SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Peringatan Bagi Teman-Teman Maag Semua

Bismillahirrahmanirrahiim.

Puji syukur yang sesuci-sucinya dan setulus-tulusnya hanya kepada Allah SWT. Yang Maha Mengasihi. Yang Maha Memelihara. Yang Maha Membimbing hidup. Yang Maha memenuhi kebutuhan. Yang Maha Mengingatkan. Yang Maha Lembut. Yang Maha Tak Bisa Diduga pemberianNya. Yang Maha Membalas Pemberian. Yang Maha Sempurna Seluruh CiptaanNya. Yang Maha Suci Segala KehendakNya.

Salam serta sholawat yang semulia-mulianya, yang seagung-agungnya, semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Junjungan Umat Manusia, Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW. Penghulu Umat Islam. Penghulu kesempurnaan akhlak. Penghulu tauhid. Penghulu jalan yang lurus. Dan limpahannya semoga menaungi kepada keluarga terkasih dari Baginda, kepada para Sahabat yang disayanginya, hingga kepada seluruh pengikut yang setia, dulu, sekarang, kelak, hingga akhir jaman.

Semoga kita semua menjadi bagian dari Umat Yang Teramat Berbahagia dan Beruntung : Umat Islam Nan Agung, Nan Mulia Raya, Nan Rahmatan Lil’alamin. Amiin Ya Rabbal’alamiin.

Pembaca Blog yang setia, dimanapun kalian berada...

Terima kasih karena kalian, saya jadi selalu bersemangat untuk menulis. Dari kalian saya banyak belajar tentang keluhan yang kalian rasakan. Dari kalian saya jadi ingin belajar lebih banyak apa itu sakit maag. Dari kalian saya menjadi tahu apa yang perlu saya tulis dan tidak saya tulis. Kalian telah menjadi bagian sumber inspirasi saya.

Dan atas ijin Allahlah semua saya tuangkan dalam blog ini bagi kalian. Agar kalian menjadi lebih sehat dari hari ini. Lebih sabar dan kuat menerima pendadaran diri melalui sakit kalian masing-masing. Agar kalian masih bisa melihat celah kehidupan kalian yang bisa kalian syukuri. Sebab, sakit hanyalah segelintir kecil dibanding nikmat-nikmat Allah yang lain yang diberikannya kepada kalian.

Bayangkan jika kalian tidak punya tangan, tidak punya kaki, punya mata namun tak berfungsi, punya telinga tak bisa untuk mendengar, punya otak namun tak bisa untuk berfikir, punya ingatan tapi telah hilang. Punya lidah namun tak bisa untuk mengecap. Punya mulut tapi tak bisa untuk bicara. Baik karena mulutnya sedang sakit, atau karena suatu tekanan sehingga kalian tidak berani membuka mulutnya, alias tak berani untuk bicara, karena takut salah atau takut akan akibat dari perkataan kalian.
  • Bukankah kalian masih bisa melakukan sesuatu dengan kedua tangan kalian ? karena kalian memiliki kedua tangan yang lengkap.
  • Bukankah kalian masih bisa berjalan dengan kedua kaki kalian dengan leluasa ? karena kalian mempunyai kedua kaki yang kokoh untuk berjalan ?
  • Bukankah kalian masih bisa menikmati pemandangan indah ? Melihat anak cucu berkumpul bahagia ? karena Allah memberi kalian kedua mata yang sehat, sehingga kalian bisa menikmati apapun disekeliling kalian yang ingin kalian lihat.
  • Bukankah kalian masih bisa menikmati alunan ayat-ayat suci Al Qur’an yang menggetarkan hati kalian ? Masih bisa mendengarkan panggilan anak-anak kalian yang membutuhkan kasih sayang kalian dan selalu merindukan belaian dari kalian ? karena Allah mengaruniai kalian dengan pendengaran yang sehat.
  • Bukankah kalian masih bisa berfikir dengan sehat ? Karena kalian diberi karunia otak yang sehat, yang bisa untuk berfikir bening, sehingga apapun yang kalian lakukan memberikan manfaat bagi hidup kalian dan berkah.
  • Bukankah kalian masih bisa mengingat-ingat dengan baik ? Karena Allah mengijinkan kalian mempunyai daya ingat yang baik, yang belum pikun, sehingga kalian bisa mengingat dengan baik, apapun yang kalian ingin ingat.
  • Bukankah kalian punya lidah yang sehat, yang bisa mengecap semua makanan dengan baik. Meskipun saat ini kalian tak bisa makan dengan bebas apapun makanan yang kalian inginkan, bukan berarti bahwa kalian tidak harus mensyukuri nikmat pengecapan lidah ini. Bayangkan jika lidah kalian kebas ? Tak bisa untuk mengecap. Semua makanan rasanya sama. Hambar ? Enak gak punya lidah yang kebas ?
  • Bukankah kalian punya mulut sehingga kalian bisa bicara. Menyampaikan apa-apa yang ingin kalian sampaikan. Kalian juga harus bersyukur jika dilingkungan kalian tinggal, kalian mempunyai kebebasan untuk berbicara, untuk menyampaikan apapun yang ingin kalian sampaikan. Ada kok dimana kalian mempunyai mulut namun kalian tak bisa bersuara, atau tak dapat menyampaikan apapun. Karena kalian kehilangan kemerdekaan untuk menyampaikan pendapat. Betapa tersiksanya.
Jadi kalian jangan hanya meratapi sakit kalian semata, tanpa melihat beribu nikmat yang Allah limpahkan dalam hidup kalian tanpa kalian sadari.  Sehingga kalian merasa kalianlah orang yang paling sengsara, paling menderita, paling sial, paling miskin, dan paling paling yang lain ! 

Allah sangat tidak suka kepada orang yang mengingkari nikmatNya. Maka ada riwayat yang menyampaikan tentang hadits, bahwa hendaklah engkau mensyukuri nikmat, jika tidak, maka nikmatmu akan dicabut oleh Allah SWT. Mengerikan tidak, jika satu saja dari nikmat-nikmat kita dicabut oleh Allah SWT ?

Oleh karena itu, syukurilah nikmatmu setiap saat.  Agar nikmatmu jangan sampai dicabut oleh Allah SWT dan digantikan dengan hal-hal yang membuatmu kehilangan kegembiraan.

PERINGATAN BAGI TEMAN-TEMAN SAKIT MAAG SEMUA

Oh ya jadi lupa..

Sakit maag memang kedengarannya sangat sepele. Namun jika tak diperhatikan, tak diobati dengan seksama, tak dirawat yang semestinya, maka lama kelamaan akan menjadi maag kronis, dan bisa berkembang menjadi GERD. 

Jika sudah menjadi gerd didiamkan saja, makin lama akan menjadi gerd yang parah, dimana terjadi komplikasi berbagai organ di seluruh tubuh. Inilah yang sangat membahayakan, karena seluruh sendi kehidupan akan menjadi lumpuh ! dan Total ! Inilah puncaknya seluruh penderitaan maag.

Sekarang ini telah menggejala dimana-mana terjadinya kematian yang sangat mendadak. Paginya kelihatan masih jalan-jalan pagi. Bisa saling menyapa dengan tetangga, bisa bersendau gurau. Eh tahu-tahu siangnya ada berita lelayu, bahwa ia telah tiada.

Bukan hanya satu dua orang saja yang meninggal dengan sangat mendadak. Tapi banyak ! Ternyata diagnose dokter, mereka terkena serangan jantung.

Apakah demikian banyaknya orang disekitar kita yang sakit jantung dan kemudian meninggal dengan mendadak ? Apakah seseorang yang terkena serangan jantung itu sebelumnya tidak mempunyai riwayat gejala atau keluhan sebelumnya ? Tidak mungkin !

Semua penyakit tentu berproses. Dari mulai munculnya hingga parahnya hingga orangnya meninggal. Penyakit apapun ! Baik itu strooke, jantung, diabet, kanker, ataupun maag atau gerd. Selalu ada proses gejala yang mendahului.

Jika meninggalnya mendadak dan dianalisa dokter adalah karena serangan jantung, tentu sebelumnya ada tanda-tanda, ada gejala atau keluhan yang dirasakan sebelumnya. Apakah dada bagian kiri sakit hingga ke lengan-lengan, apakah sering sesak nafas, apakah debaran jantungnya sering tak normal ?

Tak ada orang sakit asam lambung yang meninggal mendadak, kecuali terjadi kebocoran pada ususnya dan infeksi. Dan ini masuk katagori penderitaan gerd yang menyerang usus, bukan maag lagi walau penyebabnya adalah asam lambung yang tertekan kebawah larinya ke usus.

Hati hati dengan sakit maag kalian, dijaga dan diobati, agar tidak berkembang menjadi GERD ( asam lambung yang naik keluar dari lambung ). Maag insha Allah tidak akan menyebabkan kematian mendadak. Namun gerd bisa menjadi penyebab kematian mendadak. Apa pasalnya ?

Pada gerd yang sudah parah, maka bisa terjadi komplikasi organ disana-sini. Contohnya, pada kasus gerd, mereka banyak yang menderita sesak nafas, ini bisa disebabkan oleh terganggunya fungsi jantung atau paru-paru. Bisa juga terjadinya radang tenggorokan yang sangat parah sehingga terjadi infeksi yang tak lagi bisa diatasi. Atau kanker pita suara akibat gerd, sehingga bisa merenggut jiwa.

Gerd juga bisa menjadi penyebab sinusitis yang parah, penyebab migren dan vertigo, serta anxyetas, yaitu ketidak seimbangan kimia dalam otak.

Jika banyak orang meninggal mendadak, saya menganalisa bukan karena serangan jantung yang terdeteksi, namun lebih kepada serangan jantung yang tak terdeteksi ( tak pernah didahului gejala jantung sebelumnya ), dan ini adalah bagian dari serangan gerd. Yang mematikan. Yang sekarang sedang menggejala di masyarakat.

Jika kalian sekarang ini sedang sakit gerd. Tak perlu panik tak perlu takut. Ajal adalah ketentuan takdir yang sebelum kita lahir sudah tertulis di laumul makhfud.

Justru kalian harus bersyukur kepada Allah jika sempat membaca artikel ini, sehingga bisa mengantisipasi agar kalian tak mengalami serangan gerd lagi.

Bagaimana caranya ?

Jaga sakit maag kalian agar tak berkembang menjadi GERD. Oleh karena itu, betapa pentingnya kalian memiliki BUKU PANDUAN SAKIT MAAG yang telah saya tulis. Agar kalian mengerti apa dan bagaimana penyakit maag itu sih ? Apa saja gejala serta keluhan yang dirasakan ? Lalu bagaimana tindakan perawatannya serta pengobatannya ? Tak usah sayang uang, karena sakit maag adalah persoalan serius yang harus mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh.

Lalu jika sudah terlanjur sakit GERD bagaimana ? Apa yang harus dilakukan ? Perawatannya dan pengobatannya hampir sama dengan sakit maag. Bedanya adalah, sakit maag konsumsi yang goreng-goreng atau sedikit kasar, maka akibatnya tidak separah jika penderita gerd makan goreng-gorengan yang kasar. Akibatnya sungguh sangat fatal, bisa langsung masuk UGD.

Begitu makan gorengan, atau yang kasar, atau yang sulit dicerna, atau lambung terkena goncangan entah mengangkat barang yang berat atau goncangan naik kendaraan yang jaraknya jauh, atau pikiran tiba-tiba stress berat, maka akibat bagi penderita gerd akan sangat fatal.

Penderita akan sangat dropp. Dan kondisi kesehatannya akan sangat mundur jauh kebelakang. Untuk kembali normal kepada keadaan sebelumnya memerlukan waktu yang lama, terkadang hingga berbulan-bulan. Tentu kalian tak menginginkan hal ini bukan ?

Oleh karena itu, bagi kalian yang maagnya atau gerdnya telah parah, sebaiknya hindari hal-hal dibawah ini :
  • Hindari tiduran setelah makan, hal ini akan menyebabkan asam lambung naik
  • Hindari kekenyangan sebelum tidur, ini akan menyebabkan sulit tidur dan penyebab kambuhnya gerd.
  • Hindari makan gorengan apalagi yang keras, ini akan menyebabkan maag kronis dan gerd kambuh dan amat sangat sakitnya.
  • Hindari makan bakso atau siomay. Bakso dan siomay juga akan bisa memperparah sakit, atau menyebabkan kambuhnya maag kronis dan gerd.
  • Hindari makan kue lemet dan sejenisnya. Kue lemet, kue dari singkong yang diparut lalu dibungkus daun pisang dan dikukus itu bisa menyebabkan kesakitan yang amat sangat pada maag kronis, demikian kue uli yang dibuat dari tepung beras ketan, sangat riskan untuk penyakit maag kronis karena sulit dicerna.
  • Hindari makan mie instan atau mie ayam apapun. Mie instan sangat riskan untuk penderita maag, karena mie mengandung zat lilin, yang sulit dicerna. Dan bumbunya penuh kimia yang sangat merangsang bagi lambung, bisa menyebabkan kram pada lambung.
  • Hindari makan soto ayam yang ada cambah serta kul mentahnya. Soto ayam, biasanya terdiri dari soon yang keras, cambah yang setengah matang dan keras, serta kul mentah yang keras, dan juga ada ayamnya yang biasanya disuwir-suwir kemudian ditaburkan diatasnya.. Ke-empat bahan itu jika dimakan oleh penderita maag kronis bisa menyebabkan luka lambung semakin parah, oleh karena itu penderita maag akan selalu kesakitan sehabis makan soto ayam.
  • Hindari makan lotek, pecel atau urap.Lotek, pecel, atau urapan, sama saja. Sayurannya biasanya direbus tidak terlalu matang. Karena kalau sayurannya direbus terlalu matang maka akan kurang enak dimakan. Sayuran yang dimasak tidak begitu matang ini tentu saja masih keras, jika dimakan akan menyebabkan luka lambung bertambah parah sehingga ketika dimakan menyebabkan sakit yang amat sangat pada uluhati.
  • Hindari makan segala rempeyek. Semua rempeyek tentu digoreng sampai keras. Selembut apapun dikunyah, tentu masih akan meninggalkan sisa-sisa rempeyek yang jika dimakan akan menyebabkan kesakitan yang luar biasa pada penderita maag kronis, karena luka lambung bertambah parah. 
  • Mas Ateng di Bone-bone yang sudah boleh dikata sembuh maag kronis dan gerdnya, sehingga yang tadinya hanya tergolek ditempat tidur sudah bisa bekerja kembali, tanpa sadar makan rempeyek udang. Nah langsung perutnya mengalami kejang yang rasanya katanya hampir merenggut jiwanya, sehingga harus dirawat inap di Rumah sakit dalam beberapa hari, dan alhamdulillah kemarin sudah pulang dari Rumah Sakit.
  • Hindari minum es, susu, kopi, dan jahe. Minuman-minuman ini bisa menyebabkan kram lambung yang sakitnya luar biasa. Saya dulu berkali-kali mengalami kesakitan yang luar biasa, hingga njengking ditempat tidur saking sakitnya akibat minum-minuman tersebut karena saking tidak tahunya.
  • Hindari kecapean yang sangat. Mengapa kecapean bisa menyebabkan dropp pada maag kronis atau gerd ? Karena pada kecapean tubuh tekor energi sehingga daya immunitas tubuh secara otomatis menurun tajam sehingga bisa menyebabkan penyakit yang sedang diderita akan kambuh.
  • Hindari tidur malam atau begadang. Begadang malam hari juga akan menghabiskan banyak energi, sehingga bisa menyebabkan maag kronis atau gerd bisa dropp.
  • Hindari makan segala buah kecuali pepaya dan alpokat. Segala macam buan-buahan meskipun itu rasanya manis, tetap mempunyai kandungan vitamin C yang biasanya berasa asam. Maag kronis atau gerd tidak tahan terhadap buah, oleh karena itu makan buah-buahan juga bisa menjadi penyebab kambuhnya lambung.
  • Hindari makanan bersantan atau berlemak. Makanan bersantan atau yang berlemak sulit dicerna oleh lambung, apalagi lambung yang sedang bermasalah. Maka jika penderita maag kronis atau gerd makan makanan yang berminyak atau berlemak akan menyebabkan kambuh.
  • Hindari gocangan pada lambung. Banyak yang tidak tahu bahwa goncangan akibat naik kendaraan bagi penderita sakit maag, bisa mengakibatkan luka lambung tidak sembuh-sembuh, atau bahkan bisa menyebabkan luka lambung bertambah parah. Tergantung seberapa keras guncangan yang terjadi, dan seberapa jauh jarak yang ditempuhnya...Sehingga jika tidak karena sangat terpaksa, usahakan untuk menghindari naik motor, atau naik mobil dalam jarak tempuh yang jauh, hingga berjam-jam lamanya.Karena sakit maag, tidak bisa untuk duduk terlalu lama karena lambung akan terasa sakit.
Demikian sekilas tentang Peringatan Bagi Teman-teman semua, agar tetap waspada menjaga kesehatan maagnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.
Purworejo, 2 Maret 2016.

Salam Tetap Waspada,
Niniek SS
Labels: GERD dan penyebabnya, Kiat-Kiat Sembuh, Maag Kronis, Mengatasi Sakit Maag, Pesan

Thanks for reading Peringatan Bagi Teman-Teman Maag Semua. Please share...!

0 Komentar untuk "Peringatan Bagi Teman-Teman Maag Semua"

Back To Top