SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Makanan Yang Aman Untuk Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim…

Memang sangat repot teman, memilih makanan yang aman bagi orang sakit maag

Kelihatannya aman, eh ternyata setelah dimakan perut menjadi begah, mual, bahkan tiba-tiba saja muncul keringat dingin dan rasa mau pingsan. 

Penyakit maag ini sebenarnya penyakit apa sih ?  dan bagaimana mensikapinya ? Pergi ke dokter sudah, makan obat sudah, tak makan yang pedas, asem dan berminyak yang dilarang oleh dokter juga sudah, tapi sulit banget yah sembuhnya ? makin lama bukannya sembuh, malah dari ke hari ada saja keluhan yang baru.

Yuk bersama-sama kita telaah Makanan Yang Aman Untuk Sakit Maag.

Makanan yang aman bagi sakit maag, insya Allah adalah makanan-makanan yang tidak pedas, tidak asam, tidak berminyak, tidak kasar, tidak liat, tidak merangsang, dan tidak mengandung bahan kimia (tidak mengandung zat pengawet, zat pelembut, zat pengembang, zat pewarna, zat perasa). Nah marilah kita teliti dari makanan-makanan yang ada dibawah ini, mengandung salah satu dari semuanya itu tidak ?

Makanan-makanan Yang Aman Untuk Sakit Maag

Bubur tepung kerut :
Kecuali lembut, mengenyangkan lama karena kandungan gizinya, tepung kerut juga mengandung zat yang yang dapat melapisi dinding lambung mendukung terbentuknya mukosa lambung. Sebagai bukti, tepung kerut (yang asli) aman juga dikonsumsi sebagai makanan bayi, dimana bayi lambungnya masih sangat rawan.

Tepung kerut yang dijual di mall-mall, atau di supermarket-super market menurut laporan dari banyak teman sakit maag yang menghubungi penulis, ternyata banyak yang tidak asli, mungkin sudah dicampur dengan bahan pengawet, sehingga ketika dimasak dan dimakan menyebabkan sakit perut yang sangat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tepung kerut yang asli, silahkan pesan tepung kerut kepada penulis, yang insya Allah masih asli karena pengolahannya masih tradisional dan masih sering dipesan oleh pabrik besar makanan bayi di Indonesia. ( Info : 1 kg hanya 25.000 tambah ongkos kirim ).

Cara memasak tepung kerut, persis seperti memasak bubur sumsum dari tepung beras.

Bubur Kacang Hijau :
Kacang hijau banyak sekali kandungan gizinya yang sangat dibutuhkan oleh orang sakit maag, sehingga bagus sekali jika setiap harinya penderita sakit maag bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau.

Cara membuatnya, ambil kacang hijau pilihan, yang butir bijinya utuh dan besar-besar, 1 genggam saja. Sebab kacang hijau yang butir bijinya kecil-kecil tidak cocok untuk dikonsumsi orang sakit maag karena jika dimasak tidak gampang menjadi lunak sehingga dimakan sering membuat perut tidak nyaman, begah dan terasa penuh.

Setelah dicuci bersih, rendam dalam air mendidih. Air antara 1 hingga 1,5 gayung. Jika airnya sudah dingin, lalu dimasak diatas kompor dengan air rendamannya. Jika untuk yang maagnya sudah parah, setelah kacang hijaunya pecah, angkat dari kompor, lalu saring.

Air kacang hijau ini silahkan diminum (bagi yang maagnya sudah parah) untuk seharian. Minum sedikit demi sedikit untuk seharian hingga habis. Sangat bagus jika dicampur dengan madu murni setiap kali hendak minum. Jika telah dingin, boleh tambahkan air panas dari termos, agar menjadi hangat, baru jika mau diminum, dicampur dengan madu murni.

Nah jika sudah diambil airnya, ampas kacang hijau tadi silahkan dimasak kembali dengan menambahkan air secukupnya, setelah kacang hijau empuk, baru ditambahkan gula dan santan, jahe sedikit, untuk orang yang sehat. Memasukkan gula harus jika kacang hijau sudah empuk, jika belum maka kacang hijau tak akan bisa empuk walau lama memasaknya diatas kompor.
  • Bagi Maag Stadium Awal : boleh makan kacang hijau yang dimasak hingga kacang hijaunya lembut, dengan ditambahkan gula,  secukupnya, sedikit garam dan jahe dan santan encer.
  • Bagi Maag Stadium Menengah : Hanya boleh minum air kacang hijau yang telah pecah agak lembut, disaring ditambah madu murni secukupnya, jika tak ada madu boleh tambahkan sedikit gula dan garam secukupnya dan minum ketika hangat, jika ada ampasnya jangan ditelan.
  • Bagi Maag Stadium Lanjut : Hanya boleh minum air rebusan kacang hijau sampai kacang hijaunya pecah saja, tanpa tambahan gula dan garam, sebab lambung akan terasa perih sekali dengan gula dan garam. Jika tetap menginginkan rasa manis gurih, tambahkan madu murni.
Agar-Agar :
Agar-agar ini sangat banyak manfaatnya. Mengandung banyak serat sehingga memperlancar pencernaan, mencegah sembelit, dan teksturnya yang lembut jika dimakan tidak menyebabkan sakit perut. Cepat kenyang sehingga tidak bolak balik makan yang akan menambah beban lambung sehingga terasa begah dan penuh.Tapi jangan memilih agar-agar yang jelly karena sulit dicerna jellynya dalam lambung.

Kueh Nagasari :
Kueh Nagasari adalah kue yang dibuat dari tepung beras yang dimasak setengah matang dengan santan, sedikit gula pasir dan sedikit garam. ( Bagi yang sakit maag sebaiknya tidak usah menggunakan santan ). Setelah dimasak setengah matang lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga daunnya matang.

Kue nagasari ini bisa dimakan sebagai pengganti nasi. Satu bungkus kue nagasari saja sudah cukup mengenyangkan.

Kue Mari :
Kue mari yang tak mengandung susu cukup baik untuk orang sakit maag. Makan 2 buah saja cukup mengenyangkan. Pilih roti mari yang tak mengandung susu. Kue mari yang mengandung susu jika dimakan orang sakit maag, lambung dan usus akan terasa sakit, karena susunya sulit dicerna dalam lambung dan tak mudah diserap oleh usus.

Kue mari yang dijual sudah dalam bentuk kemasan, biasanya mengandung susu, maka pilihlah kue mari yang dijual dalam bentuk uraian kiloan. Jangan membeli banyak-banyak, sedikit dulu misal ¼ kg, nanti kalau cocok baru kalau mau membeli lebih banyak, sehingga tidak boros pengeluaran.

Kentang Rebus :
Kentang rebus yang kaya serat ini juga sangat baik bagi makanan jeda orang sakit maag. Bisa memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan karbohidratnya menyebabkan kenyang, dan teksturnya yang halus jika dimakan nyaman untuk lambung.

Tetapi pilihlah kentang yang kering, yang tidak banyak pestisidanya. Dan jangan pilih kentang yang sudah berwarna hijau kulitnya apalagi yang sudah mulai tumbuh mata tunasnya, kentang seperti ini sudah banyak mengandung racun, jika dimakan orang sakit maag bisa merasa mau pingsan tiba-tiba.

Talas Rebus :
Talas rebus, meskipun tidak banyak gizinya, bisa sebagai makanan jeda bagi sakit lambung. Karena di pedesaan banyak tanaman talas, maka umbinya yang sudah tua bisa dimanfaatkan untuk makanan selingan, namun makan jangan banyak-banyak karena perut akan terasa begah.

Ubi Jalar Rebus :
Ubi jalar rebus juga tak jauh berbeda dengan talas rebus. Umbi jalar rebus gampang tumbuh di pekarangan-pekarangan rumah, bisa dijadikan sebagai makanan selingan sakit maag, yang aman dan mengenyangkan. Namun jika makan umbi dari ketela rambat atau ubi jalar ini, jangan dimakan yang bagian bontot, atau bagian pangkal, biasanya banyak urat umbi, yang jika ikut kemakan akan menyebabkan sakit perut.

Roti tawar :
Roti tawar, sebagai pilihan terakhir jika makanan-makanan diatas tidak ada. Roti tawar ini meski mengandung ragi pengembang, namun masih jauh lebih aman dimakan bagi sakit maag, dibanding dengan segala jenis roti yang lain yang mengandung banyak mentega, susu ataupun coklat, dan bahan-bahn lain pembuat susu.

Tahu Putih Rebus :                                                                                                
Tahu Putih Rebus ini, meskipun masuk dalam golongan lauk, jika terpaksa tak ada makanan jeda yang lain, nasi juga belum masak, maka tahu putih yang dikukus atau direbus dengan diberi sedikit garam dan dibumbui bawang putih, akan menjadi makanan yang cukup menyelamatkan lambung dari kesakitan karena sudah saatnya diisi.

Demikian Makanan Yang Aman untuk Sakit Maag. Ya tidak harus selalu makanan tersebut yang boleh anda makan, jika anda menginginkan makanan yang lain, apapun itu, silahkan anda cicipi dulu sedikiiiiit, supaya jika tidak cocok, maka anda merasakan akibatnya tidak terlalu parah dan menderita he he…

Jika anda ingin segera sembuh, maka sangat penting anda untuk memiliki Buku Panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis yang penulis susun sendiri, sebagai buah pengalaman sakit maag penulis yang begitu lama (lebih dari 15 tahun) hingga kesembuhan penulis yang sangat AJAIB, dimana dalam Buku Panduan tersebut penulis sertakan banyak sekali kiat-kiat dan tips-tips sembuh sakit maag kronis. Silahkan PESAN DAN SIMAK DI SINI.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam penulis,
Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Pengetahuan

Thanks for reading Makanan Yang Aman Untuk Sakit Maag. Please share...!

0 Komentar untuk "Makanan Yang Aman Untuk Sakit Maag"

Back To Top