SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Yuk Menanam Sayuran Organik

Menurut pengalaman saya yang pernah sakit maag lebih dari 15 tahun dan kini Alhamdulillah telah sembuh total, ternyata konsumsi makanan organik sangat membantu kesembuhan lambung.

Makanan organik adalah makanan yang bahannya ditanam tidak menggunakan pupuk kimia, namun menggunakan pupuk kandang. Tentu saja hasil makanannyapun menjadi hidangan yang lebih menyehatkan daripada makanan yang diolah dari bahan pangan yang ditanam dengan pupuk kimia.

Makanan organik, terutama beras atau sayuran organik masih sangat langka dijual di pasar-pasar. Ada, di supermarket-supermarket namun harganya hampir dua kali lipat dibanding yang bukan organik. Oleh karena itu alangkah baiknya bila kita bisa menanamnya sendiri sayuran organik di halaman rumah kita.

Jika rumah kita tak mempunyai halaman atau pekarangan, maka penanaman bisa dilakukan dalam pot dari plastik atau polibek-polibek. Kecuali kita bisa menghemat biaya untuk belanja sayuran organik, dengan menanam sendiri sayuran organik banyak keuntungan yang bisa kita peroleh. Antara lain setiap saat hati kita senang ketika melihat sayuran kita mulai bisa dipetik. Ada rasa kegembiraan dan kebahagiaan ketika mulai memetik sayuran hasil tanaman sendiri, lainlah pokoknya.

Apa saja yang bisa kita tanam dalam pot-pot polibek ?

Bayam, terong, sawi putih, sawi sendok, lombok, tomat, jagung manis, dan lain sebagainya. Meskipun lombok dan tomat orang sakit maag tak mengkonsumsinya, kan bisa kita bagikan kepada tetangga yang membutuhkan. Kalau banyak bahkan bisa dijual ke tukang sayur yang lewat di depan rumah atau ke pasar.

Makan beras dengan sayur organik benar-benar terasa bedanya pada kesehatan. Saya jika makan dengan nasi dan sayur yang bukan organik, perut ada saja yang saya keluhkan. Yang muleslah, yang kembunglah, yang perihlah dan badan bawaannya selalu seperti meriang melulu. Namun jika saya makan nasi dan sayurnya organik, alhamdulillah lambung jauh terasa nyaman daripada makan makanan yang non organik.

Bagaimana cara menanam sayur organik ?

Pertama-tama siapkan polibek yang sedang saja, yang ukuran diameter 25 cm.Untuk menanam sayuran sudah cukup. Masukkan ke dalamnya kompos atau tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang, hingga 2/3 bagian. Siram dengan air sedikit saja asal basah, biarkan dalam semalam.

Esok sore harinya kemudian, tabur bibit sayuran yang sebelumnya sudah direndam dalam air kurang lebih setengah hingga 1 jam sedikit saja. Bibit sayuran ini bisa dibeli di toko tani setempat, murah kok 1 plastik kecil untuk tiap jenisnya hanya Rp5.000,- wah kalau ini ditanam semua jadi banyak banget. Oleh karena itu menyemainya sedikit saja, lalu tutup dengan tanah, menyemainya bibit jangan dalam-dalam 2 atau 3 cm sudah cukup.

Selama menyemai menyiraminya jangan setiap hari, cukup 2 hari sekali, inipun harus selalu dilihat tanah yang untuk menyemai masih kelihatan basah atau tidak, kalau masih kelihatan basah tak perlu disiram dulu, dan jika menyiram persemaian cukup diciprati saja jangan diguyur supaya biji tidak menjadi busuk.

Dalam beberapa hari bibit yang disemai sudah kelihatan tumbuh tunasnya. Untuk menghindari tumbuhnya nanti bertumpuk, maka ketika menebarkan bibitnya sedikit saja dan disebar ke seluruh area polibek. Terutama untuk tanaman bayam, yang jika dipindah lalu mati, sebaiknya menyemai bibitnya dijaraki jadi nanti tumbuhnya bisa maksimal, tak perlu dipindah pindah bayamnya.


Untuk semua sayuran rata-rata dalam 1 bulan lebih sudah bisa dipanen. Benar, saya dulu tiap hari sampai bingung mau masak apa hari ini ? Karena di sekitar rumah banyak sayuran organik siap petik yang tinggal pilih. Oleh karena itu jika hanya untuk kebutuhan sendiri sebaiknya menanamnya sedikit sedikit saja dan jangan serempak.

Jadi misal hari ini menanam bayam, hari besok menanam kangkung, besoknya lagi menanam sawi sendok. Khusus untuk tanaman tomat, terong dan lombok, karena setelah disemai batangnya bisa dipindahkan dan tidak mati, maka bisa tahan lama tumbuhnya dan masa petiknya. Tidak seperti bayam, kangkung atau sawi, sekali cabut harus menanam lagi bibit yang baru.

Namun sebaiknya jika ingin menanam tanaman organik jangan ditanam sendiri, karena orang sakit maag tidak boleh angkat yang berat-berat. Sebaiknya kerjasama dengan anggota keluarga yang sehat untuk membantu proyek menanam sayuran organik ini, toh jika sudah dipanen bukan hanya kita saja yang makan he he.

Saya dulu ketika masih rajin menanam sayuran organik, berat badan juga bisa naik. Saya menanam sayuran bayam, sawi, daun loncang, daun seledri hanya sedikit. Saya juga menanam gambas atau oyong dan juga pare welut dan labu siam. Wah tanaman oyong saya, juga pare welutnya panjangnya bisa sampe 1 m, tidak percaya kan ? tetangga saja tidak percaya sampai geleng-geleng kepala menyaksikan tanaman saya, luar biasa suburnya, demikian juga tanaman labu siam saya subur sekali.

Semuanya hanya saya bagikan kepada tetangga dan siapa saja yang mau. Saya belum pernah menjualnya walau 1 buahpun. Oh iya untuk tanaman oyong, pare welut dan labu siam ini saya tanam diatas tanah.
Mengapa bisa sesubur itu ?

Tanah yang hendak saya tanami, oleh suami saya, dilubangi hingga 60 cm dalamnya, lalu kedalamnya dimasukkan pupuk kandang yang sudah dicampur tanah…Disiram dibiarkan selama 1 minggu. Setelah satu minggu baru disemaikan bibit barang beberapa biji, setelah tumbuh dibuatkan para para dari bambu jadi ketika berbuah buahnya kelihatan dari jalan depan rumah seperti ular yang menjalar.

Agar tanaman bisa subur, medianya juga harus disiapkan dengan bagus, lalu didoakan agar tanaman kita tumbuh dengan subur, dijauhkan dari hama dan berbuah dengan lebat. Tiap pagi kita ajak bicara tanaman kita, karena dia hidup, ini benar ! Tanaman yang medianya baik, perawatannya baik, didoakan dan setiap hari diajak bicara, akan tumbuh dengan sangat luar biasa kesuburannya, raksasa !…

Salah satu contoh nih !!! Saya punya pohon mangga madu. Tetangga di sebelah rumah dan di seluruh komplek banyak yang menanam pohon mangga madu, tapi orang pada mengatakan bahwa buah mangga madu milik saya sangat lain daripada yang lain. Bentuknya paling besar dibanding dengan semua mangga madu yang ada di komplek, dan lagi paling manis dan tak pernah ada yang busuk satupun. Banyak kan mangga yang luarnya mulus ternyata buah dagingnya banyak ulatnya.

Ini sebagai pengalaman saja, bahwa menanam sayuranpun juga perlu didoakan kepada Allah Swt Yang Maha Menumbuhkan.

Selamat memulai menanam sayuran organik agar kita sekeluarga lebih sehat. Semoga sukses ya berkebunnya ?

Salam Sehat Selalu,
NiniekSS
Labels: Tips

Thanks for reading Yuk Menanam Sayuran Organik. Please share...!

1 comments on Yuk Menanam Sayuran Organik

  1. sy ingin menanam labu siam,,,mohon share pengalaman lebih detil tentang labu siam organik,,,terimakasih :)

    BalasHapus

Back To Top