SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sedih jika tak ada makanan

Bagi orang sehat, tak menjadi masalah tak ada makanan, karena bisa membelinya kemudian. Namun bagi orang yang sakit maag, apalagi yang sudah parah, sangat menyedihkan jika sudah lapar namun tidak ada makanan yang tersedia.

Terlambat mengisi perut beberapa menit saja, rasanya sudah tak karuan, juga jika makanan yang kemudian dimakan tak sesuai. Misal nasi kasar, lauk keras atau pedas, wah ! dapat ditebak perut akan melilit kesakitan kemudian.

Usahakan setiap hari menanak nasi yang lembek, atau di tim. Nasi tim pagi bisa untuk pagi dan siang, nanti untuk makan malam nanak lagi yang baru. Karena kalau nasi pagi buat makan malam, nasi sudah terlalu dingin kalau dimakan dilambung suka tidak enak.

Untuk lauknya juga begitu bisa memasaknya pagi untuk dimakan pagi dan siang, dan untuk malamnya membuat yang baru.

Saya biasa menu pagi nasi tim dengan tahu putih direbus digarami secukupnya, atau dengan telor ayam kampung yang direbus setengah matang ( 3 menit sejak direbus ).Kalau rasanya terlalu tawar, beri kecap secukupnya agar menambah selera makan.

Siang saya biasa membuat sayur bening bayam + wortel dan tempe bacem tanpa digoreng.

Makan sore saya suka membuat sup wortel, kentang, kadang saya beri bakso halus yang diiris tipis-tipis satu atau 2 butir saja, dengan diberi daun luncang dan daun seledri. Tapi baksonya yang teksturnya halus, kalau kasar suka sakit dilambung.

Pagi hari saya biasa membuat teh hangat encer dengan saya beri 1 sendok kecil gula merk “GULAKU”, hanya untuk perasa saja tidak sampai terasa manis. Jika maag kita bermasalah akan terasa sakit minum manis-manis. Jika ingin minum teh juga yang encer jangan yang kental. Teh celupan pertama jangan diminum karena terlalu pekat kekentalannya, sebaiknya yang sudah celupan yang kedua, itupun sebentar sekali mencelupkannya harus diangkat.

Disela-sela waktu makan sering kita sebentar-sebentar lapar. Sediakan makanan cemilan antara lain seperti :
  • Roti mari yang tidak mengandung susu, yang biasa dijual kiloan, bukan roti mari regal itu mengandung susu, jika dimakan perut akan mulas. Tapi roti mari kiloan insya Allah aman untuk lambung, asal makannya sedikit-sedikit, cukup 2 potong tiap sekali makan, nanti lagi. Kalau sekali makan terlalu banyak, perut akan sakit dan terasa penuh, redanya akan makan waktu berjam-jam lamanya.ini yang perlu kita hindari.
  • Roti tawar yang tidak ada kulitnya, yang putih, dan tidak ada campuran coklat, keju, strawberry, atau susunya, pokoknya tawar murni. Makanlah sedikit-sedikit saja, untuk menghindari kekenyangan.
  • Usahakan punya tepung garut/ganyong ( lihat artikel di blog ini ), barang 1kg untuk membuat bubur tepung garut. Ini sangat membantu kesembuhan sakit maag. Disamping lembut, mudah dibuat, mengenyangkan, juga mengobati.
  • Jika ingin makan buah bisa makan pisang ambon kuning atau alpukat yang bener-bener tua sudah empuk dan tidak lagi bergetah.
  • Singkong yang direbus dengan air jauh lebih aman dibanding singkong yang dikukus. Dan sebaiknya dimakan pada waktu masih hangat serta dikunyah yang lama hingga lembut. Jika makannya sudah dingin dan mengunyahnya tidak lembut, maka akan menyebabkan lambung tidak nyaman dan terasa penuh.
  • Hindari makan kue yang mengandung keju, susu, coklat, strawberry serta yang mengandung bahan kimia dalam pembuatannya.
  • Bisa juga kue nagasari, dari tepung beras dimasak dengan santan, lalu biasanya dibungkus dengan daun pisang, baik juga untuk makanan jeda atau cemilan.
Untuk mencari makanan cemilan sebenarnya mudah, asal tahu apa-apa yang menyebabkan lambung sakit, maka kita akan dengan mudah mencari makanan yang cocok untuk lambung kita.

Yang penting jangan sampai saat lapar belum ada makanan, ini yang menyebabkan sakit maag tak sembuh-sembuh. Banyak minum air putih juga sangat membantu sakit kita. Dan yang harus diingat, setiap kali makan makanan apapun harus selalu dikunyah yang lama hingga lembut. Jika kita mengunyahnya cukup lama, maka akan menghasilkan enzyme yang sangat membantu proses pencernaan.

Cicipilah lebih dahulu makanan atau minuman yang hendak kita konsumsi, kalau perlu dicuwil sedikit, lalu dirasakan, tunggu beberapa saat, jika makanan tersebut tidak cocok, maka tentu lambung akan langsung terasa sakit atau bereaksi.

Jika tidak ada reaksi lambung setelah itu, berarti apa yang kita makan aman untuk kita konsumsi.

Demikian pengalaman saya semoga bermanfaat.

Salam Sehat Selalu,
NiniekSS
Labels: Tips

Thanks for reading Sedih jika tak ada makanan. Please share...!

2 comments on Sedih jika tak ada makanan

  1. Terimakasih atas informasinya,sy udah lama menderita sakit'lambung.mudah2an info tadijd pencerahan bagi saya..dan penyakit'sy sembuh..amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Terima kasih kembali untuk kunjungannya di blog ini. Semoga ada manfaatnya dan menjadi bagian dari jalan kesembuhan Anda. Aamiin.

      Salam,

      Hapus

Back To Top