SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sepotong Nasehat Agar Lekas Sembuh

Sakit maag adalah sakit yang sangat membingungkan. Bagaimana tidak ? Mau makan ini salah, makan itu salah, minum ini perut sakit, minum itu tiba-tiba diare. Bagaimana sih sebaiknya ?

Pertama-tama yang harus disadari adalah, bahwa jika dokter sudah mendiagnose bahwa kita sakit maag, tentu lambung kita sedang luka. Entah hanya iritasi, atau peradangan bisa jadi sudah menjadi tukak lambung yang mengarah kepada kanker, atau yang lain…

Maka kita dalam memilih makanan yang hendak kita konsumsi memang tak boleh berspekulasi. Karena akibatnya akan sangat fatal. Sebenarnya kondisi lambung kita mungkin sudah akan membaik. Namun kita tak bisa menahan keinginan kita untuk makan sesuatu yang menjadi pantangan berat.

Sepertinya beberapa hari perutnya sudah terasa enak, karena itu tiba-tiba timbul banyak keinginan. Yang ingin makan baksolah, ingin makan dengan lauk ikan bakarlah, ingin makan ayam gorenglah atau satelah. Pokoknya segala pantangan yang selama ini tak pernah dilanggar, karena merasa lambung sudah aman, main hantam saja semua makanan yang sejak lama tidak disentuhnya.

Nah jadilah, kesembuhan yang lama dinanti-nantikan, yang mustinya sudah hampir diperoleh, buyar lagi..buyar lagi. Stadiumnya yang tadinya sudah hampir sembuh menjadi parah kembali, hanya karena kita tidak sabar, gegabah dalam menyantap makanan.

Teman,
Lambung kita sedang luka. Luka yang berada di luar saja harus bersabar menunggu kesembuhan. Apalagi ini luka dalam, dimana organ lambung, sehat ataupun sedang sakit, tak bisa beristirahat dari tugasnya yaitu memproses makanan untuk tubuh. Bayangkan. Betapa kasihannya lambung kita.

Bagi anggota tubuh yang lain, jika sedang tertimpa sakit masih bisa beristirahat, misal tangan yang patah, kaki yang terkilir, mata yang sedang sakit, masih bisa beristirahat walau meski terganggu dengan rasa sakitnya. Namun jika organ dalam yang terganggu, ia tak akan bisa beristirahat barang sejenak.

Coba saja, jika jantung sedang sakit, apakah dia boleh berhenti untuk memompa darah, tidak kan? Apa akibatnya jika jantung kita lalu berhenti karena ia sedang sakit lalu ingin beristirahat dari tugasnya ! Lalu paru-paru yang sedang terkena sakit TBC, apakah lalu ia dengan enaknya beristirahat dari tugasnya ? Apa yang akan terjadi jika paru-paru tak mau lagi menjalankan tugasnya menyaring udara yang kita hirup ? Pasti seluruh tubuh akan keracunan oleh polusi udara.

Demikian juga jika organ ginjal kita ngadat beristirahat, tentu darah yang mengalir keseluruh tubuh bisa jadi penuh dengan residu yang berbahaya bagi tubuh. Lalu ada lagi nih, jika organ pancreas kita sedang sakit, maka tak bisa memproduksi insulin, repot kan tubuh jadi menderita, akibat diabet yang tak sembuh-sembuh.

Oleh karena itu marilah mulai sekarang kita belajar menyayangi diri kita sendiri dengan memperhatikan kesehatan seluruh tubuh kita. Sedikit demi sedikit tak apalah daripada tidak sama sekali.

Apakah hanya kewajiban seorang dokter saja yang harus belajar tentang anatomi atau susunan tubuh manusia ? Apakah hanya pak Mantri atau bu Bidan saja yang wajib mempelajari tentang seluk beluk kesehatan ? Tentu tidak bukan ?

Namun di sini penulis tak akan membahas tentang seluruh kesehatan secara umum. Karena penulis memang bukan dokter, bukan bu bidan dan bukan ahli kesehatan. Penulis hanyalah ibu rumah tangga biasa, yang Alhamdulillah telah disembuhkan oleh Allah dari sakit maag yang penulis derita lebih dari 15 tahun lamanya, dan penulis ingin membagikan seluruh pengalaman penulis menjadi sehat kepada Anda sekalian, pembaca setia dari blog ini.

Kalau harus menjelaskan apa saja yang menjadi pantangan orang sakit maag ? Wah buuuanyak sekali. Tapi mudah diingat kok. Yang penting : Tidak kasar, tidak pedas, tidak asam, tidak berminyak, tidak kimia, tidak merangsang, tidak berlemak, dan mudah dicerna.

Silahkan Anda ingat-ingat saja setiap kali mau makan, mempunyai kriteria seperti yang penulis sebutkan di atas tidak ?

Setiap kali sms berdatangan dari mana-mana, hanya untuk menanyakan, boleh gak makan bakso, boleh gak makan ikan bakar, boleh gak makan cilok ( makanan anak-anak kecil di sekolah dasar yang dibuat dari tepung kanji dan diberi saus ), boleh gak makan sate, boleh gak makan telor, dan boleh gak makan ini makan itu ?

Silahkan Anda mengingat-ingat saja patokan di atas, insya Allah akan selamat dari salah makan, karena salah makan akibatnya bisa fatal, sakit yang amat sangat hingga kita panik merasakannya. Penulis bisa menyampaikannya di sini karena semua pernah penulis alami.

Misalnya Anda ragu-ragu pengin makan bakso, boleh gak ya ? Lalu ingat saja patokan yang sudah saya tulis di atas.

Bakso itu kasar tidak Ya ?
Bakso jelas kasar teksturnya oleh karena itu sebaiknya jika lambung sedang bermasalah jangan makan bakso dululah

Bakso itu pedas tidak ya ?
Baksonya sih tidak pedas. Tapi biasanya ada lho yang membuat bakso dengan bumbu merica, juga kuahnya ada yang diberi bumbu merica, merica termasuk bahan yang merangsang lambung, jadi jangan makan bakso dulu ya, biar lekas sembuh.

Bakso itu asam tidak ya ?
Meskipun bakso itu tidak asam, tapi makan bakso kalau tidak pake saus kan tidak sedap ? Nah, sausnya itu yang sangat berbahaya buat lambung, kecuali pedas dia juga dibuat dengan bahan tomat yang bersifat asam.

Bakso itu berminyak tidak ya ?
Baksonya tidak berminyak, tapi kan kuahnya ditumis dengan minyak dong, hayo ! jadi hindari dulu makan bakso ya teman ?

Bakso itu ada kimianya tidak ya ?
Ya jelas ada. Untuk membuat daging menjadi bola-bola dan tidak hancur biasanya dicampur dengan kimia yang bisa membuat bola-bola bakso menjadi kenyal. Jadi lebih baik, gak makan bakso dululah, daripada perut sakit lagi.

Bakso itu mengandung lemak tidak sih ?
Namanya saja daging, mana ada daging yang tidak mengandung lemak, walau lemaknya hanya sedikit tetap ada kan ? Jadi makan tidak ya ? Yah..tahan dulu aja deh, cari makanan lain yang lebih selamat.

Bakso mudah dicerna tidak yaa ?
Semua makanan berbahan dasar daging tidak mudah dicerna. Jika kita makan daging-dagingan terus dalam beberapa hari dan tidak konsumsi sayur, maka dijamin akan sulit BABnya. Jadi jangan makan bakso dulu ya ? tunggu sampai maagnya sembuh dulu.

Demikian, jika Anda cukup berhati-hati dalam memilih menu makanan, maka insya Allah Anda akan cepat sembuh. Tentu disertai dengan ikhtiyar pengobatan serta menjalankan kiat-kiat sehat sakit maag sebagaimana yang sudah pernah penulis tulis dalam blog ini, silahkan cari saja.

Atau jika Anda ingin lekas sembuh, silahkan Anda sering membaca artikel di blog ini. Karena banyak sekali kiat-kiat yang sudah penulis beberkan dalam tiap-tiap artikel, yang insya Allah sangat bermanfaat bagi kesembuhan maag Anda.

Saran penulis, apa-apa yang menjadi pantangan sakit maag, silahkan tulis dalam catatan kecil, masukkan dalam dompet uang Anda. Nah setiap kali Anda bingung menghadapi makanan, buka saja catatan kecil tersebut, jadi tak perlu setiap kali bertanya, bolehkah ini bolehkah itu ? he he..

Buatlah menu sendiri yang Anda suka, dari menu-menu makanan sakit maag yang sudah banyak penulis sajikan dalam blog ini. Bersabar jauh lebih baik daripada merasakan sakit.

Semoga Anda bisa belajar bersabar menahan keinginan.

Salam Bersabar Selalu,
NiniekSS
Labels: Makanan Sakit Maag, Motivasi

Thanks for reading Sepotong Nasehat Agar Lekas Sembuh. Please share...!

30 comments on Sepotong Nasehat Agar Lekas Sembuh

  1. Makasih atas nasehatnya bermanfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf terlewat balasnya.

      Terima kasih, semoga saya terus bisa berbagi di blog ini.

      Salam,

      Hapus
  2. Owh ternyata bakso juga sebaiknya di hindari untuk penderita maag apa lagi yang akut, berarti ibu hamil yang mengidap penyakit maag sebaiknya menhindari bokso... terimkasih informasi yang beramnfaat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolehkah Ibu Hamil Makan Bakso.

      Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Artikel Anda semoga bisa melengkapi apa yang saya tulis. Betapa bahagianya bisa berbagi apa yang kita tahu untuk menambah wawasan pembaca blog sekalian.

      Bagi pembaca blog ini yang ingin tahu lebih banyak tentang sisi negatifnya bakso, silahkan buka link ini : http://www.areabumil.com/2016/01/bolehkah-ibu-hamil-makan-bakso.html

      Salam Sehat Selalu.

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat'mudah mudahan yg lagi sakit maag secepatnya disembuhkan oleh Allah .aamiin ya rabbal alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr. Raffi Muraffa

      Terima kasih atas apresiasinya serta doanya bagi kita semua yang sedang sakit maag. Amiin Ya Rabbal'alamiin.

      Salam,

      Hapus
  4. Sangat bermanfaat, saya menderita maag sdh 10thn lbih, kadang kambuh,
    Betul apa yg ibu tulis diatas pola makan sangatlah penting, klo bleh di tambah lgi, saya saya minta resep obat yg bagus untk maag kronis saya Bu, herbal/kimia,, mohon bagi resep, bsa lwat hp saya,
    Phone:085842397941, fahmi pekalongan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. palatipah_vs Sadiopalatipah12345678

      Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat. Resep untuk maag kronis adalah : Terapi Minum Air Mentah yang higienies + Madu Pahit Alami yang bisa dipesan pada Bu Niniek SS + tepung kerut yang juga bisa pesan disini.

      Salam,

      Hapus
  5. Makan pentol waktu sakit pusing bleh mkan dak mkan pentok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abil Syahputra

      Penthol atau bakso sangat tidak bersahabat dengan lambung yang sedang sakit. Sebaiknya dihindari. Karena biasanya bakso mengandung borax, sehingga sulit dicerna dalam lambung. Jika dikonsumsi akan menyebabkan lambung sangat sakit dan begah.

      Salam,

      Hapus
  6. Balasan
    1. Abil Syahputra

      Alhamdulillah, jika bisa dimengerti.

      Salam,

      Hapus
  7. Saya juga sedang menderita sakit maag kalau malam hari lambung terasa nyeri. Apakah sama sakit maag dan infeksi lambung? Sudah 2bln saya terserang infeksi lambung dan sebelumnya didiagnosa sakit tifus. Sekarang tinggal sakit lambungnya yg blm sembuh total. Kata dokter sp. Peny. Dlm kalau sakit saya sekarang karena stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Lita Ningsih

      Antara sakit maag dengan infeksi lambung tetap ada bedanya, meskipun tipis batasnya. Bagi orang awam akan sulit membedakannya. Namun bagi dokter sangatlah mudah.

      Sakit maag biasa hanya ditandai mual dan sakit perut ( bagi yang belum parah ). Bagi maag yang sudah parah yang sudah berkembang menjadi asam lambung ( gerd ), maka sakitnya ibarat neraka dunia karena pada sekujur tubuh bisa terasa sakit sekali. Oleh karena itu, bagi penderitanya sering disebut sebagai penyakit siluman, saking anehnya dan membuat panik.

      Infeksi lambung biasanya ditandai dengan sakit luar biasa pada bagian uluhati. Uluhati mengeras. Sembelit. Dan disertai suhu badan panas. Jarang infeksi yang tak disertai dengan panas tubuh. Tapi tidak selalu disertai dengan demam menggigil.

      Typus, biasanya mual, muntah, pusing yang sangat, lemas, gemetar, demam menggigil kedinginan namun jika dipegang tubuh sangat panas. Siang hari tubuh biasa, jika menjelang malam tubuh mulai memanas.

      Demikianlah ciri dan perbedaan yang saya amati selama saya sakit lambung kurang lebih 18 tahun lamanya.

      Semoga kalian semua para pembaca tidak mengalaminya seperti saya. Dan yang sedang sakit semoga lekas sembuh yaa ? Tidak berkepanjangan seperti saya pula.

      Salam,

      Hapus
  8. Maaf mau tanya kalau penderita maag makan sate, ayam bakar, dan makanan yang digoreng(misalnya tempe, telor) gitu sebenarnya boleh tidak ya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Novita Nafis

      Assalamu'alaikum Wr.Wb.

      Anda bertanya kepada siapa ? Bu, Mbak, Dik, Pak, Nek ? Biasakanlah bertanya dengan menyebut panggilannya. Sate, ayam bakar, dan makanan yang digoreng biasanya kasar. Maka jelas tak bagus untuk penderita maag. Apalagi minyak-minyakan sangat menghambat kesembuhan luka.

      Wassalam.

      Hapus
  9. bu tdi aku makan ikan bakar bbrapa jam kemudian sesak minta ampun knpa ya itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Junior Manurung

      Penyebab langsung ibu tidak tahu mas. Tapi ibu menduga bahwa Mas Manurung ini kena gerd, dan sebelumnya asam lambungnya pernah naik ke area paru-paru.

      Sehingga ketika konsumsi makanan yang riskan untuk paru-paru maka akan langsung sesak nafas. Orang yang bermasalah dengan paru-parunya kan riskan makan goreng-gorengan apalagi yang dibakar, yang mengandung karbon dioksida.

      Salam,

      Hapus
  10. Saya mau nanya ibu niniek, apakah makan kebab, juga tidak dibolehkan saat sakit maag?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ArinaMj.

      Kebab ? Jangan dulu mbak. Sebab kebab terdiri dari sayuran mentah dan masakan daging. Semuanya kasar bagi lambung bisa menyebabkan begah dan sakit perut.

      Salam,

      Hapus
  11. Mba niniek kalo penyakit asam lambung naik sama bisa kah resep yang air mentah higienis tersebut diatas??

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nur Wanto

      Air mentah sangat bagus untuk kondisi apapun juga. Baik sehat maupun sakit Mas. Asal bening, tak bau dan jarak sumber mata air minimal 8 meter dari cemaran lingkungan ( septitank, got, atau limbah kimia).

      Salam,

      Hapus
  12. Jika saya pesan air mentah higienis+madu pahit alami+tepung kerut nya bagaimana caranya,,saya tinggal dijakarta??? Saya menderita asam lambung,dada seperti panas terbakar

    Phone : 087887672919

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nur Wanto

      Air mentah saya tidak menyediakan silahkan mencari sendiri di lingkungan. Madu pahit 100.000 + Ongkir. Tepung kerut 25.000/kg + ongkir (minimal pesan 2 kg). Caranya kirim nama + alamat lengkap + nomor hp. Ke nomor 085.228.401.939/0877.3259.8747

      Salam,

      Hapus
  13. Ibu niniek slmat mlm..apa kabar?gmn kesehatannya skrg setelah 18thn?ada WA bu?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. surga

      Selamat pagi mbak. Maaf baru sempat balas. Alhamdulillah baik, sehat, tak pernah ada keluhan lagi mbak. WA ibu no 0877.3259.8747 Ditunggu ya kontaknya ? Terima kasih atas kunjungannya di blog semoga ada manfaatnya.

      Salam,

      Hapus
  14. Ass mbak ninik,umur saya 21 thn. Saya sakit maag hampir satu bulan, saya berobat sudah 3 minggu dan selama itu pula saya berusaha tidak makan pantangan ny. Sekarang sudah mulai mendingan, cuma saya masih merasa sesak di ulu hati, nyeri perut, buang air tidak teratur kadang biasa, kadang susah, kadang diare, kadang biasa.. Tp saya berencana mulai belajar makan pedas sedikit sedikit,,
    Bagai mana saran buk ninik kepada saya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Keluhannya itu sudah GERD stadium menengah mbak. Tak bisa hanya dengan menghindari pantangan saja, namun harus diobati secara intensif. Silahkan pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis sebagai panduan (harga 100.000 + Ongkir ) + Bio Alpha solusi terbaiknya (paket untuk sebulan 1.200.000 + Ongkir) WA/SMS ke 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Jangan makan pedas dulu.Tahan.

      Salam,

      Hapus
  15. Assalamualiakum bu
    Saya umur 23 tahun
    Saya punya sakit asam lambung udah 2bulan
    Setiap asam lambung saya kumat
    Dada terasa byesak sakit ulu hati badan panas dingin gemeteraan kepanikan dan kekhawatiran detak jantung terasa cepat dan kencang
    Serta berasa terbakar
    Apakah asam lambung saya parah bgt ya
    Saya sudah menjalani perawatan ke penyakit dalam selama sebulan
    Apa asam lambung susah disembuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.
      Itu kondisinya asam lambung stadium menengah. Memang seperti itu keluhannya. Untuk upaya kesembuhan, inshaa Allah bisa hubungi ibu ke WA nomor 085.228.401.939. Inshaa Allah saya akan bantu.

      Salam,

      Hapus

Back To Top