SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Cara Mengatasi Perut Kembung

Bagi orang yang sedang sakit maag, biasanya sering mengalami perut kembung, yang sulit dihilangkan. Biasanya sesudah makan makanan ataupun minuman yang bersifat dingin.
 

Bagaimana cara mengatasi perut kembung ?
Anda, dulu ketika kecil tentu sudah pernah makan sayur bening bayam kan? Biasanya selalu diberi temu kunci. Bening bayam yang diberi temu kunci rasanya seger sekali, lain sekali dengan sayur bening yang tanpa temu kunci.
 

Ketika saya kecil dulu sering sekali makan dengan sayur bening bayam yang dimasak oleh ibu saya dan masaknya selalu diberi kunci. Sehingga sampai tua saya senang masak sayur bening bayam dengan bumbu temu kunci.
 

Banyak diantara pembaca dari blog ini yang sms atau telpon kepada saya menanyakan bagaimana caranya mengatasi perut kembung ? Saya selalu sarankan kepada semua sahabat jika perut kembung, dikompres dengan air hangat yang dimasukkan kedalam alat kompres air yang terbuat dari karet, banyak kok dijual di apotek-apotek.
 

Namun saya sangat heran mengapa hampir semua penderita maag kok mengeluh sering kembung perutnya, sedangkan saya sakit maag lebih dari 15 tahun lamanya jarang sekali perut saya kembung.
 

Ternyata rahasianya baru saya ketahui pagi ini mengapa saya jarang kembung perut, karena saya sering sekali makan sayur bening yang dimasak dengan temu kunci.
 

Tadi malam kakak ipar saya, yang penggemar herbal datang dari Semarang, biasa kalau beliau mempunyai info yang bagus tentang herbal, selalu memberitahukan kepada saya, dan saya memang sangat senang…
 

Beliau membawa selembar sobekan tabloid saji edisi 220, TH.VIII.7-20 September 2011.
 

Ini nih infonya yang ada dalam tabloid tersebut :
Menurut penuturan Heronymus Budi Santosa, temu kunci bukan saja menjadi rahasia kecantikan dan kebugaran wanita, namun banyak sekali khasiatnya. 


Antara lain : Pemacu Keluarnya ASI atau Air susu Ibu, sebagai peluruh kentut, menambah nafsu makan, mengobati sariawan, mengobati kurap, dan mengobati cacing gelang.
 

Sebagai Pemacu Keluarnya ASI :
Sediakan 20 gram rimpang temu kunci, dipotong kecil-kecil, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam dapur, setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.
 

Sebagai Peluruh Kentut :
Sediakan 3 jari rimpang temu kunci, untuk dibuat jus lalu diminum.
 

Sebagai Penambah Nafsu Makan : Sediakan 3 jari rimpang temu kunci, potong kecil-kecil lalu diseduh dengan air panas 100 ml, minum sehari sekali selama 2 minggu.
 

Sebagai Obat Sariawan :
Kunyah-kunyah rimpang temu kunci, lantas ditelan airnya dan dibuang ampasnya.
 

Untuk Mengobati Kurap :
Tumbuk rimpang dan daun kunci secukupnya, tambahkan air sedikit agar menjadi tapal, lalu tempelkan pada kulit yang sakit. Ulangi beberapa kali hingga kurap sembuh.
 

Konon menurut Legenda Sangkuriang, mengapa Sangkuriang bisa jatuh cinta melihat kecantikan Dayang Sumbi yang ternyata adalah ibu kandungnya sendiri ? Karena ternyata Dayang Sumbi senantiasa mengkonsumsi bongborosan yang adalah temu kunci, sehingga dilirik banyak lelaki termasuk anaknya sendiri Sangkuriang.
 

Yang jelas, dengan sering mengkonsumsi temu kunci badan senantiasa sehat, cantik dan segar bugar.
 

Tanaman temu kunci dikenal dengan beberapa nama daerah.
Temu kunci ( Minangkabau ), konce ( Madura ), kunci ( Jawa Tengah ), Dumu Kunci ( Bima ), Tamu konci ( Makassar ), Tumu Konci ( Ambon ), Aruhu Konci ( Haruku ), Sun ( Buru ), Rutu Kakuzi ( Seram ), Tamputi ( Ternate ), sedangkan nama asingnya Finger root ( Inggris ), Krachai ( Thailand ), dan Chinese Key ( Cina ).
 

Tanaman temu kunci bisa ditanam di dalam pot. Jika Anda tertarik untuk menanamnya bisa juga ditanam di dalam polibek. Caranya, setelah media disiapkan dalam polibek, maka rimpang temu kunci langsung ditanam dalam polibek tersebut, insya Allah dalam beberapa hari saja rimpang tersebut sudah bertunas.
 

Siram setiap hari terutama dalam masa pertumbuhan selama 2 minggu, selanjutnya penyiraman bisa dilakukan 2 hari sekali.
 

Jangan hanya menanam dalam 1 polibek saja, tapi tanamlah beberapa polibek agar Anda bisa memanennya dengan leluasa, jika perut Anda kembung kan tinggal ambil beberapa rimpang, rebus dan minum, insya Allah kembung Anda akan segera reda.
 

Demikian salah satu solusi meredakan perut kembung, semoga bermanfaat.

Salam Sehat Selalu,
NiniekSS
Labels: Tanaman Obat Untuk Maag, Tips

Thanks for reading Cara Mengatasi Perut Kembung. Please share...!

4 comments on Cara Mengatasi Perut Kembung

  1. Terimakasih atas artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam,

      Terima kasih atas kunjungannya mbak Diana Putri, semoga artikel ini bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  2. assalamualaikum, untuk perut kembungnya gimana cara makannya bu, ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Cara makan yang baik tetap mengaju kepada teladan Rasulullah SAW. makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Cara makan seperti ini akan bisa menjaga kondisi lambung tidak over kapasitas sehingga selalu sehat. Dan juga tidak mudah kembung.

      Salam,

      Hapus

Back To Top