SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Tepung Kerut Bagus Untuk Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim...

Pembaca Blog yang setia,

Assalamu'alaiukm Wr.Wb.

Ketika sakit maag saya belum sembuh, dulu sering kebingungan mencari makanan yang cocog untuk lambung saya, ternyata bubur tepung kerut sangat aman dan nyaman bagi lambung.

Sayangnya tepung kerut ini namanya berlain-lainan di tiap-tiap kota sehingga saya bingung untuk memberikan gambaran seperti apa sih yang namanya tepung kerut itu ? Nah oleh karena itu saya posting artikel ini beserta gambar umbi kerut untuk membantu para sahabat yang ingin mencari tepung kerut dikota sahabat masing-masing.

Caranya, copy saja gambar umbi kerut ini, di-print lalu tunjukkan kepada penjual tepung-tepung di toko atau pasar: “Mau cari tepung yang dibuat dari umbi yang seperti ini..” he he dijamin penjual tepung insya Allah langsung akan tahu.

Sebenarnya bubur tepung kerut ini sudah dikenal sejak nenek moyang dulu sebagai obat sakit perut. He he perlu saya luruskan. Yang benar, ini bukan obat sakit perut semata-mata, karena teksturnya yang lembut, dan kandungan karbo hidrat yang tinggi, jadi sangat bagus jika dikonsumsi oleh orang yang sakit maag.

Orang sakit maag kan maagnya sedang luka. Entah lukanya sedikit atau banyak, yang jelas luka. Lambung yang sedang luka membutuhkan makanan yang halus-halus, tidak merangsang dan sekaligus mengenyangkan.

Nah, bubur tepung kerut ini teksturnya sangat halus, jadi sangat aman untuk lambung. Dan karena kandungan karbo hidratnya yang tinggi, jadi cukup mengenyangkan jika dikonsumsi. Jadi sangat cocok untuk orang sakit maag. Kecuali itu sejak dulu memang bubur tepung kerut banyak digunakan untuk orang yang sedang diare.

Yang jelas, makanan yang paling cocok saya konsumsi ketika maag saya sangat parah dulu, adalah makan bubur tepung kerut ini, entah kalau didaerah lain namanya apa, saya tidak tahu. Kalau didaerah saya Purworejo namanya “tepung kerut”

Manfaat Kerut Bagi Kesehatan

Mengandung protein
Kerut mengandung protein relatif lebih banyak, daripada sumber makanan tropis lainnya seperti ubi , kentang , singkong, pisang , dll.

Bebas Gluten
Seperti pada akar dan umbi-umbian lainnya, kerut juga bebas gluten. Pati kerut yang bebas gluten juga digunakan untuk makanan khusus bagi pasien penyakit celiac .

Sumber folat yang baik
Akar Kerut segar  merupakan sumber folat yang baik . 100 g kerut menyediakan 338 mg,  atau 84% dari tingkat kebutuhan harian tubuh akan folat. Folat bersama dengan vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting yang mengambil bagian dalam pembentukan DNA dan pembelahan sel. Folat baik bila diberikan selama periode prakonsepsi dan kehamilan, untuk  membantu mencegah cacat tabung saraf dan malformasi kongenital lainnya pada keturunan.

Mengandung vitamin B Kompleks
Kerut mengandung vitamin b-kompleks dengan tingkat yang sangat, seperti niacin , thiamin , piridoksin , asam pantotenat dan riboflavin . Vitamin-vitamin ini mengambil bagian sebagai substrat untuk enzim karbohidrat , protein , dan metabolisme lemak dalam tubuh .

Mengandung beberapa mineral penting
Selanjutnya , Kerut mengandung beberapa mineral penting dengan jumlah moderat, seperti tembaga , besi , mangan , fosfor , magnesium , dan seng . Di samping itu, Kerut  adalah sumber kalium ( 454 mg per 100g atau 10% dari RDA ) Kalium, merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah .

Alternatif Pengganti Beras
Disaat musim paceklik, kerut bisa menjadi bahan alternatif pengganti beras yang cukup lezat. Karena kerut banyak mengandung karbohidrat dan kalori, dimana karbohidrat selain mengenyangkan, juga merupakan bahan baku tubuh untuk menghasilkan energi bersama kalori.

Sedangkan manfaatnya antara lain adalah :
  • Menurunkan suhu badan
  • Obat disentri
  • Obat eksim
  • Memperbanyak ASI
  • Tapal luka dari serangan panah beracun-Obat penyembuh borok
  • Perasan umbi kerut dapat dijadikan penawar sengatan lebah dan racun ular
Kandungan Gizi Umbi Kerut :
Kerut mengandung cukup tinggi karbohidrat, selain itu kandungan gizi Kerut untuk setiap 100 gram nya terdiri dari kalori 95,00 kal, protein 1,00 g, lemak 0,11 g, karbohidrat 22,60 g, kalsium 21,00 g, fosfor 70,00 g, zat besi 1,90 mg, vitamin B1 0,10 mg, vitamin C 10,00 mg, air 75,00 g.

Nah kalau melihat kandungan serta manfaat umbi kerut diatas, tak perlu disangsikan lagi untuk para sahabat mengkonsumsinya, sebagai makanan jeda, di saat maag sahabat melilit karena lapar.

Caranya gampang kok, ambil air sebanyak 1 gelas 150 cc, beri 2 sendok makan tepung kerut, campur hingga larut, beri gula merah secukupnya dan sedikit garam lalu jerang diatas kompor, aduk terus hingga masak. Setelah masak boleh ketika mau dihidangkan boleh diberi air santan yang encer, jangan yang kental, karena orang sakit maag akan terasa melilit atau perih lambungnya jika makan santan kental.

Selamat mencoba konsumsi tepung kerut !

Jika masih kurang jelas sahabat bisa hubungi saya yaa?  Alhamdulillahirabbil'alamiin.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Semangat Selalu,
NiniekSS
Labels: Mengatasi Sakit Maag, Obat Alami Sakit Maag, Tips

Thanks for reading Tepung Kerut Bagus Untuk Sakit Maag. Please share...!

0 Komentar untuk "Tepung Kerut Bagus Untuk Sakit Maag"

Back To Top