SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

APA SAJA YANG MEMBUAT ASAM LAMBUNG KAMBUH ?

APA SAJA YANG MEMBUAT ASAM LAMBUNG KAMBUH ?


Banyak sakit asam lambung yang tak sembuh-sembuh, karena tidak setiap penderita mengetahui apa saja yang membuat asam lambung kambuh. Simak dibawah ini teman, pengalaman yang saya alami sendiri. Penasaran kan ? Semoga ada manfaatnya. Aamiin.


Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat NiniekSS yang Budiman...


Banyak hal yang membuat asam lambung kambuh dan tak sembuh-sembuh, antara lain :

Telat makan

Banyak yang kena maag, tapi masih juga makan selalu terlambat. Ia tidak mengerti bahwa ketika lapar, itu tanda bahwa lambung harus segera diisi. Jika tidak, maka karena perut kosong, dan lambung tetap melakukan tugasnya menggiling makanan, maka ketika tak ada makanan yang digiling, dinding lambung akan saling menggesek, inilah yang kemudian menyebabkan sakit asam lambung kambuh.

Makan terlalu gembul

Jangan disangka terlalu banyak makan tidak akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Mau tahu ? Lambung, kinerjanya bagaikan mesin. Mesin yang bertugas menggiling makanan. Dalam melaksanakan tugasnya menggiling, dia dibantu dengan pelumas yang otomatis diproduksi oleh tubuh, untuk membantu agar makanan yang digiling mudah dicerna. Yaitu yang namanya asam lambung. Asam lambung itu sebetulnya sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan, namun jika kadarnya sangat tinggi, ini yang membuat malapetaka bagi tubuh.

Lambung punya kapasitas terbatas untuk menggiling. Jika seseorang makan terlalu banyak dan melebihi kapasitas, maka lambungpun juga akan over kapasitas. Secara otomatis, tubuh akan memproduksi tambahan asam lambung yang lebih tinggi kadarnya, agar bisa mengatasi penggilingan yang melebihi kapasitas ini.

Jika seseorang mempunyai kebiasaan makan banyak, maka kadar asam lambung yang diproduksi oleh tubuh, kecuali jumlahnya lebih banyak, kadarnya juga lebih tinggi. Hal inilah yang kemudian semakin lama, mengikis dinding lambung. Kecuali itu, makan terlalu banyak bisa menimbulkan heartbun.  Makanan yang balik ketenggorokan karena lambung terlalu penuh, sehingga mengakibatkan klep penyekat lambung dengan tenggorokan menjadi longgar, sehingga makanan dengan leluasa bisa naik turun dari tenggorokan ke lambung dan ke tenggorokan lagi dengan kadar asam lambung yang tinggi.

Asam lambung yang berkadar tinggi ini, bisa menempel di area tenggorokan, menjadikan tenggorokan teriritasi. Maka seseorang yang berkondisi seperti ini sering mengalami radang tenggorokan. Jika tidak diobati secara serius, asam lambung yang menempel pada dinding tenggorokan bertahun tahun akan menyebabkan tenggorokan selalu merasa kering, tenggorokan terasa mengganjal, dan akibat paling parah bisa memicu kanker nasufarring yang merusakkan pita suara seseorang sehingg seseorang menjadi bisu, karena tak bisa mengeluarkan kata-kata. Jadi jangan anggap remeh persoalan sakit maag dan sakit asam lambung.

Konsumsi makanan yang tak aman bagi lambung

Demikian juga, bukan hanya terlambat makan, atau banyak makan, tetapi konsumsi makanan yang tak aman bagi lambungpun bisa memicu kambuhnya asam lambung. Bagaimana bisa ? Ya bisalah. Makanan yang pedas, asem, berminyak. Makanan gorengan. Sambal-sambalan. Makanan yang sulit dicerna seperti : mie, bakso, siomay, empek-empek, cilok. Sayuran yang sulit dicerna seperti : kubis, kangkung, kacang panjang, sawi putih, asinan, tauge. Makanan dari olahan beras ketan yang mengandung zat yang kurang aman bagi lambung. Sayur yang terlalu banyak menggunakan tomat. Makanan bersantan. Wah banyak sekali makanan yang bisa bikin kambuhnya asam lambung.

Bekerja berat tak mengenal lelah
 

Bekerja berat tak mengenal lelah, bisa mengakibatkan kambuhnya asam lambung. Kondisi dropp. Nutrisi terkuras oleh kerja keras, bisa menyebabkan asam lambung kambuh.

Stress atau tertekan pikirannya

  
Stress atau tertekan pikirannya, bisa menyebabkan asam lambung kambuh. Karena erat sekali hubungan antara lambung dengan pikiran. Jika pikiran kacau, tidak jarang seseorang yang kemudian diare. Demikian juga sebaliknya jika lambung sedang kambuh atau bermasalah maka seseorang secara otomatis akan merasakan pusing yang sangat. Maka jagalah pikiran agar tidak stress, agar sakit asam lambung kalian segera sembuh. Mengapa seseorang yang menderita penyakit asam lambung kepala sering pusing ? Semakin parah sakit asam lambungnya, maka juga akan semakin parah pula berdampak kepada kepala. Entah migren, entah vertigo, kepala nggliyeng, otak blank, hilang keseimbangan. Itulah karena adanya hubungan yang erat antara lambung dengan pikiran.

Perut dipijat
 

Setiap orang pada doyan pijat, apalagi kalau lagi capek. Karena memang rasanya sangat enak, meskipun terbersit rasa berdosa kepada tukang pijatnya, karena membuat dia capek sementara kita mengalami rasa nikmat dipijat. Akan tetapi jika kalian sedang sakit maag atau sakit asam lambung, sebaiknya hindari pijat dibagian perut. Sebab bisa berakibat fatal. Lambung yang sedang luka, untuk sembuh butuh ketenangan, jika dibagian perut dipijat, lambung bisa luka kembali dan lebih parah sehingga mengalami kemunduran yang sangat. Dan untuk pulih kembali memerlukan waktu berbulan-bulan.

Meskipun kita sudah mengatakan kepada tukang urut agar bagian lambung jangan diurut, biasanya tukang urut mengatakan :”Gak apa-apa Bu, saya sudah puluhan tahun menjadi tukang urut, sudah biasa mengurut orang sakit maag malah sembuh maagnya, jadi Ibu tak usah khawatir”. Jangan percaya begitu saja, karena pengalaman saya dimasa lalu, setelah diurut bagian perutnya oleh seorang tukang urut yang mengatakan demikian, waduuh...setengah mati lambung sesudah itu sakitnya. Benar-benar celaka 12..Sejak itu, sampai sekarang meskipun saya sudah sembuh-sesembuhnya, saya tak mau mengulangi lagi kesakitan itu ! Saya benar-benar trauma urut dibagian perut. Astaghfirullahaladziim...naudzubillahimindzaliik...

Membungkuk terlalu lama
 

Membungkuk terlalu lama juga bisa menyebabkan lambung begah dan sakit. Misal duduk dilantai dengan dingklik lalu meracik, mengiris bumbu dengan membungkukkan badan bolak balik. Awal memang belum terasa. Tapi malam harinya biasanya lambung tak nyaman banget.

Duduk terlalu lama
 

Duduk terlalu lama didepan komputer, atau menyetir mobil, ini juga bisa menyebabkan sakit maag kambuh, karena lambung tertekan.

Mengangkat beban yang berat
 

Mengangkat beban berat diatas 2 Kg, bisa menjadikan lambung kambuh bagi para penderita maag. Pernah ada pengalaman dari pasien maag. Semua bimbingan dan herbal yang saya sarankan sudah dilaksanakan dan dipesannya. Tapi aneh, dia masih selalu mengeluh lambungnya kalau sore selalu sakit dan begah tak tertahan. Usut punya usut ternyata dia punya usaha Toko kelontong dimana setiap hari angkat junjung tabung gas, baik yang isi maupun yang kosong. Setelah saya sarankan untuk menghindari angkat tabung2 gas, alhamdulillah dia tak pernah mengeluh lagi soal lambungnya dan akhirnya sembuh. Alhamdulillah.

Naik turun tangga
 

Naik turun tangga tak masalah bagi orang yang sehat dan tak bermasalah dengan jantungnya. Tapi hindari bagi para penderita GERD yang setiap harinya mengeluh jantungnya sering berdebar-debar. Gerakan kaki naik dan turun tangga bisa mengusik ketenangan lambung. Otot lambung bisa terdampak ketika kita naik dan turun tangga. Juga ketika kita naik dan turun tangga kerja jantung lebih keras sehingga bagi penderita maag, naik turun tangga sering membuat jantungnya berdebar kencang kaya mau copot.

Olah Raga yang tak proporsional
 

Olah raga memang menyehatkan bagi tubuh. Namun jika tidak sesuai dengan kondisi tubuh, Olah Raga malah akan membuat tubuh kurang sehat. Jadi jangan sembarangan berolah raga ya ? Paling tidak carilah referensi kepada seseorang yang ahli kesehatan, olahraga apa yang cocok dengan kesehatan tubuh kita.

Sakit maag juga begitu, banyak yang melakukan olah raga yang tak sesuai dengan kondisi tubuh. Melakukan olah raga berat yang mengusik ketenangan lambung sehingga lambung kambuh. Olah raga yang paling ringan dan sesuai untuk para penderita maag atau GERD hanyalah jalan pagi ringan dijalanan depan rumah. Tak lebih. Dan jangan jauh-jauh.

Kurang minum
 

Minum sangat berguna untuk membantu kelembaban tubuh. Untuk memperlancar segala system yang ada didalam tubuh. Jika tubuh kurang asupan air, seseorang juga lebih rentan terhadap stress. Stress sangat memicu kambuhnya asam lambung.Jadi banyak-banyaklah minum air yang higienis demi kesehatan tubuh dan agar asam lambung atau penyakit apapun bisa lekas sembuh.

Kecapekan
 

Orang sering menyepelekan soal kecapekan. “Nggak apa-apa, nanggung. Nanti aja sekalian.” Begitu jawabnya jika seseorang mengingatkannya agar beristirahat dari kerjanya yang sudah melebihi batas. Nah. Beberapa waktu kemudian, dia kelelahan. Merasa lemas tak berdaya, sudah gak mampu makan lagi, sudah tak mampu minum obat lagi. Akhirnya ketika dibawa ke RS, dalam perjalanan sudah tak kuat lagi. Ia meninggal. Kalau sudah begini. Apalagi yang musti disesali ? Sudah terlambat bukan ? Marilah ini kita jadikan pelajaran bagi kita semua, untuk berhati-hati mensikapi soal kecapaian.

Demikian dulu share saya tentang “Apa Saja yang Membuat Asam Lambung Kambuh?”. Semoga ada manfaatnya. Alhamdulillahirabbil’alamiin..

Purworejo 25 Mei 2020

Salam Sehat
NiniekSS
Labels: ASAM LAMBUNG, TIPS CEPAT SEMBUH, YANG MEMBUAT KAMBUH

Thanks for reading APA SAJA YANG MEMBUAT ASAM LAMBUNG KAMBUH ?. Please share...!

0 Komentar untuk "APA SAJA YANG MEMBUAT ASAM LAMBUNG KAMBUH ?"

Back To Top