SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MAAG JANGAN REMEHKAN SOAL MAKAN

MAAG JANGAN REMEHKAN SOAL MAKAN

Bismillahirrahmanirrahiim...

Alhamdulillah Ya Allah. Atas setiap nikmat yang Engkau berikan. Di usia yang 62 tahun ini, hamba masih boleh berkarya. Menulis untuk orang yang sakit maag, GERD dan anxyetas.  Engkau beri hamba kesehatan selalu. Engkau beri hamba inspirasi yang terus mengalir. Engkau beri hamba semangat untuk menulis. Engkau beri hamba kesabaran serta ketabahan menerima badai fitnah dan suudzon dari para penderita sakit yang tak faham tentang kesejatian hidup. Meskipun ini sangat menyakitkan, ampunilah mereka Ya Allah. 

Puji syukur pula Engkau beri hamba suami dan putri yang sangat mendukung pengabdian kemanusiaan ini, meskipun betapa sederhananya yang hamba lakukan. Namun hamba sangat bersyukur atas karuniaMu ini Ya Allah.

Puji Sykur hanya ke HadliratMu Ya Allah. Atas minat pembaca yang terus meningkat dari hari ke hari. Sehingga hamba merasa, hidup hamba masih Engkau beri manfaat bagi orang lain. Ijinkanlah mereka semua sembuh sebagaimana KehendakMu Yang Maha Lembut. Yang tak ada sejengkalpun tempat yang tersembunyi dariMu. Ijinkanlah melalui tulisan-tulisan di blog ini, segala keburukan, kemunafikan, kesombongan, kengkara-murkaan, kerendahdirian, keputusasaan, kekasaran, berubah menjadi sebaliknya Ya Allah.
Keburukan menjadi kebaikan, kemunafikan menjadi ketulusan, kesombongan menjadi kerendahhatian, keangkaramurkaan menjadi sabar dan berserah diri, kerendahdirian menjadi rasa percaya diri, keputusasaan menjadi penuh harapan, dan kekasaran menjadi kelembutan dan kasih sayang. Engkau Maha Merubah hati, yang penuh kegelapan menjadi hati yang penuh dengan cahaya kesucian. Dan hamba yakin Engkau akan berkenan mengabulkan doa hamba ini Ya Allah. Alhamdulillahirabbil'alamiin.

Shalawat serta salam bagimu Ya Nabi yang ummi, yang sangat kuagungkan dan kucintai, selalu, saat ini dan sampai selama-lamanya. Semoga syafaatmu, selalu menaungi hidup dan kehidupan kami, sekarang maupun diakherat kelak. Aamiin.

Sahabat NiniekSS. Yang belum sembuh maagnya...

Apa kabar kalian semuanya ? Semoga saat ini kalian sudah semakin berkurang sakitnya dan sembuh seperti sedia kala. Aamiin.

Ketika kita sakit maag, yang paling dominan membuat bingung adalah soal makan bukan ? Apalagi yang sudah stadium menengah dan lanjut. Makan sakit, gak makan juga sakit. Selalu merasa lapar padahal perut rasanya begah dan sudah penuh. Lalu bagaimana dong ? Sedangkan makanan yang aman susah nyarinya ? Dikantin kantor adanya menu yang itu dan itu juga. Nasi padang dengan daging dan ikan yang serba pedas. Ada lauk ikan yang tawar, tapi santannya minta ampun kentalnya. Nasi padang juga selalu keras. Mana ada rumah makan atau warung makan yang jual nasi lembek. Kecuali warung sate. Mereka jual lontong. Lontongpun terkadang juga keras. Jika dimakan perut sangat melilit. Iyalah. Itu lontong yang dibuat dari beras lama yang kalau dimasak mekar jadinya. Pasti kalau jadi lontong, lontongnya keras banget. Mau makan pake apa ? Sate ? Tambah menyedihkan akibatnya ! “Tapi, mosok suruh makan lontong doang, lah gizinya darimana dong, badanku saja sudah seperti tiang listrik gara-gara sakit maag yang tak sembuh-sembuh ini”. Pasti begitulah gerutu kalian.

Apa yang harus diperhatikan untuk memilih menu ?

-    Nasi harus yang lembek

Bagi penderita maag makan nasi kasar atau keras, bisa dipastikan maka luka lambung tak akan sembuh-sembuh. Kalau tidak percaya silahkan diamati. Lebih nyaman mana makan dengan nasi yang lembek, atau makannya nasi keras yang biasa dimakan oleh orang-orang yang sehat ?

Oleh sebab itu usahakan jauh sebelum waktu makan, memasak nasi lembek, agar ketika tiba saatnya waktu makan, nasi sudah masak, dan sudah agak dingin, sudah tidak begitu panas. Sebab maag yang sakit, sebaiknya tidak konsumsi makanan yang dingin dan makanan yang terlalu panas. Yang ideal adalah makanan atau minuman yang hangat.

Bagi para karyawan, jika sakit maag, maka sebaiknya bawa bekal sendiri dari rumah. Agar ketika lapar, sudah siap makanan yang aman untuk lambung. Sebab begitu terasa lapar, perut harus segera diisi. Dan makanan tak boleh sembarangan. Harus makanan yang aman, yang tidak mengakibatkan rasa sakit jika dimakan. Jika sudah terasa lapar, maka terlambat beberapa menit saja belum ada makanan, maka lambung akan sangat sakit.

Lontong boleh tapi harus hati-hati memilih...

Apakah lontong boleh dimakan oleh penderita maag ? jika memang tidak ada alternatif lain, misal tidak ada nasi yang lembek, lontong boleh. Tapi harus memilih lontong yang lembut, bukan lontong yang dipegang keras isinya. Dan dikunyah hingga lembut. Kalau tidak, meskipun lontong, tetap akan membuat perut sakit.

-    Lauk pilih yang tak digoreng, dan bumbu tidak ekstrim

Lauk, masaklah yang tak digoreng. Misalnya ikan dibuat pepes, tanpa cabe, hanya dengan sedikit bumbu bawang merah dan bawang putih dan kunyit. Untuk sakit maag, bumbu tak boleh ekstrim. Bumbu yang aman untuk maag, hanyalah bawang merah, bawang putih, daun salam, garam dapur, gula merah dan kunyit kuning. Itupun bumbu-bumbu sebaiknya hanya sedikit, jika bumbunya banyak, maka lambung juga akan sakit.

Jika kondisi darurat di kantin adanya ikan goreng, ya apaboleh buat, makanlah bagian dalamnya saja, sebab bagian luar yang digoreng keras sehingga lambung akan sakit. Lalu jika adanya ikan bumbu kuning tidak pedas yang santannya kental, boleh dimakan, tapi ikan dicuci dulu dengan air hangat agar santannya hilang. Ini jika dikonsumsi tidak akan menyebabkan sakit pada lambung. Namun jika lauknya pedas, tetap tak boleh dimakan. Meskipun sudah dicuci dengan air hangat, karena akan tetap menyebabkan sakit. Susah sekali ya punya sakit maag itu ?

-    Lauk yang tak keras.

Banyak penderita maag/lambung yang menyepelekan soal lauk yang keras. Mereka mohon nasehat apa yang musti dilakukan ketika maag mereka kambuh dan lambung begitu sakitnya ? Namun ketika saya menyarankan agar jangan makan dengan nasi yang keras dan lauk yang keras, sedikit saja mereka merasakan perutnya enak, langsung makan nasinya keras dengan lauk ayam goreng atau tempe goreng !!! Ya karuan saja, lambung sakit lagi dan sakit lagi, lukanya yang sedianya sudah mau sembuh jadi sakit lagi karena terkena ayam goreng yang keras juga tempe goreng yang keras, yang susah dicerna. Kapan mau sembuhnya kalau begini terus kawan ?

-    Sayur yang teksturnya tidak kasar, bumbu tidak pedas dan tak bersantan.

Agar lekas sembuh, memilih sayur juga harus jeli. Pilih sayur yang teksturnya tidak kasar ( seperti labu siam, wortel, waluh kuning, kentang, tahu putih). Hindari sayuran seperti kangkung, sawi putih, kacang panjang, tauge, brokoli, kembang kol dan sejenisnya. Karena susah dicerna. Jika dimakan akan menyebabkan perut sakit sekali dan begah. Dan hilangnya lama. Bisa berhari-hari akibatnya.

Jika kalian bisa disiplin dalam menjaga makanan insya Allah kesembuhan akan cepat datang. Sebaliknya jika kalian masih terus mengumbar nafsu makan, sembuh sedikit langsung melampiaskan selera makan, maka kalian akan terus kambuh dan kambuh lagi, bisa bisa maag atau gerd kalian akan menjadi semakin parah. Kalau sudah seperti ini, maag atau GERD kalian akan lebih sulit lagi diobati. Kecuali lambung kalian sudah menjadi sangat sensitif, kemasukan apapun saja sakitnya bukan main, juga biaya yang harus dikeluarkan semakin besar.

Maag atau GERD yang sudah stadium parah, kesakitannya luar biasa, dan terus menerus sepanjang waktu. Tak ada sedikitpun rasa nyaman dalam 24 jam. Terus muncul berganti-ganti. Pagi, siang, sore, malam. Tak ngapa-ngapain juga terus kesakitan. Hingga dokter bingung mendiagnose dan mengobatinya !

Oleh karena itu, Jagalah. Jagalah. Jagalah menu makan dengan sungguh-sungguh...

Maka jika kalian ingin lekas sembuh, yang paling utama harus diperhatikan adalah menjaga menu makan kalian. Jangan meremehkan soal makan. Karena terjaga tidaknya menu makan sangat besar pengaruhnya terhadap cepat dan tidaknya kesembuhan.

Adakah solusi praktis untuk mengatasi makanan yang aman setiap saat ?

Ada beberapa solusi praktis yang sangat diperlukan untuk mengatasi susahnya mencari makanan yang aman bagi maag atau lambung.

Tepung atau Pati Kerut

Tepung atau pati kerut adalah pati yang dibuat dari bahan umbi tanaman kerut. Tepung kerut sudah sejak jaman embah saya dulu dikenal sebagai makanan untuk orang sakit perut.

Jaman dulu, waktu saya masih kecil belum ada penggolongan sakit perut. Entah itu maag, entah itu usus buntu, entah kanker rahim, entah batu ginjal, dan sejenisnya, pokoknya kalau rasa sakitnya disekitar perut, ya disebutnya sakit perut. Tidak seperti sekarang, jaman sudah modern. Ada kriteria keluhan penyakit. Maag tentu berbeda dengan sakit GERD. Beda lagi dengan kanker lambung. Apalagi dengan batu ginjal dan batu empedu. Beda jauh. Memang penyakit-penyakit itu keluhannya semua di sekitar perut. Sehingga disebutnya sebagain sakit perut.

Orang sakit juga belum lazim dibawa kerumah sakit. Paling-paling dibawa ke pak Mantri kesehatan, disuntik, lalu pulangnya dibawaain obat. Maklum saya tinggalnya didesa. Disebuah kecamatan kecil di kabupaten Purworejo. Dulu masih awam dengan pemeriksaan dokter. Apalagi orangtua saya tidak mampu dan anaknya banyak. Satu ibu satu bapak, kami bersaudara 14 orang. Bayangkan. Banyak kan ? Orang jaman sekarang punya anak 1 atau 2 keluhannya sudah berkepanjangan. Eh bapak dan ibu saya anaknya 14 tapi saya tak pernah beliau sekalipun mengeluh. Subhanallah...

Kembali ke soal tepung kerut. Jaman dulu, ketika saya masih kecil, semua sakit perut selalu diberikan bubur tepung kerut. Dan begitu makan bubur kerut, anehnya perut langsung reda sakitnya. Oleh karena itu, menjadi kebiasaan saya sejak kecil, jika ada rasa tak nyaman di perut, segera saya masak bubur kerut. Karena rasanya yang mempunyai sensasi spesial. Gimana gitu..Sebenarnya yang saya sebut sebagai tepung kerut itu adalah patinya bukan tepungnya.

Nah bagi kalian yang ingin makanan yang praktis dan cepat sembuh, silahkan pesan tepung kerut ini. Harga hanya 25.000/kg + ongkir. Bisa dibawa ke kantor. Jika lapar, tinggal sedu dengan air panas beri gula merah sedikit. Sembari menunggu mendapatkan makan siang yang aman.

Oriflake

Jika kalian ingin tepung kerut siap saji, pesanlah Oriflake pada saya. Oriflake adalah pati kerut asli yang sudah diolah secara pabrikan. Juga dicampur dengan sedikit gula merah original serta susu kambing ettawa yang menyehatkan. Rasanya “pas” sekali untuk orang yang sakit maag. Bisa sebagai pengganti makan. Karena rasanya yang mengenyangkan. Aman, enak dan tahan lama kenyangnya. Harga, per kemasan isi 350 gram 55.000 + ongkir, kemasan isi 900 gram harga 125.000 + ongkir.

Bio Alpha solusi yang paling efektif

Jika kalian ingin cepat sembuh, pesan bio Alpha. Superfood yang full nutrisi sekaligus mengandung unsur pengobatan yang insya Allah bisa untuk mengatasi segala macam penyakit. Jika dikonsumsi pagi hari sesudah makan, saya biasanya mengkonsumsi Bio Alpha yang R12 pada jam 9 - 10 pagi (saya sarapan pagi jam setengah 7), hingga jam 1 siang belum terasa lapar. Tapi kalau pagi tak minum R12 siang jam 11 saja sudah terasa lapar. Itulah bedanya minum Bio Alpha dan tidak. Harga 1 box kecil isi 10 sachet 400.000 + ongkir. Untuk paket 1 bulan harga 1.200.000 + Ongkir.

Jika ingin tahu Bio Alpha secara detail, silahkan BACA DISINI

Kecuali itu, jika kalian masih bingung soal menu makan keseharian, apa saja yang boleh dimakan, apa saja pantangan maag, apa saja yang bisa membantu kesembuhan, semua KIAT-KIATNYA ADA DISINI !

Pemesanan hubungi Bu Niniek SMS/WA ke 0877.3259.8747/085.228.401.939

Demikian uraian saya tentang “Maag Jangan Remehkan Soal Makan” Semoga bermanfaat. Selamat jumpa lagi, insya Allah pada artikel yang akan datang. Semoga kita semua selalu mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Mendapat bimbingan dan perlindunganNya. Aamiin Alohumma Aamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 28 Agustus 2018

Salam Sehat Sejahtera
NiniekSS.

Labels: BIO ALPHA, Makanan Sakit Maag, ORIFLAKES, Tepung Kerut

Thanks for reading MAAG JANGAN REMEHKAN SOAL MAKAN. Please share...!

0 Komentar untuk "MAAG JANGAN REMEHKAN SOAL MAKAN"

Back To Top