SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

PENYEBAB MAAG KAMBUH

PENYEBAB MAAG KAMBUH


Penyebab maag kambuh adalah : telat makan, salah menu, kecapaian, angkat beban berat, naik turun tangga, stress pikiran. Semua sudah ada dalam buku “Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis” maka milikilah, agar maag Anda tak kambuh-kambuh lagi alias SEMBUH. Simak penjelasan dibawah ini !


Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat NiniekSS Yang dirahmati oleh Allah SWT...

Menjaga kambuh adalah pengobatan dini


Banyak penderita maag yang tak tahu bagaimana menjaga agar maagnya tak kambuh. Kebanyakan asal sudah minum obat dari dokter sudah merasa aman. Dan bakal sembuh. Padahal tak semudah itu untuk sembuh dari maag atau asam lambung. Banyak faktor yang harus bersama-sama dan terus menerus dilakukan agar benar-benar sembuh.

Sebenarnya, dengan menjaga kambuh, insya Allah sama halnya kita melakukan pengobatan dini bagi maag kita. Dengan tak kambuh-kambuh, berarti kondisi maag makin baik, dan semakin sembuh. Maka jagalah maag agar tak kambuh-kambuh.



Bagaimana menjaga agar maag tak kambuh ?

Menjaga agar tak telat makan

Sakit maag tak boleh sampai telat makan. Sebab ketika lapar, yang menandakan lambung kosong minta diisi, jika tak segera makan, maka ketika proses pencernaan berlangsung, dinding lambung akan terkikis, karena tak ada makanan yang diproses. Maka ketika telat makan, hampir dapat dipastikan perut akan terasa perih, terkadang diikuti dengan munculnya kerringat dingin pada kedua tangan dan kaki. Oleh karena itu bagi Anda yang mempunyai sakit maag, dijaga agar jangan sampai telat makan, agar maag Anda tidak kambuh.

Menjaga agar tak salah menu

Banyak orang sakit maag yang tak memperhatikan menu makan. Asal sudah minum obat dokter, pikirnya beres sudah. Banyak juga dokter kepada para pasiennya maag, yang hanya menasehati :”Jangan makan yang pedas-pedas, dan jangan makan yang asem-asem ya Bu ?”. Sudah hanya sebatas itu. Padahal banyak sekali hal yang harus diperhatikan untuk sembuh dari maag maupun asam lambung atau GERD.

Untuk sembuh dari maag, masalah menu yang aman adalah : Yang tak pedas, yang tak asam, yang tak kasar, yang tak berminyak alias tak boleh makan yang goreng-gorengan, hindari mentega, susu, kopi, coklat, creamer, makanan dan minuman yang mengandung kimia sintetis, dan masih banyak pantangan makanan yang lainnya. Jika ini dilanggar, meskipun masih minum obat dokter, tetap akan kambuh dan kambuh melulu.

Saya bisa mengatakan seperti ini karena dulu, ketika saya masih sakit, segala hal dan kejadian selalu saya amati dengan seksama dan saya catat. Setiap dampak dari makanan yang aman maupun tak aman dilambung yang dikonsumsi selalu saya amati dan saya catat.

Oleh karena itu, setiap orang sakit maag baiknya memahami betul masalah menu ini, agar dapat menjaga lambung tidak kambuh. Semua hal ini sudah saya tulis dalam buku saya berjudul :”Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis” yang sudah terjual ribuan exemplaar dan alhamdulillah telah membantu banyak orang sembuh dari maagnya.

Menjaga agar tak kecapaian

Kecapaian merupakan faktor kambuh yang banyak dialami oleh orang sakit maag. Dan sekaligus disepelekan. Atau banyak yang menganggap remeh bahwa kecapaian akan bisa menyebabkan kambuhnya sakit maag. Banyak yang hanya memperhatikan menu makan yang aman saja, namun meremehkan soal kecapaian ini. Padahal, kecapaian bukan hanya bisa menjadi penyebab kambuhnya maag, namun banyak artis yang meninggal dengan riwayat asam lambung yang dipicu oleh kelelahan yang amat sangat dan tak dirasakan. Syuting terus menerus tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Seorang pegawai saja jam kerjanya hanya dibatasi 8 jam sehari, selebihnya itu dianggap lembur. Semuanya itu tentu sudah dengan standar kesehatan yang baku. Itu berlaku bagi yang sehat. Selayaknya, bagi yang sedang terganggu kesehatannya, tentu masa kerjanya lebih sebentar, kurang dari 8 jam sehari.
Bagi penderita sakit maag yang masih bisa beraktifitas, harus selalu ingat, tak boleh kecapaian. Jadi sebentar sebentar harus istirahat. Apalagi saat waktu makan. Waktu sholat juga jangan sampai ditinggalkan. Jika bisa menjaga waktu untuk istirahat, insya Allah tak akan gampang kambuh.

Menjaga agar tak angkat beban yang berat-berat 


Tak banyak orang sakit maag yang mengetahui bahwa, orang sakit maag itu tak boleh angkat beban yang berat seperti : angkat tabung gas, angkat galon air, angkat cucian basah, angkat beras, angkat mindah-mindahin barang-barang yang lain seperti kursi tamu, lemari makan, dan lain sebagainya. Sebaiknya minta tolong orang, jika hendak mengangkat barang-barang yang berat. Karena mengangkat barang-barang yang berat akan menarik otot dan syaraf lambung sehingga terasa sakit, kecuali itu angkat barang yang berat kan mengeluarkan energi yang besar. Padahal orang sakit maag biasanya energynya kecil karena kurangnya asupan makanan. Inilah sebabnya mengapa orang sakit maag tak boleh angkat beban yang berat-berat. Karena bisa dropp.

Menjaga agar tak naik turun tangga

  
Naik turun tangga, bagi lambung yang sudah stadium menengah, akan menyebabkan lambung tak nyaman, terasa sakit bahkan begah.Gerakan kaki yang naik turun tangga, juga mengganggu ketenangan lambung, maka hindarilah naik turun tangga.

Menjaga agar tak Olah Raga berat


Apalagi olah raga berat, lha bagi yang maagnya sudah kronis, untuk naik sepeda jarak dekat, atau lari-lari kecil saja lambung langsung terasa sakit, bahkan bisa keram ? Maka hindarilah olah raga yang sekiranya berat dilakukan. Olah raga paling aman bagi penderita maag adalah, jalan kaki ringan, mondar-mandir di jalanan depan rumah. Masalahnya kalau jauh-jauh, terjadi kondisi darurat khawatir tak ada yang menolong.

Menjaga agar lambung tak diurut


Belum banyak yang tahu juga kan ? Bahwa sakit maag itu lambung tak boleh diurut ? Padahal penderita maag banyak yang rasa badan sering tak karuan, sehingga maunya ya diurut saja, agar hilang pegel linunya. Bahayanya, meskipun kita sudah bilang ke tukang urut, bahwa bagian perut  jangan ikut diurut, biasanya tukang urutnya membantah :Gak apa-apa Bu, saya biasa urut orang sakit maag, saya pijat bagian perut malah pada sembuh tuh ?

Nah kalau ketemu tukang urut yang seperti ini, kita mau bagaimana ? Padahal sudah terlanjur datang kerumah kita hayo ? Tidak jadi urut ya bagaimana ? Kalau jadi diurut takutnya kalau perut ikut diurut ? Kan jadi berabe ? Mendingan, gak usah urut saja, daripada lambung jadi nggak karuan karena diurut ?

Menjaga agar makan jangan kekenyangan

  
Semua yang baik adalah yang “pas”, apapun itu. Tidak kelebihan dan tak kekurangan. Demikian juga makan, yang baik bagi tubuh adalah yang “pas” tidak kelaparan dan tidak kekenyangan. Karena lambung mempunyai kapasitas untuk mencerna atau menggiling makanan. Zat untuk menggiling makanan adalah asam lambung. Asam lambung yang ditakuti banyak orang itu, diciptakan oleh Alloh ada dalam tubuh memang perlu. Fungsinya adalah untuk mencerna atau menggiling makanan.

Besarnya asam lambung didalam tubuh itu sama sepenjang waktu. Hanya, ketika kapasitas yang digiling dalam lambung terlalu over, terlalu banyak karena kita makan terlalu kenyang, maka secara otomatis, system tubuh akan meningkatkan derajat asam lambung menjadi tinggi tingkat keasamannya. Inilah yang kemudian membahayakan. Karena derajat keasaman lambung yang tinggi, lama-lama akan bisa mengikis muccosa lambung, lendir yang melapisi dinding lambung dari ganasnya asam lambung. Nah jika muccosa ini terkikis, maka akan terjadi iritasi lambung, inilah yang kemudian menjadi “sakit maag”. Dinding lambung yang luka !

Maka, kalau sudah tahu, hindarilah makan berlebihan. Sayangilah lambung Anda. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW. “Makanlah ketika lapar, dan berhentilah sebelum kenyang”. Maknanya adalah agar lambung kita para umatnya terhindar dari sakit perut.  Makan berlebihan, selain bisa menimbulkan obesitas atau kegemukan, juga akan menimbulkan berbagai penyakit lainnya, karena kinerja seluruh organ bisa terganggu, sehingga timbulnya berbagai macam penyakit.

Menjaga agar sehabis makan jangan langsung tidur
 

Bagi Anda yang sudah terkena sakit maag, biasanya derajad keasaman asam lambung sudah lebih tinggi diatas batas normal. Maka jika Anda makan, begitu makan langsung tidur, makanan yang ada dalam perut yang sudah bercampur dengan asam lambung yang derajatnya sudah diatas normal ini akan naik keatas, ke tenggorokan. Kok bisa ? Ya bisa, karena orang sakit maag, biasanya klep pembatas antara lambung dengan tenggorokan sudah kendor sehingga bisa membuka dan menutup dengan gampangnya.

Orang yang sehat lambungnya. Less, atau klep pembatas antara tenggorokan dengan lambung ini masih normal, masih bagus fungsinya. Membuka saat orang makan, dan akan menutup secara otomatis ketika orang sudah selesai makan. Namun pada orang sakit maag atau asam lambung. Klep ini sudah kendor. Sedang makan atau tidak, klep ini bisa membuka dan menutup seenaknya sendiri. Maka itulah bahayanya tidur sesudah makan, makanan yang ada di lambung bisa naik. Inilah yang dinamakan dengan heartburn.

Hertburn sangat berbahaya, karena makanan yang naik ke tenggorokan ini sudah bercampur dengan asam lambung yang derajadnya tinggi. Sedangkan organ yang terkena seperti tenggorokan, yang tak mempunyai pelindung seperti muccosa dalam lambung, lama-kelamaan akan terkikis, teriritasi, sehingga orang sakit maag yang sering tidur sehabis makan akan mudah terkena radang tenggorokan. Inilah salah satu penyebab dikemudian hari, penderita sakit maag, tenggorokan rasa ngganjel, tenggorokan seperti tercekik, telinga berdenging, telinga sakit, pandangan mata kabur, bahkan timbul permasalahan keluhan di kepala dan lain-lainnya.

Demikianlah Penyebab Maag Kambuh. Maka sayangilah lambung Anda, dengan  melakukan kiat-kiat yang sudah saya sampaikan diatas. Sampai jumpa insya Allah di artikel yang akan datang. Nantikan ya ? Alhamdulillahi Robbil’alamiin.

Purworejo, 28 Juni 2020

Salam Syukur atas segala nikmat
NiniekSS.
Labels: MENGAPA MAAG KAMBUH, PENYEBAB MAAG KAMBUH

Thanks for reading PENYEBAB MAAG KAMBUH. Please share...!

0 Komentar untuk "PENYEBAB MAAG KAMBUH"

Back To Top