SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Makan Telur Aman Untuk Sakit Maag

Banyak pembaca blog yang bertanya kepada saya, bolehkah orang yang sakit maag makan telur ayam? Kelihatannya sepele yaa ? Aman namun ada tapinya. Apakah itu? Malam ini semoga kita semua senantiasa mendapat limpahan pengampunan dan kasih sayang Allah Swt. Amin Ya Rabbal Alamiin.

Dulu ketika maag saya masih sakit, memang teramat bingung setiap mau makan, karena makan ini salah makan itu salah, padahal kita harus makan yang bergizi agar lekas sembuh dan punya energy.

Makan sayur mayurpun hanya wortel dan kenthang yang bisa dimakan. Itupun harus memilih kenthang yang telah dipanen lama, kalau kenthang yang baru dipanen, yang tanahnya masih kelihatan basah, waduh..bisa gulung koming perut saya sakitnya, setelah saya selidiki dengan seksama, apa pasalnya habis makan kenthang kok perut sakit bukan kepalang ?

O ternyata karena kenthang yang saya masak tadi adalah kenthang yang baru saja dipanen, jadi kandungan pestisidanya luar biasa banyak. Anda tahu tidak ? Sayuran tuh agar tumbuhnya tidak terkena hama, para petani sering menyemprotkan pestisida, kadang-kadang malah ada yang tak pake ukuran asal semprot. Weeer ! weeer !

Dibelakang tempat tinggal saya kan sawah, kalau lagi musim semprot, walau pintu dan jendela rumah sudah saya tutuppun, menghirup uap air semprotan pestisida yang tertiup angin dan masuk kedalam rumah lewat kisi-kisi jendela saja kepala saya langsung pening, apalagi lambung yang sedang luka, jika kena pestisida kayak apa perihnya ?

Maka tidak ada jeleknya, jika Anda sering berkunjung ke blog ini, agar pemahaman Anda tentang seluk beluk sakit maag bertambah komplit, he he  iya kan ?

Didalam blog ini hal-hal yang saya tulis adalah sangat sederhana, bahkan mungkin ada diantara Anda yang malas membacanya, gak pentinglah ! Tapi untuk orang-orang yang sakit maag, banyak hal-hal kecil yang sangat sederhana ini tak banyak diketahui orang, yang justru seringkali membuat perut kita gak ketulungan sakitnya. Seperti contohnya hal kenthang tadi, tak banyak yang tahu kan ?

Oleh karena itu saya merasa perlu untuk terus menulis hal-hal sederhana yang justru saking sederhananya tak banyak yang mau menuliskannya, reputasi penulis nih.

Bagi saya, reputasi atau kesohoran saya tak penting, yang utama adalah bagaimana tulisan di blog ini mudah-mudahan manfaat bagi kita semua yang sedang sakit maag dan belum sembuh-sembuh. Dan saya sangat bersyukur karena dengan demikian saya banyak tabungan pahalanya walau tak banyak duitnya, Begitu kan teman ? Jangan teganglaah…sekali-sekali bercanda biar sakit kita lekas sembuh, Oke ? Yang jelas dengan banyak pemahaman akan sakit kita, kita bisa mengantisipasi rasa sakit yang seharusnya tidak terjadi.

Oke yuk kita teruskan…

Makan daging sapi atau daging ayam juga bikin perut jadi sebah, terasa penuh walau yang dimakan baru sedikit.

Ya setiap hari menunya hanya nasi lembek, atau nasi tim, dengan tahu putih yang dimasak bumbu “terik” dengan santan yang sangat encer, hampir bisa dikata bukan sayur terik karena saking encernya santan. Itupun sangat lezat luar biasa merasakan sayur terik encer yang pertama kali setelah belasan tahun tak bisa makan sayur yang berbau santan.

Lalu dengan telur ayam lehorn yang direbus matang. Awal-awal konsumsi telur rebus, loh kok perut rasanya tak enak ? Seperti seneb, perut seperti penuh begitu. Pasti, setiap habis makan telur, perut langsung seneb. Saya pikir pikir apa yah sebabnya.

Oh ketemu sekarang, telur itu kan karakternya mirip seperti getuk dari singkong tuh ? Kalau dimakan selalu seret melewati tenggorokan. Saya pikir ada kesamaannya antara keduanya, kalau ditelan seperti tidak ada kandungan airnya sama sekali, sehingga ketika kita makan gethuk singkong atau telor rebus selalu harus cepat-cepat kita gelontor dengan minum air yang agak banyak. Gak ilmiah banget nih !

Apa mungkin cara masaknya yang harus dirubah? Ahaa benar ternyata ! Tadinya kan, saya kalau merebus telur sampai masak betul. Nah kali ini saya coba merebus telur hanya 4 menit, jadi telur matang muda tidak sampai masak. Ketika kemudian saya makan, maka sehabis makan telur matang muda ini, perut tidak berasa seneb dan lambung nyaman-nyaman saja.

Namun makin lama, setelah berbulan bulan tiap hari konsumsi telur rebus, kepala saya sering pening, ketika dokter menganjurkan saya periksa ke laborat, ternyata kolesterol saya tinggi diatas 250 nah loo !
Akhirnya saya berhenti makan telur. Bingung lagi harus makan apa untuk menggantikan telur ? Daging sapi ? Daging ayam lehorn ? semua kolesterol tinggi. Daging ayam kampung ? dagingnya alot kalau dimasak. Wah susah amat kita ini, setiap makan pasti problem ! Mikir dulu menu yang aman he he..

Yah berbulan-bulan akhirnya kembali ke menu nasi tim dengan sayur terik tahu putih, paling-paling lain waktu sayurnya diganti dengan sop wortel dan kenthang lama. Akhirnya karena bingung, badan makin kurus, makin lemah, saya akalin. Saya makan sayuran apa saja, dengan catatan masaknya tak pake asem, tak pake cabe dan lombok, dan tak pake tomat, agar aman. Lalu ? makannya saya kunyah hingga 33x satu suapan, dan hanya saya telah sarinya, sampahnya tidak saya telan tapi saya muntahkan.

Dengan siasat ini Alhamdulillah berat badan saya, ada kenaikan walau hanya beberapa ons setiap bulannya, wah persis seperti di posyandu saja. Ada beberapa bulan Alhamdulillah perut saya tidak berontak seperti sebelumnya. 

Ketika kolesterol saya sudah agak normal, saya mulai konsumsi telur lagi untuk lauk. Tapi kali ini saya memilih telur ayam kampung. Dan saya rebus hanya 3 menit dari mulai saya masukkan bersama-sama dengan air dingin direbus diatas kompor. Jangan lebih dari 3 menit merebusnya, langsung turunkan dari atas kompor, tunggu 1 menit setelah dibawah baru diangkat dari tempat merebusnya. Insya Allah jika demikian cara merebusnya, Anda akan mendapatkan telur matang muda dan hangat-hangat kuku langsung dimakan dengan nasi tim yang sama-sama hangat. Bisa dengan sedikiiiit garam atau kecap. Tapi kecapnya jangan terlalu banyak, jika kebanyakan kecapnya maka perut akan perih. Susah amat ya aturannya !

Atau jika bosan direbus, telur ayam bisa didadar kukus. Caranya, 1 atau 2 telur ayam, diberi sedikit garam, beri 1 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih yang telah diiris tipis tipis, sebelum diiris tentunya dicuci dulu ya sayang…lalu kocok hingga rata, jika mau ditambah daun loncang sedikit juga lebih gurih rasanya. Daun loncang sebelum dikocok bersama telur diiris tipis-tipis seperti mau bikin untuk martabak itu lho men..
Nah sebelum dikukus terlebih dahulu dicicip dulu rasanya pake ujung jari adonan telurnya, jangan-jangan lupa memberi garam nih…Kukus 10 menit, siap sudah telur kukus istimewa kita, makanan paling lezat untuk orang sakit maag he he..

Usahakan jika maag kita belum sembuh, jangan makan dengan telor yang digoreng, baik telur dadar maupun yang dibuat mata sapi, ditanggung perut langsung akan mules jika makan telur dadar atau telur mata sapi, itu saya lho, kalau Anda ingin nekad ya gak papa, toh tidak begitu membahayakan kok.paling-paling perut mules sekali.

Oh ya pernahkah Anda membuat telur mata sapi bukan digoreng namun direbus ? Judulnya telur mata sapi rebus ! Nah caranya, rebus air dengan wajan penggorengan, nah ketika airnya mendidih ya sudah telornya diceplok, beri sedikit garam, tunggu hingga kira-kira kuningnya sudah masak, kalau saya memang lebih suka jika kuningnya matang muda, enak sekali lho ! Sebelum telur mau diceplok, sebaiknya dicuci bersih lebih dahulu agar kuman-kumannya hilang…

Trus ada lagi nih resep lainnya, pepes tahu telur. Caranya sama dengan telur dadar kukus. Bahannya : 1 butir telur, tahu putih 2 butir. Bumbunya : bawang putih 2 siung, bawang merah 2 siung dan garam sedikit, dan daun loncang serta daun salam yang dipotong kecil-kecil.

Siapkan sebelumnya daun pisang yang sudah disuir kecil-kecil secukupnya seperti untuk membungkus lontong, lalu dilap agar bersih. Juga cuci telur hingga bersih dari kotorannya. Potong kecil-kecil daun loncang seperti pada pembuatan martabak telur.

Pertama-tama bumbu bawang putih, bawang merah, dan garam haluskan. Selanjutnya kocok telur, lalu masukkan tahu putih yang sudah dihancurkan, kemudian campurkan potongan daun loncang kedalamnya. Adonan tadi siap dibungkus dengan daun pisang.

Ambil daun pisang, lalu letakkan 1 potong daun salam sebagai alas adonan. Masukkan 2 sendok makan bahan tahu telur kedalam daun pisang tadi, gulung dengan bentuk gepeng dan kedua ujungnya disindik dengan biting, atau lidi yang dipotong kecil-kecil…Lalu kukus hingga 15 menit.

Lihat jika daun sudah layu, berarti pepes tahu telur sudah masak. Walau namanya pepes terserah anda, cara memasaknya bisa dikukus atau dipanggang di atas api seperti ikan bakar. Nah lauk yang sangat sedap ini siap dihidangkan dengan nasi tim yang masih hangat kan ?

Nah sampai disini ya Sobat, kisah makan “telur aman tidak bagi orang sakit maag?”, semoga selalu manfaat.
Jika Anda punya resep yang aman dan memikat, silahkan smskan ke saya, nanti akan saya posting di blog ini agar menjadi manfaat kita semua.

Sampai jumpa..

Salam hangat,
NiniekSS
Labels: Makanan Sakit Maag

Thanks for reading Makan Telur Aman Untuk Sakit Maag. Please share...!

49 comments on Makan Telur Aman Untuk Sakit Maag

  1. makasih ya,postingannya,sungguh bermanfaat bgt bagi saya yg lagi menderita asma lambung.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah jika bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di blog ini.

    Salam,

    BalasHapus
  3. Bagus banget mbak blognya..sangat membantu saya yg sedang mencari menu makan untuk penderita sakit maag.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Aa Rafii

      Terima ksih atas kunjungannya di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
    2. Betul skali..mewakili pengalaman sy juga.sakit lambung memang menyusahkn sekali.sdh 15 thn sampai hr ini sy juga blm bisa sembuh masih harus berhati hati dlm menjaga makanan..

      Hapus
    3. heri

      Untuk kesembuhan harus terpadu antara perawatan sehari-hari ( silahkan pesan bukunya harga 100.000 + Ongkir ), obat yang aman dan cocok, serta dipadu dengan air mentah yang higienis.

      Salam,

      Hapus
  4. Asalamualaikum buk minta infonya ea...camilan apa yg boleh untuk menggajal perut saat kt sibuk krj???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat,

      Camilan sakit maag ? Antara lain : Pisang kapok matang pohon, tapi tidak direbus, konsumsi mentah. Trus buah sukun tua yang dikukus. Ubi rambat yang dikukus. Agar-agar yang bukan jelly yang dimasak sendiri bukan beli. Kue nagasari dari tepung beras yang tanpa pisang didalamnya. Lainnya banyak kok.

      Salam,

      Hapus
  5. Sahabat Yogi Yogik

    Alhamdulillah jika blog ini bermanfaat. Sering - sering aja mampir di blog masa. Semoga cepat sembuh yaa ?

    Salam,

    BalasHapus
  6. Makasih mbak blog nya sangat menginspirasi saya karena saya juga bingung buat makanan yang cocok buat sakit maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ahmad,

      Terima kasih atas kunjungannya di blog. Semoga manfaat.Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  7. Asalmuallaikum,,
    Buk saya mau tanya ni,, saya sudah satu bulan kena maag,,knpa ya perut saya sering kembung angin,, gmna solusinya,, pdahal saya cuma mkn bubur nasi aja,,
    Trus apakah makan ayam kukus boleh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Bainkar Saputra,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Kembung disebabkan banyaknya gas dalam lambung atau usus yang belum bisa keluar. Solusinya perut dibalur dengan bawang merah yang diparut dicampur dengan minyak hangat seperti minyak telon atau minyak serai.

      Ayam kukus boleh dimakan, namun setelah dikunyah jangan ditelan ampasnya ya ? karena akan menyebabkan begah di lambung karena ayam kasar teksturnya.

      Salam,

      Hapus
    2. Asalamualsikum, bu saya mau tanya penyakit maag daya lagi kambuh, boleh tidak klw sarapan nya pke telur puyuh rebus

      Hapus
    3. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Telur puyuh tak aman bagi lambung yang sedang sakit, pasalnya putihnya menjadi sangat keras kalau direbus, akan membuat lambung begah.

      Salam,

      Hapus
  8. Permisi ibu, di rumah saya sih lebih banyak tersedia telur bebek kampung dari pada telur ayam, jadi bolehkah / amankah telur bebek untuk maag saya ? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Suwardi

      Telur bebek tinggi kandungan kolesterolnya. Jika mau dikonsumsi mentah, silahkan saja gak apa-apa. Namun jika untuk dikonsumsi matang, lebih aman telur ayam kampung.

      Baik telur bebek maupun telur ayam kampung sebenarnya lebih besar manfaatnya jika dikonsumsi mentah, aman bagi tubuh dan kandungan gizinya juga masih full.

      Salam,

      Hapus
  9. Mau tanya bu, Bagaimana jika mengonsumsi madu+kunyit, tapi masih konsumsi obat dari dokter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Untuk mengkonsumsi madu dan kunyit jika barengan pas minum obat dokter, caranya minum obat dokter dulu baru minum madu kunyitnya 2 jam setelah minum obat.

      Salam,

      Hapus
  10. Mau tanya nih bu, makanan apa saja yg bisa menambah darah, tensi saya kan rendah, kadang badan saya suka keluar keringat dingin, dan mata berkunang2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haryadi Dadi

      Mas Haryadi.
      Makanan yang bisa menambah darah antara lain minum kuning ayam kampung yang mentah, dicampur dengan madu murni 1 sendok makan, beri sedikit garam. Minum pagi hari boleh sebelum makan atau sesudah makan ya gak apa-apa. Jika mau diminum sesudah makan jeda 2 jam agar tidak kekenyangan. Karena itu setara dengan makan sepiring nasi dengan sayur dan lauknya.

      Jika mau dikonsumsi sebelum makan pagi, dilakukan sesudah minum air putih bangun tidur. Sehari sekali saja lakukan tiga hari berturut-turut.

      Ada lagi resep : ambil segenggam daun bayam potong, cuci bersih, diblender dengan 1/3 gelas air, saring, airnya lalu campurkan 1 kuning telur ayam kampung, dan 2 sendok makan madu yang murni, serta 1 sendok makan tepung beras mentah. Minum sehari sekali saja lakukan 3 hari berturut-turut.

      Ambil salah satu resep jangan lakukan kedua-duianya berbarengan.

      Salam,

      Hapus
  11. Bolehkan mengkonsumsi putih telur ayam kampung mentah untuk sakit maag bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini siapa ya ?

      Putih telor ayam kampung boleh dikonsumsi, asal direbus, jangan digoreng yaa ? Sebab jika digoreng, lambung yang sedang sakit, jika kena minyak, jadi tak sembuh-sembuh.

      Salam,

      Hapus
  12. saya mw nanya,anda sembuhnya bagaimana dan sdh minum obat ap,soalnya saya sudas lama menderita sakit asam lambung yg tak kunjung sembuh jg dan sdh brobt kmna2 pun jg ttep sja gk ada hasil.
    .mohon info pengobatanya donk .

    .terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Willy Jonathan Rusdi

      Pak Willy, saya sembuhnya lantaran minum air mentah yang higienis dari sumur yang airnya bening, tak berbau dan jauhnya dari cemaran lingkungan minimal 8 meter. Lalu minum Tahitian Noni Juice atau morinda.

      Jika minat, silahkan pesan ke nomor 085.228.401.939. Kirim nama + alamat lengkap ( RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi ) + Nomor HP. Tulis apa yang mau dipesan.

      Salam,

      Hapus
  13. Benar itu,bisa jua pepes ikan bumbunya hanya garam,kunyit dan bawang,bisa di tambah daun salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cem pelet

      Oke benar banget itu he he...Makasih ya mas masukannya untuk teman-teman..

      Salam,

      Hapus
  14. Maaf mau tanya ,,,pangsit rebus untuk maag akut boleh tidak bu? Dan telor dadar kukus itu gmna cara kukus nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. delfri1829

      Pangsit rebus sebaiknya dihindari. Telor dadar kukus, caranya telor beri bumbu garam dan sedikit bawang putih dan sedikit bawang merah dikocok, tempatkan dalam mangkok lalu dikukus. Jika telor sudah masak angkat. Untuk lauk. Gampang kan ?

      Salam,

      Hapus
  15. Bu, in mau tanya,anak saya lagi d rmh skit, sudah 3 hri d rawat tpi tdk bisa mkn,mkn paling 1 sndok, prut gmbung trus, sya minta solusinya gmna biar bisa mkn. Maksih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alnita Lidia

      Mbak. Maaf baru sempat balas. Lain kali untuk hal-hal darurat ditanyakan lewat WA/SMS, jangan lewat blog. Karena saya selalu tak pernah bisa balas cepat karena saya lebih fokus ke penanganan pasien langsung. Lewat WA,SMS atau telphone. Telphonpun belum tentu saya bisa angkat. Karena kesibukan saya.

      Jika anak susah makan, beri ia air kelapa yang tua (yang biasa untuk masak/bukan air kelapa muda atau air kelapa hijau), cukup 1 gelas saja setiap hari hingga normal nafsu makannya.

      Salam,

      Hapus
  16. Assalamualaikum bu
    Sy sejak september kmrn asam lambung dan smpe skrg blm sembuh total. Sy sdh pantang makan. Dan sy gampang masuk angin, aplgi cuaca dingin. Mohon solusinya bu,, mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dian Kartika

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Dian. Memang asam lambung itu sulit sembuh hingga tuntas. Jika ingin tak kambuh-kambuh lagi pesan Morinda di blog ini untuk mengobatinya. Saya setelah habis 4 botol morinda alhamdulillah tak kambuh lagi hingga sekarang sudah sekitar 4 tahunan.

      Salam,

      Hapus
  17. Mantaps postingan blog nya..baru tadi pagi bapak saya di kasih telur rebus dan tidak kesakitan malah langusng tdiur pules

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budi Burhanjupi

      Alhamdulillah jika artikel ini manfaat mas Budi. Makasih ya atas kunjungannya di blog.

      Salam,

      Hapus
  18. Kalo makan kuning telur mentah sih amankah bagi maag dan asam lambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ariya Kamandanu

      Makan kuning telur ayam kampung yang mentah justru aman dan lebih bagus jika dimasak karena tidak mengandung kolesterol jahat jika dikonsumsi mentah. Tapi sayang banyak orang yang tak tahu, misalnya tahu juga enggan memkonsumsinya dalam keadaan mentah.

      Salam,

      Hapus
  19. Ibu saya kena lambung kemungkinan asam lambung..untuk penyembuhan nya pake apa? Trus ibu sarankan morinda itu apa,minta no hp ibu, trmakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. upuy crb

      Iya, morinda untuk saat ini memang herbal yang efektif untuk mengatasi maag/asam lambung. Silahkan baca tentang morinda di blog ini.

      Nomor kontak ibu : 0877.3259.8747 (SMS/WA saja ya ? Sebab kalau telp belum tentu ibu bisa angkat karena biasanya sedang menerima telp yang lain ).

      Salam,

      Hapus
  20. Teeimakasih mbak.. infomarsinya sangat bermanfaat bagi kami 😊 saya sakit maag sudah 3 bulan dan belum sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nur Marisa

      Sama-sama Mbak Nur. Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat. Memang sakit maag itu cukup rumit untuk sembuh. Insya Allah jika rajin baca artikel di blog ibu, banyak wawasan yang mendukung bagi kesembuhan. Jika ingin cepat sembuh, bisa pesan Buku Ibu untuk panduan perawatan. Harga 100.000 + Ongkir. Kontak ibu ada di blog ini mbak.

      Salam,

      Hapus
  21. Asw,buk..
    Saya baru 8 bulan ini diagnosa dokter sakit maag, kenapa ya setiap hari saya merasa pegel2, mata berkunag2 ,badan sempoyongan, mual..
    Yg mau saya tanyakan apa yg harus saya makan supaya maag daya bisa sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Pegel2, mata berkunang2 dan sempoyongan itu biasanya karena tekanan darahnya rendah karena nutrisi yang masuk kurang mencukupi kebutuhan tubuh.

      Untuk tips makanan agar lekas sembuh, silahkan pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis, harga 100.000 + ongkir. Kirim nama + alamat lengkap + nomor Hp. SMS/WA ke Bu niniek 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Maaf baru sempat balas.

      Salam,

      Hapus
  22. Assalamu'alaikum bu Niniek.
    Klau makan putih Telor ayam Potong ( Negri ) bolehkah ???
    Soalnya sehabs mkn telor ceplok digoreng maagku sakit begaah.

    Terimakasih bu.

    Salaam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahay Vaneza

      Jika makan telur ceplok digoreng saja lambung belum kuat, maka sebaiknya jangan makan telur ayam potong dulu. Tunggu hingga maag sudah benar-benar sembuh.

      Salam,

      Hapus
  23. Saya sakit maag/asam lambung apa makan jus alpukat boleh Bu soalnya setelah makan jus alpukat sama makan telor rebus perut saya panas kenapa ya Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Makan Jus alpokat boleh untuk sakit maag. Tapi harus sesudah makan. Jangan ketika perut kosong. Mungkin ketika minum jus alpokat jarak dengan makan sebelumnya sudah terlalu lama, sehingga lambung terasa panas. Saya anjurkan makan telor rebusnya telor ayam kampung ya, bukan telur ayam lehorn karena ayam lehorn dalam pembesarannya selalu disuntik hormon pembesaran, ini yang menyebabkan makan telur rebus ayam lehorn lambung sering terasa panas.

      Salam,

      Hapus
  24. Kalau mau beli obatnya gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadna Azkal

      Untuk pemesanan obat, Mas Hadna bisa hubungi ibu SMS/WA di nomor 0877.3259.8747/085.228.401.939. Maaf sekali baru sempat balas karena kesibukan yang tak bisa ditinggal.

      Salam,

      Hapus

Back To Top