SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Menu Harian Sakit Maag


Bismillahirrahmanirrahiim....

Sahabat Niniek SS yang penulis hormati,

Anda bingung mau makan apa ? Bersama ini akan saya sampaikan makanan-makanan yang cocok untuk sakit maag.

Nasi ? Bisa pilih lontong, nasi tim atau nasi lembek, atau bubur sungsum.

Lontong, saya tidak bisa bikin, jadi tidak bisa memberitahukan kepada Anda disini.

Nasi tim, caranya ?

Gampang kok, ambil beras 1 gelas takar magic com (Pres tidak munjung) trus setelah dicuci diletakkan dalam rantang aluminium beri air kurang lebih 4 gelas takar.

Nah rantang yang sudah berisi beras dan air ini, direbus dalam panci yang ukurannya lebih besar agar rantangnya cukup dimasukkan kedalamnya, kedalam panci juga diberi air secukupnya, lalu rebus hingga nasinya masak. Ciri-ciri nasinya sudah masak jika dipegang pake jari sudah tidak menempel.

Nasi lembek, caranya ?

Sama dengan cara memasak nasi tim. Ambil  beras 1 gelas takar magic com, pres, cuci bersih, letakkan dalam wadah magic com, beri air 4 gelas takar magic com. Masak dalam magic com hingga nasi masak. Lihat, periksa dengan ujung jari jika sudah tidak lengket berarti nasi sudah masak.

Bubur sungsum, caranya ?

Cara masaknya ambil 2 sendok tepung beras, beri 1 gelas takar magic com aduk hingga rata, masak dengan tempat yang ceper, beri daun salam 1 lembar dan sedikit garam dapur, aduk-aduk hingga masak.

Nah itu nasinya. Bubur sungsum untuk maag yang parah, nasi tim untuk yang maagnya masih sering kambuh, nasi lembek untuk maag yang sudah agak mendingan, yang sudah bisa makan pedas sedikit, dan nasi lontong untuk yang maagnya sudah sembuh tapi masih perlu hati-hati memilih makanan.

Sayuran

Bahan sayuran yang boleh dimasak untuk orang sakit maag antara lain :

Untuk maag yang sangat parah hanya boleh konsumsi sayuran bayam, wortel, labu siam muda, terong yang muda yang tak ada bijinya. Nasinya bubur sungsum. Bayam + wortel dimasak sayur bening, dengan bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas dan sedikit garam. Makan sayurnya sendiri2 tanpa dicampur dengan bubur sungsumnya. Atau bayam + labu siam, namun bayamnya ambil daunnya saja jangan dengan tangkainya, dan masaknya yang empuk.

Untuk maag yang masih sering kambuh. Sayuran yang boleh dimakan antara lain : bayam, wortel, labu siam, buncis yang muda, labu putih, dan kentang yang sudah lama dipanen. Bisa dimasak variatif :
    Bayam + wortel > disayur bening
    Bayam + labu siam > disayur bening
    Bayam + wortel + labu siam > disayur bening
    Wortel + labu siam + buncis muda > disayur bening

Untuk maag yang sudah mendingan, sudah bisa makan sedikit pedas. Sayuran yang boleh dimakan antara lain : bayam, wortel, labu siam, buncis muda, labu putih, kentang yang sudah lama dipanen, terong ungu yang belum ada bijinya, brokoli, kembang kol.

Kecuali bisa dimasak variatif seperti di atas,
  • Kembang kol + kentang + wortel > Disayur sop tanpa merica.
  • Terong ungu > dikukus saja dengan sedikit garam untuk lauk makan nasi.
  • Labu putih > disayur bening
  • Buncis muda dengan wortel > disayur sop tanpa merica.
Brokoli dikukus dengan sedikit garam, untuk makan dengan nasi, tapi waktu mengunyah, ampasnya jangan ditelan karena brokoli teksturnya kasar bisa menyebabkan seneb dan sebah pada lambung.

Untuk maag yang sudah sembuh, bisa makan dengan nasi lembek atau lontong, sedang sayurannya sudah lebih bebas lagi. Termasuk kangkung, kacang panjang, sawi putih dan lain-lain sudah boleh dikonsumsi, asal memasaknya tidak pedas, tidak asam dan tidak memakai minyak dulu biar sembuh betul. Terus caranya makan, kunyah hingga lembut, minimal 33 x dan ampasnya jangan ditelan namun dibuang.

Untuk menu lauknya ?
  • Tahu putih bisa direbus dengan sedikit garam
  • Tahu putih direbus dengan garam sedikit, dimakan dengan kecap
  • Tempe direbus atau bisa dimasak sayur being dengan campuran sayuran bayam.
  • Telor ayam kampung direbus 3 menit.
  • Tahu putih dihancurkan dicampur dengan telur ayam kampung ( terpaksanya tidak ada telur ayam kampung ya bolehlah dengan telur ayam lehorn ), dikukus dengan menggunakan daun.
  • Ikan apa saja asal serat dagingnya tidak kasar boleh dimasak pepes atau dikukus begitu saja dengan bumbu garam, bawang putih dan diberi sedikit kunyit agar tidak amis. Boleh juga dimasak sop, tanpa merica.
  • Hindari makan ikan tongkol karena seneb atau begah dilambung.
  • Macaroni direndam dicampur telur dibumbui garam dan bawang putih dikukus dengan dibungkus daun, beri sedikit salam sebelumnya, juga enak untuk teman nasi.
Jenis-jenis Kue atau makanan yang aman dikonsumsi :
  • Jenang tepung kerut yang encer
  • Kue nogosari yang dibuat dari tepung beras yang diberi gula pasir sedikit, dicampur dengan air secukupnya, dimasak setelah setengah matang lalu dibungkus daun lalu dikukus lagi, setelah daunnya masak, angkat dari kompor, berarti nogosari telah masak. Aman dan tenang di lambung.
  • Buah sukun yang tua, dikukus aman dikonsumsi sedikit mengenyangkan.
  • Ubi rebus, tapi ini sering membuat gas dalam perut, asal sedikit tidak apa-apa.
  • Singkong rebus. Pilih singkong yang mempur dan belum bersontrot, dan makan sedikit waktu masih hangat tidak apa-apa.
  • Agar-agar yang bukan jelly aman untuk dikonsumsi, asal memasaknya jangan kebanyakan gula pasir.
  • Roti tawar tanpa kulit.
  • Kentang rebus juga cukup aman dimakan( asal pilih kentang yang dipanen sudah lama, ciri-cirinya kulitnya sudah kering, jangan pilih kentang yang masih basah atau baru saja dipanen, karena masih banyak mengandung pestisida ).
  • Kue hungkwee yang dimasak sendiri juga bagus untuk dikonsumsi, aman dan mengenyangkan.
  • Pisang kapok kuning, aman untuk dimakan, asal mengkonsumsinya ketika sudah matang dipohon tak perlu dikukus, jadi makan ketika belum dimasak, ini malah bisa mengobati lambung yang sakit.
  • Labu kuning yang sudah tua/masak, dikukus sangat bagus buat lambung.
Buah yang aman untuk dikonsumsi :
  • Buah papaya yang masak pohon
  • Buah pisang kapok kuning yang masak pohon dan belum dikukus makanlah ketika masih mentah, bisa untuk obat maag.
  • Buah pisang ambon yang kulitnya kuning, jangan yang kulitnya hijau, suka perih pada lambung. Tapi bagi yang golongan darahnya "O" pisang ambon tidaklah cocok.
  • Buah Alpukat, aman, enak bergizi dan mengenyangkan.
Madu juga sangat bagus dikonsumsi orang sakit maag, karena kebutuhan gizinya sudah mencukupi.

Apapun yang Anda keluhkan akibat sakit maag, tak perlu Anda berkecil hati, karena kini telah hadir bagi Anda, buku Panduan untuk Kesembuhan Sakit Maag, yang alhamdulillah telah banyak membantu para penderita sakit maag di Seluruh Indonesia, sembuh dari sakitnya. kini giliran Anda insya Allah mudah-mudahan sembuh seperti mereka. PESAN DAN MILIKI SEGERA agar tidak kehabisan karena sangat banyak peminatnya.

Demikian, semoga manfaat bagi teman-teman. Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Salam Tetap Semangat
NiniekSS
Labels: Makanan Sakit Maag, Sayuran Untuk Sakit Maag, Tips

Thanks for reading Menu Harian Sakit Maag. Please share...!

26 comments on Menu Harian Sakit Maag

  1. Iya terima kasih juga telah berkunjung di blog ini. Sering-sering aja mampir ya Kak Chow. Semoga bermanfaat.

    Salam,
    niniek SS.

    BalasHapus
  2. Magh saya sudah kronis, jd bingung Mau mengkonsumsi apa. Saya searching dpt info di blog ini. Terima kasih 😊 salam kenal ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Desi,

      Terima kasih yaah sudah mampir di blog ini. Alhamdulillah jika ada manfaatnya. Salam kenal juga. Sering-sering mampir ya mabk.

      Salam,

      Hapus
  3. saya belom cek dokter tpi aepertinya saya maag kronis sudah 3minggu lom sembuh masih muall gelisah jantung berdebar napas sesak seperti mau pingsan..area perut kayak ditusuk tusuk jarum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sobat Aix Cell

      Ya sebaiknya segera saja periksa ke dokter, agar tidak terlambat. Jangan disepelekan keluhan ini pumpung belum parah. Sebab kalau sudah parah lebih sulit pengobatannya, lebih makan waktu dan lebih banyak biayanya.

      Atau jika ingin ala saya. Hubungi saja kontak yang ada di halaman blog ini. Terima kasih atas kunjungannya di blog. Semoga jangan bosan untuk mampir.

      Salam.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sahabat Wawan Fibriansah

      Sama-sama. Terima kasih juga telah berkunjung di blog. Sering-sering mampir ya mas ?

      Salam,

      Hapus
  5. Terimakasih infonya
    jangan lupa buat kawan2 lain untuk tetap anjuran dokter mengonsumsi obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Hafid

      Obat dokter memang perlu untuk mengatasi keluhan, apalagi yang bersifat darurat. Namun mengkonsumsi obat - obatan dokter terus menerus dalam jangka panjang, akan berdampak buruk bagi tubuh.

      Salam,

      Hapus
  6. Saya punya maag kronis, yg sudah sering menginap dRumah sakit, menu yg dSajikan kurang lebih sama dengan yg dTulis bloger...
    Menu saya tiap hari dRumah sakit sayur bening bayam wortel n labu, nasi bubur n daging giling tanpa lemak...
    Untuk tmen2 yg perawatan dRumah bisa dCoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Hudha Tya

      Memang demikian menu yang aman bagi sakit maag. Menu rebus-rebusan tanpa lemak dan tanpa yang digoreng-goreng. jika ingin lauk boleh ikan ( kecuali tongkol dan ikan yang sok dibuat pindang itu sebaiknya dihindari karena suka begah di lambung ), tapi direbus, jangan digoreng yah ?

      Jika ingin makan jenis ikan, ayam maupun daging, boleh tapi jangan bagian yang berlemak, sebaiknya dikukus atau direbus, dan ketika dimakan ampasnya jangan ditelan.

      Ini untuk menyiasati agar nutrisi tetap terpenuhi ( berat badan tak turun terus ), dan lambung tidak kambuh.

      Salam,

      Hapus
  7. Makasih infony bu.lambung saya jg bermasalah sdh merah lambung n banyak gas sendawa trs kalo gas sdh naik kepala berat n pusing badan goyang kaya naik kapal.perut kembung akhirnya kemari drawat.mau makan bingung mau makan apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Junita Justicia,

      Maaf ya mbak, telat balasnya. Iya ibu juga terima kasih atas kunjungannya di blog ibu. Semoga ada manfaatnya. Sakit maag kronis maupun gerd memang sangat membingungkan. Tapi jika mau sering-sering berkunjung di blog ini, insya Allah banyak sekali tips2 kesembuhan yang bisa dipetik.

      Salam,

      Hapus
  8. Mkasih bu infonya.. Dah 2bulan pasca rawat inap masih konsumsi obat bu.. Sebwnernya mah capek.. Tapi gmn lg sy bingung.. Sy mengalami gerd.. Suka seaek.. Dada berat.. Lemes gemetar.. Jnung brdabar.. Smua dech campur aduk.. Smoga smua rekan2 disini juga lekas sembuh dari sakit ini.. Makasih yaa bi.. Tips nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Maha Ratih

      Iya mbak, sama-sama.

      Iya. Jika sudah terkena gerd memang cukup memusingkan otak. Karena keluhan yang muncul bertubi-tubi dan beraneka ragam. Ya seperti yang ibu tulis dalam artikel-artikel di blog ini. Semoga bisa menginspirasi teman-teman semua agar lekas sembuh yaa ?

      Salam,

      Hapus
  9. Terimaksih Bu, Saya baru keluar dr RS dan bingung mau makan apa krn ada mslh di lambung dan usus. Tulisan Ibu sangat membantu 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Gina Agianti

      Sama-sama mbak. Terima kasih juga untuk kunjungannya di blog. Memang demikian halnya. Bagi yang sakit maag, makanan menjadi faktor yang sulit. Karena jika tidak tepat dalam memilih lambung menjadi kambuh, dan berat badan bisa menjadi merosot tajam tak terkendali. Hal ini akan menjadi masalah baru : kurang darah dan Hb rendah sehingga bisa memicu anemia.

      Silahkan sering berkunjung di blog ibu. Mudah-mudahan bermanfaat. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  10. Assalamualaikum wr. wb

    Bu, mau nanya, apakah maag dan gerd itu perawatannya sama?

    Keluhan saya

    - Tenggorokan ngganjel banyak lendir

    - susah nelen tapi nggak sakit

    - kalo makan kayak nyangkut di dada

    - muntah lendir bening banyak banget dan buat bicara susah karena lendir gak bisa habis meskipun udah di muntahkan.

    - badan lemes

    - perut begah penuh, tapi gak sakit, ya kadang cuma mules dikit tapi jarang

    - susah BAB (sembelit)

    - kadang tinja hitam / kaya kotoran kambing (maaf). Dan kadang normal

    Apakah ini maag / gerd bu?

    - kalau saya maag kok perut nggak sakit ya

    - saya coba makan rambutan dan durian dikit, tapi kok perut juga nggak perih

    - dan sekarang makan udah dikit2 dan ikut pola makan bu niniek di blog ibu, saya jalani udah 30 hari termasuk konsumsi air higienis dan pantangan2, tapi kok belum ada perubahan

    - apakah soal makan saya harus mantang2 seperti anjuran bu niniek

    - udah sekitar 8 bulan saya mengalami seperti ini.

    - mohon bantuan bu, untuk soal menu makan saya, apakah harus sama persis seperti di atas.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nastain Liya

      wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Perawatan maag dan GERD serupa tapi tak sama mbak. Dari segala pantangan maag, untuk perawatan GERD lebih dititikberatkan pada menghindari yang lemak, gorengan dan jangan sampai sore menjelang tidur itu kekenyangan, karena akan kambuh pada malam harinya.

      Mbak Nastain itu GERD stadium menengah, yang sebelumnya diawali dengan maag, tapi penyebabnya bukan karena tak teratur makan, namun lebih disebabkan oleh tekanan pikiran sebelumnya.

      Rasa ngganjel di tenggorokan karena adanya penumpukan lendir yang mengental di tenggorokan, memang gak sakit tapi sangat mengganggu. Lendir banyak, susah menelan, itu semua akibat asam lambung yang ke daerah tenggorokan.

      Jika kadang tinja berwarna hitam, itu biasanya pernah terjadi peradangan lambung/usus sehingga terjadi perdarahan.

      Jika sudah mengikuti anjuran saya selama 30 hari, kok belum ada perubahan, mungkin itu hanya aturan makan yang diikuti, namun pola pikir, pola istirahat dan yang lain belum diikuti.

      Gerd memang tak cukup hanya menjaga pola-pola diatas, namun asam lambung-yang kemana-mana juga harus diobati, paling tidak dibnetralisir mbak.

      Untuk mendukung kesembuhan, silahkan pesan buku ibu dulu, yang lain-lain nanti bisa menyusul. Harga 100.000 + Ongkir. Hubungi ibu di kontak blog ini. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  11. bisa minta no telpon bu di mana sayabisa beli bukunya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alex Jandro

      Mohon maaf baru sempat balas karena padatnya pekerjaan. Untuk pemesanan Buku dan produk-produk lainnya, silahkan kirimkan nama + alamat lengkap + Nomor Hp SMS/WA ke nomor 0877.3259.8747 Harga buku 100.000 + Ongkir. Harga BIO ALPHA untuk solusi maag/asam lambung, untuk 10 hari 400.000 + Ongkir, paket untuk 30 hari 1.200.000 + Ongkir.

      Melayani konsultasi hingga sembuh.

      Salam,

      Hapus
  12. Assalamualaikum ijin bertanya bu. Untuk madu baiknya berapa kali minum dalam sehari dan berapa takar? Terimakasij

    BalasHapus
    Balasan
    1. Evita

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Evita, terima kasih ya telah berkunjung di blog. Untuk minum madu bagi orang dewasa cukup 2 x 2 sendok makan dalam sehari. Kalau balita cukup 2 x 1 sendok teh sehari.

      Salam,

      Hapus
  13. Assalamualaikum ibu..salam kenal..
    Trima kasih banyak teks yang di buat..
    Saya merasa khawatir apakah maag kronis itu bagian tengah ulu hati ko kya ada bentolan gtu ya..apakah ibu seperti saya yg saya alami..makan sudah pantang bu sudah jalan mau 5bulan bu..sx² melanggarnya si mkn tapi efek ny ny ya gtu..ulu hti saya sakit terus yah bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milla

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Salam kenal kembali mbak Milla. Terima ksih kembali sudah berkunjung ke blog ibu.

      Maag kronis tidak selalu berada di ulu hati mbak, tergantung dibagian lambung mana asam lambung itu mengikis/melukai.

      Kalau ingin sembuh, silahkan pesan Buku untuk perawatan maag. Karena kesembuhan lambung, faktornya banyak sekali bukan hanya sekedar pantang makanan. Nah Bagaimanakah perawatannya ? Semuanya ada dalam Buku yang saya tulis tersebut. Harga 100.000 belum ongkir.

      Salam,

      Hapus

Back To Top