SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Cara Mensikapi Makanan Pada Orang Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim…

Pembaca Blog Yang Penulis Hormati,

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Terima kasih atas kunjungan anda yang setia pada blog ini, semoga ada yang bisa anda petik manfaatnya. 

Kali ini penulis ingin berbagi perihal Cara Mensikapi Makanan Pada Orang Sakit Maag.

Kenapa sih saya tak sembuh-sembuh ? Ini keluhan salah satu penderita maag kepada penulis. Setelah penulis cermati dari beberapa kali obrolan di dalam telepon, ternyata penyebabnya adalah teman ini selalu menyantap apapun makanan yang ada di depannya tanpa berpikir panjang, apa akibat yang bakal terjadi karena makanan yang ada didepannya itu adalah oleh-oleh dari tamu yang sebelumnya tak pernah dimakannya.

Seharusnya teman ini tahu bahwa makanan oleh-oleh dari tamu ini, kue keju legit yang di atasnya bertabur coklat, tak boleh dimakannya, karena ia sakit maag. Namun tanpa pikir panjang langsung dilahapnya makanan yang memang sangat lezat menggiurkan ini.

Nah loo..apa akibatnya ? Keruan saja tanpa hitungan menit, setelah makan kue ini, katanya teman ini langsung perutnya melilit sakit bukan buatan dan diare. Penulis bisa membantu solusi apa terhadap kasus salah makan yang seperti ini ? Kalau seseorang bisa memuntahkan kembali apa yang telah dimakannya, alangkah lebih baiknya dimuntahkan. Namun kan tidak setiap orang bisa memuntahkan kembali apa yang telah ditelannya he he..Ya paling-paling ditunggunya hingga kue keju legit itu telah keluar semua lewat diarenya.

Orang sakit maag tidak sebebas orang yang sehat dalam hal mengkonsumsi makanan. 

Ada batasan-batasan, ada aturan-aturan yang tak tertulis yang harus dipatuhinya, agar lambungnya yang sedang bermasalah bisa lekas sembuh, atau paling tidak tak menjadi semakin parah.

Jika hal tersebut dilanggarnya benar-benar akan mendatangkan sakit pada lambungnya yang sangat mengganggu, tergantung pada sebetapa parah kondisi lambungnya.

Makin parah sakit maag seseorang, maka ketika terjadi salah makan atau salah minum, benar-benar akan mengakibatkan penderitaan yang luar biasa.

Penulis tak melebih-lebihkan karena penulis sudah merasakannya sendiri, sakit maag yang sangat kronis, hingga BAB bercampur darah dan muntahpun bercampur darah segar. Bisa anda bayangkan, betapa rasanya ? hidup enggan mati tak hendak !

Kesakitan ini tak bisa dibayangkan, tak bisa diterjemahkan, dan tak bisa diceritakan, hanya orang-orang yang pernah mengalaminya saja yang tahu bagaimana menderitanya lambung orang sakit maag yang salah makan.
Oleh karena itu penulis merasa perlu membagikan tips Bagaimana Cara Mensikapi Makanan Pada Orang Sakit Maag, agar teman-teman semua di sini bisa terhindar dari akibat salah makan.
Bagaimana Cara Mensikapi Makanan Pada Orang Sakit Maag ? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :
  • Harus disadari bahwa anda sedang sakit maag. Terutama bila sakit maag anda sudah kronis dan akut, harus lebih berhati-hati.
  • Ketika melihat makanan yang ada, jangan buru-buru diambil.Perhatikan lebih dahulu makanan tersebut, apakah aman untuk anda makan ?
  1. Pedas tidak ? (mengandung unsur cabai/lombok, merica, jahe, dan lain-lain).
  2. Asam tidak ? (mengandung unsur buah asam, belimbing, cuka).
  3. Kasar tidak ? (segala makanan yang sulit dicerna adalah termasuk katagori kasar misal : sayur kangkung, ayam goreng, daging-dagingan, sate, rempeyek, salak, sayur sawi, sayur kubis, sayur kecambah, kue-kue yang keras, dan lain-lain).
  4. Berminyak/berlemak tidak ? ( segala macam gorengan, kue-kue yang mengandung mentega, sayur yang dimasak dengan banyak minyak, sayur yang bersantan kental seperti rendang, gulai, dan lain-lain).
  5. Merangsang tidak ? (segala makanan, sayur yang banyak mengandung Lombok, jahe, merica, buah nanas, tape ketan, tape singkong, minuman beralkohol, kopi, teh kental, minuman seperti fanta dan coca cola, dan lain-lain).
  6. Mengandung bahan kimia tidak ? (pengawet, perasa, pelembut, pewarna, pengembang yang biasa terdapat dalam makanan atau minuman siap saji yang banyak dijual di supermarket-supermarket).
  7. Masih segar tidak, atau sudah kedaluwarsa belum ? Kadang-kadang kita sering kelupaan, masih mempunyai sisa makanan kemarin yang lupa menyingkirkan dari meja makan atau almari makan, langsung saja dimakan oleh anggota keluarga yang tidak tahu.
  8. Periksa lebih dahulu makanan yang hendak anda konsumsi kedaluwarsa atau tidak, meskipun jamur belum nampak tumbuh pada makanan.
  9. Makanan yang sudah kedaluwarsa, walau masih nampak bagus, maka jika dikonsumsi, terutama oleh orang yang sakit maag, akan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman pada lambung, bahkan seringkali perut menjadi sakit bahkan diikuti dengan diare, karena makanan tersebut sudah beracun.
  10. Jenis makanan seperti ini sangat menguras enzim yang ada di dalam tubuh sehingga menyebabkan kondisi tubuh bisa drop atau menimbulkan penyakit yang lain di dalam tubuh. Sangat mengerikan bukan ?
  11. Makanan dalam keadaan bersih tidak ? Perhatikan apakah makanan yang hendak anda makan dalam keadaan bersih tidak ? Mungkin bekas dimakan kucing yang mencuri naik keatas meja makan, mungkin kena najis kotoran cicak, mungkin penuh debu ? Hindari makanan-makanan yang tidak higenies.
  • Cucilah dahulu tangan anda dengan sabun, agar bersih dari segala kuman atau bakteri yang menempel ditangan anda, mungkin anda baru saja bepergian, atau mungkin saja anda baru saja memegang barang-barang yang kotor.
  • Sebelum mengambil makanan tersebut, berdoa lebih dahulu kepada Allah, mohon agar makanan tersebut dihalalkan dulu baik dari zatnya maupun dari cara pembuatannya yang mungkin tidak didahului dengan menyebut Asma Allah, kemudian setelah itu berdoa dengan doanya orang makan, walau yang hendak anda makan hanya sepotong kue kecil. Agar bersih dan steril dari pengaruh metafisika buruk yang ada dalam makanan yang hendak anda makan, dan makanan akan menjadi makanan yang berkah dan thoyyib ketika anda makan.
  • Ketika hendak makan sesuatu, apakah perut anda masih dalam keadaan kenyang ? Sebaik atau sebagus dan seaman apapun makanan yang ada dihadapan anda, jika anda rasa perut anda masih kenyang, maka hendaknya anda hindari makan lagi apapun itu. Jika anda nekad makan, biasanya perut anda akan terasa penuh, begah, dan sakit berkepanjangan hingga berjam-jam lamanya, sehingga pada saat perut anda sudah saatnya diisipun ( makan besar/makan nasi ), terasa perut anda masih penuh, sakit dan begah. Ini yang seringkali dialami oleh penderita sakit maag kronis karena ketidaktahuannya.
  • Biasakanlah sebelum makan sesuatu didahului dengan minum air putih sebelumnya, untuk memperingan kerja lambung ketika menggiling makanan yang nanti akan anda konsumsi.
  • Biasakanlah sebelum anda makan sesuatu, cicipilah dulu setiap makanan, sayur ataupun kue yang hendak anda makan, sedikit saja. Jika zat yang terkandung didalamnya tidak cocok dengan lambung anda yang sedang sakit, maka akibat yang anda derita tidak separah jika anda langsung mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.
  • Biasakan menjaga kebersihan diri dan hati sebelum makan, dan hal yang tak boleh lupa anda lakukan setelah makan adalah mengucapkan syukur ke Hadirat Allah SWT, yang telah member rejeki makanan atau apapun yang baru saja anda makan.
Demikian Bagaimana Cara Mensikapi Makanan Pada sakit Maag. Jika hal ini selalu anda perhatikan dan anda laksanakan setiap hendak mengkonsumsi sesuatu, insya Allah anda akan terhindar dari rasa tidak nyaman atau sakit perut akibat salah makan.

Jika hal ini menjadi kebiasaan atau rutinitas sehari-hari, maka insya Allah akan sangat mempercepat kesembuhan pada lambung anda. Karena kerja lambung menjadi ringan, lebih maksimal, sehingga nutrisi yang akan diserap oleh ususpun juga lebih banyak. Lambung tambah sehat, seluruh tubuhpun akan ikut menjadi makin sehat !

Apapun keluhan maag anda, sebaiknya memang anda harus mengetahui liku-liku sakit maag, apakah sakit maag itu, apakah penyebabnya, apa saja keluhannya, bagaimana cara penanggulangannya ? Yang semua itu, alhamdulillah sudah penulis kupas tuntas dalam Buku Panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis, yang telah terbukti membantu banyak penderita maag di seluruh Indonesia, sembuh dari sakit maag kronisnya atau menjadi lebih ringan penderitaannya. Jika anda berminat silahkan pelajari dan PESAN DI SINI. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Salam Tetap Semangat,
Niniek SS
Labels: Cara Makan, Pengetahuan Baru

Thanks for reading Cara Mensikapi Makanan Pada Orang Sakit Maag. Please share...!

2 comments on Cara Mensikapi Makanan Pada Orang Sakit Maag

  1. Sungguh membantu sekali artikel ibu di atas, sebelumnya saya ini punya penyakit maag/asam lambung sampai sampai saya dengan berat hati harus meninggalkan pekerjaan saya sebagai karyawan karena tidak tahan dengan rasa sakit yg luar biasa ini tetapi alhamdullilah setelah membaca artikel ibu di atas rasa sakit saya lumayan berkurang. Doakan saya buk semoga segera di angkat penyakit ini oleh Alloh SWT aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rian Sadewa Pralambang

      MAS Rian,

      Terima kasih atas kunjungannya di blog. Alhamdulillah jika artikel ini ada manfaatnya. Semoga Allah ijinkan menjadi jalan kesembuhan bagi para pembaca yang sedang membutuhkan informasi kesembuhan sakit maag/GERDnya.

      Iya, penderitaan sakit maag/GERD sangatlah menyiksa tak terperi. Sulit didefinisikan bagaimana rasanya. Hanya orang-orang yang pernah merasakannya saja yang mengerti bagaimana sakit maag/GERD itu.

      Kita harus terus bersabar dalam berikhtiyar hingga kesembuhan menghampiri kita. Semoga dengan upaya ini mas Rian cepat sembuh ya ? Amiin. Sering-sering mampir di blog mas, paling tidak untuk menghibur diri, bahwa mas Rian tak seorang diri, namun diluar sana banyak yang lebih parah dari penderitaan mas Rian.

      Salam Sehat,

      Hapus

Back To Top