SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

CARA GAMPANG ATASI MAAG KAMBUH

CARA GAMPANG ATASI MAAG KAMBUH

Jika maag kalian kambuh, tak usah panik, ada cara mudah untuk mengatasinya kok. Yuuk kita lihat bersama apa itu ?

Sahabat sakit maag dimanapun kalian berada...

Bismillahirrahmanirrahiim...


Puji syukur yang tak putus-putusnya ke Hadlirat Allah SWT. yang senantiasa mencurahkan Rahmat dan Kasih SayangNya kepada semua makhluk, sehingga kita semua terpelihara kehidupan kita. Salam serta sholawat yang sekhalis-khalisnya kepada Junjungan seluruh alam semesta raya, Nabi Agung Sayyidina Muhammad Saw, beserta keluarga serta para sahabatnya yang begitu Baginda cintai. Semoga syafaatnya senantiasa melingkupi kita yang berkhidmad kepada Baginda, didunia sekarang ini, maupun di akherat kelak. Aamiin Yaa Robbal’alamiin...

Sahabat Sakit Maag yang kusayangi...

Kambuh selalu membuat panik

Kambuh selalu membuat panik. Memang benar. Karena setiap kambuh sekecil apapun, biasanya selalu berkembang menjadi-jadi kambuhnya seperti mau mati rasanya. Yang jantung berdebar kencang. Yang kaki dingin kaya orang mau lelaku saat menjelang ajal. Yang kliyengan vertigonya kambuh. Dan lain sebagainya. Pokoknya menjadi sensasi yang benar-benar takut mati.

Cari dulu penyebabnya

Tak perlu panik. Cari dulu penyebabnya. Penyebab kambuhnya maag itu secara garis besar hanya ada tiga macam yaitu :

1.    Stress atau banyak pikiran

Orang sakit maag atau lambung tak boleh banyak pikiran apalagi sampai stress. Ini bahaya besar, karena akan secara otomatis menjalar ke lambung, sehingga lambung terasa kambuh.

Padahal kambuhnya lambung itu tak hanya akan merasa perut sakit. Namun bisa kemana-mana dampaknya ke seluruh tubuh. Yang tubuh jadi meriang. Jantung berdebar. Punggung dan pinggang sakit. Keringat dingin keluar. Mual. Pusing. Diare. Tak selera makan. Seluruh badan rasa pegal linu. Dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Berat ringannya kambuh tentu tergantung penyebabnya, dan kondisi penyakit saat kambuh. Jika penyakitnya sudah parah, walau penyebab kambuh tak seberapa, ya akan berdampak ke seluruh tubuh. Jika maagnya baru stadium awal, walau penyebabnya berat, maka keluhan saat kambuh tak akan seberapa, paling lambung tak nyaman, tubuh meriang dan malas makan. Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi bukan katanya-katanya ya teman. He he..

2.    Telat makan dan konsumsi makanan yang tak aman di lambung

Banyak yang menyepelekan soal betapa pentingnya makan teratur. Meskipun seseorang sudah terkena sakit maag, dan sudah tahu kalau telat makan akan menyebabkan kambuh. Orang kalau sudah kena maag, harus benar-benar menaruh perhatian yang besar pada soal makanan. Harus tahu makanan apa saja yang aman dan tak aman bagi lambung. Kalau tidak tahu, ketika lapar asal makan, ini akan menjadikan orang sakit maag akan mengalami kambuh berulangkali. Kambuh berulangkali ini akan berakibat maagnya semakin parah.

Maag yang semakin parah akan sangat luar biasa lho penderitaannya. Benar-benar bisa melumpuhkan kehidupan. Dampaknya bisa tak bisa ngapain-ngapain, hanya terbaring lemah ditempat tidur, karena seluruh organ sudah terkena komplikasi.

Akhirnya seorang karyawan terpaksa di PHK dari pekerjaannya atau mengundurkan diri karena tak enak hati harus makan gaji buta, karena mendapat gaji tapi sering mangkir kerja karena sakit maag. Kecuali melumpuhkan kehidupan yang kemudian tak bisa mencari nafkah bagi keluarga, sakit maag yang sudah parah lama tak sembuh-sembuh hingga menahun, sangat sulit penyembuhannya. Kalau sudah begini kondisinya, apa tak menghabiskan biaya banyak untuk berobat ?

Maka banyak penderita maag atau asam lambung yang lama tak sembuh-sembuh menjadi terpuruk ekonominya sekandas-kandasnya karena hartanya telah habis untuk berobat, namun tak kunjung sembuh juga. Seperti saya dulu, hingga 18 tahun sakitnya, baru sembuh !

Maka saya selalu mewanti-wanti kepada siapapun juga baik yang masih sehat lambungnya apalagi kepada yang sudah terkena maagnya, agar jaga makan, jaga istirahat dan jaga pikiran. Jangan menyepelekan !

3.    Kurang istirahat atau kecapaian

Banyak sih yang masih ngeyel kalau dinasehatin agar menjaga istirahat. Agar proses metabolisme tubuh berlangsung dengan baik atau maksimal.
Masih terus kerja ! kerja ! dan kerja ! tanpa mengenal waktu. Tak ingat makan. Tak ingat istirahat. Lupa segalanya kalau sudah bekerja. Mau makan atau istirahat kalau pekerjaan sudah benar-benar sudah kelar. Sudah terlambat teman. Tubuh sudah kelelahan. Kekurangan oksigen dalam darah. Kekurangan nutrisi tubuh. Inilah yang menyebabkan orang yang kelelahan dan terlambat makan, bisa tumbang kemudian meninggal. Banyak kan orang yang meninggal mendadak hanya karena kelelahan dan konon penyebabnya adalah asam lambung ? Jangan sampai terjadi ya teman pada diri dan keluarga kalian ? Jaga 3 hal yang sudah saya sebutkan diatas !

Bagaimana cara gampang mengatasinya ?

Kalau sudah tahu penyebabnya diatas ( telat makan, kurang istirahat, dan banyak pikiran), ya segera dihindari.

Kecuali itu, ada beberapa solusi yang perlu diketahui untuk mengatasi kambuhnya maag. Antara lain :

  • 1.Segera minum air parutan kunyit kuning. Ambil anakan kunyit yang panjang, yang besar, tapi bukan induknya yang bulat itu. Sebab kunyit yang induk jika dikonsumsi orang sakit maag, di lambung justru membuat lambung tak nyaman. Mungkin karena getahnya yang sangat keras sehingga sensitif dilambung.
  • Cara membuatnya : Ambil 3 anakan kunyit yang panjang dan besar tadi dikupas bersih, cuci yang bersih, lalu diparut. Beri air hangat 1/3 gelas kecil, lalu disaring. Langsung diminum. Boleh sebelum atau sesudah makan. Bebas.
  • 2.Minum telur ayam kampung mentah (yang masih baru) sehari antara 1 butir hingga 3 butir tergantung tingkat keparahan kambuhnya. Minum telur ayam kampung mentah yang masih baru ini sudah saya praktekkan jika sedang kambuh, dan juga sudah dipraktekkan oleh banyak teman sakit maag. Alhamdulillah sangat membantu. Karena nutrisi energi dalam ayam kampung mentah sangat besar. Sehingga ketika dikonsumsi sangat menolong ketika kita sedang dropp.
  • 3.Konsumsi bubur tepung kerut (yang asli). Cara membuatnya : ambil 1 sendok tepung kerut yang asli, di gelas yang agak besar, beri sedikit gula aren/merah yang sudah dihaluskan, beri sedikit saja air hangat untuk mencampur tepung dan gula, aduk hingga rata , lalu siram dengan air mendidih secukupnya hingga tepung mengental dalam gelas. Aduk terus tepung dalam gelas agar merata masaknya. Konsumsi ketika hangat. Jika mau konsumsi lagi buat bubur yang baru lagi. Jangan membuat bubur di pagi hari dimakan pada siang harinya. Sudah dingin dan tak enak yaa ?
  • 4.Konsumsi Madu Pahit yang murni juga sangat membantu sembuh dari kambuh. Minum sehari 3 x 1 sendok sesudah makan. Langsung diminum tanpa dicampur air. Nanti minum airnya sesudahnya. Madu pahit ini sebaiknya yang benar-benar murni, rasa pahitnya dari nektar bunga dari pohon obat yang berasa pahit. Bukan madu murni yang dioplos dengan tumbuhan herbal yang berasa pahit seperti : Brotowali atau sambiroto.
  • Membedakan madu pahit alami yang murni dengan yang oplosan adalah : Madu pahit yang murni, ketika ditelan, pahitnya hanya terasa sebentar saja, sesudah minum air putih hangat sesudahnya, maka rasa pahitnya akan segera hilang.
  • Sebaliknya, madu pahit yang oplosan, maka rasa pahitnya di tenggorokan akan lama hilangnya, walau sudah banyak minum air ataupun sudah makan segala macam.
  • Madu pahit yang oplosan ini, kalau diminum penderita maag, bukannya menjadi sembuh, namun lambung justru semakin parah. Jadi hati-hati ya memilih madu pahit.

Insya Allah jika ke 4 hal tersebut diatas dilakukan, maka kambuh maagnya akan segera sembuh tidak berlama-lama.

Harus telaten mengamati

Ingin cepat sembuh maagnya ? Harus telaten mengamati apa-apa yang menjadi penyebab kambuh, dan jangan diulangi lagi. Jangan meremehkan kesalahan kecil yang membuat kambuh, karena akibatnya bisa fatal. Bisa kambuh berhari-hari bahkan berminggu-minggu, atau bisa menimbulkan keluhan baru yang lain. Itulah serba-serbi perawatan lambung.

Apa yang harus selalu tersedia dirumah ?

Untuk menanggulangi jika sewaktu-waktu maag akan bisa kambuh, maka sebaiknya dirumah sedia : Kunyit kuning segar, Tepung kerut yang asli, Gula aren yang asli, Madu pahit alami yang asli, dan segera mencari telur ayam kampung yang masih baru jika diperlukan. Syukur jika bisa mengkonsumsi telur ayam kampung mentah minimal sehari 1 x.

Jangan menyepelekan jika merasa sudah sembuh

Banyak yang merasa sudah sembuh dari maag, langsung loss makan sembarang, berpola hidup tak sehat, padahal lambung belum benar-benar sembuh. Ini yang menyebabkan maag lalu kambuh lagi karena kurang menjaga pola hidup sakit maag. Kalau selalu menyepelekan, maka yakin bakalan tak sembuh-sembuh meski bertahun-tahun. Banyak kok teman maag yang mempunyai pengalaman seperti ini. Saya sendiri dulu juga begitu !

Mensyukuri setiap perubahan sekecil apapun

Perlu diperhatikan, bahwa mensyukuri kemajuan kesembuhan sekecil apapun itu sangat perlu. Jika tidak, maka sampai sembuh maksimalpun yang ada hanya terus mengeluh. Ini yang menjadikan sebetulnya Allah sudah akan memberi kesembuhan yang baik, namun karena tak pernah bersyukur, maka sakitnya jadi lama tak sembuh-sembuh.

Demikian, paparan mengenai Cara Gampang atasi maag kambuh, semoga ada manfaatnya. Insya Allah sampai jumpa pada artikel yang akan datang. Semoga kita sekalian selalu diberikan maghfirah, rahmat dan hidayah oleh Allah SWT. Alhamdulillahirabbil’alamiin. Tetap sehat dan semangat ya teman !



Purworejo, 20 Juli 2021

Salam Indonesia Berduka,
NiniekSS.

Labels: CARA GAMPANG ATASI MAAG KAMBUH

Thanks for reading CARA GAMPANG ATASI MAAG KAMBUH. Please share...!

0 Komentar untuk "CARA GAMPANG ATASI MAAG KAMBUH"

Back To Top