SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MENU MAKANAN YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG

MENU MAKANAN YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG

Oleh : NiniekSS

Jika lagi awal sih tak masalah. Karena makan apa saja masih bisa. Masih aman. Tapi makin kesini, kok tak sembuh-sembuh yaa ? Makin susah mencari makanan yang aman di lambung. Yang tak bikin kambuh. Itulah dia, sakit maag. Sungguh ribed perawatannya. Proses kesembuhannya makan waktu, dengan biaya yang tak sedikit. Bahkan banyak yang kemudian habis-habisan hartanya. Untuk biaya kesembuhan !

Sahabat Sakit Maag dimanapun kalian berada...

Bismillahirrahmanirrahiim...

Ketika saya dulu sakit maag, awal sih memang tak ada masalah soal makan. Apa saja masih enak untuk dimakan. Tak akan berakibat di lambung. Tapi makin kesini, semakin susah untuk makan. Sebab makan ini lambung sakit. Makan itu lambung kambuh. Sepertinya, setiap makanan jadi bermasalah ! Lalu apa dong makanan yang aman bagi Sakit Maag ?

Menu Makan Yang Aman Bagi Sakit Maag

Sakit maag, adalah sakit dimana lambungnya bermasalah. Bisa iritasi, bisa luka, bisa radang. Yang semua itu diakibatkan oleh terkikisnya mukossa pelindung dinding lambung oleh asam lambung.

Makanan yang lengkap bagi tubuh terdiri dari : nasi, sayur dan lauk pauk serta buah sebagai pelengkapnya.

Nasi bagi penderita sakit maag

Menurut pengalaman saya, ketika masih maag awal, makan nasi dengan segala jenis beras, dan dimasak menjadi nasi yang keras sekalipun tak masalah.

Namun jika maag atau lambung sudah semakin parah, maka tak setiap jenis beras aman untuk dikonsumsi. Dan takaran airpun harus diperbanyak.

Beras yang baik dan aman

Untuk sakit maag, pilih jenis beras yang lembut, jika sudah menjadi nasi dingin masih tetap empuk. Biasanya beras yang masih baru digiling. Beras, semakin lama dari saat digiling, akan semakin keras jika dimasak. Ini akan mengakibatkan lambung sakit ketika mengkonsumsinya.

Kalau didesa-desa, masih mudah ditemukan tempat penggilingan padi. Kita tinggal datang ke penggilingan padi, minta jenis beras yang terbaik dan yang masih baru dipanen, lalu minta padinya digilingkan mendadak dan kita tungguin. Jenis beras seperti ini dijamin ketika dimasak, akan lembut dan nyaman dimakan. Tak perlu banyak banyak belinya, 5 kg saja. Kalau 10 Kg nanti kelamaan, beras akan menjadi keras jika dimasak.

Jenis beras diluar katagori diatas, biasanya ketika dimasak, dan dikonsumsi tetap ada rasa-rasa tak nyaman di perut setelah mengkonsumsinya.

Untuk sakit maag stadium menengah, saya biasa dengan ukuran 1 takar beras dengan 3 takaran air atau lebih sedikit. Nanti jadinya nasi lembek dan nyaman dilambung. Untuk maag stadium awal, ukuran air bisa dikurangi sedikit, dan untuk yang maagnya sudah parah harus dibuat bubur atau nasi tim.

Tepung kerut sebagai pengganti nasi sekaligus obat

Tepung kerut sangat bagus untuk makanan penderita maag. Baik yang awal maupun yang sudah parah. Karena tepung kerut mengandung zat yang bisa melapisi dinding lambung, menggantikan mukossa lambung yang terkikis oleh asam lambung. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi tepung kerut insya Allah akan mendukung kesembuhan lambung. Tepung kerut juga bisa sebagai pengganti nasi, asal tepung kerutnya asli. Jika tepungnya campuran tak bisa diharapkan bisa membantu kesembuhan lambung. Jaminan asli pesan di blog ini teman.

Cara bikinnya bagaimana ?

  • 1 sendok makan penuh tepung kerut, campur dengan sedikit gula aren yang sudah dihancurkan (atau beli gula aren kristal yang bentuknya seperti gula pasir, diinternet banyak dijual), lalu beri sedikit air hangat, asal tepung basah saja, jangan kebanyakan air. Aduk hingga betul-betul rata.
  • Setelah itu beri air yang mendidih (bukan air termos tapi yang mendidih) hingga kental, sambil diaduk rata. Tingkat kekentalan menurut selera, tapi jangan terlalu kental.
  • Tunggu hingga hangat kuku, baru dikonsumsi hingga habis.
  • Sebaiknya membuatnya setiap hendak dikonsumsi saja. Jika membuatnya pagi, konsumsinya siang sudah tak enak rasanya.

Sayuran yang aman bagi penderita maag adalah :

  • Labu siam, 
  • Bayam cabut (bukan bayam potong), 
  • Kentang yang kulitnya belum hijau (karena kentang yang kulitnya sudah hijau adalah kentang lama yang sudah mulai mengandung racun, juga bukan kentang yang basah yang baru saja dipanen karena kandungan pestisidanya sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi perut akan sakit),
  • Wortel yang berdaging bukan wortel yang diiris keras dalamnya, 
  • Waluh kuning yang seperti parasut (ini bisa disayur dan dikukus begitu saja untuk dimakan), 
  • Waluh hijau panjang
  • Brokoli,
  • Sawi sendok (yang tangkai daunnya bentuknya seperti centong).

Cara memasaknya ?

Terserah variasinya. Bisa dibuat sayur bening, di cha tanpa minyak, dikukus, dibuat sup tanpa minyak dan tanpa merica, dipepes, dan sebagainya.

Lauk yang aman untuk penderita lambung

Menurut pengalaman saya, lauk yang aman bagi penderita maag hanyalah : tahu putih, ikan emas dan telur ayam kampung.

Tapi jika masaknya dipresto , sebenarnya banyak yang aman sih, antara lain : ayam kampung, segala macam ikan air tawar, dan ketika makan, ampasnya sebaiknya dibuang, karena kasar teksturnya, jika ikut tertelan akan bikin perut begah dan tak nyaman banget rasanya.

Buah yang aman bagi sakit maag

Menurut pengalaman saya, buah yang aman antara lain : Pisang kapok kuning yang matang di pohon, sebab kalau matangnya hasil karbitan, ketika dimakan perut akan mulas. Dan konsumsinya tidak dimasak, tapi pilihlah yang betul-betul sudah matang, sudah empuk.

Buah Alpokat. Kalau bisa juga yang matang di pohon, tanya dong kepada penjualnya. Buah alpokat ini kecuali aman, mengenyangkan juga bisa untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Makan alpokat bagi penderita maag juga tak boleh banyak-banyak, jika besar cukup setengahnya saja. Jangan dicampur dengan apa-apa misal gula, susu atau yang lainnya. Akan membuat perut sakit setelah makan.

Buah pepaya. Buah pepaya ini sebenarnya sangat bagus kandungan dan manfaatnya bagi pencernaan. Namun banyak yang tak kuat konsumsi buah pepaya, ada yang kemudian diare ringan jika belum terbiasa mengkonsumsinya. Sebenarnya ini detox dari toxin dan kuman yang ada didalam lambung. Tak apa-apa makan pepaya masak setiap hari. Jika belum kuat banyak, ya sedikit-sedikit saja dulu untuk adabtasi dengan lambung. Tapi kalau bisa pilih pepaya yang masak di pohon, atau kalau punya tanah ya baik menanam sendiri, agar memperoleh buah yang matang pohon.

Dan Buah Naga. Buah naga, yang aman adalah yang berwarna merah dan yang warna merahnya sudah merata. Jika kulitnya belum merata, masih ada warna hijaunya walau hanya sedikit, buahnya akan berasa masam dan tak aman bagi lambung.

Apa camilan yang aman bagi sakit maag ?

Antara lain :  

  • Agar-agar yang bukan jelly dan bikin sendiri, dengan gula sedikit saja dan tanpa campuran lain-lain. 
  • Kentang rebus yang kulitnya masih kuning belum hijau
  • Singkong rebus asal singkong yang mempur, bukan singkong yang kenyal jika sudah matang.
  • Ubi rambat rebus/kukus, pilih yang tak ada slontrotnya.
  • Talas kukus. Yang bagus talas bogor yang besar2 talasnya. 
  • Sukun kukus, tapi sukunnya harus benar-benar yang sudah tua, sudah manis rasanya. Kalau sukun yang masih muda dikukus, justru riskan bagi lambung karena kalau dimakan akan bikin begah di perut. 
  • Bubur tepung kerut, asal tepungnya asli yaa bukan campuran.
  • Roti mari yang tak mengandung susu

Makanan atau camilan yang bahaya bagi sakit maag

Antara lain, segala jenis keripik apapun. Ayam goreng. Rori-rotian terutama yang mengandung cream dan cokelat. Tapi kalau roti mari yang uraian kiloan, bukan yang kemasan, yang tak mengandung susu aman bagi lambung dan bagus karena lembut. Segala makanan yang keras, pedas, bersantan, berminyak, berkimia, merangsang, tak aman bagi lambung.

Demikian dulu teman, “Menu Makanan Yang Aman Bagi Sakit Maag”. Semoga ada manfaatnya.

Marilah kita semua selalu mensykuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dan selalu berkirim salam serta sholawat kepada Junjungan Seluruh Alam Semesta Raya Nabi Agung Sayyidina Muhammad Rasulullah Saw, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT. Agar kita senantiasa memperoleh Syafaat Baginda Rosulullah Saw. baik didunia maupun ketika sudah di akherat kelak. Aamiin Yaa Robbal’alamiin...Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Renungan  bagi diri

Blog saya yang lain :

 

Purworejo, 23 September 2021


Salam Sehat dan Bahagia Selalu,
NiniekSS

Labels: MENU MAKANAN YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG, MENU SAKIT MAAG

Thanks for reading MENU MAKANAN YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG. Please share...!

0 Komentar untuk "MENU MAKANAN YANG AMAN BAGI SAKIT MAAG"

Back To Top