa perih sekali.
  • Juice nangka karena getahnya yang tajam bagi lambung.
  • Juice durian karena mengandung alkohol alami sehingga jika diminum lambung akan terasa sakit dan panas.
  • Juice mangga sungguh sakit perut kita, sehabis minum juice mangga ini karena rasa asamnya.
  • Apalagi juice nanas, jika kita minum bisa jungkir balikperut kita sakitnya, lambung akan panas seperti terbakar.
  • Juice jambu biji saya tidak tahu ada unsur apanya, setiap habis minum juice jambu ini typus saya langsung kambuh.
  • Juice Melon, Juice Semangka dan Juice Blewah karena biasanya banyak mengandung unsur pestisida, sehingga perut juga akan mules berkepanjangan. Kecuali yang organik.
Kue-kue Bermentega. 
Mentega ini dibuat dari bahan susu, jadi kalau dikonsumsi juga akan menyebabkan lambung mules dan sakit.

Kue Kue Coklat
Kue kue yang mengandung rasa cokelat akan menimbulkan perut mules dan sakit, karena coklat mengandung zat yang merangsang bagi lambung dan usus, namun juga mengandung zat yang bisa meningkatkan mood seseorang. Oleh karena itu anak-anak sekolah sangat menyenangi coklat, karena kecuali rasanya yang memang enak, juga sambil belajar makan coklat menjadi enjoy belajarnya.

Buah-buahan seperti Jeruk, Nanas, Apel, Salak, Rambutan, Kelengkeng, (Semangka,Melon, Blewah) juga tidak baik dikonsumsi orang sakit maag.
  • Jeruk . Meskipun rasanya semanis apapun sebaiknya tak usah dikonsumsi dulu, karena tetap mengandung asam yang tinggi sehingga menyebabkan lambung perih setelah mengkonsumsi buah jeruk.
  • Nanas. Adalah buah yang sangat merangsang dan menyebabkan lambung terasa panas jika dimakan.
  • Apel. Meskipun merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi namun juga mengandung asam sehingga tidak bagus untuk dikonsumsi orang yang sakit maag, karena kasar jika dimakan, hingga akan menyebabkan sakit perut.
  • Salak, termasuk buah yang bertekstur keras yang jika dimakan akan menyebabkan perut sakit sekali, begah dan penuh rasanya.
  • Rambutan, terlalu manis, ada asamnya, dan mempunyai cangkang atau kulit biji yang keras, maka jika kita makan lambung juga akan salit sekali, begah dan perih.
  • Kelengkeng, buah yang sangat manis, sehingga jika kita konsumsi, maka manisnya yang terlalulegit akan menyebabkan lambung perih sekali.
  • Buah melon, semangka dan blewah sangat tinggi kandungan pestisidanya sehingga kalau kita konsumsi akan menyebabkan lambung bertambah sakit.
  • Timun. Tidak baik dimakan orang sakit maag, karena bisa menurunkan tekanan darah. Orang sakit maag karena terbatasnya nutrisi yang bisa masuk, maka biasanya bertekanan darah rendah. Jika makan timun, kecuali perut sakit, maka tekanan darahnya bisa drop.
Demikian “Jangan Melanggar Pantangan Jika Belum Sembuh”. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada yang tak berkenan dari tulisan ini, saya mohon maaf yang dalam. Semoga kalian semua, yang rajin membaca blog ini selalu mendapatkan ampunan dari Allah SWT, dan mendapatkan keberkahan kalian atau keluarga kalian lekas sembuh dari sakitnya. Amin Ya Rabbal’Alamiin.

Nantikan tulisan berikutnya yang merupakan lanjutan dari artikel ini yaitu di Bagian-2 nya.

Alhamdulillahirabbil’alamiin

Salam Penulis,
Niniek SS
Labels: Obat Alami Sakit Maag, Pengetahuan Baru, Tips

Thanks for reading Jangan Melanggar Pantangan Jika Belum Sembuh Bag-1. Please share...!

38 comments on Jangan Melanggar Pantangan Jika Belum Sembuh Bag-1

  1. Terimakasih atas postingan Ibu.. Sangat bermanfaat bagi sy yg mengalami kondisi yg sama.. Hanya saya lebih banyak bersendawa.. Jarang sampai sakit di lambung.. Tapi lebih sering asam lambung yg naik ke kerongkongan... Jdnya jalan terbaik ya saya muntahin.. Tapi lama kelamaan tenggorokan jd sakit... Ini sdh saya alami bertahun2.. Dulu saya sampai kaku jari tangan n bibir dan rasanya mau pingsan.. Saya pernah didiagnosa kena epilepsi, pdhak saya tdk kejang... Ternyata memang sakit dr lambung itu bisa ke mana2 ya...
    Saya mulai pantang beberapa makanan spt yg Ibu lakukan... Gorengan jg sudah lama saya tinggalkan.. Cuman sesekali aja tapi saya kombinasi dng banyak sayur... Mukai bekajar menpraktekkan Food Combining..
    Yg saya mau tanyakan, butuh berapa lama Ibu untuk benar2 sembuh total dr sakit maag yg mengganggu sekali ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Beny Ard.

      Terima ksih telah mampir di blog ibu. Banyak bersendawa itu salah satu tanda keluhan gerd.

      Jika lambung tidak sakit tapi banyak sendawa, insha Allah gerdnya bukan karena telat makan, tapi karena stressing pikiran atau sebelumnya ada beban pikiran yang menekan.

      Jika dokter mendiagnose epilepsi tapi tidak disertai kejang, itu berarti pernah ada asam lambung yang naik mengenai syaraf otak,hal ini bisa menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan kimia dalam otak yang disebut dengan anxyetas. Biasanya gejalanya seperti otak blank, tidak bisa konsentrasi dengan baik.

      Untuk kesembuhan total tergantung terapi yang digunakan juga perawatan yang dilakukan dalam kesehariannya. Tapi kalau gerd, dengan terapi konsumsi morinda membutuhkan sekitar 4 hingga 6 botol dan membutuhkan waktu antara 2 hingga 3 bulan intensif perawatan dengan pola makan, berpikir positif dan pola istirahat yang baik.

      Salam,

      Hapus
  2. Terimakasih informasinya bu...
    Mau tanya bu.. Saya juga sama kadang bersendawa kecil tapi sering dan sering juga merasa tidak enak di dada kiri. Kadang ke kanan kadang jadi ke punggung. Pikiran saya rasanya was2 terus. Itu gara2 susu tulang yg saya konsumsi atau apa ya bu?
    Makasih
    Semoga kita semua diberi kesehatan. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ferry

      Terima kasih telah berkunjung di blog semoga ada manfaatnya. Maaf terlambat balas karena terbatasnya waktu yang ada. Gerd selalu kambuh pada tempat-tempat yang sebelumnya pernah teraliri oleh asam lambung yang naik. Sedangkan pemicunya bisa karena makanan, pikiran atau kelelahan. Maka harus selalu waspada menjaga diri agar gerdnya tidak kambuh yaa ?

      Salam.

      Hapus
  3. Ass . Bu niniek saya sudah baca semuuanya bermanfaat sekali , saya juga menderita hal yang sama , malah lebih parah dalam 2 bulan terakhir ini saya sampai dirawat dirumah sakit 2x . Dokter mendiagnosa pertama lambung dan kedua ada infeksi ginjal juga . Saat ini saya merasakan sakit lagi karena saya kurang mantang dalam makanan . Sampai badan saya panas naik turun dan sakit di area ulu hati dan perut bagian kiri . Perut saya sering berbunyi dan selalu merasakan mual. Saya mau tanya bu dulu ibu sembuh selain ibu mantang apakag ada obat herbal yg ibu konsumsi ? Agar saya tidak minum obat dari dokter terus . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ratna Santika.

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Alhamdulillah saya sembuh setelah saya interospeksi diri, melakukan taubatan nasuha segala dosa dan khilaf saya, lalu saya berserah diri kepada Allah SWT. Itu laku batin yang saya lakukan.

      Nah setelah itu baru ada pertolongan Allah yang datang bagi kesembuhan. Saya mendapatkan info air mentah dari Ustadz Muh.Zakaria di Purworejo, lalu saya melakukan terapy air mentah, banyak perubahan dan disempurnakan dengan morinda habis 4 botol mbak.

      Lalu apapun kisah saya, saya tuangkan dalam Buku Panduan "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" yang kemudian saya jual. Silahkan kalau berminat baik bukunya maupun morindanya hubungi saya.

      Demikian, terima kasih atas kunjungannya di blog. Mohon maaf baru bisa balas, mungkin mbak Ratna sudah lama tunggu2 balasannya ya ?

      Salam.

      Hapus
  4. Bu, mau tanya, untuk penderita GERD, apa boleh konsumsi susu kambing etawa?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Bangun

      Banyak dari teman - teman sakit maag yang minum susu kambing ettawa segar ( yang belum dimasak ), cocok. Namun saya meminumnya tetap saja bermasalah bagi lambung.

      Menurut Dr. Hiromi Sinya ( ahli usus terkemuka dari Jepang yang bertugas di Amerika lebih dari 40 tahun, dan telah pernah menangani usus manusia 370.000 lebih ), mengatakan berdasarkan hasil penelitian serta penyelidikannya, bahwa susu hewani tidaklah baik bagi manusia. Ini dibuktikan dengan hasil risetnya, bahwa dari sekian banyak pasien kanker lambungnya dulu gemar sekali minum susu.

      Demikian semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  5. Salam kenal bu..sy welly
    Sy juga penderita gerd, awalnya ngedrop bln feb 2016, bolak-balik k rs (ugd), sampai pernah d rawat.
    .
    Saya mau tanya....
    *)Kalau yak*lt & susu beruang boleh dikonsumsi atau tidak?
    *)Pola makan yg baik untuk penderita Gerd itu bagaimana? Apakah harus serba direbus / kukus ?
    *)Selain sawi / kol, yg boleh dikonsumsi apa saja?
    *)Banyak yg bilang & terbukti kalau temulawak / kunyit baik untuk lambung, itu dikonsumsinya berapa kali sehari?

    Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Welly Agustin

      Salam kenal kembali.

      - Saya tidak menganjurkan bagi para penderita maag maupun gerd minum yakult ataupun susu. Karena saya sendiri selalu bermasalah ketika masih sakit dulu apabila minum yakult atau susu.

      - Pola makan yang baik untuk gerd, memang jauh lebih baik jika dikukus atau direbus. Apabila makan yang lemak-lemak atau gorengan akan lebih sering kambuhnya daripada tidaknya. Jika ingin makan ikan, misalnya, sekali-sekali boleh ikan yang digoreng, namun hanya disesep sarinya saja, ampasnya jangan ditelan. Hal ini untuk mensiasati agar nutrisi tetap terpenuhi namun lambung tidak sakit atau gerd tidak kambuh. Asal jangan ikan tongkol, ikan pindang atau ikan pari, kasar tekstrurnya. Lalu bagi penderita gerd, sebaiknya makan jangan sampai kenyang karena rawan kambuh.

      - Sawi kol, justru tak baik untuk penderita maag mbak. Yang aman bagi penderita maag/gerd adalah sayuran kentang ( itupun yang kulitnya kuning, jika kulit sudah hijau, sudah beracun rawan bagi lambung, juga pilih kentang yang kulitnya sudah kering. Jika kentang yang kulitnya masih basah, itu kandungan pestisidanya masih tinggi jika dikonsumsi lambung pasti akan sakit ).

      - Kunyit yang kuning dan temulawak memang sangat bagus untuk lambung. Kunyit sebagai antibiotik alami untuk obat anti luka, sedangkan temulawak adalah antioksidan yang cukup tinggi. Masing - masing cukup dikonsumsi 1 kali sehari sudah cukup. Kunyit pagi hari sebelum makan, jika lambung belum parah, jika sudah parah sebaiknya sesudah makan. Dan temulawaknya dikonsumsi pada sore harinya sesudah habis azar.

      Salam,

      Hapus
  6. Assalaamualaikum....saya sdh skt lambung 3 th tp blm sembuh jg...jika minum obat lambung dr dokter kok malah jd skt perut saya...kok aneh y...di ksh obat kok malah skt...terus sy hrs bagaimana ibu...klo sdh kumat rasanya sampai kekerongkongan dan ada flu nya juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Masduki Dimyati,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Biasanya dokter selalu memberikan pereda rasa sakit dalam obat-obat yang untuk sakit maag. Nah dalam pereda rasa sakit ini, menurut ahli usus dunia Dr.Hiromi Sinya mengandung zat yang bisa mengikis dinding lambung.

      Itulah sebabnya, ketika minum obat dokter rasa sakit akan mereda atau hilang, namun begitu obat habis, rasa sakit akan muncul kembali bahkan bertambah parah.

      Pesan buku saya saja pak buku Rahasia sembuh Sakit Maag Kronis, harga 100.000 + ongkir. Atau hubungi saya di no 0877.3259.8747 ( SMS ).

      Salam,

      Hapus
  7. Ass ibu ninik...terima ksih bnyak untuk informasi...saya sedang mengalami sakit lambung ..sering sendawa dan bhkn bagian belakang dr punggung smpai pinggang serasa panas n pegal..apakah itu efek sakit lambung??? Terima ksh bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Cicilia Naomi

      Wsww. Sama-sama mbak. Terima kasih juga atas kunjungannya di blog ini. Iya mabk, insya Allah itu memang dampak dari asam lambung. Jika ingin sembuh, silahkan pesan buku pedoman untuk perawatan sakit maag sehari-hari, di blog ini.

      Salam,

      Hapus
  8. Assalamualaikum.... trimakasih bnyk bu ats informasinya.. bgi saya itu sangt membantu karna sya sedang mengalami msalah sakit magh. Bhkn kmren sempat msuk RS 2x krna sesak nafas dan ternyta hsil pemeriksaan itu karna asam lambung yg naik.sy sdah priksa ke dkter spesialis dalam.. tp stlh obat habis stlh bbrp minggu kdang sy msih mersa sakit di perut stlh mkan.sdng sya sdah brusaha untuk menjauhi pantangan dr dokter mskipun tdk sedetail informasi ibu.. dan sya trnyta jg sedang hamil 2 bulan.. sy jd bingung bu klw mau nyemil mrsa tkt cemilan sprti ap yg boleh sya mkan.. yg baik untk perut sya dan yg bernutrisi untuk bayi saya.. susu ibu hamil jg apakah aman bu untuk lambung saya? Tolong informasinya bu saya harus bgaimna spya lambung saya bisa sehat dan kehamilan sya jg.. sya selalu berdoa tp usaha apa lgi y bu yg harus sya lakukan? Mohon bantuan nya.. sebelum dan sesudah nya sy ucpkan bnyk trimakasih bu... wassalamualaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Maila Andria

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Alhamdulillah jika informasi yang saya sampaikan di blog ini ada manfaatnya. Penderita maag yang sedang hamil memang sangat repot dan membingungkan dalam memilih menu yang harus dikonsumsi.

      Disatu sisi bayi dalam kandungan harus memperoleh nutrisi yang mencukupi bagi pertumbuhannya, namun makanan yang dibutuhkan bagi nutrisi tersebut tidak selalu aman bagi lambung si ibu. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

      Pilih semua makanan yang tak kasar, dan zatnya "aman", artinya tidak pedas, tidak asam, tidak merangsang, dan tak menimbulkan darah rendah.

      Makan sayur-sayuran hijau, daging-dagingan, ayam , ikan, telor, tidak apa-apa, ASAL SAMPAH dari makanan yang terasa kasar dimulut JANGAN IKUT DITELAN.

      Jadi lambung tetap aman, namun bayi dalam kandungan tetap tercukupi nutrisi untuk pertumbuhannya. Semoga kandungan sehat, mbak Maila juga bertambah sembuh, dan melahirkan dengan selamat ya mbak. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  9. assalamualaikum bu, apakah mie basah/kering yg bumbunya di buat sendiri jg gak aman untuk maag/gerd? trus apakah bawang merah/putih jg termasuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Anchae Chronic

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mie jenis apapun, dalam pembuatannya biasanya selalu menggunakan zat lilin. Zat lilin inilah yang sangat sulit dicerna. Lambung dan usus yang sedang bermasalah akan berat untuk menggiling segala bentuk makanan yang sulit dicerna, sehingga perut akan terasa sakit ketika mengkonsumsinya.

      Bawang merah dan bawang putih aman bagi para penderita maag, asal pemakaiannya tak banyak. Karena jika bumbunya banyak, maka akan merangsang lambung, sehingga akan menyebabkan perut terasa mulas atau melilit.

      Salam Sehat.

      Hapus
  10. Asww bu ,
    Saya mau pesan bukunya bagaimana caranya bu...sy juga mau tanya apakah minum air lemon dicampur madu dan air hangat di pagi hari setelah bangun tidur boleh...sy perbah lakukan dan sepertinya ok ok saja tapi pas sy makan nanas madu maag saya kambuh lagi ketika kedokter, dokter bilang nggak boleh minum lemon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budi Setiawan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Pak Budi,

      - Untuk pemesanan buku silahkan sms ke 085.228.401.939 kirim nama + alamat lengkap ( RT/RW, kelurahan. kecamatan, kabupaten dll.) + nomor Hp.

      - Itu yang menyebabkan kambuh nanasnya bukan karena minum lemon. Saya anjurkan minum air jeruk nipis saja jangan lemon, karena lemon terlalu asam. Jeruk nipisnya 1 iris 1 cm saja dengan kuklitnya, dan jangan diperas, langsung disiram air panas dan minum ketika hangat kuku saat perut kosong. Paling baik pagi bangun tidur ketika belum kemasukan apa-apa. Tapi ingat jeruk nipisnya cukup seiris 1 cm aja untuk maag.

      Salam,

      Hapus
  11. Asalmuallaikum..
    Ibu mau tanya, untuk buah bengkoang dan pisang boleh di konsumsi atau tidak ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hersandi Putra

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Hersandi, buah bengkoang boleh untuk sakit maag, tapi dijuice ya kalau dimakan langsung tak bagus, karena selembut-lembutnya bengkoang setelah dikunyah tetap kasar, lambung akan bisa begah banget lho.

      Pisang yang aman bagi lambung hanya pisang kapok yang kuning (bukan yang putih), tapi yang masak pohon, dan konsumsinya tak usah dimasak.

      Salam,

      Hapus
  12. Apakah anda menulis artikel tentang maag ini berdasarkan pengalaman atau penelitian? Karena dibeberapa blog banyak yg membolehkan memakan mentimun karena bisa meredam asam lambung dan mengkonsumsi susu hewani tidak baik? Apakah ibu percaya begitu saja dgn penulis yg mengatakn minum susu berbahaya? Eta terangkanlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ramdoni doni

      Saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan. Jika saya tidak menganjurkan sebaiknya orang sakit maag tidak makan mentimun, pertama karena mentimun kasar, jika untuk lalap bisa menjadikan lambung begah. Yang kedua, kebanyakan penderita maag dan gerd lebih cenderung bertekanan darah rendah bahkan anemia atau kekurangan darah nerah. Jika para penderita maag yang bertekanan darah rendah sering makan timun untuk pengobatan maagnya, maka akibatnya akan sangat merugikan, karena tekanan darahnya bisa dropp.

      Masalah minum susu hewan tidak aman bagi manusia, saya percaya kepada penelitian ahli usus dunia dr.Hiromi Sinya yang sudah meneliti lebih dari 370.000 usus manusia. Dan kebanyakan para penderita kanker lambung dan usus, latar belakangnya karena dalam waktu yang panjang selalu mengkonsumsi susu sapi.

      Dan menurut pengamatan saya, anak-anak yang diberi formula susu sapi jauh lebih besar kemungkinan terkena sembelit dibanding anak-anak yang tak pernah diberi susu hewan. Inilah yang membuat saya semakin yakin bahwa susu hewani lebih-lebih yang telah diolah secara pabrikan sebenarnya tidak baik bagi usus manusia.

      Semoga bermanfaat. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  13. Saya mengalami jantung deg2an, sesak nafas, lemas, cemas, dan badan terasa drop, awalnya saya kira penyakit jantung. Setelah USG ternyata lambung saya bermasalah.
    Yang mau saya tanya apakah Aman jika mengkonsumsi kol (sayur sop)
    Karna yang sekarang saya makan hanya sayur bayam bening dan jagung, Dan apa kira2 lauk yang aman untuk lambung. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal Pasha

      Mas Pasha, itu semua gejala gerd stadium awal. Memang kalau gerd atau asam lambung yang naik, meskipun serangan kambuh yang terasa hingga membuat panik, namun jika diperiksa dengan alat medis jarang yang bisa tertangkap.

      Konsumsi kol bagi penderita maag atau gerd tidak aman, karena kol banyak mengandung zat, yang jika dikonsumsi menimbulkan banyak gas didalam perut.

      Lauk yang aman untuk lambung, yang halus dan direbus, bukan digoreng, dan yang tanpa santan, tidak pedas, tidak keras, tidak merangsang, dan tak mengandung bahan kimia.

      Tentang tips-tips perawatan sakit maag kronis/gerd ada dalam Buku "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" yang ibu tulis. Harga 100.000 + Ongkir. Pesan di blog ini.

      Salam,

      Hapus
  14. Ass buk..klu misalkan asam lambung kambuh seperti bersendawa trus sepanjang malam dan sakit dada hingga punggung belakang trus maaf "mencret" smpai bdan lemas dan badan terasa pegal sperti meriang juga itu penyakit apa dan bagaimana biasanya menyembuhkannya buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Adi Fajar Rosadi. Itu gejala GERD awal. Untuk mengobatinya, saran ibu pesan buku "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" yang telah ibu tulis sebagai panduan perawatan dan pesan morinda untuk mengobatinya. Di blog ini juga. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  15. Assalamu'alaikum Wr.Wb...bu saya mau tanya...saya ini menderita asam lambung sudah 1bln lebih,sudah minum obat rutin,sekarang sudah agak mendingan cuma kadang2 masih sering bersendawa dan mulut masih terasa kecut kenapa ya bu...sekian terima hasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lilik Endah Lestari

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.
      Memang kalau sudah asam lambung, tak bisa tuntas dengan obat kimia atau herbal sederhana mbak. Saya dulu GERD atau asam lambung tinggi selama 18 tahun,baru setelah minum air mentah yang sehat dan herbal morinda kesembuhan saya benar benar sembuh tak pernah kambuh lagi hingga kini sekitar 4 tahun.

      Jika minat silahkan pesan di blog ini. Harga 535.000/bptpl + ongkir.

      Salam,

      Hapus
  16. Assalamualaikum Bu,boleh gak penderita maag/gerd minum madu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. derry susanto

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Madu, jika murni atau tak ada campurannya, sangat bagus diminum oleh penderita maag/gerd, karena madu bisa untuk mengobati luka dalam. Namun jika palsu, bukannya menambah sembuh bahkan bisa menimbulkan masalah bagi tubuh. Oleh karena itu hati-hati memilih madu.

      Bagi yang belum terbiasa konsumsi madu, maka ketika minum madu yang pertama kali akan terjadi diare. Itu gak apa-apa. Diare adalah proses pembersihan lambung dan usus dari kuman-kuman atau kotoran yang merugikan bagi tubuh.

      Ketika minum madu, sebaiknya dibarengi minum air putih yang cukup, agar madu lebih cepat terserap ke seluruh tubuh.

      Salam,

      Hapus
  17. Iya Bu,mksih atas jawabannya,Bagusnya diminum ny kapan ya Bu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. derry susanto

      Bagi maag,minum madu sesudah makan cukup 2 x 1 sendok makan.

      Salam,

      Hapus
  18. Bu saya mau nanya kalo sakit uluh hati ,dan perut terasa kenceng bgd ,sampai agak sesak ,apa cara nya untuk mengatasi nya Bu.saya udah 2 bln nii sakit lambung.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Kalau hanya untuk mengatasi secara darurat bisa dengan diseko dengan lap bersih yang dicelupkan dengan air panas, tempelkan di bagian perut dan dada serta punggung.

      Itu gejala GERD, jadi tak cukup dengan cara darurat untuk mengatasinya. Solusi agar sembuh, silahkan pesan Buku untuk perawatan keseharian. Harga 100.000 + Ongkir.

      Salam,

      Hapus
  19. sgt bermanfaart sekali ...
    #curhatbolehkan tapi lumayan panjang..

    lambung saya sering nyeri tapi nyerinya ga sakit sakit banget,biasanya ga di apa apa in hilang sendiri. tapi skrg sudah 5 hari lambung saya seperti bermasalah dan disertai gejala2 lainya seperti perut kembung, perut kaya ada sesuatu bergerak2 berbunyi kruk kerucuk2 dan mulut terasa asam pait ghitoo cuma itu gejalanya yg lain ga ada . pas hari pertama lambung saya berasa lumayan nyeri perut ga enak banget seperti yg saya bilang diatas, nah kan saya penasaran lalu saya nyari artikel di google saya cocok2 kan dg gejala yg saya alami dan saya merasa mungkin menderita asam lambung.setelah tahu takut campur cemas banget saya tuh( saya memang orangnya pemikir& cemasan),. mulai mrnjaga makan biar asam lambung tidak naik terus saya coba minum kunyit sama malamnya minum obat utk asam lambung, pas hari ke2 lambung saya agak enakan dikit ga begitu terasa nyeri lagi tapi pas sore harinya gak sakit tapi perut atas terasa panas utk gwjala lainya masih.pas hari ke3 mulut saya gak asem lagi dan perut krucuk2 nya kurang utk lambung dan perut masih terasa panas. pas hari ke 4&5 utk lambung hampir ga ada terasa sakit. perut atas udah gak berasa panas lagi. perut kaya bergerak sama bunyi krocuk2 udah berkurang. tapi sekarang saya merasa perut dibawah pusar dan kanan kadang seperti kaku gito tapi ga sakit sih bikin cemas dan ragu kalau saya menderita asam lambung. skrng tingkat kecemasan saya meningkat , ketakutan sakit saya parah sama takut masuk rumah sakit, sampai juga takut mati ��

    kalau boleh nanya dilihat dari gejalanya saya ini sakit apaan bu? maag kah/ aslam kah/ atau yg lainnya / parahkah?

    makasih bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usup Borneo

      Mas Usup...Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat.

      Itu masih asam lambung/GERD awal. Tapi sudah memerlukan perhatian yang serius. Maag dan asam lambung/GERD memang kambuhnya, atau terasa gak enaknya pada pagi hari saat peruit kosong atau sore hari ketika lambung sudah penuh.

      Saran ibu, segera pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis harga 100.000 + Ongkir dan Bio Alpha untuk sebulan 1.200.000 + Ongkir. Pumpung masih awal. Gerd, jika sudah parah, sangat sulit pengobatannya dan memerlukan biaya yang lebih banyak lagi untuk kesembuhan.

      Sementara dijaga makannya, hindarai pantangan maag terutama goreng-gorengan, yang berminyak dan berlemak serta dijaga agar tak kekenyangan.

      Salam,

      Hapus

Back To Top