SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Betapa Pentingnya Mengenali Doa


BETAPA PENTINGNYA MENGENALI DOA

 
Bismillahirrahmanirrahiim… 

Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam, Puji dan syukur hanya kepada Allah SWT. Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yang setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin. 

Pembaca Blog Yang Setia, dimanapun kalian berada…

Saya sangat yakin, jika kalian rajin menelusuri blog ini diantara waktu kalian sakit, insya Allah mudah-mudahan kalian akan lekas sembuh. Karena di blog ini banyak sekali kiat-kiat ataupun tips-tips yang saya berikan agar kalian cepat sembuh. Terutama inti persoalan sakit adalah pencucian diri, karena kasih sayangnya Allah SWT. kepada manusia, agar kembali mendekat kepadaNya. Agar semata bergantung harap hanya kepadaNya. Agar Ia dapat memberikanNya kepada manusia apapun yang dibutuhkan untuk kehidupannya di dunia maupun untuk akheratnya, karena ia memang layak untuk menerima pemberianNya.

Banyak orang yang berdoa memohon sesuatu, tanpa mempersiapkan wadahnya terlebih dahulu. Ketika seseorang hidup miskin, banyak yang memohon kekayaan kepada Allah SWT. Namun ia tidak memohon serta mengupayakan dirinya untuk siap menerima kekayaan jika suatu saat nanti Allah benar-benar mengabulkan doanya, menjadi orang kaya.

Banyak orang berdoa lama tak dikabulkanNya, karena barangkali saja wadahnya belum siap. Bagaikan orang hendak belanja. Yang baik adalah menyiapkan wadahnya dulu baru berbelanja, sehingga jika sudah mendapatkan apa yang dibelinya, maka ia tak akan kerepotan membawanya.

Bayangkanlah jika kita mau belanja banyak. Kita tidak menyiapkan wadahnya lebih dahulu, bukankah kita lalu kerepotan ketika kita hendak membawa belanjaan yang telah kita beli ?

Berdoa, mirip dengan orang yang hendak berbelanja.


Harus ada tujuannya, harus mempunyai sarana untuk mencapainya, harus meluangkan waktu untuk menjalaninya, harus mempunyai bekal yang cukup, tentu mempunyai harapan akan mendapatkan semua yang dibutuhkannya, dan yang tak kalah pentingnya adalah kesiapan, bahwa hasilnya akan bermanfaat minimal bagi keluarga. 

Yuk coba kita telaah satu persatu.

TUJUAN DOA

 
Misal Doa Untuk Kekayaan.

  • Kalau kita pengin kaya, pentingkah sebenarnya kekayaan bagi kita ? Bukankah orang hidup hanya memerlukan sekedarnya ? Jika sudah diberi waras slamet oleh Pangeran, kata Embah Putri saya dulu, sudahlah cukup. ( jika sudah diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT. cukuplah sudah ).
  • Mengapa pengin kaya ? Rumah Mewah ? Rumah, kita sebenarnya hanya membutuhkan untuk tempat tinggal yang nyaman, tak perlu mewah. Yang penting bersih, sehat, dan nyaman untuk tinggal. Kemewahan hanya akan mendatangkan kesenjangan sosial dengan tetangga yang berada dekat dengan kita. Mengapa perlu rumah yang mewah ? Demi prestis atau gengsi ? 
  •  Apa yang bisa dibanggakan dari kita yang bisa membangun rumah mewah ? Apakah agar kita dianggap sebagai orang yang hebat ? Kita menyumbang 17-an saja hanya keluar 25.000 kok hebat, padahal kita punya rumah mewah. 
  • Tetangga kita seorang tukang becak saja sering tak bisa makan dan mengadukan kita kepada Allah, “Ya Allah Alhamdulillah Engkau berikan hamba kehidupan dengan kemiskinan ini, sehingga hamba selalu butuh Engkau, selalu mencariMu Ya Allah, alhamdulillah hamba Engkau anugerahi hati yang selalu bersyukur, tidak sebagaimana tetangga hamba si Anu, walaupun kaya punya rumah mewah namun sangat kikir dan bakhil kepada hartanya Ya Allah. Jangan jadikan hamba kaya agar hamba tidak menjadi bakhil dan kikir seperti si Anu Ya Allah”. Nah luu ! Apa nggak kojur atau celaka kita, didoakan oleh si miskin dengan doa yang menyumpahi kita ? Sadarkah kita, ketika kita kaya barangkali saja ada tetangga kita yang sering mengadukan kita kepada Allah SWT. karena kekikiran dan kebakhilan kita ?
  • Jika kita kaya, punya rumah mewah, mobil mewah, harta berjibun, siapkah kita menjadi dermawan yang membelanjakan setiap harta kita di jalan Allah ?  Tetap bersyahadat kepada Allah SWT, menjalankan shalat, mengeluarkan zakat, menjalankan puasa, dan menunaikan ibadah haji ? 
  • Apakah kita tidak akan mengubah kiblat kita setelah kaya ? Bukan menuhankan Allah lagi namun menuhankan diri sendiri dan harta kita ? Tidak bersyahadat lagi, lupa shalat, eman berzakat, malas puasa dan sayang mengeluarkan uang untuk naik haji ? Menjadi kikir bersedekah, apalagi memperhatikan anak-anak yatim serta para dhuafa ?
  • Banyak penyebab mengapa doa-doa kita untuk kekayaan sering tak dikabulkanNya oleh Allah SWT. Meskipun Allah adalah Maha Kun Fayakun. Karena kita belum siap wadahnya. Karena saking sayangNya Allah kepada manusia, agar kita tidak menjadi manusia yang mengkufuri nikmat, agar kita menjadi manusia yang tak semakin banyak dosanya, agar kita kembali ke HadliratNya dengan khusnul khotimah, senantiasa bersyukur dan selalu basah bibir kita dengan menyebut-nyebut AsmaNya.
  • Itu baru kajian soal tujuan kita dengan contoh Doa Untuk Kekayaan. Lalu bagaimana dengan doa-doa untuk kesuksesan, kebahagiaan, keselamatan, kedigdayaan, dan berbagai tujuan doa, tentu semuanya harus  kita telaah dulu sebelum naik menjadi doa. PANTASKAH saya berdoa seperti ini ?

SARANA DOA : 

Agar doa cepat dikabulkan, sebagaimana juga orang mau pergi berbelanja, tentu ada SARANA yang harus dipakainya, jalan kaki, naik sepeda motor, naik angkot, atau naik mobil sendiri ? Tentu kita memilih yang paling cepat sampai, aman dan nyaman bukan ?

Nah, doa juga demikian. Ibarat kita akan menghadap kepada Pak Bupati akan lebih afdol jika kita mengajak atau beserta dengan orang yang sudah kenal dengan Pak Bupati, sudah dekat dan bahkan Pak Bupatipun sudah mengenalnya dengan baik, sehingga ketika kita sampai dihadapan pak Bupati, langsung diterimanya dengan baik, karena kita bersama dengan seseorang yang sangat dikenal oleh Pak Bupati.

Para Waliyullah adalah seseorang yang dekat dengan Allah SWT, dan sangat dikenal oleh Allah SWT. Oleh karena itu, agar doa-doa kita makbul, carilah Waliyullah, mohonlah bimbingannya serta penyertaan Beliau, bagaimana doa yang pantas yang membuat Allah Ridho kepada kita, lalu mengabulkan doa-doa kita.

WAKTU BERDOA :


Di dalam Islam ada waktu-waktu doa yang mustajabah yang telah dituntunkan kepada kita, antara lain :

•    Ketika sahur dan sepertiga malam yang terakhir
•    Ketika berbuka puasa
•    Ketika malam Lailatul Qodar
•    Ketika Adzan berkumandang
•    Diantara Adzan dan iqomah
•    Ketika sujud dalam sholat
•    Ketika sebelum salam dalam sholat wajib
•    Di Hari Jum’at
•    Ketika sedang turun hujan
•    Pada Hari Rabu antara waktu Dhuhur dan Ashar
•    Ketika Hari Arafah
•    Ketika perang sedang berkecamuk
•    Ketika sedang minum air zamzam

Jika kita sudah mengetahui bahwa ada waktu-waktu yang mustajabah untuk berdoa, sebaiknya lakukanlah berdoa pada waktu-waktu mustajabah tersebut diatas. Kecuali itu, kita juga harus tahu Hadap kepada Allah SWT. Menghadap pak RT. saja, kita mandi yang bersih, memakai pakaian yang bersih dan necis, apalagi menghadap ke Hadlirat Allah SWT. Sang Maha Raja Diraja Dunia dan akherat ?

Ketika kita mau sholat, afdholnya jika badan sedang sehat, mustinya kita mandi dahulu, bersiwak, jika mempunyai baju yang khusus pakailah baju yang khusus untuk sholat, pakailah wangi-wangian. Dan berwudhlunya juga yang khusyuk, sehingga kita bisa benar-benar siap untuk sholat.

Tubuh kita sudah bersih dengan mandi, hadast kita sudah suci dengan berwudhlu, niat kita sudah lurus untuk sholat hanya karena Allah, baju kita adalah baju bersih syukur-syukur mempunyai baju yang khusus untuk sholat, lalu periksa dengan seksama : sajadah, mukena atau sarung peci dan lain-lain peralatan untuk sholat kena najis kotoran cicak atau tidak ?

Insya Allah, jika setiap mau sholat persiapannya seperti ini, kita akan memperoleh sholat yang khusyuk, karena baik lahir maupun batin semuanya telah dipersiapkan dengan baik. Tentu jauh sebelum saat sholat tiba, semuanya ini harus sudah dipersiapkan lebih dahulu. Bukan ketika adzan sudah berbunyi kita baru terburu-buru mandi dan menyiapkan semuanya, sayang, jika kita kehilangan waktu awal dari sholat kita, membuat malaekat malas untuk mendoakan kita jika sholat kita terbiasa molor hingga pada akhir waktu.

Nah jika persiapan ibadah kita lakukan dengan baik, insya Allah ibadah kita akan membuat Allah Ridho, demikian dengan doa-doa yang kita panjatkan. Sholat pada awal waktu sungguh memberikan dampak kebahagiaan serta ketenangan pada batin kita, apalagi jika persiapannya kita lakukan dengan sempurna, subhanallah.

BEKAL YANG CUKUP :


Ibarat berbelanja, untuk berbelanja tentu memerlukan uang yang cukup, agar semua kebutuhan yang hendak kita beli bisa kita dapatkan. Jika berbelanja memerlukan bekal uang, maka untuk berdoa, bekal apakah kira-kira yang kita perlukan agar doa-doa kita mudah diijabah oleh Allah SWT ?

Antara lain :
  • Sesuai dengan yang kita butuhkan 
  • Biasakan memohon apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.
  • Secukupnya 
    Mohonlah secukupnya tidak berlebihan, karena segala yang berlebih-lebihan tidaklah baik.
  • Berbuatlah kebaikan sebanyak mungkin sebelum berdoa untuk sesuatu.  
  • Jika kita ingin doa kita gampang diijabah oleh Allah SWT, maka perbaiki ibadah kita, perbuatlah kebaikan pada setiap waktu, semampu serta semaksimal apa yang kita bisa, tak usah menunggu waktu, tak perlu melakukan kebaikan besar jika yang bisa kita lakukan adalah kebaikan-kebaikan kecil.
  • Jika kita sudah banyak menabung kebaikan-kebaikan, apalagi yang kita lakukan dengan ikhlas, insya Allah akan memudahkan terkabulnya doa-doa kita, bahkan seringkali kebutuhan itu belum menjadi doa, Allah sudah memeberikannya kepada kita tanpa kita duga sebelumnya, sehingga membuat kita sangat terkejut dan sangat bersyukur. Demikian kasih sayangNya Allah kepada hamba-hambaNya yang senang berbuat kebaikan, selalu memberikan hadiah-hadiah serta balasan-balasan yang baik dan berlipat. Subhanallah.
  • Banyaklah berdzikir memuji Asma Allah sebelum berdoa sesuatu
  • Berdzikir adalah amal kebaikan, dan ini sangat disukai oleh Allah SWT, karena dzikir adalah mengingat Allah. Ketika kita mengingat Allah dengan cara apapun terutama dengan berdzikir, maka saat itulah Allah juga mengingat kita. Betapa sangat berharganya ketika Allah mengingat kita, lebih dari dunia seisinya, apalagi jika disertai dengan AmpunanNya. Subhanallah. Jika kita sering mendawamkan berdzikir, insya Allah doa-doa kita akan mudah diijabah oleh Allah SWT.
  • Banyak istighfar sebelum berdoa untuk sesuatu
  • Doa yang mudah dikabulkan adalah doa yang dinaikkan oleh seseorang yang bersih hatinya. Jika kita ingin menjadi orang yang bersih hati dan fikiran kita, maka perbanyaklah membaca istighfar, agar mendapat ampunan dari Allah SWT. atas dosa-dosa kita. Istighfar juga membuat Allah SWT. Ridho kepada kita, inilah salah satu rahasia terkabulnya doa, ialah dengan istiqomah membaca istighfar..Astaghfirullahaladziim.
  • Banyak membaca shalawat dan istighfar, menurut fatwa para ulama, juga mempermudah kita memperoleh kepekaan serta ilmu laduni dari Allah SWT, ketajaman mata batin yang tak bisa dipelajari karena tak ada sekolahnya.
  • Banyak membaca shalawat sebelum berdoa sesuatu, karena Allah pun juga bershalawat untuk Kanjeng Nabi SAW. 
  • Shalawat adalah bacaan yang jika diamalkan dengan penghayatan, menurut apa yang saya amati dan alami, bisa mendatangkan kebahagiaan, ketenangan, ketenteraman, keselamatan, cinta kasih, rasa dekat dengan Yang Mulia Kanjeng Nabi SAW dan mudah mendapatkan Rahmat Allah SWT. Mudah memperoleh rejeki yang tak disangka-sangka dan menyenangkan hati, pasalnya hanya satu, karena ketika kita bershalawat kepada Kanjeng Nabi SAW maka Allah sangat senang kepada kita, sehingga Allah kemudian membalas dengan sesuatu yang membuat kita senang, bahagia, selamat, bersyukur, dan banyak berkah-berkah lain yang tak dapat diduga dan dihitung.
  • Saya, jika hanyut dalam membaca shalawat, maka sering lupa terhadap doa yang akan saya naikkan, namun selalu saja apa yang terlupa saya mohonkan kepada Allah, sebelum menjadi doa, tiba-tiba saja sudah Allah hadirkan didepan mata. Apapun itu. Oleh karena itu cintailah membaca shalawat, agar kita juga mendapat cinta dari Allah SWT. Subhanallah, Allah Hu Akbar.
  • Banyak mendoakan orang lain 
  • Kita sering egois. Berdoa hanya untuk kepentingan diri sendiri saja. Terkadang bahkan lupa mendoakan suami atau isteri kita dan anak kita. Apalagi mendoakan ruhani para leluhur yang telah mendahului kita. Jika kita ingin mendapatkan banyak berkah dari Allah SWT, jangan lupa doakan kedua orang tua kita baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Doakan saudara-saudara kita, sahabat-sahabat kita, tetangga dan handai taulan, terutama yang sedang mengalami musibah dan mengalami kesulitan dan terutama orang-orang yang mohon kepada kita untuk kita doakan.
  • Jika kita ketemu dengan seseorang, lalu dia bilang :”Mohon doanya ya Bu, atau Pak….atau bu, pak, tolong doakan saya ya…" untuk kesulitan yang sedang dialaminya , kemudian kita menjawab :”Insya Allah”. Maka kita harus memenuhi kesanggupan kita untuk mendoakan seseorang itu sesuai dengan permintaannya, jika tidak maka kita berhutang doa kepada seseorang itu. Hutang-hutang kecil semacam ini, secara metafisika akan mengganggu kehidupan kita, mengurangi keberuntungan kita, keselamatan kita, kesuksesan kita, dan akan mengurangi porsi keberkahan hidup yang Allah curahkan kepada kita.
  • Jika kita rajin membaca istighfar, insya Allah maka kita mempunyai harapan besar bahwa Allah akan berkenan mengampuni dosa-dosa yang kita sengaja maupun tidak, yang kita tahu ataupun tidak. Oleh karena itu betapa berharganya sebuah istighfar itu.
  • Perbanyak berpikir positif dan singkirkan jauh-jauh setiap pikiran yang negatif. 
  • Berpikir positif dilihat dari sisi psykhologie akan mendatangkan rasa tenang, kebahagiaan dan rasa percaya diri, dan dari sisi kesehatan, maka rasa bahagia akan menghasilkan banyak enzyme yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjadi sehat.
  • Semakin tubuh kita banyak memiliki enzyme maka diri kita akan semakin sehat. Nah enzyme itu sendiri bisa dihasilkan dari segala bentuk makanan segar, dari rasa bahagia, dan dari berdzikir. Silahkan pilih yang kalian bisa capai, apakah dengan mengkonsumsi makanan yang segar, dengan selalu berpikir positif ataukah dengan melazimkan berdzikir kepada Allah SWT. ( Fisik, batin dan ruh ).
  • Sebaliknya jika kita berpikir negatif, maka akan banyak menguras enzyme yang ada dalam tubuh kita. Maka semakin sering kita berpikir negatif, maka kita akan sering merasakan badan kita tidak sehat. Jadi pahamilah teman.

HARAPAN

 
Jika semua komponen yang mempercepat terkabulnya doa sudah kita lakukan dengan baik, maka kita tinggal menunggu dengan penuh harapan. Namun sebaiknya doa janganlah pernah berhenti sebelum terkabul. Karena ada doa yang cepat dikabulkan, ditunda atau diganti dengan sesuatu yang lebih baik, kita semua tidaklah tahu. Karena hanya Allahlah yang mengetahui apa yang sebenarnya TERBAIK untuk setiap hambaNya.
 
Demikianlah tentang Betapa Pentingnya Mengenali Doa, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. 
 
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog ini. Semoga kebaikan Anda akan mendapatkan balasan keberkahan yang luas dari Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.
 
 
Purworejo, Edisi Revisi, 20 Februari 2023

Salam Penulis,
Niniek SS
Labels: Tips

Thanks for reading Betapa Pentingnya Mengenali Doa. Please share...!

0 Komentar untuk "Betapa Pentingnya Mengenali Doa"

Back To Top