SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sakit Maag Hindari Salah Makan

Bismillahirrahmanirrahiim…

Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam,

Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yang setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikutnya yang setia sampai akhir jaman.

Sahabat Sependeritaan Sakit Maag…dimanapun kalian berada.

Semoga pagi ini, kondisi kalian sudah lebih baik dari kemarin. Badan sudah tidak meriang. Sesak napas sudah berkurang. Uluhati juga sudah tak begitu sakit. Tenggorokan sudah bisa untuk menelan. Debaran dada juga tak sekencang semalam. Pagi ini tentu kalian merasa sedikit lega, dan mengucap syukur Alhamdulillah.

Jika kondisi kalian sudah bagus seperti ini hendaknya kalian jaga dengan sungguh-sungguh, agar tidak terjadi salah makan. Karena salah makan bagi orang sakit maag, akibatnya sungguh fatal.

Bagi maag stadium awal jika salah makan, memang akibatnya tak begitu fatal, paling paling lambung sakit sebentar, minum air putih hangat yang agak banyak, maka sakit pada lambung akan berkurang dan lama-lama akan hilang sendiri dan sembuh.

Namun pada penderita stadium menengah dan stadium lanjut, salah makan benar-benar bisa berakibat fatal, seperti kasus mbak Nova Rahmi di Batusangkar. Dari stadium lanjut dengan minum morinda 2 botol, dipadu dengan minum air mentah yang higienis selama 1 bulan lebih sudah menunjukkan perubahan yang signifikan. Nah gara-gara ingin bertambah berat badan, maka ketika saudaranya menawarkan resep pisang dicampur madu, maka segera dihabiskannya resep dari saudaranya itu.

Ketika awal makan resep pisang itu memang tak terjadi sesuatu, apalagi pisang dicampur madu memang lezat dan bergizi ! Tapi apakah yang lezat dan bergizi itu selalu cocok untuk lambung yang sedang luka ? Tidak bukan ? Nah betul…Hanya selang beberapa jam sesudah itu, lambung mulai meronta. Perut seperti dipilin-pilin. Kemasukan makanan apa saja muntah dan muntah, benar-benar penderitaan yang luar biasa.

Sudahlah…beribu sakit dirasakannya. Seharusnya mbak Nova pergi kerumah sakit untuk ditangani dokter. Namun traumanya mengkonsumsi obat-obatan kimia, menyebabkan ia benar-benar tak mau untuk dibawa kerumah sakit, meskipun sakitnya rasanya sudah benar-benar tak tertahan lagi.

Alhamdulillah setelah konsul dengan saya, saya sarankan untuk lalap daun ungu mentah. Lalap daun ungu inipun tidak seketika sembuh. Setelah setiap jam makan daun ungu 1 lembar, Alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai berangsur berkurang rasa sakitnya. Tidak muntah lagi dan akhirnya kondisinya kembali normal seperti sebelum salah makan.

Untuk itu, jika kita sakit maag, hindari jangan sampai salah makan. Ya memang, bosan sekali jika kita sakit maag, apalagi yang sudah parah. Tiap hari makan hanya ketemu nasi lembek. Sayur bening bayam dan tahu putih, atau telur ayam kampung rebus. Dibolak balik seribu kali bisanya ya dari itu ke itu saja.

Telur kalau tidak direbus, paling-paling dikukus, atau dipepes tak pake kelapa, tak pake bumbu masak. Emang tak enak makanan orang sakit maag itu. Oleh karena itu jangan suka melanggar pantangan agar cepat sembuh. Karena kalau salah makan atau melanggar pantangan, yang tadinya sudah maju selangkah sembuhnya, ini bisa mundur lagi 3 atau 4 langkah. Padahal untuk mencapai kemajuan yang selangkah ini, luar biasa perjuangan yang harus kita lakukan. Jadi rugi kan, jika bolak balik mundur ke belakang kesembuhannya ? Kapan sampai finishnya ?

Makan nasi keras itu juga sangat tidak baik bagi sakit maag. Banyak diantara teman-teman sakit maag, yang konsul, kok lama tak sembuh-sembuh. Ternyata setelah saya teliti menunya sehari-hari masih tetap makan nasi biasa, bukan nasi lembek atau nasi tim. Sehingga sejak nasinya dirubah dengan nasi lembek atau nasi tim, Alhamdulillah teman ini merasakan kesembuhannya lumayan maju.

Ada juga yang sudah makan dengan nasi lembek sehari-hari, tapi menu makannya selalu ketemunya mie instan dan gorengan yang beli di warung, karena isterinya tak telaten masak untuk suaminya. Ya sama saja bohong ! Kapan mau sembuhnya ?

Makanan gorengan itu kasarnya yang tidak cocok untuk lambung. Seperti tempe goreng tepung, pisang goreng tepung, tahu brontak atau tahu susur yang dalamnya diberi cambah atau tauge. Itu semua makanan yang sangat tidak cocok untuk lambung. Disamping kasar, minyak yang untuk menggorengnya, sudah berkali-kali untuk menggoreng sehingga bisa memicu kolesterol jahat. 

Makanan gorengan seperti ini, minyaknya juga bisa memicu radang tenggorokan dan kambuhnya gerd didaerah tenggorokan dan jantung.

Nah kalau soal mie instan, mengapa sangat rawan bagi maag ? Karena dalam pembuatan mie ada yang menggunakan zat lilin. Silahkan saja diperhatikan. Jika kita mengguyur mie instan dengan air mendidih, lalu kita angkat mienya kita saring, maka air bekas saringan mie instan itu akan banyak sekali zat lilinnya. Jika tangan kita,  disabun berkali-kali saja lama hilangnya, lengket, seperti terkena lemak pada daging. Bagaimana jika itu masuk kelambung, bisa dibayangkan bukan ?

Inilah yang menyebabkan mie instan sulit dicerna oleh lambung. Dan lagi, bumbu instannya mengandung bumbu yang banyak mengandung kimia pengawet agar tidak cepat kena jamur, dan bumbu kimia penyedap agar rasanya lezaat bikin lidah ngogel. Bumbu-bumbu kimia itulah yang tidak mudah dicerna dalam lambung. Sehingga jika dimakan lambung akan sakit.

Apalagi ya makanan yang kita makan sering bikin biangkeladi malapetaka pada lambung ?

Oh iya ini nih. Bukan sekedar rasa pedas, asam dan yang merangsang saja yang menyebabkan kambuhnya lambung. Namun makanan seperti nasi beras ketan, juadah baik yang belum digoreng maupun yang sudah digoreng sama saja bikin sakit pada lambung. 

Kemudian jajanan lemet. Jajanan yang dibuat dari ketela atau singkong, yang diparut diberi gula merah, setelah dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus, itu juga bikin masalah jika kita makan. Makanan-makanan itu jika dimakan orang sakit maag, lambung bisa kram, sakitnya sampai berhari-hari.

Kalau tak dikasih tahu sebelumnya, kalian pasti bingung jika tiba-tiba lambung kalian sakitnya bukan main setelah makan jajanan-jajanan itu.

Banyak orang sakit maag karena ketidak tahuannya, yang masih dengan santai mengkonsumsi segala macam buah

Nah buah buah seperti : salak, apel, sebaiknya dihindari karena teksturnya keras. Salak dan apel kecuali keras getahnya juga rawan buat lambung yang parah. Sekalipun diblender jika airnya diminum tetap akan bermasalah di lambung.

Nanas, buah nangka dan durian memang pantangan karena sifatnya merangsang. Jeruk juga sebaiknya jangan dikonsumsi. Semanis apapun buah jeruk, tetap mempunyai tingkat keasaman yang tinggi.

Semangka, meskipun teksturnya lembut, namun buah ini banyak menyerap pestisida. Begitu pula dengan blewah dan melon.

Lalu bagaimana dengan bakso, siomay dan sejenisnya ? Bakso mengandung borax, sehingga sangat rawan dimakan oleh penderita maag. Kita bisa sakit lambungnya berguling-guling jika makan bakso. Demikian juga siomay. Kekenyalannya yang membuat susah dicerna, apalagi jika dengan sausnya yang merah semringah warnanya….yang terbuat dari bahan cabai dan tomat. Wah !

Jajan nasi goreng dan mie ayam juga tidak bersahabat bagi lambung. Banyak kasus maag masuk rumah sakit, sehabis makan nasi goreng, mie ayam, bakso, siomay, dan makan ayam goreng. Ayam goreng karena kasarnya yang berbahaya bagi lambung.

Nah sekarang minuman apa yang sebaiknya dihindari ?

Susu. Orang selama ini tak menyangka bahwa sering minum susu sapi pada waktu kecil akan menyebabkan seseorang terkena maag kronis dikemudian hari. 

Karena susu ini tanpa dikunyah, tanpa bercampur lebih dahulu dengan enzyme amylase di dalam mulut, langsung masuk ke lambung dan langsung menuju usus. Tanpa proses pencernaan, dan langsung masuk kedalam usus.

Karena lemak-lemak susu ini sangat sulit dicerna, maka akhirnya ia menempel pada dinding-dinding usus, sehingga menjadikan usus tidak bisa menyerap sempurna nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Kerak-kerak dari lemak susu yang menempel pada dinding usus inilah yang menyebabkan timbulnya bebagai masalah usus dikemudian hari. Radang usus, kanker usus dikemudian hari.

Susu tidak baik bagi manusia ini, adalah hasil penelitian dari Dr.Hiromi Sinya. Seorang dokter ahli usus dunia yang berasal dari Jepang yang bertugas di Amerika lebih dari 40 tahun. Selama masa tugasnya, telah menangani lebih dari 370 ribu usus manusia inilah, dari riwayat masa lalu pasien dan melalui penelitian yang panjang, kemudian Dokter Hiromi Sinya memperoleh hasil dari pengamatannya, bahwa ternyata kebiasaan minum susu diwaktu kecil dalam waktu lama erat kaitannya dengan penyakit lambung dan usus dikemudian hari.

Bukan hanya itu saja, hasil temuannya. Termasuk kebiasaan makan daging-dagingan dimasa yang lalu, juga menjadi penyebab terbesar dari masalah pencernaan dikemudian hari, masalah lambung dan usus.

Dikemukakan oleh Dokter Hiromi Sinya, makin banyak seseorang bisa mengkonsumsi makan makanan mentah, maka tubuhnya akan semakin sehat. Karena dalam makanan mentah masih full kandungan enzymenya. Sedangkan banyak sedikitnya enzyme dalam tubuh manusia, menentukan tingkat kesehatan tubuh seseorang.

Namun tunggu dulu ! Teori tersebut, makin banyak mengkonsumsi makanan mentah, makin sehat seseorang, hanya berlaku bagi seseorang yang lambungnya benar-benar sehat. Bagi orang yang sedang bermasalah dengan lambungnya atau sakit maag, maka teori ini tidak bisa diterapkan ! Justru akan memperparah lambung. Ada beberapa teman sakit maag, yang menerapkan teori FC (Food Combining) makan dengan menu kombinasi buah-buahan justru jadi drop semua-semuanya.

Jadi, kalian jangan main embat aja info di internet ! Tanyakan dulu pada ahlinya ! jika kalian ingin mengkonsumsi sesuatu yang sekiranya ragu, tanyakan pada seseorang yang sekiranya faham tentang info diinternet tersebut. Jangan langsung diterapkan, sangat berbahaya.

Saya, karena Alhamdulillah lambung sudah sembuh, saya berusaha sebisa mungkin mencoba menerapkan menu makanan mentah. Itupun masih sering gagal, artinya tersentuh makanan mentah ternyata lambung belum cukup kuat, apalagi kalian yang memang lambungnya masih sakit, jangan coba-coba ya ?

Bagaimana dengan minum minuman syrup ? Syrup kebanyakan dibuat dari buah-buahan. Dan didalam syrup yang dikemas didalam botol biasanya ada zat pengawetnya. Nah unsur buah dan zat pengawet didalam minuman syrup inilah yang sering menyebabkan perih pada lambung jika diminum.

Bagaimana dengan kebiasaan yang bisa menyebabkan lambung tak sembuh-sembuh ?

Angkat sesuatu yang berat-berat, ini menyebabkan otot lambung tertarik, sehingga lambung yang sedianya mulai akan sembuh tak jadi sembuh.

Sering naik motor setiap hari untuk jarak jangkau yang cukup jauh, sebaiknya dihindari. Untuk naik motor saja sebenarnya belum boleh, apalagi dengan jarak yang jauh. Naik motor, untuk menghidupkan motor terkadang harus dislah dulu dengan kaki. Nah pada waktu ngeslah inilah otot lambung goyah kembali, sehingga yang sebenarnya mau sembuh gagal lagi gagal lagi.

Pada saat kita menuntun motor dari tempat parkir, ini juga pekerjaan berat. Yang sebenarnya tidak boleh bagi orang yang sakit maag. Tapi apa mau dikata ? Ini menyangkut tuntutan hidup ! harus bekerja. Harus mencari nafkah, kalau tidak bekerja dapur gak ngepul ! Ini memang sangat dilematis. Merupakan buah simalakama. Dimakan mati bapak. Tidak dimakan matilah emak. 

Nah oleh karena itu, ketika anda sehat, jagalah kesehatan anda, terutama kesehatan lambung, agar jangan sampai terkena sakit maag ! Ya Allah…sangat tidak enak orang sakit maag itu. Apalagi jika sudah parah atau kronis, dan lebih tersiksa lagi jika sudah terkena GERD, asam lambung yang tumpah keluar dari lambung kemana-mana. 

Ya Allah…Pagi hingga ketemu pagi lagi gak ada yang dirasa enak diseluruh tubuh. Sampai bingung merasakannya. Sini sakit sana sakit, lalu mana yang mau diobati lebih dahulu ?

Oh ya, masih ada lagi yang kelupaan. Masalah diurut.Dari sejak jaman saya masih kecil, orang jika badan meriang suka sekali badan diurut. Karena memang sangat enak jika sedang meriang badan diurut. Enaknya hingga kita jadi mengantuk dan hampir saja tertidur jika saja tak sungkan sama tukang urutnya. Iya kan ?

Sebenernya asli, sayapun mau jika diurut setiap hari, karena memang sungguh nikmat, ketika jari jemari sang tukang urut itu memijit tubuh kita yang kaku-kaku karena bekerja tak kenal lelah.

Meskipun saya begitu demen diurut, namun belum tentu setengah tahun sekali saya diurut. Gak tahulah. Ga tega rasanya. Kita yang enak-enak diurut, sementara dia sang tukang urutnya berlelehan keringat karena capai. Barangkali saja, jika tidak karena terpaksa, tak ada pekerjaan lain selain mengurut, mungkin sang tukang urutpun tak mau menjadi tukang urut, karena sungguh capai. Hanya demi beberapa lembar uang dilakukannya profesi mengurut tersebut.

Mengapa saya belum tentu diurut setengah tahun sekali, karena saya tak tahan batin saya, membayangkan betapa lelahnya ketika kita harus mengurut orang selama lebih dari satu jam. Ya Allah..Jadi, kalau tidak karena sangat kepepet, saya tak pernah urut.

Soalnya saya sendiri, dulu pernah jadi tukang urutnya ibu Nyai pondok, waktu saya mondok he he…tapi saya super ikhlas, walau tidak dibayar, pasalnya saya hanya mengharapkan ilmu-ilmu tersembunyi dari Ibu Nyai yang selalu akan keluar ketika mengobrol kesana kemari saat diurut. Dan ilmu-ilmu rahasia yang sangat bermanfaat ini, tak mungkin diberikan dikelas ketika pelajaran mengaji. Subhanallah.

Bukan mengurut ibu Nyai saja. Saya juga pernah diajak oleh Ibu Nyai ketempat saudaranya, di Surabaya, juga di Madura. Dengan mobil pribadi beliau, dan saya tukang pijat merangkap supir pribadinya haha…Bayangkan, stir mobil dari Jember sampai Madura, ibarat minum air belum selesai sudah diminta untuk mengurut saudara dari ibu Nyai :”Mbak kene ki ben diurut mbak Nien, enak lho, mbak Nien iki ngerti urat lan ngerti penyakit, ayo cepetan !, aku gak lama-lama disini” (Mbak, sini biar diurut sama mbak Nien. Enak lho, Mbak Nien ini ngerti urat dan penyakit, ayo cepetan, aku gak lama-lama disini.). 

Selesai ngurut saudara ibu Nyai, langsung kembali ke Jember lagi karena sore harinya ibu Nyai harus mengisi pengajian. Masya Allah..cuapeknya. Tanpa supir pengganti. Sampai di pondok, badan kaya diruwes-ruwes rasanya. Tapi Alhamdulillah dapat lagi ilmu baru ketika memijat tadi yang takkan saya peroleh ditempat lain. Begitulah salah satu cara saya memperoleh ilmu kehidupan dari Allah. Tidak mudah ! dan harus dengan susah payah !

Nah ini dia yang mau saya sampaikan. Bagi yang sakit maag, boleh urut, namun bagian perut, baik perut bagian depan maupun bagian belakang jangan sampai diurut. Sebab banyak kasus maag makin parah gara-gara habis diurut.

Demikian dulu ya teman, ni mau dilanjut ngemas paket-paket pesanan kalian. Ada Buku Panduan, ada Tepung Kerut, ada Morinda, dan produk terbaru yang lagi laris dan banyak manfaatnya adalah Kalung ORGONITE. Semoga selalu bermanfaat, dan Allah Ridhoi menjadi jalan kesembuhan bagi kalian semua. Yuuk.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Penulis,
Niniek SS.
Labels: Kiat-Kiat Sembuh, Makanan Pantang, Pengetahuan

Thanks for reading Sakit Maag Hindari Salah Makan. Please share...!

0 Komentar untuk "Sakit Maag Hindari Salah Makan"

Back To Top