SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

CARA MENGATASI BEGAH PADA SAKIT MAAG

CARA MENGATASI BEGAH PADA SAKIT MAAG


Begah adalah rasa penuh didalam perut, padahal belum makan, dan bercampur dengan rasa sangat tak nyaman yang biasanya terjadi pada penderita maag, sehingga menyebabkan kita serba salah. Mau makan salah padahal lapar. Duduk tambah begah. Berdiri juga tak nyaman, apalagi untuk berbaring. Yuk kita telaah penyebabnya dan cara mengatasinya...


Bismillahirrahmanirrahiim...


Sahabat NiniekSS dimanapun kalian berada


Beberapa penyebab begah pada sakit maag antara lain :
  • Lambung tidak dapat mencerna makanan yang masuk dengan baik sehingga sisa makanan yang tidak tercerna, menumpuk pada lambung, sehingga terasa begah.
  • Lambung yang begah, biasanya terjadi pada para penderita maag yang sering lapar, meskipun belum lapar, lambung terasa begah.
  • Mengapa sering lapar ? Karena lambungnya yang bermasalah, maka walaupun sering makan atau banyak makan, makanan tidak bisa tercerna dengan baik, sehingga nutrisi yang terserappun hanya sedikit, tidak proporsional dengan makanan yang dikonsumsinya.
  • Penderita maag, yang aktifitasnya banyak duduk, seperti supir, atau karyawati yang pekerjaannya duduk lama didepan komputer, sehingga lambung tertekan.
  • Maka ada baiknya, bagi supir yang sakit maag, jika perjalanan jauh sebaiknya sebentar-sebentar menghentikan kendaraannya.
  • Dan karyawan atau karyawati yang pekerjaannya duduk didepan komputer, jangan seharian full duduk terus didepan komputer. Tetapi setiap jam sekali berdirilah, jalan-jalan di ruangan sejenak, untuk melonggarkan otot perut yang tertekan selama tadi duduk lama.
  • Olah raga berat apapun biasanya melibatkan ketegangan otot perut.  Olah raga naik sepeda jarak jauh, angkat besi, badminton, dan lain sebagainya. Tanpa disadari membuat otot lambung teregang sehingga luka. Luka lambung ini akan menyebabkan makanan tak bisa tercerna secara maksimal sehingga banyak sisa makanan dalam lambung yang menyebabkan lambung terasa begah atau penuh dan sakit tak nyaman. 
Bagaimana untuk mencegah agar lambung tidak begah ?
  • Usahakan makan makanan yang tidak banyak meninggalkan sampah di lambung. Adalah makanan-makanan yang susah dicerna oleh lambung, sehingga banyak meninggalkan sisa-sisa yang tak tercerna oleh lambung. Makanan-makanan itu contohnya : Masakan daging2an, ayam goreng, bakso, mie ayam, siomay, mpek-mpek, segala macam keripik, olahan dari bahan singkong, tape, selai, nanas, sayur kangkung, sayur kubis, sayur caysim, sayur kacang panjang, sayur taoge, sayur brokoli, lalu segala jenis makanan berbahan beras ketan, kopi, susu, mentega, dan makanan berminyak lainnya, serta makanan kemasan baik dalam kaleng maupun kemasan kertas yang selalu mengandung kimia pengawet.
  • Jika terbiasa selektif dalam makanan yang sehat dan bergizi tinggi maka kita akan terhindar dari begah dan lambung yang kian bertambah parah.
  • Hindari olahraga berat seperti : lari, bersepeda, angkat beban yang berat, jalan jauh, badminton, pingpong, naik gunung, naik turun tangga, itu semua sangat tidak baik bagi penderita maag, karena mengusik ketenangan lambung. Jika ingin sembuh dari lambung, hindari segala aktifitas yang mengganggu ketenangan lambung seperti diatas.
  • Hindari stress dan berpikir berat atau tertekan pikiran. Karena pikiran sangat erat dengan lambung, jika terjadi stress atau pikiran tertekan atau mikir sesuatu yang berat, secara otomatis maka otot dan syaraf lambung juga terjadi kontraksi atau peregangan, sehingga sering terasa begah atau lambung kesakitan. Sering banyak yang mengeluh, makanan sudah dijaga, tidak makan sesuatu pantangan, tiba-tiba kok lambung sakit sekali ya ? Ternyata usut punya usut, ia memikirkan omongan hasut dari tetangga yang membuatnya emosi dan sedih. Nah loh...
  • Hindari tidur langsung setelah makan. Sebab makanan belum sempat dicerna oleh lambung bisa terjadi heartbun, makanan yang balik keatas. Jika sering terjadi seperti ini, maka asam lambung berkadar tinggi yang melewati tenggorokan akan parkir di tenggorokan menyebabkan tenggorokan kering, luka, rasa mengganjal, seperti tercekik dan sebagainya. Juga bisa menimbulkan rasa begah dilambung.

Lalu bagaimana mengatasi rasa begah di lambung ?
  • Minum air putih hangat yang banyak, tapi sedikit demi sedikit tidak seketika. Hal ini untuk membantu proses pencernaan berlangsung dengan lancar sehingga mengurangi tumpukan sampah makanan yang tak bisa dicerna didalam lambung.
  • Lambung dikompres dengan air panas yang dimasukkan kedalam botol, tutup rapat dan dibalut dengan kain bersih. Untuk mengurangi keluhan begahnya. Atau bisa dengan alat kompres air dari karet lebih praktis, bisa beli di apotik. Murah kok harga tak sampai 50.000
  • Olesi lambung dengan minyak hangat. Misal minyak but-but buatan Tuan Haji Ismail. Itu sangat baik untuk memperlancar peredaran darah di bagian yang sakit. Bisa untuk menetralisir rasa begah pada lambung.
  • Ambil abu gosok, panasi di kompor, taruh pada kain bersih untuk mengompress bagian lambung yang terasa begah atau sakit. Jika abu gosoknya telah dingin segera panasi lagi.

Demikian cara mengatasi begah pada sakit maag. Semoga ada manfaatnya. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 19 Mei 2020

Salam Ramadhan
NiniekSS.
0 Komentar untuk "CARA MENGATASI BEGAH PADA SAKIT MAAG"

Back To Top