SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MERAWAT MAAG

MERAWAT MAAG

Banyak penderita sakit maag dan asam lambung tak sembuh-sembuh meskipun sudah berobat ke dokter berpindah-pindah dan minum herbal yang canggih-canggih. Apa sebabnya ? Karena banyak yang belum tahu cara merawat maag. Bagaimana merawat sakit maag ? Hanya yang pernah sakit parah dan sembuh sesembuh-sembuhnya yang tahu caranya. Inilah ilmunya...Bismillah...

Ada 5 katagori dalam perawatan maag yaitu :

1.    Sebelum kena maag
2.    Awal kena maag
3.    Ketika kena maag stadium menengah
4.    Ketika maagnya sudah stadium parah atau lanjut
5.    Pasca sembuh dari maag

1.    Sebelum kena maag

Sebelum kena maag, seseorang biasanya menyepelekan kalau ada yang menasehatinya. Yang saya kemudian saya juluki sebagai “Kamus Maag” yaitu :

  • Agar tidak telat makan.
  • Agar teratur waktu makannya.
  • Agar makan tidak sampe kenyang.
  • Agar tidak makan mie instan terlalu sering.
  • Agar mengunyah makanan hingga sampai benar-benar lembut.
  • Tidak membiasakan makan pedas terlalu ekstreem.
  • Juga tidak makan makanan asam yang terlalu ekstreem.
  • Tidak makan makanan yang sulit dicerna terlalu sering seperti : bakso, cilok, siomay, empek-empek, mie dan sejenisnya.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung zat kimia pengawet, pengembang, perasa dan sejenisnya.
  • Hindari banyak makan minum segala yang sifatnya merangsang lambung, misal alkohol, minuman dalam kaleng, kopi instan, dan minuman sejenis. Karena semuanya itu baik jangka pendek maupun jangka panjang bisa mengikis atau mengiritasi mukossa lambung.
  • Agar jaga istirahat, kerja tak perlu ngoyo.
  • Mikir juga tak perlu ngoyo, santai sajalah.
  • Tidak angkat yang berat-berat melebihi kapasitas.
  • Memilih olah raga juga harus tepat sesuai usia dan kondisi tubuh, tak boleh sembarangan. Karena olahraga yang tidak tepat bukannya menjadikan tubuh sehat, malah bisa berbahaya bagi tubuh.
  • Meskipun tidak sakit maag, dipijat bagian perut itu tak baik.
  • Meskipun tak sakit maag, sering naik turun tangga itu tak baik bagi lambung.

Dan semua nasehat itu, sangat diperlukan untuk kesehatan maag. Namun banyak orang tak percaya dan menyepelekannya kalau belum terkena sakit maag sendiri, dan merasakan betapa menderita siksaannya.

2.    Awal Kena maag

Awal kena maag itu hanya merasa mual, pusing, tak ada nafsu makan, terkadang meriang tak enak badan. Dikiranya masuk angin biasa. Dikerokin lalu istirahat, loh kok tak sembuh ? Lalu ke dokter. Diberikan obat. Ketika makan obat, enakan. Setelah habis, eh kambuh lagi mual pusing dan kehilangan nafsu makan. Begitu berkali-kali. Bahkan yang terakhir, dokter mulai memberikan obat maag dan antibiotik. Berarti keluhannya mulai terdeteksi oleh dokter sebagai sakit maag.

Pada saat seperti ini, saya katagorikan sebagai maag awal. Artinya masih mudah diobati jika mau benar-benar mengikuti pengalaman yang saya berikan, paling tidak mengikuti apa yang ada dalam “Kamus Maag” diatas. Ini akan sangat membantu penyembuhan.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam merawat maag awal antara lain :

Laksanakan yang ada dalam “Kamus Maag” semaksimal mungkin mana yang mampu dilakukan, untuk mencegah maag menjadi semakin parah.
 
Obat alami :

  • Minum air mentah yang higienis sesuai aturan, atau kalau minum matang hendaklah yang hangat.
  • Minum Madu Murni.
  • Makan telor ayam kampung mentah yang masih baru, putihnya dibuang sedikit, makan bersama kuningnya.
  • Kunyit : Minum air parutan kunyit (yang anakan bukan indukan, tapi pilih yang besar 3 rimpang). Pagi “sebelum” makan. Caranya ambil 3 rimpang kunyit kuning, cuci bersih, parut, beri air hangat 1/3 gelas tanggung, saring, minum ketika bangun tidur perut kosong.
  • Tepung Kerut/Pati Kerut : Konsumsi pati kerut yang asli, 1 sendok makan penuh, sedu dengan air hangat beri sedikit gula aren. Sehari 2 atau 3 x.
  • Boleh juga dibuat bubur yang encer, kalau 1 sendok makan penuh pati kerut beri air 150 mili. Sama beri sedikit gula aren/gula merah, aduk hingga rata sebelum dimasak, lalu masak dengan api kecil, aduk terus hingga matang. Makan ketika hangat. Satu kali masak untuk sekali makan. Kalau siang mau makan lagi ya masak lagi.

Makan : Makan nasi lembek, dan hindari makan nasi kenduri karena sangat keras. Hindari makan pedas, asem dan gorengan.

Minum : Hindari kopi, susu, coklat, alkohol dan semua minuman dalam kaleng serta syrup.

Sayuran :

  • Sayur masih boleh semua sayuran kecuali : Kangkung, kool, tauge, dan sawi putih, kacang panjang, buah nangka.
  • Lauk juga masih semua lauk asal dikukus jangan digoreng (ayam kurang bagus, susah dicerna)
  • Buah masih boleh semua buah kecuali : buah nangka, buah durian, buah salak dan buah yang asem rasanya.

Lauk : Masih bisa makan apa saja asal tidak kasar dan hindari yang terlalu pedas, asam dan goreng-gorengan.

Buah : Buah masih bisa apa saja asal bukan buah yang asem, kasar, keras atau merangsang.

Snack : Masih boleh apa saja hindari yang mengandung asam, susu, pedas, kasar, gorengan.

Olah Raga : Masih bisa banyak macam olah raga asal tidak terlalu melelahkan dan sifatnya yang tidak mengangkat beban yang berat.

Itulah kisi-kisi merawat sakit maag awal.

3.    Ketika kena maag stadium menengah

Pada stadium ini kecuali pusing mual dan kehilangan nafsu makan mulai timbul keluhan-keluhan yang lain : Perut sering sakit, begah, sering kembung, BAB mulai tidak normal, pinggang sakit, punggung sakit, perut panas, dada berdebar, keringat dingin, lemas dan gemetar. Pada stadium inilah maag biasanya mulai berkembang menjadi asam lambung (GERD). Dimana keluhannya mulai menyiksa.

Bagaimana perawatan Maag Stadium Menengah ?

Laksanakan yang ada dalam “Kamus Maag” semaksimal mungkin mana yang mampu dilakukan, untuk mencegah maag menjadi semakin parah.
 
Obatnya :

  • Minum air mentah yang higienis sesuai aturan, atau kalau minum matang hendaklah yang hangat.
  • Minum Madu Murni.
  • Makan telor ayam kampung mentah yang masih baru, putihnya dibuang sedikit, makan bersama kuningnya.
  • Kunyit : Minum air parutan kunyit (yang anakan bukan indukan, tapi pilih yang besar 3 rimpang). Pagi “sesudah” makan. Caranya ambil 3 rimpang kunyit kuning, cuci bersih, parut, beri air hangat 1/3 gelas tanggung, saring, minum ketika bangun tidur perut kosong.
  • Tepung Kerut/Pati Kerut : Makan bubur tepung/pati kerut yang asli, 1 sendok makan penuh, dimasak dengan air 150 cc beri sedikit gula aren, aduk hingga rata kemudian masak diatas kompor dengan api yang kecil . Ketika memasak aduk terus hingga matang.
  • Sehari boleh 2 atau 3 x makan bubur tepung kerut. Tapi sekali masak harus habis sekali makan, jadi masaknya sedikit saja, dikira-kira habis sekali makan. Nanti kalau mau makan lagi ya masak lagi.
  • Obat Utama adalah Bio Alpha R12 atau Morinda Original. Jika sering sembelit lebih tepat mengkonsumsi Bio Alpha. Namun jika BAB normal, lebih tepat mengkonsumsi Morinda. Bagi orangtua yang sudah lanjut usia kena maag, lebih disarankan mengkonsumsi Bio Alpha R12, sebab kalau mengonsumsi Morinda detoxnya cukup terasa, dikhawatirkan baru minum beberapa kali sudah tak mau melanjutkan lagi...

Makan : Nasi lembek, dengan campuran beras 1 bagian airnya 3 bagian. Jangan sekali-kali makan nasi kendurian karena sangat keras, dikhawatirkan lambung menjadi sakit dan pemulihannya lama sekali kalau sudah terlanjur makan nasi keras.

Minum : Hindari kopi, teh, susu, coklat, alkohol dan semua minuman dalam kaleng serta syrup.

Sayuran : Pada kondisi ini, sudah tak bisa lagi mengkonsumsi sayuran bebas. Sayuran yang aman untuk dikonsumsi hanyalah : Bayam cabut, wortel berdaging jangan yang kurus keras, labu siam, kentang, labu panjang, waluh kuning, sawi sendok.

Lauk : Tahu, telor ayam kampung, ikan emas, ikan kutuk.

Buah : Yang aman hanyalah : Pisang kapok kuning matang dipohon (dimakan mentah maksudnya tidak dikukus), alpokat, Buah naga merah yang kulitnya sudah rata merahnya, pepaya matang pohon.

Snack yang aman : Buah sukun tua dikukus, talas yang mempur dikukus, waluh kuning dikukus, singkong muda yang mempur boleh dikukus tapi makan tak boleh banyak paling sepotong, ubi rambat boleh dikukus asal bukan ubi cilembu karena terlalu manis dan banyak slontrotnya, kentang kukus tapi pilih yang kulitnya belum hijau karena yang kulitnya sudah hijau sudah mengandung racun tak baik dimakan lambung akan sakit luar biasa.

Olah Raga : Hanya boleh olah raga jalan kaki ringan yang tak jauh-jauh. Olah Raga selainnya akan berdampak pada lambung semakin parah.

Larangan :

  • Angkat beban berat seperti galon gas atau galon Air Aqua dan beban sejenisnya.
  • Hindari naik turun tangga
  • Hindari naik sepeda ontel, sepeda motor dan naik mobil jarak jauh luar kota.

Saran : Banyak minum air hangat, banyak minum madu murni, makan teratur jangan sampai terlambat, cukup istirahat, pikiran harus santai, hindari melanggar pantangan.

Itulah perawatan sakit maag stadium menengah.

4.    Ketika maagnya sudah stadium parah atau lanjut

Pada Maag Stadium Lanjut, maag sudah berkembang menjadi GERD yang parah, malah kebanyakan sudah terjadi berbagai komplikasi organ, misal organ jantung (sesak nafas dan jantung berdebar), organ ginjal (terjadi penurunan fungsi ginjal, ginjal lemah), organ paru-paru (batuk terus menerus dan sesak nafas). Pada stadium ini keluhannya banyak sekali antara lain :

Mual, pusing, kembung, perut begah, dada panas, pinggang dan punggung pegal, jantung berdebar, sesak nafas, kedinginan, kepala kliyengan, BAB susah, sembelit, sendawa terus, tenggorokan kering dan susah menelan, tenggorokan sakit dan seperti tercekik, batuk terus menerus, keringat dingin, lemas dan gemetar, vertigo, migren, sakit kepala, hidung tersumbat, kepala berdenging dan sakit, pendengaran berkurang bahkan hilang pendengaran, muntah darah, BAB berdarah, ambeien, susah berjalan, tangan dan kaki kesemutan, dan masih banyak lagi keluhan yang tak dapat saya sebutkan satu persatu disini.

Itu semua keluhan dampak dari asam lambung, yang saya ketahui baik dari pengalaman saya ketika maag dan GERD parah hingga 18 tahun lamanya hingga sembuh, serta pengalaman dari ribuan penderita maag dan GERD yang saya bantu pandu kesembuhannya.

Nah karena keluhan yang diderita demikian banyaknya maka penangannya juga harus sangat cermat untuk bisa sembuh.

Bagaimana sih penanganan yang dilakukan Bu Niniek untuk membantu penderita yang parah untuk sembuh ?

  • Usahakan bisa minum Air Mentah Yang Higienis dengan mematuhi aturan minumnya. Tidak boleh sembarangan minum air mentah.
  • Makan bubur halus atau nasi tim
  • Hindari konsumsi apapun yang berunsur kimia, karena lambung sudah sangat sensitif ketika kemasukan zat kimia apapun termasuk obat.
  • Lauk yang bisa dikonsumsi hanya telur ayam kampung setengah matang, ikan mas kukus dengan bumbu garam yang sangat sedikit. Kentang rebus.
  • Hanya bisa minum air putih hangat, atau air madu murni meskipun terasa perih.
  • Sayuran hanya bisa daun bayam cabut, wortel berdaging, kentang yang kulitnya belum hijau.
  • Agar-agar yang bukan jelly yang dimasak tanpa gula, untuk menggantikan serat dari sayuran yang tak bisa dikonsumsi.
  • Bubur Oriflake dari Varian yang Original Murni.
  • Tak boleh olah raga sama sekali
  • Hindari bepergian
  • Istirahat total, tak boleh beraktifitas apapun, hindari stress, sama sekali tak boleh terlambat makan (Perut tak boleh kosong sama sekali agar karena bisa terjadi keram perut yang sakitnya naudzubillah...).

Obat yang aman : Hanya Bio Alpha R12.

5.    Pasca sembuh dari maag

Nah bagaimana sebaiknya perawatan pasca sembuh dari maag dan asam lambung ? Apakah maag atau asam lambung bisa sembuh total ?
Maag jika masih stadium awal bisa sembuh total. Namun bila sudah stadium menengah keatas atau sudah GERD, itu pada umumnya jarang sekali yang bisa sembuh total. Maksimal kesembuhan hanyalah 95%. Sisanya yang 5 % masih bisa kambuh suatu saat. Akan tetapi kambuhnya jarang sekali, dan jika kambuh, keluhannya hanya ringan saja dan cepat sembuh.

Bagaimana pasca kesembuhan apakah langsung boleh makan sembarang, dan pola semua-semuanya sudah bebas seperti pola kehidupan orang sehat yang tak pernah kena maag ?

Tak bisa teman. Meskipun sudah sembuh. Misalnya sudah bisa makan apa, tetap selama ½ hingga 1 tahun dari kesembuhan masih harus waspada dan hati-hati meskipun sudah tidak pantang lagi.

Jadi, kalau mau makan sayur yang pedas, ya pedasnya sedang saja. Makan nasi ya nasi yang sedikit lemas, bukan nasi seperti yang dimakan oleh orang-orang sehat. Makan juga harus selalu teratur, jedanya antara makan dengan makan berikutnya jangan terlalu lama. Misal makan pagi jam 7 ya makan siang jam 12 jangan sampai jam 3 atau 4 sore baru makan lagi. Pokoknya semuanya tetap harus dijaga sekalipun sudah sembuh.

Demikian, “Merawat Maag” semoga bermanfaat. Dan semoga Allah SWT. meridhoi ikhtiyar kita semua menuju kesembuhan. Aamiin Yaa Robbal’alamiin...Alhamdulillahirabbil’alamiin...

Silahkan konsul hubungi Ibu NiniekSS WA 0877 3259 8747

Purworejo, 6 Oktober 2020

Salam Sehat Selalu
NiniekSS.

Labels: MERAWAT MAAG, MERAWAT SAKIT MAAG, TIPS KESEMBUHAN MAAG

Thanks for reading MERAWAT MAAG. Please share...!

0 Komentar untuk "MERAWAT MAAG"

Back To Top