SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

CARA MENGATASI AGAR MAAG TAK KAMBUH LAGI

CARA MENGATASI AGAR MAAG TAK KAMBUH LAGI


Jika maag kambuh seseorang akan menjadi panik, sebab tak tahu apa yang harus dilakukan. Cara mengatasi agar maag tak kambuh lagi ya berusahalah menghindari hal-hal yang membuat maag itu kambuh. Apa sajakah yang harus dihindari agar maag itu tak kambuh ? Yuk bersama-sama kita lihat di artikel ini...
 

Bismillahirrahmanirrahiim...

 

Sahabat niniekSS yang dirahmati Allah SWT.

 
Marilah saudara-saudaraku, senantiasa mengucap syukur kepada Allah SWT. atas tiap-tiap nikmat yang telah Allah berikan kepada kita sepanjang hidup kita, hari-hari kemarin yang telah kita lalui, hari ini, dan saat ini...
 
Dan senantiasa saya haturkan salam serta sholawat yang sekhalis-khalisnya kepada junjunganku Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, penghulu kebenaran...ketauhidan...dan penghambaan. Semoga syafaatnya yang mulia senantiasa terlimpah kepada keluarga, para sahabat serta kita semua yang berkhidmad kepada Beliau hingga akhir hayat. Aamiin Ya Rabbal’alamiin...
 

Agar maag tak kambuh :

 
Hindari telat makan
 
Telat makan, akan menyebabkan kambuh karena ketika lambung bekerja tidak ada makanan yang akan digiling sehingga memungkinkan antara dinding lambung akan bergesekan sehingga menimbulkan iritasi. Maka perut akan terasa perih, terkadang keringat dingin keluar disertai tubuh lemas gemetaran.
 
Hindari makanan pantang
 
Makanan pantang antara lain yang rasanya pedas, asem, yang berminyak, yang kasar, yang merangsang seperti tape. Jika dimakan maka akan menimbulkan kambuhnya maag. Kalau yang dikonsumsi makanan pedas dan asem biasanya lambung akan terasa sangat perih, begah dan tak nyaman. Kalau yang dikonsumsi makanan kasar seperti ayam goreng, sayur kangkung, sayur kacang panjang, biasanya lambung akan terasa sakit luar biasa dalam jangka panjang. Kalau yang dikonsumsi makanan yang berminyak biasanya lambung akan melilit dan mulas bukan main. Kalau yang dikonsumsi jenis mie instan, bakso, cilok, siomay, empek-empek, yang sulit dicerna serta mengandung bahan kimia pengawet, pengembang, perasa dan lain-lain, biasanya akan menimbulkan sakit perut yang luar biasa, keram perut atau diare yang berat. Kalau yang diminum sejenis minuman kopi, bersoda, bersusu, mengandung cream, mengandung santan seperti dawet, maka lambung akan merasa perih, sakit dan melilit bukan main, kemudian bisa diikuti dengan diare.
 
Hindari angkat beban yang berat
 
Mengangkat beban berat seperti mengangkat cucian baju, tabung gas dan galon air kemasan, akan menyebabkan lambung sakit dan begah yang luar biasa dan lama pulihnya.
 
Hindari makan kekenyangan
 
Orang hanya tahu, bahwa penyakit maag itu disebabkan makan tak teratur, telat makan, terlalu banyak makan pedas asam dan berminyak. Padahal sering makan kekenyangan bisa menyebabkan sakit maag. Hati-hati lho !
 
Makan kekenyangan akan menyebabkan lambung over kapasitas dalam menggiling makanan. Kerja lambung jadi terlalu berat. Maka lambung secara otomatis akan meningkatkan derajad asam lambung menjadi lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan sering makan kekenyangan bisa menimbulkan sakit maag. Atau maag kambuh. Oleh karena itu hindarilah makan kekenyangan. Yang aman ya makan ketika lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Maka insya Alloh lambung akan selalu sehat.
 
Hindari tidur sesudah makan
 
Tidur sesudah makan, bisa mengakibatkan heartburn, makanan yang ada dalam lambung naik keatas. Padahal makanan yang berbalik keatas ini sudah penuh dengan asam lambung yang derajad keasamannya tinggi. Inilah yang kemudian menyebabkan para penderita maag lalu mengalami gangguan keluhan pada tenggorokan, telinga, mata dan juga otak, gara-gara asam lambung yang naik.
 
Hindari perut diurut
 
Orang sakit maag, untuk sembuh, perlu lambung ditenangkan. Dengan diurut, yang tanpa sengaja lambung biasanya juga ikut diurut, akan menjadi masalah besar, karena ketenangan lambung terusik, atau bahkan luka lambungnya tambah parah karena diurut.
 
Hindari naik turun tangga
 
Bagi orang yang sehat, naik turun tangga tak menjadi masalah. Namun bagi penderita maag dan GERD, seringkali untuk naik turun tangga, nafas menjadi ngos-ngosan, dan terkadang irama jantung menjadi berdebar-debar layaknya jantung mau lepas dari tubuh. Jika terjadi kondisi seperti ini, seseorang akan menjadi panik, sehingga pikirannya terus kepada ketakutan akan datangnya kematian. Maka hindarilah naik turun tangga.
 
Hindari Olah Raga Berat
 
Olahraga berat memerlukan energi yang besar. Sedangkan penderita maag, seringkali tekor energi karena terbatasnya makanan yang bisa diterima di lambung. Oleh karena itu hindarilah ber Olahraga berat agar maag tak kambuh lagi.
 
Hindari kecapean
 
Kecapean harus dihindari karena bisa menjadi penyebab terjadinya akibat yang fatal dari kambuhnya maag dan GERD. Banyak sudah kejadian, dimana artis atau pemain film, tiba-tiba meninggal karena disebabkan kecapean. Hasil diagnose dokter, setelah diperiksa dengan teliti, maka hasilnya mengatakan bahwa kecuali kecapean yang sangat, juga disebabkan oleh asam lambung yang tinggi.
 
Jadwal syuting yang padat dan marathon seringkali menyebabkan artis makan tak teratur serta kurang beristirahat, sehingga ambruklah mereka sehingga berakibat fatal, kematian ! Maka bagi Anda yang mempunyai riwayat maag dan asam lambung, jagalah benar-benar jangan sampai kecapean dengan alasan apapun. Seringkali banyak yang beralasan:”Ya karena harus menyelesaikan ini, menyelesaikan itu, harus mengejar target, maka terpaksa harus diselesaikan pada waktunya”. Akhirnya terjadilah peristiwa fatal yang sangat menyedihkan !
 
Hindari berpikir berat
 
Berpikir berat sangat menguras enzyme, sehingga bagi seseorang yang sakit maag dan GERD bisa berakibat dropp. Lambung kambuh berat dan susah sekali pulihnya. Apalagi antara pikiran dan lambung sangat erat kaitannya. Berpikir berat bisa mengakibatkan stress. Stress sendiri bisa memicu naiknya asam lambung, sehingga kambuh. Maka hindarilah berpikir berat, agar tidak stress dan agar asam lambung tak kambuh.
 
Hindari naik sepeda ontel atau sepeda motor
 
Baik naik sepeda ontel atau sepeda motor, bisa menyebabkan kambuhnya maag dan GERD. Gerakan kaki mengayuh sepeda ontel, berhubungan langsung dengan otot lambung. Demikian juga naik sepeda motor, tentu harus menuntun sepeda motor ketika hendak memarkir, atau sebelum menstater sebelum dikendarai.  Menggeser sepeda motor keluar dari parkiran bagi lambung ini akan mengusik ketenangan lambung. Sehingga lambung akan kambuh. Maka untuk mengatasi agar lambung tak kambuh salah satunya adalah jangan naik sepeda ontel dan hindari dulu naik sepeda motor. Baik jarak dekat apalagi jarak jauh.
 
Hindari duduk terlalu lama
 
Duduk terlalu lama juga bisa menjadi kambuhnya maag dan GERD. Karena lambung tertekuk sehingga menekan lambung yang mungkin sedang luka menjadi terusik lukanya, sehingga maag kambuh. Maka bagi siapa saja yang pekerjaannya memerlukan duduk terlalu lama, harus mengatur pekerjaannya agar diusahakan sering istirahat untuk berdiri sekedar meluruskan badan agar lambung tidak tertekan terlalu lama.
 
Misalnya supir. Atau karyawan bagian komputerisasi sehingga sering lupa waktu. Bagi yang supir ya sering hentikanlah kendaraan walau hanya sekedar untuk berdiri sejenak meluruskan pinggang. Bagi karyawan yang sering duduk didepan meja komputer ya usahakan untuk merilekskan tubuh, dengan berdiri dan berjalan beberapa menit untuk meluruskan tubuh agar lambung tak tertekan terlalu lama.
 
Hindari membungkuk terlalu lama
 
Membungkuk terlalu lama biasanya dialami ibu-ibu ketika persiapan memasak, menyiangi sayuran hingga mengiris atau menguleg bumbu dengan duduk di lantai. Bagi orang yang sehat memang tak akan terasa apa-apa. Akan tetapi bagi ibu-ibu yang mempunyai sakit maag atau GERD, sesudahnya, tanpa disadari loh kok lambungnya dirasakan sangat sakit setelah itu ? Biasanya sengkil dan kemudian begah padahal belum makan. Maka hindarilah membungkuk terlalu lama untuk mengatasi maag tak kambuh lagi.
 
Hindari memakai pakaian ketat
 
Memakai celana ketat juga bisa menyebabkan maag kambuh lagi. Karena perut menjadi tertekan. Oleh karena itu untuk mengatasi agar maag dan GERD tak kambuh lagi, salah satunya adalah dengan menghindari mengenakan celana yang ketat-ketat.
 
Hindari penyakit hati
 
Penyakit hati seperti iri hati, dengki, dendam, sakit hati, kecewa, sombong, angkuh, pelit, tak mau kalah, tidak bersyukur, selalu mengeluh, marah, egois, dan perasaan-perasaan hati yang tak menenangkan, sebaiknya dihindari. Karena hati yang tak bahagia akan menggerus enzyme didalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh bisa dropp termasuk lambung bisa kambuh.
 
Usahakan agar hati selalu bisa berbahagia. Jauhi stress. Hati yang berbahagia akan membentuk banyak enzyme sehingga tubuh akan menjadi sehat jauh dari segala macam penyakit, dan mendatangkan aura positif sehingga keberkahan hidup akan terus mengalir dengan derasnya kedalam kehidupan. Karena orang yang berbahagia biasanya terdapat pada orang-orang yang pantang mengeluh dan pandai mensyukuri akan nikmat-nikmat yang Allah berikan.
 
Demikian “Cara Mengatasi Agar Maag Tak Kambuh Lagi”. Semoga bermanfaat. Nantikan artikel berikutnya. Insya Allah jika Allah masih mengijinkan saya untuk masih menulis lagi. Aamiin. Alhamdulillahirabbil’alamiin...
 
 
Purworejo, 10 Juli 2020
 
Salam Syukur
NiniekSS
Labels: CARA MENGATASI MAAG TAK KAMBUH LAGI, TIPS SEMBUH MAAG

Thanks for reading CARA MENGATASI AGAR MAAG TAK KAMBUH LAGI. Please share...!

0 Komentar untuk "CARA MENGATASI AGAR MAAG TAK KAMBUH LAGI"

Back To Top