SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Harapan Para Pederita Maag Dan Gerd

Bismillahirrahmanirrahiim… 

Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam, Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yang setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin. 

Pembaca Blog Yang Setia, dimanapun kalian berada…

Semoga saat ini ada sesuatu yang baru dari diri kalian, yang membuat kalian tiba-tiba mempunyai semangat lagi untuk sembuh. Yang tadinya kalian sudah super putus asa memikirkan sakit kalian yang tak sembuh-sembuh. Padahal sudah dengan berbagai upaya dan ikhtiyar, yang ibaratnya telah mentok, namun belum juga ada titik terang bagi kesembuhan maag kalian. 

Dalam hidup ini kita harus tetap “memompa semangat” kita. Semangat apa saja yang menunjang kesuksesan serta keselamatan dunia akherat kita. Yang utama adalah semangat untuk beribadah, untuk taat serta mencintai Allah SWT. dan Rasulullah SAW.

Lalu semangat untuk bekerja melaksanakan amanah hidup kita. Semangat untuk berprestasi dalam hidup ini. Hidup yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri namun lebih jauh lagi adalah semangat untuk bisa berbuat banyak serta bermanfaat bagi orang lain. 

Tak berguna menjadi orang yang kesehariannya sepanjang hidupnya hanya untuk bekerja, bekerja dan bekerja. Sehingga tak ada waktu sedikitpun untuk beribadah, mengenal dan berbakti kepada Tuhannya. Apalagi bersedekah untuk orang lain, untuk keluarga sendiripun sangat pelit. Seringkali orang semacam ini pada masa akhir hidupnya didera penyakit yang sangat sulit disembuhkan, bahkan seluruh kekayaannya habis untuk berobat namun belum sembuh juga, sehingga seluruh kekayaannya tak ada manfaatnya. Bagi dirinya sendiri apalagi bagi orang lain. Terkadang bumipun menolak jasadnya ketika ia kemudian meninggal dunia.

Naudzubillahimindzalik, mudah-mudahan kita semua diampuni dosa-dosa kita oleh Allah SWT dan tidak dimasukkan dalam golongan orang-orang yang mendapat murkaNya. Dan insya Allah harapan kita, kita oleh Allah dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang ridho dan Di-RidhoiNya, hidup penuh amanah serta berpulang dalam keadaan khusnul qhotimah, hanya Allah, Allah serta Allah saja yang selalu dan terus membasahi hati dan bibir kita. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Jika kita sedang sakit yang belum sembuh-sembuh. Janganlah mengeluh dan putus asa. Ayo terus pompakan semangat untuk sembuh. Yakinkan dalam sanubari kita bahwa hidup kita masih akan panjang. Masih ada suami yang harus kita ladeni, masih ada isteri yang harus dikasihi dan dilindungi, masih ada anak yang harus kita rawat, kita besarkan dan kita didik. Masih ada orang tua yang ingin melihat kehidupan kita bahagia dan sejahtera. Masih ada karyawan karyawati yang memerlukan bimbingan dan arahan kita. Masih ada masyarakat yang membutuhkan sumbangsih serta keikutsertaan kita dalam membangun lingkungan yang baik dan menyenangkan untuk bertempat tinggal. Masih banyak fihak-fhak yang membutuhkan keikutsertaan kita dalam berbagai aktifitasnya. 

Sadarlah kalau kita ini diciptakan untuk menjadi manusia yang taat, berbakti dan berguna. Jika kalian sekarang ini sedang sakit dan belum sembuh-sembuh, ada saatnya Allah memberi waktu kepada kita untuk merenung, untuk membersihkan diri kita dari dosa, dan agar tubuh kita benar-benar bisa istirahat dari segala aktifitas. 

Sadarilah bahwa ini benar-benar kasih sayang Allah, bukan hukuman atau balak yang menjerumuskan. Berpikirlah yang baik tentang Allah, supaya Allah juga memberi yang baik-baik kepada kita.

Oleh karena itu bersyukurlah untuk segala apa yang diberikan oleh Allah termasuk sakit, dan manfaatkanlah kesempatan baik yang diberikan oleh Allah ini dengan sebaik-baiknya. Untuk memohon, untuk menyadari kekhilafan-kekhilafan kita, untuk menyadari akan kekurangadaban kita kepada Allah SWT, akan kekurangan syukur kita, lalu memohon ampunanNya dengan segala kerendahan hati kita dan memohon pertolonganNya agar kita sabar, kuat dan bisa tawakkal dalam menerima kash sayangNya ini.

Secara manusiawi, semua orang sakit tentu ingin segera sembuh dari sakitnya. Baik sakit lahir maupun sakit batinnya. Sakit fisiknya memerlukan terapi dokter, obat-obatan herbal atau jamu-jamuan atau terapi fisik yang lainnya. Sedangkan sakit atau penderitaan batinnya memerlukan terapi atau dukungan sekeliling yang mampu menenangkan jiwanya.

Terapi fisik ini gampang diperoleh, meskipun mencari yang cocok terkadang sulit. Kalau gampang mencari pengobatan yang cocok tentu sakit maag dan gerd tak perlu berlama-lama penderitaannya hingga bertahun-tahun. Sekali dua kali berobat ke dokter tentu akan sembuh.

Orang sakit sebenarnya sering didahului dengan penderitaan batin lebih dahulu. Entah itu bentuknya, emosi yang tak terkendali, kesedihan panjang yang sulit dipecahkan, atau harapan-harapan hidup yang tak berujung pangkal. Hal-hal kejiwaan atau batin seperti ini cepat atau lambat akan menyebabkan dampak pada fisik, dan kemudian muncullah berbagai macam penyakit. Benar sekali apa yang disampaikan oleh Dokter Danu di TV, bahwa penyakit fisik ada hubungannya dengan karakter seseorang pada saat yang bersamaan.

Misal orang yang sering marah akan mengakibatkan sakit darah tinggi atau jantung. Orang yang sering memendam perasaan atau mempunyai cita-cita tak kesampaian akan mempunyai penyakit maag atau lambung, orang yang hidupnya selalu kemrungsung terburu-buru akan berakibat sakit jantung karena setiap kali mengalami kecemasan hidup. Orang yang tak harmonis hubungan suami isterinya bisa berakibat masalah pada prostatnya. Semuanya ada benarnya dan bisa dibuktikan secara ilmiah. Biarlah hal ini menjadi PR untuk para dokter atau ahlinya ya, bukan bahasan saya. Ini sekedar tambahan wawasan saja untuk kita semua. Itupun wallahua’lam. Tapi saya sangat percaya ! Memang iya kok !

Nah jika sakit yang secara fisik bisa ditangani dengan berbagai terapi fisik, maka sakit batinnya, kecuali bisa ditangani oleh ahli jiwa atau seorang psykhiater, maka ia membutuhkan juga dukungan dari orang-orang sekeliling terutama keluarganya atau orang-orang yang ada dalam rumahnya dengan sikap mengerti, memahami dan kasih sayang.

Tanpa dukungan dari keluarga, tentu kita yang sakit akan jauh dari kesembuhan.

Wahai siapapun yang belum pernah kena sakit maag, agar diketahui ya, bahwa sakit maag, apalagi yang sudah kronis atau yang asam lambungnya sudah luber kemana-mana ( disebut dengan apa yang namanya GERD ), adalah bisa dikata sakit seluruh organ ! 

Loh kok bisa ? La iyalah yauw. Perhatikan ni : mual dan kembung, mbeseseg, lambung terasa penuh, uluhati sakit, itu adalah bawaan dari keluhan lambung sendiri. 

Dada panas dan berdebar tak karuan iramanya, ini adalah fungsi jantungnya yang sudah terganggu, karena mungkin sebelumnya asam lambungnya pernah luber dan mengenai organ jantung.

Sesak nafas atau sulit bernafas, ini adalah karena fungsi paru-parunya yang sudah terganggu, mungkin karena sebelumnya asam lambungnya pernah naik lalu luber ke daerah paru-paru dan mengenani organ paru-paru sehingga mengalami kerusakan fungsinya untuk menyaring udara yang masuk.

Sulit BAB atau lebih parahnya ambeien dalam maupun ambeien luar, ini dikarenakan orang sakit maag sering tak bisa mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan sehingga tubuhnya sangat kekurangan serat. Hal ini mengakibatkan sering sembelit. Seringnya sembelit sehingga mengakibatkan ambeien baik dalam ataupun ambeien luar.

Keluhan batu ginjal atau batu empedu. Orang sakit maag yang terlalu lama, sering pada akhirnya mempunyai Kristal dalam ginjal atau empedunya. Hal ini disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi obat-obatan kimia sintetis untuk lambung, yang mana banyak obat-obatan kimia sintetis untuk lambung yang mempunyai endapan atau sedimen yang sangat tinggi 
, sehingga bisa membentuk kristal dalam  ginjal atau empedu.

Tenggorokan, organ yang fital untuk menelan sering menjadi sakit, infeksi lalu mengalami penyempitan sehingga kesulitan untuk menelan, bahkan akibat yang lebih fatal lagi bisa memicu timbulnya kanker nasufaring atau kanker lidah dan tenggorokan, hal ini hanya gara-gara asam lambung yang pernah naik hingga ke tenggorokan !

Lalu apalagi ? Jangan disepelekan ya soal sakit maag atau asam lambung. Jika tak segera diobati dengan seksama, maka cepat atau lambat, suatu saat asam lambungnya bisa naik ke daerah THT ( Telinga Hidung dan Tenggorokan ). Ada tidak yang awalnya hanya maag, sekarang telinga sering sakit ketika menelan, telinga berdenging dan terganggu pendengarannya, bahkan telinganya dioperasi karena infeksi mengeluarkan darah dan nanah ? Ada teman. Mereka sangat luar biasa penderitaannya ? Sudah merasakan penderitaan disekujur tubuh masih ditambah telinganya sakit, bernanah dan tak bisa mendengar.

Ada tidak yang sepanjang hari didera rasa kliyengan terus, vertigo, atau migren, kehilangan keseimbangannya sehingga kalau berjalan rasa melayang, bumi bergoyang dan pandangan berputar seolah bumi tidak stabil ? Banyak sekali teman. Semua itu dikarenakan mungkin sebelumnya asam lambungnya pernah naik sampai ke bagian otak dan mengenai syaraf-syarafnya.

Semua biangkeladinya adalah sakit maag atau asam lambung. Itulah makanya sakit maag atau asam lambung, jika parah benar-benar bisa berakibat fatal.

Kemarin sore saya baru mendapatkan teman baru sakit maag. Awalnya sih juga seperti kita semua, mual, kembung, tak nafsu makan, dan pening kepala. Waktu itu tak dirasa karena secara bersamaan ia sedang hamil muda, dipikirnya karena pengaruh kehamilannya, atau karena ngidam.

Ternyata, setelah kelahiran anaknya, keluhan ini bukannya sembuh setelah masa ngidamnya selesai, namun makin menjadi. Kemudian hari, bahkan jantungnya sering berdebar-debar, lemas tak karuan, pandangan sering berkunang-kunang, sesak nafas, tiap hari kliyengan tak karuan, dan terakhir sekarang tak bisa bangun dari tempat tidur, karena kondisinya sangat lemah, karena hanya beberapa jenis makanan saja yang bisa masuk. Bahkan makan secuil biskuitpun bisa bermasalah dengan jantungnya.

Suaminya yang sangat setia, penuh kasih sayang serta terus mendukungnya untuk sembuh, sering tak bisa masuk kerja karena harus merawatnya serta melayani ketiga anaknya yang masih kecil-kecil, yang kedua lahir kembar. Betapa repotnya.

Akhirnya karena seringnya tak bisa masuk kerja, suaminya kena PHK. Sempurnalah penderitaannya. Keuangannya sudah habis-habisan untuk berobat dan belum sembuh. Semua miliknya yang ada juga sudah dijual untuk berobat, dan terakhir merencanakan mau menjual rumahnya untuk menutup hutangnya serta untuk melanjutkan ikhtiyarnya mencari kesembuhan. Betapa mengenaskan akibat dari sakit lambung ini.

Ibu ini menemukan blog saya, dan kemarin curhat kepada saya. Hanya dengan bismillah, marilah kita saling mendoakan, baik buat diri kita sendiri dan bagi seluruh teman-teman yang sependeritaan kita agar segera menerima pencerahan dari Allah SWT, segera mendapatkan jalan kesembuha serta mendapatka Ridho kesembuhan dariNya. Aamiin Ya Rabb.

Kalau kita bandingkan penderitaan ibu yang tadi saya ceritakan. Masih jauh lebih mendingan kita bukan ? Kita mungkin masih jauh lebih ringan stadiumnya, sehingga masih bisa beraktifitas. Kita mungkin masih punya cadangan dana untuk berobat. Sakit kita mungkin sudah ada perubahan setelah memesan buku tulisan saya tentang “Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis”, atau mungkin sedang dalam masa perubahan karena sering membaca artikel di blog ini dan telah melaksanakan kiat-kiatnya, jadi, sepatutnyalah kita sangat mensyukurinya !

Harapan Para Penderita Maag Dan Gerd 

Para Pembaca Blog Yang Budiman,

Tentu para penderita maag dan gerd mempunyai harapan-harapan. Ialah harapan untuk sembuh. Harapan untuk dimengerti oleh semua fihak, baik oleh keluarganya sendiri ataupun oleh lingkungan, bahkan oleh orang-orang dimana ia bekerja.

Semua orang sakit maag kebanyakan mempunyai tampilan seperti orang sehat. Itulah, sehingga pemikiran orang lain, kita ini sehat. Sehat, tapi mengapa kerjaannya kok klesedan ditempat tidur ? Berada ditempat tidur bukan pada saatnya untuk tidur. Hawanya seperti orang malas saja. Duduk-duduk, sering makan, tidar tidur seperti kaum borjuis yang tak doyan duit saja. Iya kan ? Itulah pemikiran orang lain terhadap kita para penderita sakit maag.

Semua penderita maag kemungkinan pernah mengalami dicap sebagai kaum pemalas. Yang laki-laki malas kerja, dan yang perempuan malas tak mau ngurus rumah tangga ! Tak produktif blas !

Padahal teman, sejatinya kita, yang sedang merasakan sakit maag ini, terutama yang sudah parah, penderitaannya sungguh luar biasa. Tidak umum, seperti kena santet atau tenung, kena guna-guna atau seperti ketempelan siluman yang mengganggu kehidupan, karena rasanyapun sulit dimengerti ! Membingungkan !

Dokterpun, yang belum pernah mengalami sakit maag parah, juga pasti heran kok, jika dihadapannya ada pasien yang mengeluh dada panas kaya terbakar, perut panas, uluhati perih seperti disayat pisau, tentu bingung membayangkan kayak apa ya semua keluhan itu ? Apalagi membayangkan perut mbeseseg dan rasa panik yang berlebihan. Dokter lebih bingung lagi.

Lah kok bisa gak ada apa-apa kok takut mati ? Gak ada kerusuhan kok takut di keramaian ? Kamar mandi aman-aman saja disiang bolong kok takut mandi sendirian harus ditungguin dikamar mandi ? Udara disekitar panas dan semua gerah kok orang sakit maag kedinginan dan tak berani menyentuh air, sebab jika menyentuh air untuk berwudhlu saja langsung menggigil hebat ?

Hal-hal yang terasa aneh itu, bukan saja kita yang merasakan, perilaku aneh itu juga diherankan oleh seluruh keluarga, sehingga seringkali kita diajak ke orang pintar, untuk menanyakan atau memastikan keadaan kita.

Jika tebakan orang pintar itu mengatakan bahwa kita memang diguna-guna oleh seseorang yang sirik kepada kita, nah tamatlah dunia kita. Karena tentu kita makin panik, makin kehilangan iman kita dan makin parahlah sakit kita.

Itulah gambaran tentang liku-liku sakit maag yang sesungguhnya. Bukan katanya-katanya, karena saya bisa berkisah karena saya mengalaminya sendiri.

Oleh karena itu, penuhilah Harapan Para Penderita Maag Dan Gerd yang kebetulan adalah salah satu dari keluarga kita sendiri. Perhatikanlah. Beri support atau dukungan, agar selalu mempunyai semangat untuk sembuh. Beri kasih sayang yang penuh dan hiburlah hatinya agar tidak putus asa.Dan yang utama adalah selalu doakanlah. Karena doa adalah kekuatan yang tiada tara dibanding dengan segala macam upaya kesembuhan yang lain. Akan tetapi doa yang sungguh-sungguh mengharap keRidhoan Allah dan doa yang dipanjatkan penuh dengan ketulusan.

Demikian Harapan Para Penderita Sakit Maag Dan Gerd, semoga bermanfaat. 
Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Wassalam,
Niniek SS
Labels: EDISI SPESIAL, Pengetahuan, Renungan

Thanks for reading Harapan Para Pederita Maag Dan Gerd. Please share...!

12 comments on Harapan Para Pederita Maag Dan Gerd

  1. Terima kasih, itulah harapan saya juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Yudha Andriyon

      Sama - sama. Terima kasih atas kunjungannya di blog, semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh yaa ?

      Salam,

      Hapus
  2. Sangat inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Candra,

      Terima kasih mbak. Bagaimana kabar Firmax3nya ? Sudah tambah kencling dan sehat belum ?

      Salam,

      Hapus
  3. ibu..apa yang ibu tulis di atas itu yang saya sedang rasakan mulai dari dada panas, sesak nafas, sulit BAB, kemudian perasaan yang tak karuan,saya fikir memang yg ibu diatas bilang diguna-guna dan lain sebagainya, ternyata memang itu gejala dari maag, apa yang harus saya lakukan bu?, agar maag saya bisa sembuh, dan apakah bisa sembuh kembali berikut perasaaan-perasaaan yang aneh bisa hilang?mohon jawaban nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurfitriani Indry

      Mbak Nur. Terima kasih ya atas kunjungannya di blog. Semoga bisa memberikan pencerahan.

      Ya begitulah maag kronis dan gerd. Banyak keluhan yang muncul berganti-ganti dan sensasinya macam-macam hingga sering menimbulkan pikiran negatif pada orang lain. Susah diobati dan banyak menghabiskan waktu dan biaya dalam pengobatannya.

      Namun sekarang tak usah kuatir. Untuk sembuh, insya Allah ada solusinya yaitu pesan buku panduan perawatan yang berjudul "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" harga 100.000 + ongkir. Karena minum obat secanggih apapun tak tahu cara merawat sakit maag sehari-hari juga tak sembuh-sembuh kok.

      Seterusnya usahakan bisa terapi minum air mentah yang higienis. Karena minum air mentah dengan minum air yang telah direbus sangat jauh bedanya bagi kesehatan. Apalagi pengaruhnya bagi orang yang sedang menderita sakit yang tak sembuh-sembuh seperti maag dan gerd ini.

      Selanjutnya diobati dengan herbal morinda. Yang telah terbukti mengatasi ribuan keluhan penderita maag kronis dan gerd yang saya tangani. Tentu ini hanyalah bentuk ikhtiyar. Utamanya adalah atas ridhlo Allah SWT. kesembuhan ini.

      Silahkan hub ibu untuk mendapatkan buku dan morindanya sms ke nomor 085.228.401.939.

      Salam,

      Hapus
  4. terimakasih untuk informasinya yang sangat berharga, tidak sengaja saya membaca blog nya, sekarang ini saya sedang merasakan persis yang ibbu tuliskan diatas, mulai dari dada panas, sulit BABA, sesak nafas, kemudian perasaaan keleyengan seperti diguna-guna, yang saya ingin tanyakan sudah d tingkat berapakah keparahan pemyakit maag saya?apa saya bisa sembuh kembali bu?brp lama waktu untuk saya bisa sembuh kembali?termasuk menghilangkan perasaaan yg bingung/pusing/keleyengan seperti diguna-guna?usaha apa saja yang harus saya lakukan?mohon jawabannya bu, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurfitriani Indry

      Terima kasih juga untuk kunjungannya di blog, mbak Nur. Semoga bermanfaat. Kondisi keluhan yang dirasakan mbak Nur menurut saya berada pada stadium Gerd Menengah mbak, memang sudah memerlukan perhatian yang sungguh-saungguh agar tidak menjadi lebih parah. Sebab jika menjadi parah, kecuali penderitaan yang luar biasa, pengobatannya jauh lebih sulit dan makan biaya karena tubuh sudah sangat sensitif kemasukan apapun juga. Dan lebih banyak makan biaya.

      Untuk sembuh kembali harapan insya Allah masih besar,jika mau mengikuti langkah sembuh saya.

      Waktu yang dibutuhkan untuk sembuh, tergantung mbak Nur sendiri. Karena itu berkaitan dengan besar kecilnya semangat, sabarnya berdoa kepada Allah SWT, disiplin dalam melakukan pengobatan, pola hidup sehat keseharian yang dilakukan, seperti pola makan, pola pikir, p[ola istirahat dan lain-lain.

      Jika semua itu dilakukan,relatif dalam waktu 2 hingga 3 bulan menurut panduan saya, insya Allah mudah-mudahan Allah sudah memberikan perubahan besar atau sembuh yang signifikan mbak.

      Apa yang harus dilakukan, sudah ibu balas pada komentar sebelumnya. Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  5. assalamu'alaykum wr wb..

    bu..terimakasih sudah membalas pertanyaan saya, dari saya baca postingan ibu saya coba peraktikan, mulai dari menu makan, pantang ini itu, kemudian minum air putih, alhamdulillah saya ada perubahan, keleyengan dan pusing agak berkurang, rasa panik juga demikian, meskipun belum total, ketika naik kendaraan umum sudah tidak begitu cemas lagi, dada panas alhamdulillah sudah tidak, hanya saja masih merasakan kaya ditonjok saja, tapi itu tidak sering kalau mau bersendawa saja, saya fikir itu mungkin karena asam lambung ya yg naik ketas masih ada, sesak nafas masih ada kalau telat makan,sensasi perih masih ada tapi tidak sering, itupun muncul kalo saya telat makan, hanya saja BB saya turun drastis sekali bu, orang-orang yang melihat saya pada khawatir akan perubahan BB saya, pertanyaan apakah itu sudah ada perubahan ke arah lebih baik bu?

    Tapi kemarin tepatnya saya coba-coba cheating makan lotek+kerupuk, tiba2 perut saya begah terus perut bagian kanan perih, kemudian pindah ke kiri, saya merasa perubahan yg tadi baik menurut saya jadi mundur kembali, meskipun sensasi gerd nya tidak muncul semua, tidak seperti saya awal kena gerd, apakah masih bisa kembali baik lagi bu?apa yang harus saya lakukan?

    mohon jawabannya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurfitriani Indry

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Fitri. Alhamdulillah, terima kasih ya telah sering berkunjung di blog ini. Dan alhamdulillah pula jika ternyata ada manfaatnya.

      Ibu sungguh bersyukur kepada Allah SWT, jika mbak Fitri setelah mempraktikkan tips-tips yang ada didalam blog ini telah banyak perubahan disana sini keluhan mulai sudah berkurang.

      Memang kesembuhan maag selalu bertahap, sedikit demi sedikit kemajuannya. Betapapun sedikit kemajuan yang telah diperoleh harus disyukuri, karena perubahan sekecil apapun dalam sakit maag atau asam lambung sangatlah berarti.

      Jika kemudian mencoba makan lotek + kerupuk masih kambuh ya wajar. Karena sayuran lotek biasanya memasaknya kan tidak sampai lunak, sebab jika terlalu lunak rasanya kurang enak. Nah sayuran yang begini, dilambung pasti akan bermasalah bagi orang sakit maag. Apalagi biasanya bumbunya dengan cabe rawit mentah, dimana cabe rawit mentah ini sangat riskan di lambung, tidak sebagaimana cabe merah yang besar dan panjang-panjang. Lalu kerupuk yang biasa untuk teman lotek adalah kerupuk murah yang kasar, apalagi karena dijual menggorengnya biasanya dengan minyak yang sudah berkali-kali untuk menggoreng. Menyak semacam ini tentu bisa menimbulkan radikal bebas yang besar didalam tubuh.

      Itulah mengapa orang sakit maag yang kesembuhannya belum sempurna makan lotek masih kambuh.

      Begitulah penjelasan saya, maaf ya mbak ibu telat balasnya, karena memang baru sempat saat ini.

      Salam,

      Hapus
  6. tambahan, perut kembung setelah makan masih ada, keringetan masih ada kalo telat makan dan panik, apa saya harus mencoba morinda nya bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurfitriani Indry

      Jika memang ingin sembuh secara permanen seperti ibu, sebaiknya memang konsumsi morinda mbak. Sudah mencoba terapi air mentah yang higienis belum mbak ?

      Salam,

      Hapus

Back To Top